Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Tips Cara Ampuh Agar Blog Banyak Pengunjung

Memiliki blog banyak pengunjung memang impian bagi setiap blogger manapun, dengan pengunjung yang banyak blog akan menjadi ladang untuk mendulang uang. Namun untuk memiliki blog seperti itu tentu memerlukan kerja keras dan tidak bisa Anda dapatkan dengan cara instan. Memang ada cara instan untuk mendapat banyak pengunjung tapi hal tersebut tentu tidak bertahan lama dan tidak bekerja dengan murni, Anda bisa saja membeli trafik tapi hal itu akan Anda lakukan sampai kapan?

trafik blog

Banyak cara mudah untuk membuat blog Anda mendapatkan banyak pengunjung seperti yang akan saya jelaskan secara lengkap di artikel ini. Coba beberapa tips dibawah ini agar impian Anda untuk memiliki blog banyak pengunjung segera terwujud.

Baca : Cara Mulai Ngeblog Dan Sukses Dengan Blog

Tips Cara Agar Blog Banyak Pengunjung

Usahakan untuk mengikuti setiap tips dibawah ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal, karena memang dalam blogging sangat dibutuhkan kesabaran jika ingin sukses dan blog mendapatkan banyak pengunjung:

Optimasi SEO blog

Ini merupakan cara umum yang harus Anda lakukan dan ini juga pasti sering Anda dengar atau baca dari berbagai sumber blog-blog lain, tapi memang ini merupakan cara ampuh dalam mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Optimasi SEO blog bisa Anda lakukan dengan bantuan plugin seperti All in One SEO atau SEO by Yoast jika Anda menggunakan WordPress. Kedua plugin tersebut dapat membantu Anda dalam optimasi SEO blog dengan mudah. Selain itu juga pelajari lebih jauh lagi tentang SEO seperti pemilihan URL yang SEO friendly, membuat deskripsi yang menarik pengunjung dan masih banyak lagi.

Dengan optimasi SEO yang benar Anda akan mampu bersaing dengan blog-blog lain di halaman pertama pencarian seperti Google, dan ini akan menjadikan Anda mendapatkan pengunjung banyak karena sumber trafik terbesar adalah dari mesin pencari.

Submit ke Mesin Pencari

Setelah Anda selesai membuat blog dan mengisi blog Anda dengan beberapa artikel, usahakan untuk segera mendaftarkan blog Anda ke mesin pencari seperti Google dan Bing dan submit sitemap.xml blog Anda. Dengan cara ini blog Anda akan terindek oleh mesin pencari dan setiap artikel baru Anda juga akan cepat terindek dan mudah ditemukan di mesin pencari. Banyak juga manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda mendaftarkan blog Anda mesin pencari selain blog dan artikel Anda mudah terindek.

Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang cara daftar blog ke Webmaster Tools Google dan Cara mendaftarkan blog ke Webmaster Tools Bing.

Buat Artikel Bermanfaat

Orang membuka internet selain untuk bermain di sosial media tentu bertujuan untuk mencari berita atau informasi penting yang mereka butuhkan. Buat artikel yang bermanfaat untuk orang lain dan banyak dicari. Optimasi SEO yang susah payah Anda bangun bisa jadi tidak berarti jika tidak di dukung dengan artikel bermanfaat dan berkualitas.

Dalam membuat artikel usahakan yang berfokus pada niche khusus dan bukan niche gado-gado. Ini akan membuat Anda mampu membuat artikel yang lengkap dan detail sehingga pembaca blog Anda akan merasa puas dengan informasi yang mereka temukan. Usahakan membuat artikel yang panjang diatas 600 atau diatas 800 kata, karena ini adalah jumlah kata dalam artikel yang memenuhi kriteria SEO friendly, karena dalam analysis SEO yoast saja minimal jumlah kata yang SEO friendly adalah 300 kata.

Akses Cepat

Buat website atau blog Anda memiliki akses yang cepat, selain dapat meningkatkan peringkat blog Anda di mesin pencari, ini terbukti ampuh untuk meningkatkan pengunjung blog karena pengunjung akan senang dengan blog cepat dan tidak membuat mereka frustasi karena menunggu artikel yang mereka cari-cari membuka sangat lama.

Banyak cara untuk menjadikan blog Anda mempunyai akses cepat, Anda bisa menggunakan hosting terbaik, melakukan optimasi pada gambar dan menggunakan plugin caching seperti WP rocket atau W3 Total Cache jika Anda pengguna WordPress Self Hosted.

Desain Blog Menarik

Buat blog Anda dengan desain yang menarik dan tidak terlalu banyak widget yang tidak penting, Usahakan tulisan Anda mudah dibaca dan gunakan font yang jelas. Anda bisa menemukan blog dengan desain minimalis dan bersih yang menonjolkan konten, desain blog dengan tipe ini sangat banyak digunakan oleh blogger profesional.

Dengan desain blog yang menarik juga akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog Anda, karena pengunjung merasa nyaman saat membaca tulisan Anda dan mereka mungkin bisa kembali lagi untuk membaca setiap artikel Anda. Karena akan menjadi percuma jika tulisan Anda bermanfaat tapi karena blog Anda mempunyai desain buruk mereka menjadi meninggalkan blog Anda dan mencari informasi di blog lain. Dan jangan sampai lupa untuk menggunakan desain blog responsive mobile friendly, ini akan membantu blog banyak pengunjung karena saat ini banyak pengguna mengakses situs melalui smartphone.

Download : 450+ Theme WordPress Responsive Gratis

Buat Related Post

Related Post atau menghubungkan artikel dengan artikel lain akan membuat pengunjung berlama-lama di blog Anda untuk membaca artikel Anda yang lain. Selain itu juga akan menjadikan navigasi blog Anda mudah untuk pengunjung, ini juga akan membantu artikel lain Anda menjadi populer dan menjadikan pengunjung mudah dalam menemukan informasi lain yang mungkin bermanfaat buat mereka.

Related post juga terbukti ampuh dalam membantu artikel baru untuk bersaing dengan artikel lama di hasil pencarian mesin pencari. Jadi selalu hubungkan artikel lama Anda yang relevan dengan artikel baru yang Anda buat.

Share ke Sosial Media

Media sosial juga bisa Anda manfaatkan sebagai sumber trafik terbesar lain selain dari mesin pencari. Ini merupakan jalan yang sering digunakan oleh blogger untuk mendatangkan pengunjung untuk blog yang baru. Anda bisa share atau membagikan artikel Anda ke berbagai media sosial seperti facebook, google plus, twitter, linkedin dan masih banyak lagi.

Tambahkan fitur share sosial di blog Anda untuk memudahkan Anda dan pengunjung Anda dalam membagikan artikel ke sosial media, ini akan menjadikan artikel dan blog Anda mudah terkenal dan blog banyak pengunjung dari sosial media.

Baca : 5 Manfaat Media Sosial Untuk Perkembangan Bisnis Online

Submit ke sosial bookmark

Anda dapat menemukan banyak sosial bookmarking yang bisa Anda manfaatkan untuk mensubmit blog Anda, ini akan membantu blog Anda mudah dalam bersaing di hasil pencarian. Cara ini juga gratis untuk Anda lakukan dan terbukti mampu meningkatkan peringkat blog. Dengan cara ini juga blog Anda akan otomatis mendapatkan backlink yang bermanfaat untuk blog dan artikel Anda.

Submit ke Forum-forum

Anda bisa memanfaatkan forum juga sebagai sumber trafik ke blog Anda. Terdapat banyak forum seperti kaskus, forum detik dan kompasiana yang dapat Anda gunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan blog Anda, tapi usahakan membuat threat yang bermanfaat untuk pengguna forum tersebut jika blog Anda ingin dikunjungi dan jangan melakukan spam di forum-forum tersebut, buat senatural mungkin.

Tambahkan Video

Jika artikel Anda memungkinkan untuk Anda tambahkan video maka buatlah video dan upload ke youtube dan sertakan nama blog Anda, ini juga akan membuat blog Anda terkenal dan banyak dikunjungi. Semisal blog Anda tentang tutorial, maka Anda bisa membuat artikel yang disertai dengan video agar memudahkan pengunjung untuk memahami tutorial lebih mudah. Jika blog Anda banyak pengunjung dan video Anda banyak ditonton ini juga bisa menjadi ladang baru dalam menghasilkan uang yang lebih banyak.

BlogWalking

Agar blog Anda segera dikenal dan banyak pengunjung, Anda juga harus rajin-rajin dalam melakukan blogwalking atau melakukan komentar di blog lain. Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh blogger lain untuk memperkenalkan blognya. Usahakan Anda melakukan blogwalking pada blog yang mempunyai niche sama dengan blog Anda dan memberikan komentar yang sesuai dengan pembahasan artikel, jangan melakukan spam karena bisa saja pemilik blog tidak meng-uprove komentar Anda.

Menjadi Blogger Tamu

Blogger tamu atau Guest blog banyak dilakukan oleh blogger profesional luar negeri untuk mendatangkan pengunjung, Anda bisa melakukan cara ini dengan menulis artikel bermanfaat yang relevan di blog lain dan meninggalkan nama dan alamat blog Anda sebagai imbalan dari tulisan Anda. Jika ada pengunjung yang membaca tulisan tersebut dan melihat alamat blog Anda bisa jadi mereka juga akan mengunjungi blog Anda. Ini juga otomatis memberi backlink gratis pada blog Anda.

Baca : Cara Tepat Menggunakan Heading Tags SEO H1 – H6

Diatas adalah beberapa tips ampuh agar blog banyak pengunjung, memang untuk membuat blog yang sukses dan banyak pengunjung juga dibutuhkan usaha yang keras, usahakan untuk melakukan semua tips diatas dengan sabar agar blog ramai dan blog Anda mampu menjadi bisnis yang menghasilkan uang. Aktivitas blogging memang melelahkan tapi jika Anda mau belajar dan fokus ini akan menjadikan karir dengan penghasilan besar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga sukses πŸ™‚

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • Dony

    Salam… Mau tanya donk mas..

    Sebelumnya mohon maaf, kalo pertanyaan nya ga nyambung sama judul artikel diatas.

    Saya lagi blajar bikin sbuah website dengan cms wordpress.
    Saya ingin menerapkan sbuah kasus : “Add Featured Image from other site/url”

    apakah memungkinkan hal itu terjadi?
    1. saya pengen image dari url/website lain bisa dijadikan featured image di website saya. bisakah?
    2. jika bisa dilakukan, kemudian apakah “featured image” tersebut bisa kemudian ditampilkan juga sebagai “thumnails image” pada artikel terkait??

    Mohon bantuan ilmu nya mas…
    Terimakasih

    • Bisa gan, silahkan cari plugin Featured Image From URL, maka tinggal masukin url dari website lain bisa jadi featured images.

      Tapi perlu di ingat hal tersebut bisa di artikan sebagai pencurian bandwith dari situs lain melalui gambar, agan bisa di laporin ke pihak hosting agan dan dibanned. Tapi jika agan upload ke blogspot atau situs milik agan sendiri misalnya. itu boleh-boleh saja.

      • Dony

        ya gitu rencananya mas, memang dia ambil dari blog/situs saya yang lain mas.

        jadi biar di server yang satu ga terlalu penuh ama image πŸ™‚ soalnya kapasitasnya terbatas πŸ˜€

        makasih banyak mas buat bantuan ilmunya πŸ™‚
        smoga ga bosen klo saya tanya2 lagi πŸ˜€

        mudah2an berkah ilmunya mas.. πŸ™‚

  • latifa

    maaf sebelumnya mas kalau saya sedikit melenceng dalam topik diatas, gimana ya mas cara memasukan video ke dalam postingan artikel kita? makasih mas.

Must Read...!
Theme WordPress Moesia Responsive Free

Moesia adalah Theme wordpress responsive gratis yang di desain untuk bisnis, theme mencolok yang...

Cara Settings SEO by Yoast di Post WordPress

Pada artikel sebelumnya saya menjelaskan secara lengkap bagaimana Cara install dan Settings plugins SEO...

Close