fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Install dan Settings Plugin SEO by Yoast [New]

Artikel ini adalah pembaharuan atau update dari artikel Yoast yang ada di centerklik yang telah usang, saya belum melakukan update artikel tentang SEO Yoast dari tahun 2014, SEO by Yoast sudah mengalami banyak kemajuan dan update yang sangat sering sehingga banyak sekali perubahan yang dibawa baik dari fitur dan juga interface. Banyak sekali pengunjung centerklik mungkin kebingungan jika mengikuti tutorial SEO Yoast yang lama karena memang sudah jauh berbeda. Dan saya mengupdate artikel ini karena memang banyak lalu lintas yang masuk melalui artikel ini juga.

Plugin SEO by Yoast adalah salah satu dari beberapa plugin gratis yang berada di library WordPress.org yang bisa Anda temukan, plugin SEO yoast ini merupakan plugin SEO terbaik yang banyak digunakan oleh pengguna WordPress, Ada juga plugin SEO lain yang juga digunakan oleh banyak pengguna WordPress yaitu All in One SEO. Bagi Anda yang menggunakan plugin All In One SEO tentu juga harus tahu tentang versi yang jauh lebih maju dari plugin WordPress SEO by Yoast.

Plugin SEO Yoast ini telah terintegrasi dengan banyak fitur penting seperti Meta robot Plugin, RSS Footer Plugin, dan masih banyak lagi. Sejak plugin ini membawakan banyak fitur baru, tentu untuk melakukan pengaturan plugin SEO by Yoast ini tidaklah mudah, apalagi bagi Anda yang baru menggunakan WordPress ataupun bagi pengguna yang akan bermigrasi dari plugin All in One SEO ke SEO by Yoast. Untuk alasan ini, saya disini ingin berbagi tutorial ini secara lengkap yang akan membantu Anda untuk mengkonfigurasi plugin SEO by Yoast dengan benar dan menghasilkan kinerja situs yang optimal.

Baca : Cara Migrasi Dari Plugin All In One SEO ke Yoast SEO

Apa itu Plugin SEO By Yoast?

WordPress SEO by Yoast adalah plugin yang sangat powerfull untuk memudahkan bagi pengguna WordPress yang ingin mengoptimasi situs WordPress agar ramah dengan mesin pencari. Namun, pengaturan plugin ini mungkin sulit bagi beberapa orang dan blogger baru atau siapa pun yang masih belum memiliki keterampilan dasar tentang SEO. Perlu Anda ketahui bahwa melakukan konfigurasi yang salah dapat menghentikan bot mesin pencari mengindeks blog Anda, atau Anda mungkin membiarkan bots merayapi situs Anda pada bagian yang mungkin tidak penting. Sebelum Anda membaca bagian konfigurasi, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa fitur SEO yang ditawarkan oleh plugin ini:

  • Verifikasi situs di Google, Bing, dan Yandex
  • Pengaturan meta judul
  • Sembunyikan RSD, WLW, shortlinks dari header
  • Meta Control untuk Taksonomi dan halaman penulis
  • Mendukung Facebook Open Graph
  • Dapat menciptakan sitemap
  • Advanced control permalink
  • Dukungan Breadcrumb
  • Pengaturan footer Plugin RSS feed
  • Pengaturan import dari plugin SEO lainnya.
  • Mengedit file .htaccess
  • Sembunyikan Tanggal di hasil pencarian Search engine
  • Tambahkan Google author untuk penulis tunggal

Panduan Pemula Untuk Yoast SEO

Di artikel ini, saya akan membahas secara lengkap tentang apa saja yang perlu Anda ketahui jika Anda baru menggunakan Yoast SEO. Hal utama yang akan bahas disini adalah :

  • Cara melakukan konfigurasi awal pada Configuration Wizard
  • Apa yang perlu Anda konfigurasi di dashboard Yoast SEO
  • Apa yang dimaksud dengan meta box SEO Yoast dan bagaimana cara kerjanya

Kemudian, di bagian selanjutnya, kita akan masuk ke beberapa pengaturan Yoast SEO yang lebih dalam.

Konfigurasi pada SEO Yoast Configuration Wizard

Setelah menginstal SEO Yoast, Anda dapat mengakses “Dashboard SEO Yoast” dengan mengklik menu baru bernama “SEO” di sidebar admin dashboard WordPress Anda.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan plugin, Anda akan melihat beberapa pemberitahuan, salah satu yang paling menonjol adalah untuk konfigurasi SEO Pertama kali.

Silahkan klik link “Configurations Wizard”, SEO Yoast akan menampilkan beberapa slide untuk membawa Anda melakukan pengaturan SEO dasar:

Pengaturan Yoast SEO 1

Sekarang silahkan klik link “Configurations wizard” dan Anda akan melihat tampilan beberapa langkah atau slide untuk mengatur SEO. Pada langkah pertama “Welcome!“, Anda akan di sambut halaman selamat datang SEO Yoast dan penawaran untuk konfigurasi pada sebelah kanan dan kiri penawaran untuk upgrade Yoast versi pro. Silahkan klik “Configure Yoast SEO”.

Pengaturan Yoast SEO 2

Bagian 2 “Environment” : Pada bagian ini Anda harus memilih Opsi A  untuk situs yang sudah live atau online dan siap untuk di indeks oleh mesin pencari, sedangkan pilihan B Anda pilih jika situs Anda masih belum siap dan dalam masa pengembangan atau perbaikan. Anda biasanya harus memilih Opsi A.

Pengaturan Yoast SEO 3

Bagian 3 “Site Type” : Pada bagian ini Anda harus memilih salah satu yang sesuai dengan jenis situs web yang akan Anda jalankan, apakah itu blog, toko online, berita dan masih banyak lagi. Pastikan opsi yang Anda pilih adalah yang paling sesuai dengan situs Anda

Pengaturan Yoast SEO 4

Bagian 4 “Company Person” : Pada bagian ini Anda harus menentukan apakah situs web Anda mewakili perusahaan atau seseorang. Jika Anda memilih Perusahaan, Anda akan diminta untuk memasukkan:

  • Nama perusahaan
  • Logo perusahaan Anda

Dan jika Anda memilih Orang, Anda hanya perlu memasukkan nama Anda atau alias.

Pengaturan Yoast SEO 5

Bagian ini membantu SEO Yoast memberikan informasi tambahan ke Google untuk menghasilkan Knowledge Graph Card. Kartu-kartu ini cukup menarik perhatian, sehingga setiap informasi sedikit membantu:

Pengaturan Yoast SEO knowledge graph

Bagian 5 “Social Profile” : Pada bagian Profil sosial, masukkan semua profil media sosial untuk situs web Anda. Seperti informasi sebelumnya, ini membantu Yoast SEO memberikan detail tambahan ke Google untuk Grafik Pengetahuan atau knowledge graph.

Pengaturan Yoast SEO 5.1

Jika Anda membuat situs web untuk perusahaan, ini akan menjadi profil media sosial perusahaan Anda. Jika itu seseorang pribadi, ini akan menjadi detail orang itu.

Anda tidak perlu memasukkan semuanya – cukup pilih profil media sosial yang Anda gunakan secara aktif.

Bagian 6 “Search Engine Visibility” : Pada bagian ini, Anda dapat memilih apakah mengizinkan jenis konten tertentu untuk diindeks di mesin pencarian atau tidak. Sebaiknya Anda membiarkan pilihan ini secara default. Kecuali Anda sudah tahu apa yang Anda lakukan, jangan ubah apa pun.

Pengaturan Yoast SEO 6

Bagian 7 “Multiple Author” : Jika Anda adalah satu-satunya orang yang menulis di situs Anda, Yoast SEO akan secara otomatis menandai arsip penulis Anda sebagai noindex untuk menghindari duplikat konten (noindex memberitahu mesin pencari untuk tidak mengindeks halaman itu).

Yoast SEO melakukan ini karena, pada blog penulis tunggal, arsip penulis 100% identik dengan halaman indeks blog Anda yang sebenarnya.

Pengaturan Yoast SEO 7

Jika Anda berencana memiliki banyak penulis, pilih “Yes” sehingga orang masih dapat menemukan arsip entri penulis tertentu di hasil penelusuran Google: Pilih apakah Anda akan memiliki satu atau banyak penulis.

Bagian 8 “Google Search Console” : Pada bagian ini adalah mengintegrasikan alat dari Google yang memungkinkan Anda untuk melihat informasi tentang bagaimana situs Anda bekerja di pencarian organik Google.

Pengaturan Yoast SEO 9

Jika Anda sudah menggunakan Google Search Console, Anda dapat mengizinkan Yoast SEO untuk mengimpor informasi dengan mengklik Get Google Authorization Code dan masukkan kode di sini.

Pengaturan Yoast SEO Google authorize

Jika Anda tidak yakin Google Search Console apa, silakan klik Next dan lewati ini untuk saat ini. Meskipun Google Search Console jelas merupakan sesuatu yang harus Anda gunakan, itu bukanlah sesuatu yang diperlukan untuk memfungsikan Yoast SEO tapi itu sesuatu hal yang penting bagi blog Anda. Jika Anda memiliki akun Google Search Console, Anda harus menyinkronkannya sekarang.

Bagian 9 “Title Settings” : Pada bagian ini judul Anda adalah judul utama yang muncul dalam hasil pencarian Google (dan tab browser pengunjung).

Secara default, Yoast SEO membuat judul Anda:

Nama Judul * Pemisah * Nama Situs Web

Di bagian ini, Anda dapat memilih: Nama situs web Anda dan tanda * Pemisah *

Pengaturan Yoast SEO 10

Pilih pengaturan judul yang Anda inginkan, Misalnya, jika Anda memiliki kiriman dengan judul “Bagaimana Cara Menggunakan Yoast SEO” dan pengaturan di atas, situs Anda akan terlihat seperti ini di Google:

Bagaimana Cara Menggunakan Yoast SEO - Nama website Anda

Di bagian 10 dan 11, Yoast SEO akan mencoba membuat Anda:

Pengaturan Yoast SEO 11

  • Mendaftarlah untuk mendapatkan Newsletter Yoast SEO
  • Beli Yoast SEO Premium

Anda tidak perlu melakukan salah satu dari hal-hal ini. Dan terus saja mengetuk berikutnya sampai Anda mencapai bagian ke 12 – Success! Dan kemudian klik “Close::

Pengaturan Yoast SEO 12

Selamat – Anda baru saja mengonfigurasi Yoast SEO untuk pengaturan SEO dasar!

Cara Konfigurasi Plugin SEO by Yoast

Sekarang mari kita mulai untuk panduan lengkap tutorial konfigurasi plugin SEO by Yoast gratis ini.

Jika Anda menggunakan plugin SEO yang terinstall di WordPress Anda seperti All In One SEO, Headspace 2, wpSEO atau Woothemes SEO framework dan ingin bermigrasi ke SEO by Yoast harus mengimpor pengaturan Anda ke plugin ini. (Bagi pengguna baru Anda lewati bagian import pada panduan ini).

Import Export Yoast SEO

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin WordPress SEO by Yoast maka akan muncul menu baru pada sidebar admin WordPress Anda dengan nama “SEO”, silahkan klik menu SEO » Tools » Import and export di bagian bawah panel sebelah kiri, dan pilih pengaturan plugin yang Anda ingin import. Saya sarankan membackup terlebih dahulu dari database Anda, dan kemudian centang opsi ke “Delete the Old Data After Import? (Recommended)”.

Dashboard

Langkah pertama untuk memulai plugin ini adalah mengirimkan situs Anda ke Google, Bing, dan Yandex. Setelah menginstal plugin dan mendapatkan kode verifikasi, klik pada menu SEO» General » Webmaster Tools.

general webmaster tools

Anda tidak harus mengirim situs Anda ke semua daftar tersebut, Anda bisa mengirim untuk Google dan Bing saja, untuk caranya Anda bisa membaca tutorial saya daftar Google webmaster tools dan Bing webmaster tool. Setelah Anda melakukan ini, mari kita pindah ke bagian pengaturan lain dari plugin ini:

Title And Metas

Ini adalah salah satu bagian yang paling penting dari plugin ini, dan saya akan menjelaskan sebagian besar dengan screenshot dan penjelasan singkat.

Titles Metas Yoast SEO

Setelah Anda klik pada Title and Metas, pada bagian tab menu General ini dibawahnya klik link “Help Center” untuk melihat apa operator yang digunakan dan apa operator yang tidak digunakan. Ini akan membantu Anda dengan cepat melakukan setup Title dan metas SEO Anda.

Homepage Settings

Klik pada tab Homepage dan konfigurasi pengaturan untuk judul situs dan meta description Anda. Berikut adalah contoh screenshot untuk mengisinya:

Title dan Metas Yoast SEO

  • Title Template: Judul home yang ingin Anda tampilkan dalam pencarian Google.
  • Meta Description: deskripsi meta situs Anda untuk ditampilkan di mesin pencari.

Post Type SEO Settings

Ini adalah di mana Anda akan mengkonfigurasi SEO untuk semua jenis posting Anda. Secara default Anda akan memiliki Post, Pages & media type. Jika Anda menggunakan jenis kustom lebih di WordPress, Anda akan melihat bagian di sini. Di sini Anda dapat menentukan SEO untuk posting, halaman dan bagian media dari blog WordPress Anda. Seperti yang saya sebutkan di atas, pastikan untuk memeriksa bagian bantuan (Help Center) agar Anda mudah dalam memahami template apa yang dapat Anda gunakan. Juga, secara default WordPress SEO by Yoast menyembunyikan tanggal dari mesin pencari, ini berguna untuk blog yang tidak selalu update menerbitkan artikel setiap hari. Jika Anda menjalankan sebuah blog berita dan ingin menampilkan tanggal posting Anda di mesin pencari, Anda dapat memilih “show” pada pilihan “Date in snippet preview”.

post type yoast seo

Taxonomies & Archives

Pada Categories dan Tags saya memilih sebagai noindex dan dofollow. Namun, ini tergantung pada rencana SEO blog Anda. Jika Anda ingin menggunakan pengaturan yang saya gunakan, cukup pilih “noindex” dan “hide”. Tapi perlu di ingat lagi bahwa pengaturan ini dapat tergantung dengan dengan kebutuhan Anda. Karena saya tidak mengindeks tag dan kategori, Anda dapat menambahkan lebih banyak pengguna dan brand-centric title template. Contoh: “%%term_title%% Archives %%page%% %%sep%% %%sitename%%”.

Taxonomies yoast seo

Di sini Anda dapat mengatur pengindeksan untuk penulis dan tanggal berbasis arsip. Juga, Anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan tanggal dan penulis arsip. Saya sarankan Anda memilih “noindex” dan “Enabled” seperti gambar dibawah ini.

Other

Ini adalah pengaturan terakhir pada pengaturan Title and Metas. Anda dapat memilih “noindex” pada Archives dan “Disabled” pada Meta keyword Tags dan noodp. Meta keyword kenapa memilih disabled karena Google saat ini tidak menggunakan meta keyword untuk merayapi situs Anda.

Yoast-SEO-Guide

Klik “Save Changes” setelah pengaturan selesai.

Social

Plugin SEO by Yoast baru telah menambahkan fitur Google Knowledge Graph. Ini akan menampilkan profil media sosial Anda di mesin pencari setiap kali seseorang mencari nama brand Anda. konfigurasi sangat mudah, Anda hanya perlu untuk tambahkan semua profil media sosial Anda pada kolom yang disediakan.

social settings yoast

Di sini Anda dapat mengkonfigurasi Facebook Open Graph meta tag, gambar default untuk Facebook, dan Twitter Meta Card. Saya menyarankan Anda menambahkan gambar default, yang akan membantu Facebook untuk menampilkan gambar ketika posting Anda tidak memiliki gambar ketika di like atau di share ke Facebook.

XML sitemap

Yoast-SEO-sitemap

Mengaktifkan fitur Sitemap dan plugin ini akan mengurus sitemap blog Anda. Setelah membuat file Sitemap, kirimkan Sitemap ke Google, Bing & mesin pencari lainnya yang menerima berkas Sitemaps.

Permalinks

Advanced Yoast SEO

Masuk ke menu Advanced » Permalink Tabs, Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan permalink dengan menggunakan 2-3 pengaturan dari sini untuk menghindari parameter yang terindeks di pencarian Google. Dengan plugin ini khususnya, lebih mudah untuk menyingkirkan parameter replytocom.

Internal link

Breadcrumbs berguna untuk memudahkan mesin pencari untuk memahami struktur situs Anda, dan breadcrumbs juga berguna membantu pengguna untuk menavigasi situs Anda. Hal ini memang memang terbukti sangat mudah bagi pengguna dalam menavigasi.

Setelah Anda selesai mengatur semua konfigurasi SEO Anda dengan plugin Yoast, silahkan mencoba hasil pencarian dengan Rich Snipet alat uji Google untuk memeriksa penulis, dan melihat bagaimana Google akan menampilkan posting blog Anda dalam hasil pencarian Google.

RSS

Yoast-RSS-feature

Pengaturan RSS ini terdapat di menu Advanced, bagian ini mengintegrasikan fitur dari RSS footer Plugin. Ketika menggunakannya Anda dapat menambahkan link kembali ke artikel asli di RSS feed. Anda juga dapat menggunakannya untuk menambahkan iklan untuk RSS feed Anda. Dalam pengaturan ini saya hanya menambahkan baris berikut setelah bagian posting konten: “The post %%POSTLINK%% appeared first on %%BLOGLINK%%.”

Edit File

tools yoast seo

Fitur ini sangat penting yang dibawa oleh plugin SEO WordPress by Yoast. Anda dapat mengedit .htaccess WordPress dan file robots.txt dari dashboard. Jadi dengan adanya file edit ini, Anda tidak perlu masuk ke cpanel hosting atau mengakses melalui FTP untuk mengedit dua file tersebut, namun jika Anda tidak memiliki pengetahuan lebih di sarankan untuk tidak mengubah-ubah file tersebut karena jika terjadi kesalahan dapat mengakibatkan situs Anda tidak dapat di akses.

Setting SEO by Yoast di Post dan Page

Pada versi terbaru SEO by Yoast, mereka telah membuat perubahan desain besar yang membingungkan bagi pengguna lama, ketika akan menambahkan meta title & description. Sebenarnya Anda hanya perlu klik pada META Description dan masukkan meta description Anda, dan sebenarnya itu hanya diubah dalam cara yang baru dengan cara mengklik pada meta DEFAULT dan ketika Anda mengklik META standar yang diambil dari post awal dan Anda dapat mengedit untuk mengisi sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Sebenarnya konsep blok telah dihapus pada update baru Yoast, Anda hanya perlu klik pada “Edit snippet” untuk mengedit judul dan klik pada META untuk mengedit meta

snipet editor yoast

Diatas adalah panduan lengkap cara melakukan settings atau konfigurasi plugin SEO WordPress by Yoast, saya harap tutorial ini akan membantu Anda untuk setup WordPress SEO by Yoast dengan benar. Ini adalah salah satu plugin SEO gratis untuk blog WordPress Anda. Dan selalu ingat bahwa Anda pastikan pengaturan Anda sebelum melakukan perubahan sudah benar. Konfigurasi yang salah dapat membawa efek SEO negatif ke Blog Anda.

Baca : Rank Math – Plugin Untuk Optimasi SEO WordPress Terbaik dan Gratis

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

55 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih ke Editor Lama WordPress

Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih ke Editor Lama WordPress - WordPress hari ini melakukan...

Daftar VPN dan Situs Terbaik Penyedia RARBG Proxy & Mirrors di 2019

RARBG Proxy & Mirrors - Kita semua tahu bahwa jaringan internet di negara kita...

Close