How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Alasan Mengapa Anda Perlu Memulai Blogging

Memiliki blog yang selalu Anda update dengan artikel atau tulisan-tulisan yang bermanfaat akan membawa banyak keuntungan buat Anda. Blogging tidak hanya sebagai tempat menulis dan mempublikasikan tulisan Anda tapi lebih dari itu. Dengan blog Anda juga bisa menjadikan blog Anda sebagai ladang bisnis online yang sangat menggiurkan di zaman yang serba internet seperti saat ini.

Mengapa Anda perlu memulai blogging

Saya sudah memulai blogging dalam beberapa tahun terakhir ini dan sudah mendapatkan banyak manfaat seperti menjadi orang yang menguasai beberapa topik yang sebelumnya saya tidak begitu memahaminya. Selain manfaat dari tambahnya pengetahuan baik teknis maupun non teknis, saya juga mendapatkan banyak keuntungan dari segi financial dari blogging. Jujur saja saat ini saya 100% menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan saya adalah dari dunia blogging yang saya tekuni. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang 10 alasan mengapa Anda perlu memulai blogging.

Baca : 8 Alasan Kenapa Anda Harus Pindah dari Blogger ke WordPress

1. Blog akan meningkatkan keahlian menulis Anda

Memiliki blog sendiri akan menjadikan Anda seseorang yang ahli dalam menulis. Pertama kali Anda memiliki blog mungkin tulisan-tulisan Anda terlihat biasa saja dan tidak enak untuk dibaca, tapi dengan seiring waktu dengan banyak membaca artikel dari blog-blog terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri akan menjadikan Anda pintar dalam membuat artikel.

Selain itu Anda juga akan menjadi pintar dalam membuat layout tulisan yang tertata rapi dengan penjelasan yang lebih luas sehingga pengunjung blog Anda semakin senang membaca tulisan-tulisan Anda.

2. Blog akan meningkatkan wawasan Anda

Memiliki blog akan secara otomatis meningkatkan wawasan Anda dalam berbagai hal atau yang mencakup pada topik khusus yang Anda bahas, ketika Anda mulai serius dalam dunia blogging maka Anda akan semakin rajin membaca baik dari media online maupun buku. Dengan begitu maka otomatis tingkat wawasan Anda semakin meningkat.

Sebagai contoh jika Anda memiliki blog teknologi, maka Anda akan membaca banyak hal tentang berita teknologi terbaru maupun mempelajari kelebihan dan kekurangan dari berbagai macam perangkat teknologi secara lebih mendalam daripada orang pada umumnya.

3. Blog itu tidak mahal

Kebanyakan orang yang akan memulai untuk memiliki blog berpikir bahwa blog itu mahal, tapi pada kenyataanya untuk memiliki blog itu tidak membutuhkan biaya yang mahal bahkan gratis jika Anda ingin menulis pada platform blog seperti Blogger milik Google yang gratis untuk Anda gunakan.

Tapi jika Anda ingin memiliki blog yang lebih profesional maka membutuhkan sedikit modal untuk membeli nama domain dan menyewa hosting. Anda bisa menggunakan platform untuk membuat blog yang gratis seperti WordPress dan membeli domain dengan harga berkisar antara 12-15 dollar atau sekitar 120 ribu sampai 150 ribu rupiah. Dan untuk menyewa hosting harga berkisar antara 250-500 ribu dalam setahun.

Dengan memiliki nama domain berbayar maka Anda dapat memilih nama domain yang sesuai dengan keinginan atau sesuai dengan brand Anda. Dan dengan menggunakan hosting sendiri itu berarti Anda memiliki kontrol penuh pada blog Anda dan itu berarti tidak ada batasan akses maupun penambahan fitur pada blog. Berbeda dengan ketika anda menggunakan blog gratisan dimana Anda hanya menumpang dan itu menjadikan Anda tidak bebas karena terdapat banyak batasan.

4. Membuat Blog itu Mudah

Untuk memiliki blog sendiri itu sangat mudah, meskipun Anda seorang yang belum pernah belajar dalam membuat blog jika Anda belajar dan membaca beberapa tutorial yang banyak Anda dapatkan di internet maka Anda akan merasa mudah mengikuti langkah demi langkah dalam membuat blog sendiri. Apalagi jika Anda memilih untuk menggunakan WordPress sebagai platform untuk membuat blog maka akan banyak sekali Anda temukan tutorial membuat blog dengan WordPress baik di blog ini atau Anda bisa membaca panduan yang sangat lengkap tentang membuat blog dengan WordPress yang dibuat oleh hostinger, Anda bisa membacanya di blog mereka melalui link berikut ⇒ Bagaimana Membuat blog dengan WordPress.

Jika Anda tidak ingin membuat blog sendiri maka sekarang ini sudah banyak jasa pembuat blog yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Jadi dengan ini Anda hanya perlu berfokus pada menulis atau membuat konten dan tidak memikirkan tentang hal teknis. Tapi meskipun begitu Anda tetap lebih baik untuk sedikit banyak mempelajari tentang teknis platform seperti WordPress sehingga Anda akan lebih bisa memaksimalkan blog Anda secara mandiri.

5. Blog Dapat Meningkatkan Brand Anda

Dengan blog Anda dapat dengan cepat meningkatkan brand Anda, blog dapat di akses dari berbagai tempat bahkan negara tanpa ada batasan. Anda bisa mengenalkan produk atau bisnis Anda melalui blog dan mempromosikan blog melalui berbagai macam cara sehingga produk dan bisnis Anda menjadi lebih dikenal.

Selain itu dengan blog Anda bisa menuliskan secara lengkap tentang produk maupun bisnis Anda sehingga calon pelanggan Anda lebih memahami tentang produk dan bisnis Anda yang pada akhirnya menjadikan mereka pelanggan baru dan meningkatkan kepercayaan mereka.

6. Blog Sebagai media Marketing yang efektif

Blog bisa Anda gunakan sebagai media pemasaran atau marketing online yang sangat efektif. Semua orang pasti banyak menggunakan mesin pencarian seperti google untuk mendapatkan informasi tentang apapun, dan dengan blog maka akan terdapat kesempatan yang besar untuk bisnis Anda dikenal melalui mesin pencarian.

Beriklan melalui media sosial, AdWord atau dari pemasangan banner iklan di blog-blog lain memang sangat efektif, tapi menggunakan media pemasaran melalui iklan membutuhkan biaya yang sangat besar dan terbatas oleh waktu. Berbeda dengan blog yang akan selalu menjadi media beriklan yang murah dalam jangka waktu yang tak terbatas.

7. Blog bisa menghasilkan uang

Dengan memiliki blog Anda dapat memiliki peluang yang sangat besar untuk menghasilkan uang dari blog. Sudah banyak para blogger ternama yang membagikan kisah sukses dari ngeblog dan bahkan mereka membagikan laporan penghasilan bulanan dari blog mereka.

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal artikel ini bahwa saya pribadi juga menjadikan blog sebagai ladang untuk mencari uang dan 100% penghasilan yang saya dapat adalah dari aktivitas blog. Tentu saja mungkin ini alasan yang paling sering digunakan oleh banyak orang untuk memulai sebuah blog, dan Anda juga harus segera memulainya dari sekarang.

Banyak cara bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog seperti mengikuti program Google AdSense, iklan mandiri, mengikuti program afiliasi dari berbagai layanan atau produk, menjual produk baik digital maupun fisik, mereview atau mengulas berbagai produk dan jasa, jasa konsultasi, dan masih banyak lagi.

8. Blog sebagai media untuk menyalurkan hobby

Banyak orang menggunakan blog sebagai media untuk menyalurkan hobby mereka seperti menulis maupun untuk membagikan cerita perjalanan liburan mereka, selain itu Anda juga bisa membagikan berbagai hasil karya seperti foto maupun gambar melalui blog dan membuat gallery di dalam blog, jadi blog tidak hanya sebagai tempat untuk menulis saja melainkan juga bisa untuk membagikan berbagai jenis file media seperti gambar, audio maupun video.

9. Blog bisa menjadikan Anda sesorang yang terkenal

Melalui blog Anda juga bisa menjadi seseorang yang terkenal, berkat karya tulisan atau hasil karya yang Anda bagikan di blog dan jika itu bermanfaat buat pengunjung bisa membuka kesempatan yang lebar untuk Anda di kenal oleh banyak orang atau bahkan di undang untuk berbicara dalam seminar khusus. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan banyak teman dari para blogger lain yang mungkin membahas topik atau mempunyai minat yang sama dengan Anda dan bahkan bisa membentuk komunitas khusus baik secara online maupun dalam kehidupan nyata.

10. Blog akan melatih Anda menjadi orang yang disiplin, konsisten dan sabar

Dengan memiliki blog akan membuat Anda menjadi orang disiplin karena Anda harus secara aktif belajar dan membuat konten yang segar, jika Anda tidak disiplin dalam membagi waktu untuk membuat konten artikel maka Anda akan kalah di hasil mesin pencarian dengan blogger lain yang mungkin membahas topik yang sama dengan Anda.

Selanjutnya adalah melatih Anda konsisten. Banyak blogger baru yang gagal sebelum mencapai apa yang mereka inginkan karena kurangnya konsistensi dalam membangun blognya. Anda tidak boleh berhenti pada 10 atau 100 tulisan saja, tapi untuk sukses Anda membutuhkan sifat konsisten yang tinggi dalam belajar menjadi yang lebih baik dan menghasilkan artikel-artikel bermanfaat secara terus menerus.

Terakhir adalah melatih kesabaran. Ketika Anda memutuskan untuk membuat blog, maka hal yang pertama harus Anda ketahui adalah blog bukan cara yang instant untuk meraih kesuksesan. Banyak dibutuhkan kesabaran dan waktu yang tidak sedikit untuk mencapai kesuksesan dalam blogging. Jika ketiga hal tersebut bisa Anda lakukan maka yakinlah Anda akan benar-benar meraih kesuksesan dalam dunia blogging.

Baca : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Anda?

Dan itulah 10 alasan kenapa Anda perlu memulai blogging. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan Anda motivasi sebelum memulai untuk membuat blog. Semoga sukses 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Lengkap Cara Membuat Backup WordPress Secara Manual

Backup merupakan hal yang sangat penting dan harus Anda lakukan pada situs WordPress Anda....

Theme WordPress Start Blogging Responsive Free

Start Blogging adalah Tema WordPress Responsive Gratis dengan desain tampilan yang sederhana namun terlihat...

Close