How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Daftar Perusahaan BUMN Terbesar di Indonesia

BUMN atau Badan Usaha Milik Negara merupakan perusahan yang dimiliki secara keseluruhan, sebagian besar, maupun sebagian kecil oleh pemerintah dan pemerintah memberikan kontrol sepenuhnya pada perusahaan tersebut. Selain itu BUMN sudah pasti berbadan hukum, berbeda dengan perusahaan lainnya (swasta) yang belum tentu berbadan hukum. BUMN dibedakan kementrian, non kementerian, non struktural, dan juga badan layanan umum.

Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan mengenai perusahaan BUMN terbesar dan memiliki aset terbesar di Indonesia. Bahkan perusahaan-perusahaan berikut ini menjanjikan masa depan yang cerah bagi siapa saja yang bekerja disana. Jelas hal ini membuat peluang anda untuk menapaki karir yang lebih baik lagi dengan mencoba untuk masuk pada perusahaan-perusahaan besar milik BUMN tersebut. Tak hanya itu saja, gaji yang ditawarkan juga begitu besar. Wajar saja jika banyak orang yang tertarik dan tergiur untuk bekerja di perusahaan BUMN. Dari sekian banyak BUMN di tanah air, berikut beberapa diantaranya yang terbesar:

10 Perusahaan BUMN Terbesar di Indonesia

Simak daftar 10 perusahaan BUMN terbesar dan terbaik di indonesia dibawah ini dan jadikan ini sebagai tempat Anda mendapatkan pekerjaan ketika lulus kuliah jika Anda bercita-cita ingin menjadi pegawai kantoran yang ingin mendapatkan gaji besar.

1. PT KAI (Kereta Api Indonesia)

PT KAI

Perusahaan BUMN terbesar yang pertama adalah PT Kereta Api Indonesia atau yang disingkat PT KAI. Perusahaan ini menyelenggarakan jasa angkutan kereta api yang meliputi angkutan penumpang dan barang. Jika berbicara masalah laba perusahaan, tentu tak perlu anda tanya lagi. Dengan semakin meningkatnya jumlah penumpang kereta api di Indonesia maka laba PT KAI juga semakin meningkat. Jika dahulu perusahaan ini hanya melayani perjalanan kereta api di Pulau Jawa saja, tetapi kini sudah melayani di pulau Sumatera. Wah, keren bukan?

2. Pertamina

Pertamina merupakan perusahaan BUMN yang menyelenggarakan usaha di bidang energi dan petrokimia. Selain itu perusahaan ini bertugas untuk mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesiaa. Tak hanya menjadi salah satu perusahaan terunggul di tanah air, PT. Pertamina juga pernah mencatatkan suatu rekor dimana perseroan yang didirikan pada tahun 1957 tersebut masuk urutan ke 122 dalam Fortune Global 500 pada tahun 2013. Tentu kamu pernah mengisi bahan bakar di pom bensin bukan? Itu menjadi salah satu usaha dari perusahaan Pertamina.

3. PT. Angkasa Pura II

Angkasa pura 2

Tahukah kamu mengenai Angkasa Pura II? Bagi kamu yang sering berpergian menggunakan transportasi udara pasti sudah tidak asing dengan perubahan BUMN yang satu ini. Angkasa Pura II di bidang pengelolaan dan pegusahaan bandar udara di Indonesia bersama dengan Angkasa Pura I. Pusat kantornya berlokasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang Banten. Total, perusahaan perseroan terbatas ini memiliki 14 cabang bandar udara di Indonesia bagian barat, terutama di Pulau Jawa.

Baca : 10 Daftar Maskapai Penerbangan Pesawat Terbaik di Indonesia

4. PT. PLN (Perusahaan Listrik Negara)

PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan perusahan BUMN yang paling bertanggung jawab terhadap masalah kelistrikan yang ada di Indonesia. Perusahaan ini berpusat di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan mulai berdiri pada tanggal 27 Oktober 1945. Tak cuma di Jakarta saja, kini PLN sudah memiliki perusahaan cabang di berbagai provinsi di Indonesia. Perusahaan ini juga mencatatkan laba bersih yang sangat besar yakni mencapai 15,5 Triliun pada Tahun 2015.

5. PT. Asuransi Jiwasraya

Asuransi jiwasraya

Jika PLN mengurusi masalah kelistrikan, Asuransi Jiwasraya menjadi perusahaan milik pemerintah yang bergerak di sektor Asuransi jiwa. Perusahaan yang satu ini memiliki 17 cabang, 71 perwakilan, 256 unit produksi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan juga masuk dalam daftar 10 perusahaan asuransi jiwa terbaik indonesia. Selain itu, dari sisi pendapatan Asuransi Jiwasraya juga sangat tinggi yaitu mencapai 21,12 triliun dengan laba bersih mencapai 1,72 triliun rupiah pada tahun 2016. Wah, luar biasa bukan?

6. Jasa Marga

Jasa Marga merupakan perrusahaan BUMN yang bergerak di bidang penyelenggaraan jasa jalan tol di Indonesia. Perusahaan ini pertama dibangun pada tahun 1978 tepat setelah jalan tol yang menghubungkan Jakarta ke Bogor selesai dibangun. Jadi perusahaan inilah yang paling bertanggung jawab terhadap pembangunan infrastruktur jalan tol yang selama ini dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Tak hanya jalan tol saja, sejatinya non jalan tol juga menjadi tanggung jawab perusahaan perseroan BUMN yang satu ini.

7. Perum Bulog (Badan Urusan Logistik)

Bulog BUMN Indonesia

Perum Bulog atau Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik merupakan lembaga pangan tanah air yang mengurusi tata perdagangan beras. Bulog resmi menjadi perusahaan BUMN sejak tahun 2003. Bulog menyelenggarakan fungsi dalam hal pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang manajemen logistik, pengelolaan, distribusi, dan pengadaan beras, dan juga pengendalian harga beras. Perusahaan ini sendiri berdiri sejak 10 Mei 1967 berdasarkan Keputusan Presidium Kabinet Nomor 114/Kep/1967.

8. Telkom Indonesia

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, biasa disebut Telkom Indonesia merupakan perusahaan informasi dan komunikasi dan juga penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan telepon mencapai 15 juta dan juga pelanggan telepon seluler sebanyak 104 juta orang. Tak hanya itu, perusahaan Telkom Indonesia juga memiliki banyak anak perusahaan diantaranya PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), Telkom Akses, dan Telkom Metra.

9. PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Daftar bank terbaik indonesia bri

Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan salah satu bank milik pemerintah terbesar di Indonesia. BRI sudah memiliki banyak sekali nasabah yang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan motto “melayani setulus hati”, Bank Rakyat Indonesia (BRI) pertama kali didirikan di Purwokerto Jawa Tengah pada tanggal 16 Desember 1895 oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja.

10. PT. Bank Mandiri

Daftar bank terbaik indonesia mandiri

Selain Bank BRI, Bank Mandiri juga menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia dan juga memiliki banyak nasabah. Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program penataan kembali perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Bank Mandiri mengalami perkembangan bisnis yang cukup pesat dari masa ke masa sehingga membuat PT Bank Mandiri dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Keuangan dengan pelayanan terbaik.

Baca : 10+ Daftar Bank Terbesar di Indonesia dan Asetnya

Itulah beberapa Perusahaan BUMN terbesar di Indonesia. Jika perusahaan-perusahaan tersebut membuka lowongan kerja, apakah kamu berminat untuk melamar? Saya yakin banyak pembaca yang tertarik untuk melamar. Tetapi tentunya, kamu harus bersaing dengan ribuan orang jika ingin menjadi salah satu bagian dari perusahaan tersebut, sedikit saja lengah maka siapapun akan terlempar dari persaingan. Siapkah kamu untuk bersaing?

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Install dan Settings Plugin SEO by Yoast [New]

Artikel ini adalah pembaharuan atau update dari artikel Yoast yang ada di centerklik yang...

Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih ke Editor Lama WordPress

WordPress hari ini melakukan update besar ke versi WordPress 5.0, update terbaru ini membawa...

Close