How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Paling Menguntungkan

10 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Paling Menguntungkan – Selain dengan beribadah dengan lebih tekun, anda juga bisa melakukan hal positif selama bulan puasa dengan menjalani salah satu dari 10 bisnis di bulan ramadhan yang akan saya sampaikan. Seperti yang anda semua ketahui, bulan puasa merupakan salah satu masa – masa paling sibuk di Indonesia, dimana banyak orang berbelanja untuk kebutuhan masing – masing.

Tak heran bila banyak masyarakat Indonesia yang membuat usaha dadakan di bulan puasa dan bisa menguntungkan dalam waktu sekejap saja. Sebabnya pada bulan puasa, usaha yang dibuat secara dadakan pun bisa langsung laris dan menghasilkan omzet yang cukup besar.

Ide bisnis bulan ramadhan menguntungkan

Oleh karena itu bila anda juga tertarik untuk memulai bisnis di bulan puasa, saya memiliki beberapa rekomendasi ide bisnis di bulan ramadhan yang menguntungkan untuk anda jalani. Apa saja itu?

Baca : 10 Ide Bisnis Untuk Anak Kuliah Yang Mudah Dan Gak Ribet

Peluang dan Ide Bisnis di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Loading...

Memang saat ini disemua negara sedang mengalami musibah luar biasa yaitu virus corona atau covid 19, yang kemungkinan besar suasana bulan ramadhan tahun ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bisa jadi tahun ini niat beli dari masyarakat akan menurun dikarenakan banyak orang takut keluar rumah dan orang-orang yang bekerja di luar kota bahkan luar negeri di himbau untuk tidak mudik.

Namun, beberapa ide bisnis dibawah ini masih bisa Anda lakukan dengan cara online dan lainnya mungkin tidak bisa Anda jalankan di bulan ramadhan tahun ini. Dan mari kita simak apa saja ide bisnis yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan Anda.

1. Usaha Kios Gorengan

Salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia yang banyak dicari ketika berbuka puasa adalah gorengan. Walau sebenarnya makanan yang satu ini kurang sehat, namun faktanya kios – kios gorengan selalu habis terjual ketika waktu berbuka tiba.

Membuat usaha jual gorengan menjadi salah satu usaha makanan yang cocok dijual saat bulan puasa. Selain modalnya yang relatif rendah, perkiraan omzet yang bisa anda dapatkan juga lumayan besar. Selain itu hampir dimanapun tempat anda berjualan pasti laku dan dicari oleh orang yang ingin berbuka.

2. Jual Es Buah

Jualan es di bulan puasa juga bisa menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Sebab masyarakat Indonesia akan mencari hidangan yang manis dan dingin untuk berbuka sebagai pelepas dahaga. Anda pun mungkin akan melakukan hal yang sama di bulan – bulan puasa sebelumnya.

Salah satu es yang paling dicari ketika bulan puasa adalah es buah. Sama seperti gorengan, membuat usaha es buah ini terbilang ringan baik dari pengerjaannya maupun dari modal yang dibutuhkan. Namun ketika bulan puasa, omzet dari berjualan es buah ini bisa mencapai puluhan juta per bulannya.

3. Jual Minuman Dingin

Selain es buah, minuman – minuman dingin juga menjadi salah satu minuman yang laris di bulan puasa. Apalagi minuman dingin di botol yang lebih praktis dan murah. Biasanya ide jualan minuman di bulan puasa seperti ini dilakukan dengan cara dititpkan ke warung atau dengan membuka stand minuman dingin di pinggir jalan dan tempat yang ramai.

Salah satu modal utama yang anda butuhkan untuk berjualan minuman dingin adalah kotak pendingin portable dan tentunya persediaan es batu yang banyak. Sehingga nanti ketika berjualan, minuman tersebut bisa tetap dingin meskipun sudah berjam – jam keluar dari kulkas atau freezer.

4. Jual Busana Muslim

Bisnis di bulan ramadhan yang berikutnya adalah berjualan busana muslim. Sebenarnya bukan hanya busana muslim yang banyak dicari di bulan puasa, namun hampir semua jenis fashion dari baju, celana, hingga aksesoris lainnya juga banyak dicari di hari – hari mendekati lebaran.

Kini dengan adanya toko online, anda bisa berjualan busana muslim dan perlengkapan solat denngan lebih mudah. Selain itu anda juga bisa menjadi dropshipper ataupun reseller dan menjual busana muslim anda ke seluruh Indonesia. Bahkan dengan menjadi dropshipper busana muslim, anda tidak perlu melakukan stock barang di rumah. Cukup mencarikan pelanggan saja dan memesan langsung dari toko utama.

Loading...

Baca : Apa itu Bisnis Dropship? Semua Tentang Dropshipping

5. Penitipan Hewan

Di hari – hari menjelang lebaran, semakin banyak pula orang yang ingin pulang kampung dan keluar kota. Sebab hal ini juga menjadi salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia ketika lebaran, khusunya untuk para perantau di kota – kota besar yang orang tuanya masih tinggal di kampung halaman.

Untuk mereka yang memiliki peliharaan dan tidak bisa membawanya ke kampung, mencari penitipan hewan menjadi satu – satunya cara yang bisa mereka lakukan. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka jasa penitipan hewan selama bulan ramadhan dan libur lebaran. Bila anda pencinta hewan, pastinya usaha yang satu ini sangat mudah dan cocok untuk anda jalani.

6. Penukaran Uang Baru

Bisnis berikutnya yang juga sangat menguntungkan di bulan ramadhan adalah bisnis penukaran uang baru. Sebab salah satu ciri khas dari lebaran adalah banyaknya uang baru yang dibagikan.

Namun untuk bisnis yang satu ini, kalian perlu berhati – hati sebab tidak semua jenis penukaran uang diperbolehkan baik secara hukum agama maupun hukum yang berlaku di Indonesia. Anda perlu bekerja sama dengan bank di indonesia untuk membuka jasa penukaran uang baru yang legal. Sebab membuka jasa penukaran uang abal – abal bisa berujung pidana.

7. Jual Kue Kering

Bila usaha penukaran uang dinilai terlalu sulit, mungkin anda bisa membuka bisnis di bulan ramadhan yang berikutnya ini yaitu usaha kue kering. Seperti yang anda semua ketahui, kue – kue kering seperti nastar, putri salju, dan kue lainnya sangat khas dengan suasana lebaran.

Anda juga bisa membuat bisnis kue kering ini dengan 2 cara, yaitu membuatnya dan menjualnya sendiri, atau membantu orang lain menjual kue yang mereka buat. Sehingga anda tidak perlu memiliki keterampilan dalam membuat kue, yang anda butuhkan adalah keterampilan dalam menjual produk tersebut ke orang lain.

8. Jual Ketupat

Sama dengan kue kering, ketupat juga menjadi salah satu makanan yang sangat khas dengan suasana lebaran di Indonesia. Bahkan bisa dibilang membuat ketupat ketika lebaran sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun temurun.

Namun tidak semua orang bisa membuat ketupat, bahkan belakangan ini lebih banyak orang yang membeli ketupat yang sudah jadi dibandingkan membuatnya sendiri. Tak heran bisnis berjualan ketupat yang sudah jadi menjadi salah satu usaha yang sangat menguntungkan saat bulan puasa.

9. Katering Lebaran

Di saat lebaran, banyak orang yang sibuk menyiapkan hidangan untuk lebaran dari jauh – jauh hari. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang lebih memilih memesan katering lebaran bila hanya untuk makan satu hari saja.

Oleh karena itu bila anda memiliki keterampilan dalam memasak, membuka bisnis katering lebaran bisa menjadi salah satu usaha dengan omzet yang besar. Sebab akan ada banyak orang, khususnya perusahaan atau yayasan yang mengadakan perkumpulan baik ketika mendekati lebaran maupun di hari H lebaran yang akan memesan katering anda.

10. Desain Amplop Lebaran

Dan bisnis di bulan ramadhan yang terakhir adalah membuat desain amplop lebaran. Bagi anda para desainer grafis, usaha yang satu ini sangat cocok dan perlu anda manfaatkan.

Sebab banyak orang yang merasa bosan dengan desain amplop atau kartu ucapan lebaran yang itu – itu saja. Jadi menjual desain anda atau menerima permintaan desain dari orang lain akan menjadi salah satu ladang bisnis yang menguntungkan.

Baca : 10 Ide Bisnis Online Cemerlang Untuk Tahun 2020

Itulah dia 10 bisnis di bulan ramadhan yang laris dan menguntungkan. Bila anda berencana membuat bisnis dalam waktu dekat, bulan ramadhan bisa menjadi waktu yang tepat untuk memulai usaha sendiri. Dan semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan ide bisnis baru yang mungkin bisa Anda jalankan di bulan ramadhan dan juga di tengah krisis akibat virus corona ini. Untuk mengikuti informasi terbaru tentang bisnis dan berbagai macam tutorial bermanfaat, Anda bisa kunjungi juga blog Maschasil.com situs media berbagi informasi lengkap dan uptodate.

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Setting dan Konfigurasi Wireless Router Terlengkap

Cara Setting dan Konfigurasi Wireless Router Terlengkap - Jaringan Wireless seringkali masih membingungkan bagi...

CentOS vs Ubuntu, Mana Yang Terbaik Diantara Keduanya?

CentOS vs Ubuntu, Mana Yang Terbaik Diantara Keduanya? - Dengan begitu banyak distribusi Linux...

Close