How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Menyimpan atau Mengambil Foto Dari Instagram

Apakah Anda sedang mencari cara untuk menyimpan foto dari Instagram, dan ingin mem-bookmark foto pengguna lain untuk kembali lagi nanti atau mengunduh foto ke komputer Anda. Mencari cara untuk mengambil foto dari Instagram memang tidak mudah dan sedikit rumit, tapi itu tetap bisa Anda lakukan.

Instagram memang memiliki beberapa fitur bermanfaat yang mempermudah pengunduhan foto Anda sendiri dan mem-bookmark foto-foto pengguna lain, tetapi Instagram mencegah Anda untuk mengunduh foto-foto dari pengguna lain seperti yang bisa Anda lakukan ketika menyimpan gambar dari halaman web biasa. Ada beberapa solusi, yang akan kita bahas nanti untuk cara menyimpan foto dari Instagram orang lain, tetapi mari kita mulai dengan metode penyimpanan foto Instagram paling dasar untuk foto yang Anda poskan di akun Instagram Anda sendiri.

Baca : Cara Ganti Font di Bio Instagram Anda Jadi Lebih Menarik

Simpan Foto Instagram Anda Sendiri ke Smartphone Anda

Jika Anda mengunggah foto yang ada ke Instagram tanpa menggunakan filter dalam aplikasi Instagram atau fitur pengeditan lainnya untuk membuat perubahan, Anda jelas sudah memiliki salinannya di HP Anda. Tetapi bagi Anda yang sengaja sudah mengupload foto dan kemudian melakukan pengeditan di Instagram dan Anda posting, kemudian Anda ingin menyimpan lagi foto yang sudah di edit ke HP Anda, itu juga sangat mudah dan otomatis akan disimpan di HP Anda dengan menyalakan satu pengaturan sederhana.

Berikut caranya:

  • Pada perangkat iOS, silahkan masuk ke profile Anda. Ketuk menu tiga garis horizontal di sudut kanan atas.
  • Ketuk ikon roda gigi di bagian bawah untuk mengakses halaman Settings.

menyimpan foto gambar instagram 1

Jika Anda menggunakan perangkat Android, silahkan ketuk ikon menu tiga baris di sudut kanan atas layar kemudian pilih ikon roda gigi Settings dan kemudian scroll ke bawah dan pilih Original Post.

  • Ketuk Account, lalu Original Photos.
  • Nyalakan tombol saklar pada Save Original Photo.

menyimpan foto gambar instagram 2

Selama pengaturan ini diaktifkan, semua posting Anda akan disalin secara otomatis saat Anda mempostingnya ke album foto baru atau folder yang berlabel “Instagram” di aplikasi album foto di smartphone Anda. Ini berlaku untuk semua posting termasuk yang Anda jepret melalui aplikasi Instagram, yang Anda unggah dari HP Anda tanpa perubahan yang dibuat dan yang Anda unggah dari perangkat Anda dengan efek filter dan efek editing yang diterapkan pada foto tersebut.

Baca : Cara Menambahkan Musik di Instagram Stories (Lirik+Sticker)

Simpan Foto (dan Video) Pengguna Lain untuk dilihat kembali dalam Aplikasi

Instagram sekarang memiliki fitur penyimpanan yang dibangun langsung ke dalam aplikasi. Meskipun hanya memungkinkan Anda untuk menandai tab posting foto atau video dan tidak benar-benar mengunduh apa pun ke perangkat Anda, itu masih lebih baik daripada tidak sama sekali. Sampai baru-baru ini, satu-satunya cara Anda benar-benar dapat menandai foto atau video dari pengguna lain dalam aplikasi Instagram adalah dengan menyukainya dan kemudian mengakses posting yang sebelumnya Anda sukai dari tab Settings.

Dua kerugian besar untuk fitur penyimpanan foto dan video di Instagram ini adalah:

  • Anda memerlukan koneksi internet untuk dapat mengunjungi kembali pos yang disimpan dalam aplikasi
  • Gambar yang disimpan berpotensi hilang jika pengguna yang mempostingnya memutuskan untuk menghapusnya. Ingat, menggunakan fitur bookmark hanyalah tautan ke foto – tidak ada yang disimpan ke akun atau ke perangkat smartphone Anda.
  • Anda tidak bisa menyimpan foto tersebut secara pribadi dan tidak bisa membagikan melalui pesan seperti dalam chat WhatsApp

Di sisi lain, jika Anda ingin mengikuti komentar pada postingan populer, Anda dapat menyimpan postingan tersebut dan kembali lagi nanti untuk membaca komentar baru, yang setidaknya merupakan salah satu cara yang sangat membantu untuk menggunakannya.

Baca : 15 Tips dan Trik Keren Dalam Menggunakan Instagram

Cara Menggunakan New Save Tab Instagram

Save Tab baru muncul sebagai ikon bookmark kecil di setiap profil pengguna langsung di atas Feed foto di menu horizontal. Anda tidak dapat melihat tab simpan di profil pengguna lain, tetapi Anda dapat melihatnya di profil Anda sendiri saat login. Ini untuk memastikan bahwa hanya Anda yang dapat melihat apa yang telah Anda simpan.

Untuk menyimpan posting yang Anda temukan di Instagram, cari ikon bookmark di sudut kanan bawah foto dan ketuk icon bookmark tersebut. Ini akan secara otomatis ditambahkan ke tab simpan Anda dan tidak ada pemberitahuan akan dikirim ke pengguna yang mempostingnya.

menyimpan foto gambar instagram 3

Jika Anda pernah mencoba mengklik kanan dan Simpan Sebagai pada foto Instagram di komputer Anda, atau mencoba melakukan hal yang sama pada perangkat seluler dengan mengetuk dan menahan foto sambil melihatnya di peramban web seluler, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa tidak ada yang muncul.

Instagram mungkin baik-baik saja dengan Anda menyimpan salinan foto Anda sendiri ke perangkat Anda atau menandainya di aplikasi karena Anda adalah pemiliknya, tetapi Instagram tidak mengklaim kepemilikan konten apa pun yang diposting ke aplikasi tersebut, jadi Anda bisa meminta izin dari pengguna lain, jika Anda ingin menggunakan konten mereka. Inilah alasan mengapa tidak mungkin mengunduh foto atau gambar di instagram dengan mudah.

Namun, seperti disebutkan di awal, ada beberapa trik untuk menyiasatinya. Perlu diketahui bahwa meskipun pengguna melakukannya sepanjang waktu, itu melanggar ketentuan Instagram jika pemiliknya tidak mengetahuinya dan belum memberikan izin agar dapat digunakan oleh orang lain.

Simpan Foto dengan Screenshot

Mungkin cara yang tidak resmi dan termudah untuk menyimpan foto dari akun Instagram orang lain dengan cepat adalah dengan mengambil screenshot gambar foto tersebut dan kemudian menggunakan alat pengeditan foto untuk memotongnya.

Ini adalah cara yang paling umum dan sering orang lain gunakan, tapi tentu saja gambar yang di dapat berkualitas rendah dan dalam versi resolusi yang jelek, karena itu hanya seukuran gambar di layar smartphone Anda. Dan juga masih ada proses pemotongan gambar agar pas hanya foto yang ingin Anda ambil.

Baca : 5 Fitur Instagram Yang Bagus Untuk Bisnis Anda

Simpan Foto dengan Page Source di Browser Komputer

Cara ini tentu hanya bisa Anda lakukan jika Anda mengakses instagram melalui perangkat komputer. Anda dapat menyimpan foto Instagram dengan mengidentifikasi file gambar di Page source melalui browser yang Anda gunakan. Bahkan cara ini dapat Anda lakukan tanpa login ke akun instagram Anda.

Berikut caranya :

  • Buka gambar atau foto di akun instagram orang lain yang ingin Anda ambil.
  • Klik kanan pada gambar dan pilih menu “View Page source“.

menyimpan foto gambar instagram 6

  • Disini Anda akan melihat banyak script code html dan CSS, silahkan nyalakan fitur pencarian (CTRL+F) dan masukkan og:image
  • Silahkan blok seluruh URL dalam tag Content di antara tanda petik dan klik kanan dan pilih “Open link in New Tab“.

menyimpan foto gambar instagram 4

  • Sekarang gambar sudah terbuka dalam tab baru dan silahkan untuk mengunduhnya dengan klik kanan “Save Image As“.

menyimpan foto gambar instagram 5

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda melakukan pencarian di internet, Anda mungkin dapat menemukan aplikasi pihak ketiga yang mengklaim mampuuntuk menyimpan atau mengunduh foto-foto dari Instagram. Namun, tidak ada jaminan bahwa itu akan berfungsi seperti yang Anda harapkan karena Instagram meninjau semua permintaan untuk akses API dan menolak apa pun yang memungkinkan pengguna berinteraksi terlalu banyak dengan aplikasi, atau bertentangan dengan persyaratan mereka.

Dengan kata lain, Anda mungkin memiliki waktu yang sangat membuat frustrasi ketika mencoba menemukan segala jenis aplikasi pihak ketiga yang sebenarnya memungkinkan Anda untuk mengunduh posting secara mulus, dan apa pun yang Anda putuskan untuk mendownload foto di instagram bisa menjadi semacam kesepakatan teduh untuk privasi Anda dan / atau keamanan. Anda mungkin jauh lebih baik dengan memilih cara lain yang sudah saya jelaskan di atas. Dan menurut saya, cara yang paling mudah adalah dengan melihat sumber halaman atau Page Source menggunakan perangkat komputer.

Baca : 5 Cara Mudah Download Video di Instagram pada 2019

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Bisnis Minuman Online yang Menguntungkan

5 Bisnis Minuman Online yang Menguntungkan - Anda bisa menjalankan bisnis minuman Online untuk...

Spesifikasi Desain Interior, Eksterior, dan Dimensi Calya yang Unggul

Spesifikasi Desain Interior, Eksterior, dan Dimensi Calya yang Unggul - Toyota Calya merupakan mobil...

Close