How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa dan Bagaimana Cara Kerja Wi-Fi Easy Connect?

Wi-Fi Easy Connect adalah cara baru untuk terhubung ke jaringan WPA2 dan WPA3, yang diperkenalkan oleh Wi-Fi Alliance pada tahun 2018. Seperti namanya, Wi-Fi Easy Connect ini diciptakan bertujuan untuk memudahkan atau menyederhanakan cara koneksi perangkat Wi-Fi, terutama bagi mereka yang memiliki antarmuka pengguna terbatas atau tidak sama sekali, sementara masih mempertahankan standar keamanan yang tinggi.

Dengan hadirnya teknologi Wi-Fi Easy Connect ini diharapkan semua pengguna perangkat dengan fasilitas Wireless dapat mudah terhubung ke perangkat Wi-Fi dengan cara sesederhana mungkin, dan membagikan Wi-Fi dengan cara yang mudah dan cepat, namun tetap aman.

Mengapa Anda Membutuhkan Wi-Fi Easy Connect?

Sebelum masuk ke Wi-Fi Easy Connect, pikirkan tentang proses menghubungkan ponsel cerdas atau smartphone Anda ke jaringan Wi-Fi: Anda perlu menemukan jaringan Wi-Fi (SSID) di smartphone dan memasukkan kata sandi Wi-Fi dengan hati-hati agar tidak keliru karena bentuk kata sandi yang unik dan panjang. Bagaimana dengan menambahkan perangkat dengan antarmuka pengguna terbatas atau tanpa antarmuka seperti smart plugs dan printer? Vendor yang berbeda memiliki metode yang berbeda, tetapi satu hal yang pasti: ini jauh lebih kompleks daripada menghubungkan smartphone ke perangkat jaringan Wi-Fi.

Loading...

Saat ini, perangkat IoT (Internet of Things) menjadi semakin populer. Karena sebagian besar perangkat ini tidak memiliki antarmuka pengguna, semua orang mencari cara yang lebih mudah untuk menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi.

Wi-Fi Protected Setup (WPS) tradisional tampaknya menjadi solusi. Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan klien ke jaringan Wi-Fi titik akses dengan mengetuk tombol fisik pada titik akses dan klien (seperti yang ditunjukkan gambar berikut). Namun, ini ternyata merupakan fitur yang tidak aman dan dapat membuat jaringan Wi-Fi Anda lebih rentan terhadap serangan.

Wi-Fi Easy Connect dikembangkan untuk menyelesaikan semua masalah ini. Ini merupakan peningkatan WPS, dan teknologi Wi-Fi Easy Connect memberikan manfaat utama seperti berikut:

  • Menyederhanakan proses penyediaan perangkat melalui penggunaan kode QR, terutama bagi mereka dengan sedikit atau tanpa antarmuka pengguna.
  • Memastikan keamanan otentikasi melalui kriptografi public key
  • Menyediakan metode standar dan konsisten untuk perangkat onboarding – perangkat dari vendor yang berbeda dapat dikonfigurasi dengan cara yang sama
  • Mendukung penyediaan untuk jaringan WPA2 dan WPA3
  • Mengaktifkan penggantian Titik Akses tanpa perlu menambahkan kembali semua perangkat ke Titik Akses baru

Bagaimana Wi-Fi Easy Connect Menyederhanakan Koneksi Perangkat Wi-Fi

Wi-Fi Easy Connect membuat pengaturan jaringan Wi-Fi dan menambahkan atau menyambungkan perangkat dengan cara yang jauh lebih mudah daripada WPS. Tujuannya adalah meminimalkan interaksi manual selama proses berlangsung dan tetap aman. Seperti yang ditunjukkan gambar berikut, untuk mengatur jaringan Wi-Fi atau menambah perangkat, Anda cukup memindai kode QR khusus di perangkat. Dan tidak perlu mengingat kata sandi atau Password.

Loading...

Wi Fi Easy Connect 2

Yang Anda butuhkan adalah perangkat — seperti smartphone — yang mampu memindai kode QR dan menjalankan Protokol Penyediaan Perangkat (DPP, protokol yang dikembangkan oleh Wi-Fi Alliance untuk mengimplementasikan Wi-Fi Easy Connect). Dengan juga dilindungi oleh kriptografi public Key (protokol otentikasi DPP), seluruh proses aman.

Kapan Saya Dapat Terhubung dengan Mudah?

Wi-Fi Easy Connect saat ini memang belum bisa kita temukan di semua perangkat, tetapi semakin banyak vendor menambahkan dukungan untuk itu dalam produk Wi-Fi mereka dan baru-baru ini Android OS terbaru versi 10 sudah mengadopsi teknologi ini untuk memudahkan Anda dalam membagikan password atau kata sandi Wi-Fi Anda dengan kode QR tanpa perlu menyebutkan apa kata sandi Anda dan pengguna lain hanya tinggal melakukan scanning. Untu perangkat lain, Mari kita nantikan adopsi teknologi ini dan nikmati manfaatnya.

Wi Fi Easy Connect 1

Loading...

Dan itulah beberapa penjelasan singkat tentang teknologi baru yang bernama Wi-Fi Easy Connect, Anda bisa menemukan teknologi terbaru ini dan dapat mencoba menggunakan teknologi Wi-Fi Easy Connect sesegera mungkin di smartphone Android Anda yang sudah di update dengan OS 10, Anda bisa membaca di artikel bawah ini. Selamat mencoba 🙂

Baca : Cara Berbagi Kata Sandi atau Password Wi-Fi Anda di Android

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Berbagi Kata Sandi atau Password Wi-Fi Anda di Android

Cara Berbagi Kata Sandi atau Password Wi-Fi Anda di Android - Berbagi kata sandi...

15 Sumber Backlink Gratis Berkualitas untuk SEO dan Mendongkrak Pengunjung

15 Sumber Backlink Gratis Berkualitas untuk SEO dan Mendongkrak Pengunjung - Link dari situs...

Close