fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Strategi Pemasaran Email dan Cara Mempercantik Email Anda

Email masih menjadi sarana yang bagus dan bahkan sangat potensial sebagai target pemasaran digital saat ini. Ini terbukti bahwa banyak pemain besar seperti toko online atau marketplace menggunakan email sebagai alat pemasaran untuk menciptakan komunitas pelanggan yang sadar merek yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang produk mereka. Selain itu, Email sering memiliki pengembalian investasi yang kuat, sehingga lebih banyak klik pada email Anda itu berarti ada peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk bisnis Anda. Bahkan strategi pemasaran email lebih murah daripada bentuk pemasaran lainnya dan mudah untuk memulai dan mempertahankan strategi pemasaran email.

Saat ini periklanan tradisional perlahan mulai ditinggalkan dan itu akan menjadi keharusan bagi marketer dan blogger untuk memfokuskan upaya pada strategi pemasaran email singkat, sedangkan beberapa tahun yang lalu Anda bisa pergi tanpa harus membuat koneksi yang berarti dengan pembaca Anda, tapi sekarang media web menantang semua penulis, jurnalis, dan blogger untuk membangun fondasi yang kuat untuk masa depan merek mereka, dan salah satu cara untuk menciptakan komunitas yang solid adalah melalui pemasaran email.

Untuk memulai pemasaran email, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan sebanyak mungkin email dengan memasang modul berlangganan disitus web Anda. Dengan mendapatkan email dari pengunjung secara sukarela, ini bisa menjadi indikator pertama bahwa pengguna benar-benar tertarik pada konten, produk, atau layanan yang mungkin Anda tawarkan.

Strategi Pemasaran Email Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Setelah langkah pertama sudah Anda lakukan yaitu pengumpulan email dari pengunjung, maka Pada disini saya akan memberikan beberapa tips strategi pemasaran email dan bagaimana mempercantik email Anda sehingga menarik minat bagi pelanggan Anda.

nama-alamat-email-wordpress

Tulis Subjek yang Menarik

Kampanye pemasaran email Anda mungkin tidak menghasilkan impact yang besar meskipun Anda memiliki banyak pelanggan di milis. Untuk mengatasi hal itu, coba tulis subjeck email yang menarik, karena baris subjek Anda adalah hal pertama yang dilihat seseorang ketika email Anda terkirim ke kotak masuk mereka. Subjek email harus menarik dan membujuk mereka untuk mengklik untuk mencari tahu lebih lanjut. Buat baris subjek Anda menarik dengan memasukkan kata kerja berorientasi tindakan, proposisi nilai yang kuat, dan rasa urgensi. Jika Anda memiliki penjualan, misalnya, Anda dapat menulis:

“Dapatkan potongan 50% untuk setiap produk hanya hari ini”

Sebelum menulis baris subjek Anda, pikirkan tentang apa yang penerima dapatkan dari email khusus ini. Apakah mereka mendapatkan informasi tentang penjualan hebat? Atau mengintip pendatang baru Anda? Pastikan nilai email terlihat jelas di baris subjek.

Buat ajakan bertindak yang jelas

Sekarang setelah seseorang membuka email Anda, Anda mendapatkan perhatian mereka dan Anda ingin mereka mengambil tindakan. Rasio klik Anda adalah persentase pelanggan yang menerima email Anda dan mengklik setidaknya satu tombol atau tautan. Ajakan bertindak (CTA) Anda mendorong pembaca untuk melakukan sesuatu, misalnya, berbelanja, melihat koleksi baru, atau menjadwalkan konsultasi gratis. Anda dapat memasukkan CTA Anda pada tombol atau sebagai tautan teks. Pilih CTA yang mengklarifikasi apa yang Anda ingin mereka lakukan dan menggunakan bahasa aktif – misalnya, Belanja Sekarang, Mendaftar, atau Jadwalkan Sesi. Yang terbaik adalah menjaga salinan tautan tetap pendek, tetapi Anda dapat memberikan konteks yang relevan seperti detail penjualan atau informasi tentang koleksi dalam salinan email.

Segmen daftar Anda

Buat pengelompokan target pengiriman email dengan tujuan untuk mempersonalisasikan daftar Anda sehingga semua orang tidak menerima email yang persis sama pada waktu yang sama. Kustomisasi pesan Anda berdasarkan perincian tentang pelanggan Anda seperti apa yang mereka beli baru-baru ini, di mana mereka tinggal, atau kapan hari dan waktu mereka biasanya membuka email Anda. Anda dapat mengirim email dengan rekomendasi produk berdasarkan hal-hal yang Anda tahu telah mereka beli di masa lalu, atau pengingat bahwa mereka masih memiliki sesuatu di keranjang belanja mereka, atau memberi tahu mereka bahwa ada acara di toko lokal mereka. Orang akan lebih cenderung membaca email Anda jika sesuatu yang dikirimkan adalah hal yang relevan dengan mereka.

Jangan spam pelanggan Anda

Jika Anda mengirim lusinan email seminggu, tingkat berhenti berlangganan email Anda dipastikan meningkat. Ketika orang mendaftar untuk daftar email Anda, berikan opsi untuk berapa kali mereka akan menerima email. Apakah mereka menginginkan pemberitahuan harian tentang berita paling penting hari itu? Apakah mereka menginginkan pengumpulan mingguan acara teratas di area tersebut alih-alih mendapatkan email terpisah tentang setiap acara? Jika Anda bisa, biarkan mereka mengatur preferensi mereka terlebih dahulu. Jika tidak, pikirkan cara-cara agar Anda dapat mengurangi jumlah email yang Anda kirim, seperti mengirim email mingguan atau bulanan.

Gunakan Template Email yang Indah

Kampanye email Anda merupakan perpanjangan dari merek Anda, sehingga desainnya harus serupa dengan situs web Anda dan titik sentuh lainnya yang Anda miliki dengan pelanggan seperti iklan dan barang dagangan. Gunakan warna, font, dan gambar sesuai dengan brand Anda. Jangan lupa untuk memasukkan logo di bagian atas template Anda sehingga pembaca langsung tahu itu berasal dari situs web Anda. Pastikan semuanya terbaca dan semua tautan serta tombolnya jelas. Dan ingat bahwa email akan diakses dari ponsel, tablet, dan layar komputer dengan ukuran berbeda. Buat template email responsif yang akan secara otomatis beradaptasi dengan ukuran layar.

Dan itulah 5 tips strategi pemasaran email yang perlu Anda lakukan agar mendapatkan penjualan yang tinggi dari kampanye email yang Anda lakukan.

Selanjutnya dari poin-poin diatas, tentu Anda akan merasa kesulitan pada satu hal yaitu membuat desain email yang bagus karena poin-poin lain tentu sangat mudah dipahami dan dipraktekkan. Namun poin terakhir akan menjadi tantangan tersendiri apalagi jika Anda tidak mengenal sebuah alat keren yang dapat membantu Anda membuat template email yang indah dengan cepat dan mudah. Jadi, untuk mempersiapkan kampanye Anda sendiri, Anda sebaiknya mencari cara untuk mendesain kampanye email Anda karena desain sering kali menjadi faktor penentu bagaimana pengguna menafsirkan pesan Anda. Memiliki tema / template yang kikuk dapat memiliki efek merugikan bagi pembaca yang ingin membaca email Anda secara penuh, belum lagi Anda bisa kehilangan hal-hal seperti rasio klik per tayang karena kurangnya konsistensi dalam warna desain.

Disini saya akan memperkenalkan pada Anda sebuah generator email template bernama Postcards yang akan memudahkan tugas Anda dengan cepat dan mudah.

Apa itu Postcards?

Postcards adalah Generator template email atau pembuat template email online yang dapat membantu Anda dengan cepat membuat email yang indah hanya dengan beberapa klik saja. Postcards sudah mendukung fitur drag and drop sehingga Anda hanya perlu menyusun email Anda dengan klik mouse Anda dan tanpa diperlukan sedikitpun pengetahuan kode.

Postcards email template by designmodo 1

Dengan postcard, Anda bisa membuat template dengan memasukkan logo Anda, menu, header, konten, feature, call to actions, eCommerce, transaksi dan footer. Banyak hal bisa Anda lakukan dan pilih untuk membuat email Anda tampak menarik dan membuat pelanggan melakukan klik.

Postcards Email Template

Beberapa kelebihan dari Postcards :

Postcards email template by designmodo 3

  • Postcards merupakan Generator Template Super Intuitif yang memiliki lebih dari 90 komponen untuk membantu Anda membuat email khusus lebih cepat dari sebelumnya.
  • Drag & drop builder: 90+ blok indah yang dirancang untuk membuat kampanye Anda menonjol.
  • Edit teks dan gambar langsung: Gunakan editor visual untuk mengubah gambar, teks, dan tautan.
  • Unggah atau gunakan Gambar eksternal: Gunakan gambar lokal atau eksternal untuk ESP Anda.
  • Pratinjau hasil: Pratinjau untuk browser versi Desktop dan Mobile sebelum menyelesaikan desain Anda.
  • Ekspor tidak terbatas: Buat dan ekspor template email sebanyak yang Anda inginkan.
  • Pratinjau email langsung: Lihat templat email Anda langsung dari klien Anda.
  • Google font: Pilih dari lebih dari 800 Google Font untuk melengkapi desain Anda dengan sempurna.
  • Retina Ready: Grafik dan teks Anda akan terlihat jernih dan bersih pada layar apa pun, termasuk tampilan Retina.
  • Warna khusus: Ubah warna tombol dan latar belakang apa saja agar sesuai dengan warna merek Anda.
  • Sistem modular: Susun, sesuaikan, dan atur ulang opsi kreatif yang telah dirancang sebelumnya.

Cara Membuat Template Email yang Cantik dengan Postcards

Untuk membuat Email template yang indah di Postcard by Designmodo, hal yang pertama Anda lakukan adalah mencoba generator dengan klik tombol “Try Postcards”, dan Anda akan dibawa ke halaman dasahboard generator template.

Disini Anda akan melihat halaman yang terbagi menjadi tiga bagian, di sebelah kiri adalah deretan menu yang berisi element yang akan Anda butuhkan untuk membuat template seperti Menu, Header, Content, Features, Call to Actions, eCommerce, Transactional, dan Footer.

Postcards email template by designmodo 2

Di bagian tengah adalah area template email Anda dibangun, untuk membuat template di bagian ini Anda hanya perlu mengarahkan mouse Anda dibagian element template disebelah kiri dan pilih mana element yang ingin Anda tambahkan dengan klik atau drag and drop.

Di sebelah sisi kanan adalah bagian dari area untuk mengedit setiap konten yang terdapat dalam element. Caranya ketika Anda klik element tertentu dan menekan icon Edit, maka pengaturan element akan muncul dan Anda hanya tinggal menyesuaikan isi konten sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jika email template sudah sesuai dengan harapan Anda, Anda bisa melihat preview langsung melalui icon preview di pojok kanan atas. Dan Anda tetap bisa mengedit template kapan saja Anda mau.

Postcards email template by designmodo 4

Jika sudah merasa puas dengan email template Anda. Silahkan klik tombol “Export” dibagian pojok kanan atas untuk mendownload email template Anda. Dan siap untuk Anda gunakan untuk dikirim ke berbagai pelanggan di daftar email Anda sebagai upaya kampanye pemasaran email Anda.

Dan itulah cara singkat membuat email template yang indah menggunakan Postcards by Designmodo.

Kesimpulan

Strategi pemasaran email masih menjadi bagian terpenting yang harus dilakukan dalam promosi agar sukses dalam bisnis dan ini cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan. Beberapa strategi pemasaran email diatas merupakan hal yang perlu Anda lakukan agar email Anda tidak berujung di tempat sampah.

Membuat email yang cantik juga akan membuat pengunjung merasa tertarik untuk melakukan klik dan membeli layanan atau produk Anda. Dengan layanan postcards, Anda bisa membuat email template yang indah kapan saja dengan membayar lisensi $149 per tahun. Tentu ini menjadi harga yang murah ketika Anda melihat hasilnya.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Slides – Cara Mudah Membuat Website Landing Page yang Indah

Apakah Anda ingin membuat proyek website statis satu halaman yang sederhana namun memiliki tampilan...

5 Perangkat Lunak Web Server Open Source Terbaik

Server aplikasi menyediakan kerangka kerja untuk membangun dan menggunakan aplikasi web dan menawarkan berbagai...

Close