Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

7 Software FTP Client Terbaik Gratis Download

FTP (File Transfer Protocol) Protokol pengiriman berkas adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antar jaringan.

filezilla ftp client terbaik

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP. (Source : Wikipedia)

Setelah Anda mengetahui tentang FTP, sekarang saya akan melanjutkan ke pembahasan berikutnya yaitu tentang Software FTP Client terbaik yang bisa Anda gunakan. Kenapa artikel ini sangat penting buat Anda, karena FTP akan sangat sering Anda gunakan jika Anda sering bekerja dengan web, begitu juga jika Anda mengelola situs WordPress untuk mengupload atau mendownload file antar komputer dan server web hosting.

Baca : Tutorial Cara Install WordPress Lengkap

FTP Client untuk Windows

Jika Anda menggunakan komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows, maka Anda akan menemukan banyak sekali software FTP gratis maupun FTP yang berbayar yang dapat Anda gunakan. Berikut FTP Client untuk Windows :

1. FileZilla

FileZilla adalah salah satu FTP Client gratis yang paling populer untuk Windows, dan tersedia di semua platform lain juga seperti Linux dan Mac. FileZilla ini mungkin software FTP Client yang paling mudah digunakan. Saya pribadi sering menggunakan software FTP Client FileZilla ini. Software ini mendukung FTP, SFTP, dan FTPS (FTP di SSL/TLS). Baca : Panduan Lengkap cara menggunakan FTP Client FileZilla.

Download

2. WinSCP

WinSCP adalah salah satu yang paling kuat dan mudah digunakan untuk FTP client pengguna Windows. Terlepas dari kenyataan bahwa rasanya seperti ada terlalu banyak hal pada user interface, WinSCP sebenarnya cukup mudah dipelajari.

Di sebelah kiri adalah bagian dari file di komputer Anda dan di sebelah kanan Anda file pada server Anda. Cukup klik pada file untuk men-download, upload, atau mengeditnya.

Untuk pengguna tingkat lanjut, WinSCP memiliki semua fitur yang Anda butuhkan dari klien FTP yang kuat. Mendukung SFTP, SSH. Penanganan file dan menugaskan editor default sangatlah mudah.

Download

3. FireFTP

FireFTP tersedia sebagai add-on gratis untuk web browser Mozilla Firefox. Tentu saja FireFTP ini sangat praktis karena menyatu dengan browser Mozilla firefox. FireFTP juga sangat user friendly karena mulus memadukan ke dalam web browser. Yang paling penting, karena FireFox tersedia pada Windows, Linux, dan platform Mac, Anda dapat menggunakan FireFTP pada setiap sistem operasi.

Download

FTP Client untuk Mac

Beberapa FTP Client yang tersedia untuk Windows juga tersedia untuk Mac. Seperti FireFTP dan FileZilla. Namun, kedua software FTP tersebut terlihat sedikit berbeda di Mac karena software tersebut tidak berintegrasi dengan baik dengan sistem operasi seperti Windows.

Berikut adalah beberapa FTP Client untuk Mac yang mudah digunakan dan juga menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik di Mac.

4. Transmit

Transmit adalah FTP Client yang paling populer untuk pengguna Mac, khususnya di kalangan pengembang web. Muncul dengan set yang sangat kuat dari fitur seperti folder syncing, fitur disk, dan kecepatan yang lebih tinggi. Software transmit terintegrasi ke dalam lingkungan Mac yang membuatnya super mudah digunakan bagi pengguna Mac untuk belajar dan menggunakannya dengan cepat.

Namun Transmit bukanlah perangkat lunak gratis, dan akan dikenakan biaya sekitar $34 untuk satu lisensi. Untuk yang gratis Anda bisa menggunakan pilihan seperti Filezilla, cyberduck, Classic FTP, karena juga support untuk mac.

Download

5. Classic FTP

Jika Anda ingin yang FTP client yang paling dasar, Anda harus mencoba Classic FTP. Meskipun aplikasi tidak memiliki antarmuka pengguna dengan tampilan terbaik, Namun Classic FTP sangat mudah digunakan. Setelah menyiapkan server FTP Anda dengan Classic FTP, Anda dapat dengan mudah drag dan drop file ke server Anda. Classic FTP juga gratis untuk Anda gunakan di Mac.

Download

6. Cyberduck

Cyberduck adalah FTP client gratis dan terbuka untuk Mac dan Windows. Hal ini sangat mudah digunakan dan terintegrasi dengan indah di perangkat Mac Anda. Mendukung fitur Mac seperti menyimpan kredensial login Anda di keychain dan mencari file di finder. Anda bahkan dapat memilih Editor pilihan Anda dan membuka file untuk mengedit dengan mudah.

Download

FTP Client untuk Linux

Sistem operasi berbasis Linux memiliki koleksi program FTP client yang juga sangat banyak. Tapi banyak dari program ini berjalan di baris perintah yang membuat mereka cukup sulit untuk pemula. Anda juga dapat menggunakan cross-platform FTP klien seperti FireFTP dan Filezilla di linux.

Berikut adalah beberapa FTP klien untuk Linux dengan GUI.

7. gFTP

gFTP adalah open source FTP client sederhana untuk sistem operasi berbasis Linux. Memiliki antarmuka pengguna yang bersih yang membuatnya mudah bagi pengguna untuk mempelajari fitur-fiturnya. Mendukung FTP, FTPS (koneksi kontrol saja), HTTP, HTTPS, SSH dan FSP protokol. Upload dan mengedit file mirip dengan FileZilla.

Download

Baca : Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress

Diatas adalah 7 Software FTP Client terbaik yang bisa Anda gunakan untuk berbagai pilihan sistem operasi, silahkan pilih sesuai kebutuhan Anda untuk mengelola situs Anda. Semoga bermanfaat 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Tribute Responsive Free

Tribute adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang sederhana dan bersih untuk blog. Tema ini...

7 Langkah Cepat Cara Membuat Blog Sendiri

Jika saat ini Anda sedang merencanakan untuk membuat blog, namun masih bingung langkah apa...

Close