fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

8 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Linux

 8 Alasan Dan Yang Anda Butuhkan untuk Menggunakan Linux – Seperti yang sudah sering kita ketahui bahwa sistem operasi untuk perangkat komputer yang paling banyak digunakan adalah Windows dan juga MacOS. Windows menjadi sangat umum digunakan oleh pengguna indonesia meskipun memiliki lisensi berbayar, namun Windows sangat rawan terhadap virus, malware atau ransomware dan banyak versi bajakan. Bahkan untuk melakukan update Windows juga sangat sulit kadang terdapat banyak kendala. Sedangkan untuk pengguna MacOS, ini sangat jarang sekali ada pengguna di indonesia karena memang sistem operasi MacOS harus sepaket dengan perangkat kerasnya (Komputer), dan itu sangatlah mahal.

Alasan menggunakan OS Linux

Alternatif yang bisa Anda gunakan agar terbebas dari virus komputer dan mudah ketika melakukan update OS adalah Linux. Selain terkenal sebagai sistem operasi yang aman dan stabil, Linux juga merupakan OS gratis dan terdapat banyak varian yang bisa Anda pilih.

Anda sangat beruntung karena ada pilihan OS seperti Linux. Linux adalah sistem operasi open source yang muncul sejak akhir tahun sembilan puluhan dan ini bisa Anda jadikan pilihan terbaik untuk sistem operasi Anda. Tetapi mengapa Anda harus menggunakan linux? Berikut adalah beberapa alasan kenapa Anda perlu bermigrasi dari Windows ke alternatif yang lebih terbuka dan gratis seperti menggunakan Linux?

Baca : Penjelasan Lengkap Tentang Distro Linux, dan Apa Perbedaanya?

1. Linux adalah Gratis

Alasan pertama kenapa Anda harus menggunakan Linux adalah Gratis. Jangan anggap Anda tidak membayar sistem operasi yang sedang Anda gunakan sekarang. Karena perlu Anda ketahui bahwa saat Anda membeli perangkat komputer desktop atau laptop, ada biaya yang sudah termasuk harga untuk membeli lisensi Windows yang sudah terpasang. Tidak hanya itu, jika Anda pernah mengupgrade Windows, Anda tahu ada biaya tambahan untuk ini. Biaya yang melekat itu tidak hanya ditemukan di sistem operasinya saja, melainkan ada banyak aplikasi untuk Windows atau macOS memiliki biaya yang terkait.

Berbeda ketika Anda menggunakan Linux, Linux benar-benar gratis dan Anda akan menemukan ribuan aplikasi juga gratis. Alih-alih membayar untuk MS Office, Anda dapat menginstal LibreOffice di Linux atau Open Office, langsung dari toko aplikasi distribusi Anda. Mencari alternatif Photoshop gratis? Coba GIMP. Dan ketika tiba saatnya untuk meningkatkan distribusi Linux Anda, itu tidak akan dikenakan biaya sepeser pun … tidak pernah. Hampir setiap Distro Linux tidak membebankan biaya.

2. Linux itu Fleksibel

Jika Anda telah menggunakan Windows atau macOS cukup lama, Anda akan berfikir ini rumah Anda atau rumah mereka. Sangat sedikit penyesuaian yang bisa Anda dilakukan. Jika Anda pengguna yang suka bekerja dengan cara yang lebih unik, tentu itu merupakan batasan bagi Anda.

Untungnya, Linux memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sistem operasi untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan sempurna. Tidak suka desktop GNOME? Gunakan KDE. Tidak suka tampilan dan nuansa GNOME, ubahlah dengan Extensions. Tidak suka di mana Xfce Panel tinggal? Pindahkan itu. Kustomisasi yang dapat Anda lakukan hampir tidak terbatas. Dan banyak dari penyesuaian ini sangat mudah untuk dikelola (jadi Anda tidak harus menjadi pengguna Linux hard-core untuk melakukannya). Pada akhirnya, Anda bisa bekerja persis seperti yang Anda inginkan, bukan bekerja dengan sistem operasi yang sesuai keinginan Apple atau Microsoft.

3. Linux Aman

Secara desain, Linux jauh lebih aman daripada Windows atau macOS. Memang menggunakan Linux masih dimungkinan untuk Anda akan menemui virus, malware, ransomware tapi jauh lebih sedikit bahkan banyak pengguna yang sering berkata bahwa Linux tidak butuh software antivirus sebagaimana di Windows atau MacOS. Ini saja yang membuat Anda ingin bermigrasi dari sistem operasi Anda saat ini. Banyak pakar percaya alasannya adalah karena Linux tidak ditargetkan sebanyak Windows atau macOS karena pangsa pasar yang jauh lebih sedikit.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa penggunaan Linux tersebar luas di kalangan bisnis tingkat perusahaan. Perusahaan besar seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan Google semuanya bergantung pada Linux. Pengguna Linux sudah puluhan tahun merasa aman tanpa menderita satu masalah keamanan. Itu Artinya adalah bahwa jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah keamanan dengan Linux daripada Anda dengan Windows atau macOS. Ingat, tidak ada sistem operasi yang 100% aman. Meskipun Linux terkenal sangat aman, Anda juga harus tetap bijak dalam menggunakannya.

Dan perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar server komputer dan juga web server menggunakan sistem operasi linux, ini membuktikan bahwa linux sangat aman dan juga stabil. Tidak ada ketakukan berlebih ketika menggunakan linux sebagai server dibanding menggunakan OS lain untuk server.

4. Linux itu Andal

Alasan berikutnya kenapa Anda harus menggunakan Linux adalah Linux merupakan OS yang stabil dan andal, karena banyak pengguna merasa sangat jarang terjadi gangguan pada Linux. Sekalipun ada aplikasi macet, di linux tidak sampai mengunci seluruh sistem Anda (seperti halnya di Windows). Lebih baiknya lagi, jika itu benar-benar terjadi, adalah mungkin untuk menggunakan apa yang disebut konsol virtual (atau terminal) dan menutup aplikasi yang bermasalah dari baris perintah. Setelah Anda menutup aplikasi yang macet, Anda bisa menggunakan kembali komputer Anda dengan lancar tanpa perlu mematikannya. Anda tidak dapat melakukan ini di Windows. Bahkan dengan kemampuan itu, aplikasi di Linux sangat solid dan jarang macet. Ucapkan selamat tinggal pada Blue Screen of Death atau White Screen yang sering Anda jumpai di Windows.

Baca : Distro Server Linux Terbaik Pada Tahun 2019

5. Linux Ramah Pengguna

Kembali di akhir tahun sembilan puluhan dan awal 2000-an, Linux memiliki kekurangan yaitu cukup sulit untuk menginstal dan menggunakannya. Hanya para geek uber yang mampu mengklaimnya sebagai milik mereka. Jika Anda tidak mempelajari ilmu komputer, ada kemungkinan sangat sulit menggunakan sistem operasi ini dan banyak rintangan yang harus Anda hadapi ketika menggunakannya.

distro linux server terbaik ubuntu

Tapi itu berbeda sekarang. Sistem operasi Linux modern mudah di instal di komputer desktop atau laptop, dan semudah ketika menggunakan Windows atau macOS. Siapa saja dapat menginstal dan mengoperasikan linux, apalagi jika Anda adalah pengguna Ubuntu Linux, Linux Mint, Elementary OS, atau Deepin Linux, Anda akan memiliki rasa yang sama seperti di Windows.

6. Linux mudah untuk Upgrade

Berbicara tentang upgrade, setiap kali Anda Start (atau Restart) Windows, dan Anda melihat layar pembaruan, jika iya maka tentu Anda akan merasa sangat was was dan berharap pembaruan tidak akan membuat komputer Anda mati atau tidak berjalan alias ngehang. Dengan Linux, upgrade sangat mudah. Dan tidak seperti Windows, yang sepertinya Anda harus reboot setiap kali satu aplikasi di update, Linux hanya perlu melakukan reboot jika kernel di update. Setiap aplikasi, daemon, dan layanan dapat mengupdate di mesin Linux Anda dan Anda tidak perlu reboot. Mesin Linux terkenal untuk menjalankan software tanpa reboot. Dan dengan teknologi seperti livepatch Ubuntu, bahkan ketika update kernel tidak akan memaksa mesin komputer Anda untuk reboot.

7. Dukungan Linux Mudah Ditemukan

Jika Anda mengalami masalah di Linux, di mana Anda akan mencari bantua? Untungnya, ada banyak forum online, grup, dan milis yang didedikasikan untuk membantu pengguna memecahkan masalah, semua gratis dan tidak ada yang akan dikenakan biaya sepeser pun. Situs-situs seperti Ask Ubuntu, Linux Mint Forums, dan Ask Fedora adalah tempat yang bagus untuk bertanya dan mencari jawaban. Faktanya, hampir setiap distro Linux menawarkan formulir bantuan atau milis yang didedikasikan untuk pengguna yang saling memecahkan masalah. Dan karena komunitas ini didedikasikan untuk open source (dan penyebaran Linux), forum-forum tersebut umumnya sangat ramah dan membantu.

8. Linux Kompatibel Dengan Hardware Lama

Alasan terakhir Anda harus menggunakan Linux adalah karena Linux kompatibel dengan hardware komputer lama. Dengan Windows dan macOS, Anda mungkin merasa terpaksa membeli perangkat keras baru setiap kali Anda upgrade siste, operasi ke versi baru. Ini bisa juga disebut sebagai keusangan terencana. Anda tidak akan menemukan itu ketika menggunakan Linux. Bahkan, ada sejumlah besar Distro Linux yang dirancang khusus untuk berjalan dengan baik pada perangkat keras (hardware) lama. Distribusi seperti Peppermint OS, Lubuntu, Linux Lite, dan Bodhi Linux semuanya berjalan dengan baik pada perangkat keras yang sudah tua. Itu berarti Anda tidak hanya menghemat uang, Anda juga menyelamatkan lingkungan (dengan tidak harus membuang perangkat keras komputer setiap lima tahun sekali.

Baca : 5 Emulator Android Terbaik untuk Linux

Dan itulah 8 alasan kenapa Anda harus menggunakan atau beralih menggunakan Linux. Tentunya masih ada banyak alasan lain yang bisa digunakan untuk menggunakan Linux. Jika Anda memiliki alasan lain selain diatas, silahkan share di komentar bawah ini. Terimakasih dan selamat mencoba menggunakan Linux.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Keluar, Logout atau Sign Out dari Akun Gmail

Melihat judul dari artikel ini memang terlihat sepele dan sangat mudah dilakukan, tapi sebagian...

Cara Membuat Website Autoblogging dengan WP RSS Agregator

Cara Membuat Website Autoblogging dengan WP RSS Agregator - Membuat website Autoblogging bisa menjadi...

Close