How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Lengkap Cara Menggunakan FTP Client [FileZilla]

Saat Anda membaca tutorial tentang WordPress baik di centerklik maupun dari blog lain pasti sering membaca mengenai penggunaan FTP client untuk upload ke direktori server web maupun untuk install plugin dan themes WordPress. Software FTP ini merupakan software yang wajib Anda install pada komputer Anda jika Anda sering bekerja dengan web. Karena dengan  software FTP ini dapat membantu Anda dalam mengelola file website Anda yang berada di server hosting dengan lebih mudah. Sebenarnya dalam mengelola website Anda di server hosting bisa melalui web browser, tapi kadang-kadang melalui web browser berjalan sangat lambat, dan download tidak dilindungi juga tidak disarankan untuk meng-upload atau men-download file dengan ukuran besar.

Software FTP client yang akan saya gunakan dalam panduan ini adalah FileZilla, FileZilla ini adalah software FTP gratis yang populer, mendukung berbagai macam sistem operasi dan mudah digunakan. Saya pribadi dalam mengelola file blog WordPress centerklik ini juga menggunakan FileZilla. Anda juga bisa mencoba mencari software FTP lain jika tidak ingin menggunakan FileZilla. Silahkan baca di artikel saya yang lain dibawah ini.

Baca : 7 Software FTP Client Terbaik Gratis Download

Fitur FTP FileZilla

Beberapa kelebihan FileZilla selain gratis untuk digunakan adalah bahwa aplikasi ini sangat user friendly dan Anda dapat dengan mudah meng-upload, download dan mengelola file dan folder. FileZilla juga memiliki tingkat keamanan yang baik karena dapat mengenkripsi dan melindungi data Anda selama koneksi ke server. Dan dibawah ini adalah fitur lengkap dari FileZilla FTP:

  • User friendly interface and easy to use
  • Supports FTP, FTP over SSL/TLS (FTPS and FTPES) and SSH File Transfer Protocol (SFTP)
  • Available for Windows, Linux, BSD, Mac OS X and more
  • Multi languages support
  • Supports resume and transfer of large files
  • Site Manager and transfer queue
  • Bookmarks
  • Drag & drop support
  • Adjustable transfer speed limits
  • Filename filters
  • Directory comparison
  • Network configuration wizard
  • Remote file editing
  • Keep-alive option
  • Logging to file
  • Synchronized directory browsing
  • Remote file search

Cara Install FileZilla FTP Client

Untuk menggunakan software FTP FileZilla ini Anda harus mendownload dan menginstall software tersebut pada komputer Anda. Silahkan untuk mengikuti panduan install FileZilla dibawah ini :

Silahkan kunjungi situs resmi FileZilla dan mendownload versi terbaru » Download FileZilla.

FileZilla Download

Setelah file Anda download silahkan untuk klik 2X pada file tersebut untuk memulai proses instalasi. Anda akan melihat Lisence Agreement dan klik tombol “I Agree”.

Installer-license

Langkah berikutnya Anda harus memilih apakah Anda ingin menginstal FileZilla untuk digunakan oleh banyak pengguna atau hanya untuk digunakan oleh Anda sendiri. Pada pilihan ini saya memilih untuk “Anyone who uses this computer (all users). dan klik tombol “Next”.

Me or Everyone

Selanjutnya Anda harus memilih komponen dari FileZilla client yang ingin Anda instal, Anda bisa mencentang semua pilihan. Jika sudah silahkan klik tombol “Next”.

Installer components

Pada langkah ini Anda diminta untuk menentukan lokasi dimana Anda ingin menginstal software FileZilla. Jika Anda ingin menetapkan secara default, silahkan langsung saja klik tombol “Next”.

Location Install FileZilla

Pada bagian ini Anda tinggal klik tombol “Install” dan menunggu proses intalasi FTP FileZilla Client Selesai sampai menunjukkan tulisan “FileZilla Client has been installed on your computer” dan klik tombol finish.

Proses Instalasi

Dan itulah proses instalasi FileZilla yang mudah, sekarang Anda sudah memiliki software FTP FileZilla terinstall di komputer Anda. Selanjutnya silahkan lanjutkan membaca untuk cara menggunakan FTP FileZilla Client.

Cara Menggunakan FTP Client FileZilla

Untuk menggunakan FTP FileZilla silahkan buka software FileZilla FTP Client sehingga terbuka seperti gambar dibawah ini.

FTP FileZilla Client Login

Pada gambar diatas Anda bisa melihat tampilan dari software FTP FileZilla, Untuk menghubungkan software FTP dengan server hosting Anda, silahkan masukkan (Host, Username dan Password) dibagian atas pada bagian yang saya tandai merah dan klik tombol “Quick connect”. Anda bisa mendapatkan informasi login tersebut dari penyedia layanan hosting yang Anda gunakan dan biasanya saat awal pembelian hosting Anda dikirimi informasi login FTP disertakan pada email Anda.

Jika Anda belum memiliki informasi login FTP, silahkan untuk membuatnya sendiri melalui control panel hosting Anda, disana terdapat menu FTP. Anda hanya perlu memasukkan username dan password maka informasi login FTP sudah bisa Anda gunakan. Jika Anda menggunakan iPage bisa melihat tutorial membuat akun FTP disini.

Folder FTP client

Setelah Anda berhasil terhubung dengan server hosting Anda. Anda akan melihat deretan folder dan file pada kolom atau panel sebelah kanan. Pada panel kiri adalah isi dari komputer Anda dan disebelah kanan adalah panel isi dari server web hosting Anda.

Pada contoh ini saya akan mencoba untuk meng-install tema WordPress baru bernama “Twenty Seventeen” yang sudah saya download ke komputer saya dan sudah saya ekstrak (lihat kolom panel sebelah kiri) dan akan saya upload dalam folder “Themes” di panel sebelah kanan. Untuk masuk ke folder adalah dengan klik 2 kali pada folder maka akan membuka. Jika posisi folder sudah tepat silahkan untuk klik kanan pada folder yang akan Anda upload dan akan muncul menu untuk “Upload” seperti yang terlihat pada gamba diatas. Atau Anda juga bisa langsung melakukan drag and drop pada file atau folder yang akan Anda upload dari panel kiri ke panel sebelah kanan.

FileZilla Upload

Setelah tombol “Upload” Anda klik maka sekarang proses upload file dan folder sedang berlangsung dan terlihat status proses upload dibagian bawah seperti gambar diatas. Silahkan tunggu sampai proses upload selesai melakukan transfer file. Jika proses sudah selesai maka tidak akan terlihat lagi status proses upload terlihat dibagian bawah. Disitu Anda juga bisa melihat jumlah file yang sukses di transfer atau file yang gagal transfer.

Untuk melihat apakah saya berhasil menginstall Themes WordPress Twenty Seventeen melalui FTP maka saya langsung login ke bagian Dashboard WordPress saya dan melihat pada menu Appearance » Themes. Dan dibawah ini terlihat tema baru sudah terinstall yang berarti saya telah berhasil melakukan install tema melalui FTP Client FileZilla.

Install Themes FTP

Gambar dibawah menunjukkan cara untuk mendownload file dan folder dari server web hosting ke komputer Anda, prosesnya sama dengan upload tapi berbalik dari bagian panel kanan ke kiri. Disitu Anda juga bisa membuat direktori, membuat file, mengedit file dan mengubah File Permissions pada file website Anda. Dengan cara download inilah Anda bisa gunakan untuk melakukan backup pada situs Anda.

FileZilla Download

Diatas adalah panduan lengkap cara menggunakan Software FTP Client FileZilla dari proses instalasi sampai menggunakan untuk proses upload download file di server web hosting Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Baca : Layanan Cloud Hosting Terbaik dan Murah [Best Cloud]

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Complete Responsive Free

Complete Lite adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang mempunyai desain elegan yang modern dan...

Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan AdNow Native Ads

Media Internet tidak hanya memberikan kemudahan dalam menyebarkan informasi dan mengakses informasi, tapi saat...

Close