fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Bingung Klaim Asuransi Ditolak? Berikut Alasannya

Saat ini ada ratusan ribu mobil baru dikeluarkan setiap tahunnya di indonesia dan angka penjualan yang setiap tahun naik membuktikan bahwa saat ini ada banyak orang yang memiliki minat tinggi untuk memiliki kendaraan roda empat ini. Namun, dengan meningkatnya kendaraan roda empat ini menjadikan jalanan menjadi sangat macet dan tidak mengherankan bahwa kecelakaan juga sering terjadi dan juga banyak mobil dalam lalu lintas padat sering terjadi benturan antar sesama pengendara mobil maupun kendaraan lain.

klaim asuransi mobil ditolak

Adanya kecelakaan bisa mahal, terutama jika melibatkan cedera tubuh. Salah satu cara untuk menghindari biaya yang tidak perlu ini adalah memiliki asuransi mobil. Asuransi mobil dapat melindungi Anda dari denda yang besar dan biaya medis, selain memberikan Anda ketenangan pikiran saat mengemudi.

Memahami keuntungan dari asuransi mobil akan memungkinkan Anda untuk melihat pentingnya memiliki satu asuransi dan membantu Anda mendapatkan nilai maksimum dari polis asuransi dan pertanggungan yang Anda pilih.

Baca : 10 Bank Terbesar dan Terbaik Di Dunia dan Asetnya

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak selamannya klaim asuransi mobil dapat di cairkan karena beberapa alasan. Dan berikut ini adalah 6 alasan kenapa klaim asuransi Anda ditolak:

Polis Tidak Aktif (Polis Sudah Lapse)

Saat kalian ingin mengajukan polis, terlebih dahulu memastikan bahwa polis tersebut masih dalam keadaan aktif. Polis tidak aktif (lapse) takan ditolak oleh pihak asuransi, pihak asuransi tidak bersedia untuk menangung atau membayar klaim anda.

Polis asuransi mobil dapat tidak aktif (lapse), jika kalian membayar asuransi melewati jatuh tempo yang ditentukan dan uang tunai pada polis tidak cukup. Untuk kasus uang tunai polis tidak cukup dapat disebabkan oleh kurang baiknya kinerja investasi dan terlalu sering mencairkan uang tunai pada polis.

Klaim Tidak Tercankup Dalam Klausul

Saat pertama kali kalian membuat polis asuransi, hal pertama yang dilakukan ialah membuat kesepakatan untuk hal – hal apa saja yang akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Untuk itu, saat membuat polis asuransi kalian harus memperhatikan baik – baik hal apa saja atau apa saja kriteria yang dapat ditanggung oleh polis asuransi. Agar tidak merasa tertipu.

Pengajuan Klaim Melebihi Waktu Yang Ditentukan

Untuk mengajukan klaim asuransi memiliki waktu – waktu yang ditentukan, jika kalian mengajukan melebihi waktu yang ditentukan hal ini dapat menyebabkan klaim asuransi kalian dapat ditundah atau bahkan di tolak.

Oleh karena itu, kalian perlu memperhatikan batas waktu yang ditentukan untuk mengklaim asuransi. Misalnya, pada asuransi mobil diberikan batas waktu yang dihitung dari hari kejadian, yakni 3 X 24 Jam, sedangkan untuk Asuransi Jiwa diberikan batas watu 30 – 60 Hari.

Dokumen Klaim Tidak Lengkap

Untuk mengajukan Klaim asuransi harus di dukung dengan dokumen – dokumen yang terkait. Jika dokumen – dokumen tersebut kurang atau tidak lengkap, klami asuransi yang kalian ajukan dapat di tolak oleh pihak asuransi.

Misalnya, pada asuransi kendaraan saat kalian melakukan perbaikan pada kerusakan kendaraan kalian, kalian perlu menyiapkan kwetansi perbaikan tersebut untuk mengajukan klaim. Serta, dipastikan melampirkan dokumen terkait kerusakan apa saja yang terjadi dan apa saja yang diganti dengan informasi detail, mulai dari merk, seri, bahkan berapa banyak.

Sudah Memiliki Penyakit Sebelum Polis Dibeli

Jika saat kalian membuat asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, pastikan kalian dalam keadaan sehat dan bugar. Karena jika ketahuan, kalian sudah memiliki penyakit sebelum membuat ataupun polis dibeli, hal ini dapat mengakibatkan klaim asuransi kalian dapat di tolak oleh pihak asuransi.

Pemengang Polis Melanggar Hukum

Alasan kenapa klaim asuransi kalian ditolak, walaupun sudah melakukan persyaratan yang diatas dengan baik ialah karena pemiliki polis asuransi melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Misalnya, kalian berkendara dengan ugal – ugalan ataupun berkendara dalam keadaan mabuk yang menyebabkan kecelakan, serta kerusakan mobil. Hal ini tidak dapat kalian ajukan klaim asuransi mobil, karena penyebab kecelakan ialah kalian yang melanggar aturan berlalu lintas.

Baca : 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik, Terpercaya dan Terbesar di Indonesia

Dan itulah beberapa alasan kenapa klaim  asuransi Anda ditolak. Jadi pastikan Anda memahami betul-betul beberapa alasan diatas sebelum mengajukan asuransi mobil atau ketika akan mengajukan klaim asuransi Anda sehingga nantinya tidak ada perdebatan atau merasa dirugikan.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Merekam Video Call WhatsApp di Android dan iPhone

WhatsApp adalah aplikasi pesan atau messenger hebat dengan sejumlah fitur yang banyak disukai oleh...

5 Program Afiliasi atau Affiliate dari Toko Online Indonesia

Program Afiliasi atau Affiliate dari Toko Online Indonesia. Di Indonesia beberapa tahun terakhir ini...

Close