fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

15+ Tips dan Trik Keren Menggunakan WhatsApp

15+ Tips dan Trik Keren Menggunakan WhatsApp – Selama bertahun-tahun WhatsApp Messenger telah berevolusi dari yang awalnya hanya sebagai aplikasi status di kontak telepon sekarang menjadi aplikasi pesan singkat yang lebih dari sekadar berkirim pesan teks maupun gambar. Meskipun perpesanan atau chatting masih tetap menjadi layanan inti dari WhatsApp, aplikasi itu sendiri telah menjadi alat serba guna yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dan audio, mengirim dan menerima pembayaran, dan bahkan menangani komunikasi hubungan pelanggan dalam berbisnis.

Apa yang paling saya sukai dari WhatsApp adalah bahwa meskipun ia mengemas begitu banyak fitur, WhatsApp tetap menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling sederhana, cepat, ringan dan paling mudah diakses. Namun, masih ada banyak pengguna yang kesulitan ketika ingin menggunakan fitur tambahan ini dan mereka hanya berfokus memanfaatkan WhatsApp sebagai aplikasi chat saja.

Pada artikel ini, saya akan menjabarkan berbagai macam fitur unik dan tips trik menggunakan WhatsApp yang bisa Anda gunakan dan manfaatkan jika Anda adalah seseorang yang ingin mendapatkan lebih banyak dari fitur WhatsApp.

Baca : Cara Mudah Backup dan Mengembalikan Pesan Chat WhatsApp dengan Google Drive

Trik WhatsApp Terbaik di Android dan iOS

Berikut adalah 15 lebih tips dan trik keren dari aplikasi pesan singkat WhatsApp yang dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan aplikasi pesan singkat WhatsApp setiap harinya.

1. Melakukan Panggilan Grup di WhatsApp

Jika Anda memiliki grup di WhatsApp, sekarang Anda dapat melakukan panggilan suara atau video grup pada seluruh grup! Itu sangat keren, dan mungkin akan berguna untuk Anda. Namun, fitur ini masih dalam versi beta, dan hanya mendukung maksimal empat orang dalam melakukan panggilan grup, jadi dan Anda dapat mencobanya jika Anda mau. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu buka grup Anda dan tekan tombol telepon + dibagian atas dan kemudian pilih orang-orang yang ingin Anda ajak untuk melakukan panggilan grup.

whatsapp call group

2. Kirim Stiker di WhatsApp

WhatsApp baru-baru ini menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim stiker dalam obrolan chat Anda, meskipun fitur ini agak ketinggalan dari pesaingnya yaitu aplikasi chat Telegram yang jauh lebih dulu memiliki fitur ini. Anda dapat menemukan stiker baru WhatsApp ini di menu emoji, di mana secara default, hanya ada satu paket stiker yang disebut ‘Cuppy.’ Tetapi Anda dapat mengunduh lebih banyak paket stiker dari toko stiker di dalam WhatsApp dengan mengetuk ikon plus (+), atau bahkan mengunduh paket stiker dari Play Store.

WhatsApp Sticker Pack

3. Buat Stiker Anda Sendiri

Tips dan Trik WhatsApp adalah perpanjangan dari trik WhatsApp sebelumnya yang telah kita bicarakan. Jika paket stiker di WhatsApp tidak cukup untuk Anda, atau jika Anda memerlukan sesuatu yang sangat spesifik sebagai stiker, Anda sebenarnya dapat membuat stiker sendiri untuk WhatsApp dengan mudah. Pada dasarnya Anda hanya perlu menginstal aplikasi bernama ‘Pembuat Stiker untuk WhatsApp’ (Gratis) dan Anda dapat membuat stiker dari gambar apa pun yang Anda inginkan! Kami memiliki panduan praktis tentang cara membuat stiker untuk WhatsApp yang dapat Anda lihat untuk tutorial langkah demi langkah. Jadi buat stiker Anda sendiri dan nikmatilah!

4. Balas Pesan secara Pribadi dalam Grup

Tips dan Trik WhatsApp keren lain yang mungkin bermanfaat bagi Anda adalah adalah fitur pilihan untuk membalas pesan pribadi di dalam obrolan grup WhatsApp. Ini bisa sangat berguna ketika Anda ingin menanggapi pesan seseorang dalam suatu grup tetapi tidak ingin ada orang lain dalam grup tersebut yang tahu tentang balasan Anda. Caranya, Anda cukup menekan lama pada pesan yang ingin Anda balas dan ketuk pada menu tiga titik (≡) , lalu ketuk “Reply privately”.

Baca : Cara Menyembunyikan Obrolan Chat Di WhatsApp

5. Hapus Pesan untuk Semua Orang

Salah satu hal keren yang dilakukan WhatsApp sekarang adalah memungkinkan Anda menghapus pesan untuk semua orang. Ini adalah fitur yang sangat berguna jika Anda ingin menarik kembali pesan yang Anda kirim secara tidak sengaja. Secara pribadi, saya sangat menyukai fitur ini, karena kadang kita melakukan kesalahan ketika mengirim pesan dan kita bisa menghapus bahkan sebelum orang tersebut membaca pesan salah kirim tersebut. Ingatlah bahwa ada batas waktu untuk menggunakan fitur ini yaitu 4096 detik atau 1 jam 8 menit dan 16 detik. Ini bagus, karena batas waktu dapat menghentikan orang menyalahgunakan fitur ini.

Hapus pesan WhatsApp

Jadi, mari kita lihat bagaimana kita dapat menggunakan fitur ini, bukan? Ini cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetuk dan menahan pesan untuk memilihnya, lalu mengetuk tombol “Tempat sampah” di bagian atas. Sekarang, Anda akan melihat bahwa Anda memiliki tiga opsi. Anda dapat menghapus pesan untuk diri sendiri, untuk semua orang, atau Anda dapat membatalkan operasi atan Cancel. Ketuk opsi “Hapus untuk Semua Orang” untuk menghapus pesan tidak hanya untuk diri Anda sendiri tetapi juga untuk orang yang menerima pesan tersebut.

6. Sembunyikan WhatsApp Media dari Galeri

Untuk seseorang yang menerima banyak pesan berbasis media baik gambar atau video di WhatsApp, saya bisa mengerti jika Anda kadang merasa jengkel dengan semua file media ini yang mengacaukan galeri smartphone Anda. Saya sendiri benci ini karena saya ingin menjaga galeri ponsel saya tetap bersih, sehingga saya dapat dengan mudah menemukan foto yang saya ambil secara pribadi. Entah karena alasan ini atau sesuatu yang lain, jika Anda tidak ingin media WhatsApp Anda termasuk foto dan video muncul di galeri Anda maka tips ini bisa Anda gunakan.

Untuk mencegah foto dan video WhatsApp muncul di galeri ponsel Anda, buka Settings → Chats. Di sini, silahkan untuk mematikan tombol di bawah opsi “Media Visibility”. Setelah Anda selesai melakukannya, WhatsApp media Anda tidak akan lagi muncul di galeri ponsel Anda.

7. Mengetahui Grup atau Kontak mana yang Memakan Ruang Penyimpanan Anda

WhatsApp sendiri mungkin merupakan aplikasi yang sangat kecil tetapi jumlah foto dan video yang Anda terima setiap hari membuatnya menempati banyak ruang pada smartphone Anda. Ponsel Anda memberi cara mudah untuk mengetahui berapa banyak penyimpanan yang gunakan oleh WhatsApp pada perangkat Anda, namun, Anda tidak tahu grup atau kontak tertentu mana yang menjadi penyebab utama di balik penyimpanan besar yang ditempati itu. Nah, jika Anda ingin mengetahuinya, WhatsApp memberi Anda cara yang sangat mudah untuk melakukannya.

cek space WhatsApp

Untuk mengetahui berapa banyak penyimpanan di ponsel Anda yang digunakan oleh pesan dan lampiran yang dikirim oleh kontak atau grup individu, cukup buka “Settings → Data and Storage Usage” . Di sini, Anda akan melihat daftar kontak dan grup Anda yang diatur oleh jumlah penyimpanan yang mereka tempati di perangkat Anda. Anda dapat mengetuk kontak atau grup untuk mendapatkan informasi tambahan yang akan menunjukkan kepada Anda detail seperti jumlah pesan, foto, dan jenis file lainnya yang dikirim ke perangkat smartphone Anda. Anda juga dapat menghapus data dengan mengetuk menu “Free up space” di sudut kanan bawah.

Baca : Cara Merekam Video Call WhatsApp di Android dan iPhone

8. Lihat dan Ekspor Data WhatsApp Anda

Setelah skandal Data Facebook, banyak orang benar-benar khawatir tentang privasi pesan WhatsApp mereka karena WhatsApp adalah milik Facebook. Kekhawatiran itu semakin dipicu setelah Jan Koum, pendiri WhatsApp, keluar dari Facebook dikarenakan masalah privasi. Untuk mengatasi masalah ini, WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunduh dan mengekspor data penggunanya.

Untuk membuat laporan sendiri, buka Settings → Account → Chats dan pilih “Chat backup”. Meskipun dikatakan bahwa akan dibutuhkan sekitar 3 hari untuk menyiapkan laporan Anda, biasanya tidak memakan waktu lama. Setelah laporan siap, Anda akan mendapatkan opsi ‘Export Report’. Anda dapat mengetuknya untuk mendapatkan akses ke laporan seukuran gigitan Anda. Itu datang dalam bentuk file .ZIP, yang mencakup file HTML yang menampung semua info Anda. Jika Anda menggunakan iPhone, prosesnya hampir serupa.

9. Bagikan Lokasi Live

Sama seperti Google Maps, sekarang WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi langsung atau Live locations mereka dengan kontak mereka. Untuk berbagi lokasi langsung Anda dengan kontak, pertama-tama buka obrolan dengan orang yang Anda inginkan lalu ketuk tombol lampiran. Di sini, ketuk opsi “Locations”.

share location WhatsApp

Di halaman berikutnya, Anda akan melihat bahwa ada pilihan untuk membagikan lokasi langsung Anda (ditandai pada gambar di atas). Ketuk pilih durasi waktu yang Anda ingin bagikan lokasi Anda, tambahkan komentar jika Anda mau, dan kemudian ketuk tombol kirim untuk berbagi lokasi langsung Anda dengan orang tersebut.

10. Rekam Pesan Audio Panjang Tanpa Menahan Tombol Record

Sekarang, saat merekam pesan audio yang panjang, Anda tidak perlu terus menahan tombol mikrofon karena Anda dapat merekam pesan audio yang panjang tanpa menggunakan tangan. Untuk menikmati fitur ini, cukup ketuk dan tahan tombol mikrofon selama beberapa detik, hingga simbol kunci muncul (ditunjukkan pada gambar di bawah). Setelah simbol kunci muncul, geser jari Anda ke atas dan itu akan mulai merekam tanpa Anda harus memegang tombol mikrofon sampai selesai.

WhatsApp-Audio record

11. Pesan Broadcast Secara Pribadi ke Banyak Kontak

Jika Anda ingin mengirim pesan yang sama ke banyak orang sedemikian rupa sehingga pesan masuk dalam obrolan langsung dan bukan di dalam obrolan grup, Anda dapat menggunakan fitur siaran di WhatsApp. Untuk menggunakan ini, cukup ketuk menu tiga titik di kanan atas dan pilih “New Broadcast”. Di halaman berikutnya, ketuk dan pilih kontak yang ingin Anda tambahkan, lalu ketuk tombol hijau di sudut kanan bawah.

Sekarang, Anda telah membuat daftar siaran pribadi Anda. Tulis saja pesan yang ingin Anda kirim dan tekan tombol kirim. Tidak seperti grup, di mana pesan dikirim di satu tempat di mana semua orang dapat melihatnya, dalam siaran, pesan akan dikirim ke anggota secara individual.

12. Ganti Nomor WhatsApp Anda

WhatsApp sekarang memungkinkan pengguna untuk mengganti nomor mereka tanpa kehilangan data Anda. Ketika Anda ingin mengganti nomor Anda tanpa membuat akun baru dengan nomor baru, semua info akun Anda, grup, dan pengaturan ditransfer ke nomor baru. Untuk menggunakan fitur praktis ini, buka Settings → Account  Change Number.

Di sini, masukkan nomor telepon lama Anda dan nomor hp baru dan klik Next. Sekarang, WhatsApp akan memverifikasi nomor baru Anda jadi pastikan nomor baru Anda berfungsi. Setelah verifikasi selesai, cukup ikuti langkah-langkah untuk menyelesaikan proses.

Baca : Cara Mengunduh atau Download Status WhatsApp di Android & iPhone

13. Tambahkan Deskripsi Grup

Tahukah Anda bahwa sekarang Anda dapat menambahkan deskripsi grup sepanjang 512 karakter? Ya, Anda bisa, dan ini cara yang bagus untuk memberi tahu anggota baru tentang semua grup Anda. Untuk menambahkan deskripsi grup, pertama, ketuk pada nama grup dan kemudian pada “Add group description“.

Ini akan membuka bidang teks untuk Anda gunakan menambahkan deskripsi baru. Cukup tulis informasi apa pun yang paling menggambarkan grup Anda dan ketuk tombol “Ok” untuk menyimpannya.

14. Batasi Anggota Grup Dari Mengubah Judul, Foto, dan Lainnya

Jika Anda adalah admin yang frustrasi oleh anggota Anda karena mereka telah mengubah info, foto, atau judul grup, sekarang Anda bisa merasa tenang karena WhatsApp memberi lebih banyak kekuatan kepada admin dengan mengizinkan mereka membatasi siapa yang dapat mengubah informasi yang disebutkan di atas. . Untuk memberikan pembatasan, ketuk nama grup dan kemudian ketuk “Group Settings”.

Di sini, ketuk tombol “Edit group info” dan pilih opsi kedua yaitu “Only admin”. Terakhir, ketuk tombol “Ok” untuk menyimpan perubahan. Sekarang, Anda dapat yakin bahwa hanya admin grup yang dapat membuat perubahan pada berbagai informasi grup.

15. Group Catchup

Group Catchup adalah fitur yang cukup baru yang diperkenalkan oleh WhatsApp yang memudahkan anggota grup untuk menemukan pesan yang penting bagi mereka. Sekarang, jika Anda mengunjungi grup yang belum Anda kunjungi selama beberapa waktu dan terdapat begitu banyak pesan, maka tombol “@” baru akan muncul, ketuk tombol tersebut, Anda hanya akan melihat pesan-pesan di mana Anda disebutkan secara langsung. Ini adalah fitur yang sangat berguna karena Anda tidak perlu menelusuri daftar panjang pesan untuk menemukan pesan yang khusus dibuat untuk Anda.

16. Baca Pesan yang Dihapus di WhatsApp (Hanya Android)

Pernahkah Anda melihat “This message was deleted” pada obrolan dan bertanya-tanya apa isi dari pesan itu? Jika Anda melakukannya, maka ini adalah trik untuk Anda. Trik ini akan membantu Anda menyimpan log semua pesan yang Anda terima dan memungkinkan Anda membacanya bahkan ketika pengguna memutuskan untuk menghapusnya. Agar trik ini berfungsi, kita perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang disebut Notification History.

Notifications WhatsApp

Setelah diinstal, aplikasi ini akan menyimpan semua pemberitahuan Anda yang mencakup pesan WhatsApp Anda. Bahkan jika pengirim menghapus pesan untuk semua orang, pesan tersebut akan disimpan dengan aman di aplikasi Notification History Anda, dan Anda dapat membacanya kapan pun Anda mau. Aplikasi ini gratis untuk digunakan dengan iklan atau Anda dapat membeli versi pro seharga $1,99.

17. Aplikasi WhatsApp untuk Bisnis

Jika Anda adalah seorang pelaku bisnis dan menjalankan komunikasi bisnis Anda dengan pelanggan menggunakan aplikasi pesan singkat WhatsApp ini maka jangan lupa untuk menggunakan aplikasi WhatsApp for business, aplikasi ini memiliki fitur yang berbeda dengan aplikasi WhatsApp khusus untuk Chat, ya perlu Anda ketahui bahwa aplikasi WhatsApp ada dua yaitu WhatsApp Messenger dan WhatsApp for Business. Dimana dengan WhatsApp for business ini Anda dapat memberikan informasi yang jauh lebih lengkap pada akun Anda seperti informasi bisnis, nama bisnis, jadwal kerja, alamt website dan masih banyak lagi. Meskipun ini aplikasi WhatsApp untuk bisnis, tapi aplikasi ini juga bisa Anda gunakan seperti aplikasi WhatsApp pada umumnya meskipun Anda tidak memiliki bisnis sekalipun.

WhatsApp Business app

Dan itulah 15 lebih tips dan trik WhatsApp keren yang perlu Anda coba. Saya harap tips dan trik ini akan membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari aplikasi messenger WhatsApp. Kiat favorit saya adalah kemampuan untuk menyembunyikan media WhatsApp dari galeri ponsel saya karena saya ingin menjaga galeri saya tetap bersih. Bagikan kepada saya kiat favorit Anda dari daftar dengan menulis di kolom komentar di bawah ini.

Baca : 15 Tips dan Trik Keren Dalam Menggunakan Instagram

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Tips Membuat Konten atau Artikel Blog yang Sempurna

10 Tips Membuat Konten atau Artikel Blog yang Sempurna - Anda memiliki sebuah blog,...

Bingung Klaim Asuransi Ditolak? Berikut Alasannya

Saat ini ada ratusan ribu mobil baru dikeluarkan setiap tahunnya di indonesia dan angka...

Close