How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Backup dan Mengembalikan Pesan Chat WhatsApp dengan Google Drive

WhatsApp atau yang sering disingkat sebagai WA oleh kebanyakan pengguna. WhatsApp saat ini telah menjadi aplikasi chat terbaik dengan pengguna terbanyak diseluruh dunia. Begitu banyak aplikasi serupa yang bermunculan, namun seiring berjalannya waktu juga banyak aplikasi chat yang berguguran karena kalah bersaing dengan kepopuleran Whatsapp.

Backup dan Mengembalikan Chat WA

Saya sendiri adalah pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp, setelah sebelumnya mencoba beberapa aplikasi chat dan membandingkannya, akhirnya untuk kesederhanaan dan kemudahaan maka saya memutuskan untuk menggunakan WhatsApp saja.

Karena WhatsApp saat ini menjadi aplikasi chat yang paling banyak digunakan, tentu aplikasi ini menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai jaringan komunikasi baik dengan keluarga, teman maupun bisnis. Hal menakutkan yang sering terjadi mungkin adalah hilangnya pesan dari isi chat WhatsApp, entah bagaimana itu bisa terjadi baik disengaja maupun tidak disengaja, kadang pesan chat penting yang masih ingin disimpan tiba-tiba hilang terhapus, HP rusak atau mungkin karena musibah perangkat HP kita hilang terjatuh atau dicuri orang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita harus selalu berhati-hati dan menyiapkan segalanya agar ketika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bisa di atasi dengan mudah. Dari situlah membackup atau mencadangkan pesan, foto dan video chat WhatsApp perlu dilakukan, dan ini merupakan satu-staunya solusi terbaik untuk menjaga agar pesan WhatsApp yang hilang bisa dikembalikan lagi dengan mudah.

Di artikel ini, saya akan memberikan panduan cara untuk mencadangkan (backup) obrolan pesan WhatsApp Anda menggunakan Google Drive. Berikut poin penting yang akan saya jelaskan di artikel ini :

Cara Mem-backup Pesan Obrolan Chat WhatsApp ke Google Drive

Aplikasi WhatsApp secara otomatis mencadangkan (backup) dan menyimpan pesan Anda ke memori HP Anda setiap hari. Namun, tergantung pada pengaturan Anda, Anda juga dapat membuat cadangan pesan obrolan chat Anda ke Google Drive. Dengan cara ini, meskipun Anda menghapus WhatsApp dari HP Anda, pesan Anda akan aman. Namun, Pastikan untuk mem-backup beberapa hal sebelum Anda menghapus aplikasi.

Google Drive adalah solusi yang hebat untuk mencadangkan semua pesan WhatsApp Anda. Anda dapat beralih dari HP Android ke HP Android lainnya dan isi pesan chat maupun media lain seperti video dan audio dalam chat masih tersimpan dengan aman. Ini juga menjadi asuransi tambahan dari WhatsApp ketika terdapat masalah WhatsApp memutuskan untuk satu hari crash untuk diperbaiki dan Anda akhirnya harus uninstall dan instal ulang.

Berikut cara mencadangkan dengan Google Drive:

  • Buka aplikasi WhatsApp Anda
  • Ketuk ikon menu di kanan atas layar. Ini adalah tiga titik vertikal Ξ.
  • Ketuk Pengaturan atau Settings.
  • Ketuk Obrolan atau Chats.

Backup dan Mengembalikan Chat WA 1

  • Ketuk Chats Cadangan / Chat Backup.
  • Ketuk “Backup to Google Drive” untuk memilih frekuensi yang Anda inginkan untuk membuat cadangan obrolan Anda, pilihan ini terdiri dari tidak sama sekali, harian, mingguan, bulanan, tahunan.
  • Ketuk dan pilih Google Account yang ingin Anda kaitkan dengan cadangan atau backup.
  • Ketuk akun dalam daftar
  • Ketuk ‘Add Account’ untuk menambahkan akun yang tidak ditemukan di daftar atau untuk membuat akun baru.
  • Ketuk Izinkan atau Allow.

Backup dan Mengembalikan Chat WA 2

  • Ketuk Backup kembali.
  • Ketuk Backup Over dan pilih “Wi-Fi” untuk membackup obrolan ketika hanya tersambung melalui Wi-Fi.
  • Ketuk pilihan “Wi-Fi or Celullar” untuk membackup pesan obrolan chat melalui Wi-Fi atau paket data.
  • Ketuk kotak di samping “Sertakan video” atau “Include videos” untuk juga membackup pesan video, jika Anda menginginkannya.
  • Ketuk tombol “Backup” untuk membackup pesan chat obrolan Anda sekarang.

Setelah semuanya dicadangkan, Anda akan dapat memulihkan atau merecovery atau mengembalikan pesan obrolan chat setiap kali menginstal ulang WhatsApp, apa pun perangkatnya. Perhatikan bahwa setiap kali Anda mencadangkan ke Google Drive, WhatsApp juga mencadangkan ke memori internal HP Anda, yang artinya itu akan memakan banyak ruang. Jika Anda memiliki file penginstalan aplikasi terinstal, atau yang seperti ES File Explorer, Anda akan dapat masuk dan menyediakan ruang jika perlu.

Penting : Disarankan untuk membackup sambil mencharge hp Anda, karena proses backup pertama dapat berlangsung lama, tergantung pada seberapa banyak ukuran pesan obrolan chat Anda. Yang menyenangkan adalah bahwa setiap backup yang Anda lakukan setelah yang pertama akan bertambah, yang berarti akan menambah backup saat ini, bukannya menghapus semuanya dan memulai lagi atau menambahkan seluruh cadangan di atas yang lama, dimana itu berarti bahwa proses backup yang kedua dan seterusnya akan berlangsung lebih cepat.

Cara Memulihkan atau Merecovery atau Mengembalikan Pesan Obrolan Chat WhatsApp dari Google Drive

Sekarang adalah cara untuk memulihkan, merecovery atau mengembalikan obrolan chat WhatsApp Anda. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, tidak peduli apa alasan disebabkannya Anda kehilangan isi dari chat obrolan WhatsApp Anda, baik itu karena chat terhapus secara sengaja atau tidak sengaja, atau mungkin alasan yang mengharuskan Anda untuk menginstal ulang WhatsApp.

Sekarang bagaimana Anda bisa mengembalikan semua obrolan Anda kembali? Begini caranya!

  • Buka aplikasi WhatsApp Anda
  • Verifikasi nomor telepon Anda ketika diminta.
  • Ketuk Pulihkan atau Recover.
  • Ketuk Berikutnya atau Next saat pemulihan selesai.

Backup dan Mengembalikan Chat WA 3

  • Atur profil Anda seperti yang Anda lakukan pertama kali.
  • Ketuk Berikutnya di kanan atas layar.

Backup dan Mengembalikan Chat WA 4

Sekarang Anda dapat mengakses obrolan WhatsApp Anda di HP Android apa pun yang telah menginstal WhatsApp.

Baca : Apa itu Aplikasi Telegram Dan Cara Menggunakan Telegram?

Cara Memindahkan Obrolan Chat WhatsApp ke HP Baru Menggunakan Google Drive

Dibawah ini adalah langkah untuk memindahkan pesan chat WhatsApp ke hp baru Anda. Untungnya Anda sudah membuat backup terlebih dahulu ke Google Drive pada hp lama Anda. Dan berikut caranya :

  • Tambahkan akun Google yang sama ke HP baru Anda yang Anda gunakan untuk melakukan backup di HP lama Anda.
  • Instal WhatsApp di perangkat hp baru Anda seperti yang Anda lakukan di perangkat sebelumnya.
  • Buka aplikasi WhatsApp Anda
  • Ketuk Setuju dan lanjutkan.
  • Verifikasi nomor telepon Anda, seperti yang Anda lakukan saat pertama kali Anda mengatur WhatsApp.

Backup dan Mengembalikan Chat WA 5

  • Ketuk Kembalikan untuk mengembalikan obrolan WhatsApp Anda dari cadangan chat di Google Drive Anda.
  • Ketuk Berikutnya.

Backup dan Mengembalikan Chat WA 6

Dan sekarang WhatsApp Anda di HP baru akan sama seperti di HP lama Anda.

Catatan: Proses ini tidak sepenuhnya mudah dan mungkin tidak berfungsi setiap saat. Anda mungkin harus menghapus instalan WhatsApp dan menginstalnya kembali beberapa kali agar pemulihan diterapkan. Jika ada pesan yang benar-benar ingin Anda simpan, Anda mungkin ingin menyalinnya dan menyimpannya di komputer atau perangkat lain untuk memastikan Anda memiliki cadangan itu selamanya. Juga berhati-hatilah bahwa menginstal ulang WhatsApp secara terus-menerus dapat menyebabkan larangan sementara, karena nomor telepon Anda telah dikenali. Singkatnya, WhatsApp bisa menjadi sedikit berubah-ubah.

Jika Anda lebih suka tidak repot-repot dengan Google Drive, Anda selalu dapat menyimpan obrolan Anda ke kartu SD dan mentransfernya dengan cara itu. Ini adalah proses yang agak rumit, karena Anda tidak bisa begitu saja memindahkan WhatsApp dari memori internal HP Anda ke kartu SD eksternal; Anda hanya dapat memindahkan datanya. Jadi, ketika saya mengatakan itu adalah proses yang rumit, itu berarti itu lebih seperti migrain, dan saya tidak merekomendasikannya jika Anda dapat menghindarinya. Namun, jika Anda harus, periksa WhatsApp “Memulihkan atau mentransfer cadangan”.

Baca : Apa itu Aplikasi Google Duo, Cara Menggunakan Google Duo?

Pindah atau Ekspor Chat WhatsApp dari HP Android ke iPhone

Jika Anda berganti HP smartphone dari Android ke iPhone dengan OS iOS dan berencana ingin memindah isi pesan WhatsApp dari Android ke iPhone, maka Anda kurang beruntung. Saat Anda melakukan backup WhatsApp di HP Android Anda, Anda mencadangkan atau backup ke layanan Google Drive. Seperti yang kita tahu bahwa Aplikasi WhatsApp di Android menggunakan Google Drive untuk membuat cadangan backup dan memulihkannya. Sedangkan untuk Aplikasi WhatsApp di iOS menggunakan iCloud untuk melakukan keduanya. Jadi, hal itu tidak bisa dilakukan.

Bahkan jika Anda memiliki aplikasi Google Drive di iPhone iOS, Anda tetap tidak dapat memulihkan file Android WhatsApp Anda. WhatsApp iOS hanya akan berkomunikasi dengan iCloud.

Baca : Apa Kelebihan Telegram di Banding WhatsApp?

Da itulah Panduan lengkap cara Membackup atau mencadangkan dan Mengembalikan pesan obrolan chat di HP Android Anda menggunakan Layanan Cloud Storage Google Drive. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda yang sedang bingung karena pesan chat yang hilang terhapus atau hilang karena sebab lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Desain Tema WordPress Anda dengan YellowPencil Visual CSS Editor

Desain Tema WordPress Anda dengan YellowPencil Visual CSS Editor. WordPress merupakan platform web yang...

5 Manfaat Penting dari Belanja Online

Manfaat Penting dari Belanja Online. Sejak internet sudah hampir merata di berbagai daerah bahkan...

Close