fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux Ubuntu

10+ Software Gratis Wajib Anda Install di Linux Ubuntu – Dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa software atau aplikasi terbaik dan gratis yang wajib Anda install di perangkat komputer Anda yang menggunakan OS linux ubuntu. Software ini adalah software yang kemungkinan besar akan Anda butuhkan dalam pekerjaan Anda sehari-hari dan membantu aktivitas Anda dalam beberapa aspek.

Sebagian besar software aplikasi ini akan berjalan pada distro Linux apa pun sehingga daftar ini tidak terbatas pada OS Ubuntu dan itu termasuk aplikasi untuk tugas-tugas paling penting yang akan dijalankan oleh pengguna biasa dalam kesehariannya. Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat apa saja software terbaik dan gratis wajib install di linux ubuntu tersebut.

Baca : Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Dekstop

1. Unity Tweak Tool (atau Gnome Tweak Tool)

Unity Tweak Tool

Unity Tweak Tool adalah salah satu alat yang pertama kali digunakan oleh konsultan aplikasi yang menyarankan pengguna untuk menginstal segera setelah proses instalasi distro seperti Ubuntu selesai dilakukan, hal ini karena alat ini menyediakan kemampuan bagi pengguna untuk mengonfigurasi sistem mereka seperti yang mereka inginkan melalui opsi pengaturan yang mencakup hot corners desktop, ukuran ikon, tema dan kustomisasi ikon, warna dan nomor workspace, dll.

2. Google Chrome (Browser)

Google Chrome Browser bisa dibilang adalah browser terbaik yang bisa Anda miliki. Sebagai proyek Google, Anda dapat mempercayainya untuk memiliki fitur yang ditawarkan sebagai browser terbaik termasuk alat pengembang, standar pengembangan web, dan dukungan untuk teknologi terbaru. Pilihan lain yang juga sangat bagus untuk digunakan adalah Mozilla Firefox, dimana firefox merupakan browser yang sangat stabil dan ringan serta bekerja dengan lancar di berbagai sistem operasi seperti linux ubuntu.

3. VLC Media Player

Software Open Source Gratis Terbaik

VLC bisa dibilang adalah pemutar media video lintas platform terbaik yang dapat Anda gunakan. Ini memiliki banyak fitur termasuk pilihan tema yang luas, UI yang bersih dan responsif, tweak kualitas audio dan video, beberapa stream audio, streaming video online, dll. Pemutar media VLC dapat memutar hampir semua format audio dan video yang ingin Anda putar.

4. GIMP (Pengeditan Gambar)

Software Open Source Gratis Terbaik

Meskipun Anda mungkin mengeluh bahwa Adobe belum membuat software mereka yaitu Photoshop dan Illustrator untuk mendukung di sistem operasi Linux, Anda masih bisa menggunakan software lain yang memiliki kemampuan sama dan tentunya gratis untuk pengeditan gambar. Anda bisa menggunakan Gimp sebagai alternatif yang ideal untuk pengguna Linux. Anda bahkan dapat tema yang akan membuatnya terlihat dan bertindak seperti software Photoshop (berkaitan dengan tombol pintas) jika Anda sangat kehilangan Adobe.

5. Shotcut (Pengeditan Video)

Video editing gratis Shotcut

Shotcut adalah editor video lintas platform gratis, Open source, dengan Antarmuka Pengguna yang ramping dan dukungan untuk beragam format video. Anda bisa menggunakan software ini untuk membantu memudahkan Anda dalam mengedit berbagai macam video untuk berbagai kebutuhan baik itu untuk video YouTube, video pekerjaan yang lebih luas di linux ubuntu dengan mudah dan gratis.

6. Steam (Game Linux)

Sistem Operasi tanpa dukungan Game tentu akan menjadi neraka bagi sebagian pengguna yang tergila-gila akan game. Bagi pengguna linux ubuntu, Anda harus berterima kasih kepada Steam, karena mereka telah menyediakan ribuan game saat ini dan tersedia untuk komunitas Open Source seperti linux, ini berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana Game yang mendukung linux sangat sulit ditemukan. Jika Anda seorang gamer, Anda harus menginstall Steam.

Baca : Distro Server Linux Terbaik Pada Tahun 2019

7. Visual Studio Code (Text Editor)

live theme preview

Salah satu fitur terbaik Visual Studio Code adalah fitur edukasinya yang menjelaskan bagaimana tag HTML (misalnya,) digunakan saat membuat saran saat Anda menulis. Ini memiliki integrasi dengan Git, fleksibilitas Sublime Text dan keindahan editor teks Atom. Sublime Text 3 adalah editor teks favorit saya sampai saya mulai menggunakan Visual Studio Code. Anda mungkin akan menyukainya juga.

8. Peek (Screen Recording)

Peek Gif Recorder adalah alat tangkapan layar yang sempurna untuk klip video pendek dan tajam. Software ini dirancang untuk menggunakan ffmpeg dan imagemagick untuk mengambil screencast dari desktop Anda dan menghidupkannya untuk membuatnya menjadi Gifs.

Peek hanya menawarkan satu fitur, dan itu adalah untuk menyediakan pengguna dengan file gif kualitas tinggi dari bagian yang ditugaskan pada layar desktop mereka. Anda dapat membuka preferensi untuk memilih membuka file gif setelah menyimpan dan opsi untuk mengatur jumlah penundaan, pengambilan sampel resolusi, dan framerate.

9. Nylas (Klien Email)

Nylas sudah menjadi klien email favorit saya meskipun belum tersedia untuk Linux. Ini memiliki kinerja dan artileri fitur yang luar biasa pada Windows dan Mac sehingga Anda mungkin tidak ingin menggunakan hal lain ketika akhirnya tersedia untuk Linux. Sementara itu, Trojita adalah klien email lain yang dapat Anda periksa.

10. GPMDP (Klien Desktop Google Music Play)

Google Play Music Desktop Player adalah replika Elektron dari Google Play Music yang menarik lebih dahsyat dari aplikasi induknya. Terintegrasi dengan baik dengan Unity, membutuhkan lebih sedikit sumber daya web daripada Google Play Music, fitur integrasi last.fm dan berbasis HTML5.

11. Ramme (Klien Desktop Instagram)

Ramme adalah aplikasi desktop Instagram lintas-platform tidak resmi berbasis-Elektron dengan dukungan untuk penyesuaian tema, pintasan keyboard, perilaku latar belakang, dan pembaruan otomatis.

Jika karena satu dan lain hal Anda tidak dapat terus-menerus berada di ponsel Anda untuk berinteraksi dengan akun Instagram Anda, Ramme adalah solusi terbaik untuk Anda gunakan.

12. Stacer (Pengoptimal Sistem)

Dengan Stacer Anda dapat melakukan diagnosis sistem untuk memeriksa penggunaan CPU, memori, dan disk, aplikasi memulai, menghapus cache, dan menghapus instalasi aplikasi. Ini adalah aplikasi yang FOSS dan menampilkan UI yang bersih. Stacer juga dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan perangkat komputer Anda yang menggunakan Linux ubuntu.

13. OpenOffice

OpenOffice Ubuntu

Apache OpenOffice adalah rangkaian perangkat lunak sumber terbuka terkemuka untuk perkantoran atau dan sebagai pengganti microsoft office sebagai pengolah kata, spreadsheet, presentasi, grafik, basis data, dan banyak lagi. Ini tersedia dalam banyak bahasa dan berfungsi di semua komputer biasa. Anda bisa melakukan apapun yang Anda kerjakan di Ms. Office seperti di Windows dengan software OpenOffice ini. Dan OpenOffice dapat diunduh dan digunakan sepenuhnya gratis untuk tujuan apa pun.

Baca : 10 Distro OS Linux Terbaik Yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Dan itulah 13 software linux terbaik dan gratis yang wajib Anda install di perangkat komputer linux ubuntu Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari software apa saja yang harus dimiliki setelah proses instalasi linux ubuntu. Selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cari Rumah Dijual Bandung? Ketahui Dulu Tantangan dan Potensinya

Mencari rumah dijual Bandung saat ini bukanlah perkara sulit karena Anda bisa memanfaatkan internet...

Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Dengan WordPress?

Bagaimana Anda Bisa Menghasilkan Uang Dengan WordPress? - Membicarakan tentang platform web yang beredar...

Close