fbpx
How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Merekam Video Call WhatsApp di Android dan iPhone

WhatsApp adalah aplikasi pesan atau messenger hebat dengan sejumlah fitur yang banyak disukai oleh pengguna diseluruh dunia termasuk fitur panggilan video (video call) dan audio. Saya menggunakan fitur ini setiap kali melakukan panggilan dan ini berfungsi dengan baik, murah dan lancar.

Tetapi ada satu fitur yang dihilangkan untuk sementara waktu dan itu adalah fitur Record Call atau rekaman panggilan. Tentu saja, fitur ini dihilangkan karena ada alasan utama yaitu tentang kekhawatiran pengawasan, penyadapan dan penyalahgunaan dengan fitur rekaman panggilan, tetapi kadang-kadang kita sangat membutuhkan fitur rekaman panggilan tersebut.

Jika Anda ingin merekam panggilan video call WhatsApp ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dan ini juga tergantung pada smartphone yang Anda gunakan.

Catatan: Pastikan Anda tidak melanggar privasi atau hukum negara dengan secara diam-diam merekam panggilan. Anda juga harus membuat persetujuan terlebih dahulu jika memang itu sangat dibutuhkan untuk melakukan perekaman.

Cara Merekam Video Call WhatsApp di Android dan iPhone

Karena proses perekaman panggilan video call WhatsApp berbeda untuk perangkat Android dan iOS, saya telah membuat dua tutorial untuk masing-masing sistem operasi tersebut secara terpisah. Jadi silahka untuk membaca dengan baik panduan dibawah ini :

Baca : Cara Mengunduh atau Download Status WhatsApp di Android & iPhone

Merekam Video Call WhatsApp di Android

Rekaman panggilan Video Call WhatsApp tidak berfungsi di setiap perangkat Android. Beberapa perangkat smartphone ada yang mengaktifkan perekaman panggilan VoIP dan beberapa perangkat tidak. Silahkan periksa daftar yang diperbarui ini (Daftar HP yang Mendukung) dan periksa apakah perangkat smartphone Anda masuk dalam daftar di sana.

Jika Anda tidak ingin membaca daftar perangkat smartphone yang mendukung dalam daftar tersebut, Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah dibawah ini dan Anda akan tahu apakah ponsel Anda didukung atau tidak. Perhatikan juga bahwa perangkat smartphone yang berjalan pada OS Android Pie dapat mencegah perekaman karena batasan pada level OS.

1. Instal aplikasi Cube Call Recorder (gratis, dan ada juga versi berbayarnya). Geser tombol untuk memberikan semua izin yang diperlukan dan Anda bisa memulainnya.

2. Sekarang, buka WhatsApp dan lakukan panggilan vide (video call), widget akan muncul di layar Anda yang menunjukkan sedang merekam panggilan WhatsApp Anda. Jika widget tidak muncul maka ketuk ikon mikrofon secara manual di aplikasi Cube Call Recorder. Dan setelah itu, aplikasi akan mulai merekam panggilan video Anda.

Merekam Video Call WhatsApp 2

3. Dalam beberapa kasus rekaman tidak memiliki audio atau tidak dapat merekam suara dari sisi lain. Untuk memperbaiki masalah ini, ketuk pada menu hamburger (≡) dan buka “Recording“. Ganti “VoIP recording audio source” ke “Microphone”. Perhatikan bahwa itu juga akan mengaktifkan loudspeaker.

Merekam Video Call WhatsApp

Selain panggilan video call WhatsApp, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam panggilan telepon seluler juga. Dalam pengujian yang saya lakukan, rekaman panggilan WhatsApp bekerja dengan sempurna, baik pada perangkat smartphone android Mi A1 dan Redmi Note 6 Pro, tanpa mengubah pengaturan default.

Merekam Panggilan WhatsApp di iPhone

iOS cukup ketat dalam hal privasi, jadi tidak ada cara mudah untuk merekam panggilan baik itu panggilan WhatsApp atau seluler. Namun, ada peretasan yang membuat ini berfungsi, tetapi butuh banyak langkah dan perangkat lain. Ini adalah proses yang membosankan di mana Anda akan membutuhkan Mac, iPhone, dan smartphone sekunder dengan akun WhatsApp. Perangkat sekunder dapat berupa Android atau iPhone. Saya membutuhkan perangkat sekunder karena perangkat utama Anda akan tetap terhubung ke Mac Anda untuk merekam.

1. Hubungkan iPhone Anda ke komputer MacOS dan berikan izin yang diperlukan. Sekarang, buka QuickTime dan klik pada menu File. Di sini, pilih “New Audio Recording“, pilih iPhone Anda sebagai sumber, dan klik tombol “Record”.

Merekam Video Call WhatsApp iOS 1

2. Dari iPhone Anda, lakukan panggilan WhatsApp ke perangkat WhatsApp sekunder Anda. Setelah terhubung, gunakan fitur panggilan grup WhatsApp untuk menambahkan orang yang ingin Anda ajak bicara.

Merekam Video Call WhatsApp 4

3. Sekarang lanjutkan percakapan menggunakan perangkat sekunder. Setelah Anda selesai dengan percakapan, hentikan rekaman di Quicktime dan simpan di perangkat komputer MacOS Anda.

Merekam Video Call WhatsApp 3

Catatan: Tetap terhubung dengan iPhone ke Mac selama percakapan. Ketiga nomor WhatsApp harus aktif dalam panggilan grup. Pemutusan salah satu perangkat mana pun dapat mencegah proses perekaman.

Baca : Cara Menyembunyikan Obrolan Chat Di WhatsApp

Rekam Panggilan Video Call WhatsApp Anda

Seperti yang Anda lihat, bahwa tidak mudah untuk merekam panggilan di aplikasi WhatsApp. Dengan kontrol privasi yang lebih ketat, saya hanya dapat berasumsi bahwa ini akan menjadi lebih sulit di masa depan.

Untuk perangkat iOS sudah membuatnya hampir mustahil untuk merekam panggilan dan untuk perangkat Android juga perlahan-lahan bergerak ke arah yang sama dengan iOS agar tidak bisa merekam panggilan. Hal ini dilakukan karena akan ada banyak efek negatif dan penyalahgunaan dibanding sisi positifnya.

Baca : Cara Mudah Backup dan Mengembalikan Pesan Chat WhatsApp dengan Google Drive

Dan itulah panduan singkat saya tentang cara merekam panggilan video call WhatsApp di Android dan iOS, semoga artikel ini bermanfaat dan gunakan secara bijak untuk keperluan penting bukan penyalahgunaan yang merugikan.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Program Afiliasi atau Affiliate dari Toko Online Indonesia

Program Afiliasi atau Affiliate dari Toko Online Indonesia. Di Indonesia beberapa tahun terakhir ini...

Cara Menjadwalkan Email di Gmail Secara Gratis

Gmail adalah penyedia email gratis terbesar di dunia yang dimiliki oleh Google seperti namanya...

Close