How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menonaktifkan Msmpeng.exe Untuk Mengurangi Penggunaan CPU

Cara Menonaktifkan Msmpeng.exe Untuk Mengurangi Penggunaan CPU Tinggi – Masalah yang sangat biasa terjadi di komputer Windows adalah tidak efektifnya OS dalam penggunaan CPU, seringkali Windows menggunakan beban CPU terlalu berlebihan sehingga Windows sering terjadi hang atau macet. Windows terbaru yaitu Windows 10 juga masih mengalami hal sama dalam penggunaan CPU yang tinggi, masalah ini juga di alami pada versi Windows sebelumnya baik Windows 8 maupun 7.

Di artikel ini saya akan membahas cara mengurangi penggunaan CPU yang tinggi setelah update KB4512941 pada Windows 10. Dan banyak pengguna mengeluh proses yang dijalankan oleh msmpeng.exe yang menyebabkan lonjakan tinggi dalam penggunaan CPU. Ada banyak pengguna Windows mengira bahwa itu adalah file virus, tapi melainkan sebaliknya yaitu msmpeng.exe adalah proses sistem yang ditangani oleh antivirus bawaan windows itu sendiri.

Jadi, mari kita lebih memahami masalahnya dan mempelajari bagaimana cara menonaktifkan proses msmpeng.exe untuk mengurangi penggunaan CPU yang tinggi pada komputer Windows 10.

Baca : 9 Cara Mengoptimalkan Windows 10 untuk Bermain Game

Cara Menonaktifkan Msmpeng.exe untuk Mengurangi Penggunaan CPU Tinggi

Sebelum masuk ke panduan inti yaitu cara menonaktifkan Msmpeng.exe untuk mengurangi penggunaan CPU tinggi, izinkan saya mengklarifikasi bahwa Msmpeng.exe bukan virus. Faktanya, ini adalah proses Eksekusi Layanan Antimalware yang dijalankan oleh antivirus bawaan windows yaitu Windows Defender (sekarang disebut Windows Security). Banyak pengguna telah menemukan masalah ini ke file database bernama mpenginedb.db yang digunakan oleh Windows Defender untuk menyimpan nilai hash.

Karena beberapa pengidentifikasi salah, Windows Security terus melakukan scan pada semua data yang tersimpan di hard disk dan mengulanginya dalam file database. Akibatnya, penggunaan CPU meningkat dari 50% menjadi 100%. Jadi, kita harus menghapus file mpenginedb.db untuk memperbaiki masalah ini.

Baca : 12 Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot

Hapus File Mpengine.db

1. Karena Mpengine.db adalah file sistem yang terkait dengan antivirus, Anda tidak dapat menghapusnya dengan cara biasa. Pertama Anda harus menonaktifkan antivirus untuk sementara dan kemudian baru Anda dapat menghapus file tersebut. Jadi buka Keamanan Windows dan buka “Virus and threat protection”. Di sini, klik “Manage Settings”.

Menonaktifkan Windows Defender 4

2. Setelah itu, nonaktifkan semua saklar atau toggle pada “Real-time protection” dan “Cloud Delivered Protections” seperti pada gambar dibawah ini.

Menonaktifkan Windows Defender 3

3. Sekarang, tekan dan tahan tombol “Shift” dan Restart komputer Anda. Ini akan menjadikan Windows booting ke menu “Advanced Recovery Window”.

4. Di sini, pilih Troubleshoot -> Advanced Options -> Startup Settings -> Restart. Setelah itu, tekan tombol angka “4” untuk booting ke Safe Mode.

menonaktifkan msmpeng.exe

5. Setelah Anda berada dalam lingkungan “Safe Mode”, cari “registry” di kotak Windows Search. Setelah itu, klik “Run as administrator” di panel kanan.

Menonaktifkan Windows Defender 5

6. Salin atau Copy alamat di bawah ini dan paste di kolom pencarian Registry dan tekan enter. Anda akan langsung dibawa ke folder Windows Defender.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender

Menonaktifkan Windows Defender 9

7. Klik kanan pada “Windows Defender” dan pilih New -> DWORD (32-bit) value. Beri nama file “DisableAntiSpyware” dan klik tombol “Ok”.

Menonaktifkan Windows Defender 6

8. Sekarang klik dua kali pada file dan ubah nilainya menjadi 1. Setelah itu, klik tombol “Ok” dan nyalakan kembali komputer Anda.

Menonaktifkan Windows Defender 7

9. Kali ini, cari “Powershell” dan jalankan sebagai Administrator (Run as administrator).

menonaktifkan msmpeng.exe 3

10. Setelah itu, copy perintah di bawah ini dan paste di jendela PowerShell Anda. Setelah itu, tekan enter. Ini akan menghapus file mpengine.db dari PC Anda.

Remove-Item 'C:\ProgramData\Microsoft\Windows Defender\Scans\mpenginedb.db'

menonaktifkan msmpeng.exe 2

11. Sekarang buka Registry lagi dan hapus file “DisableAntiSpyware”. Setelah itu, nyalakan kembali komputer Anda dan Windows Security akan mulai bekerja lagi. Dan kali ini, Anda tidak akan melihat Msmpeng.exe menyebabkan lonjakan penggunaan CPU yang tinggi. Jika Anda masih menghadapi masalah yang sama maka install ulang Windows atau menonaktifkan antivirus bawaan windows defender dan gunakan antivirus terbaik pihak ketiga.

Baca : Cara Menonaktifkan Windows Defender Antivirus di Windows 10

Cara Menonaktifkan Msmpeng.exe di PC Windows Anda

Jadi itu adalah bagaimana Anda dapat menghapus file mpengine.db untuk menurunkan atau mengurangi penggunaan CPU yang tinggi. Seperti yang sudah saya katakan, masalahnya adalah pada Windows Defender yang melakukan scaning pada seluruh disk karena hasil positif palsu. Meskipun prosesnya agak rumit, Anda pasti dapat melakukannya jika Anda mengikuti panduan ini langkah demi langkah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan mengatasi masalah penggunaan CPU yang tinggi pada Windows 10 Anda dikarenakan proses msmpeng.exe. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 🙂

Baca : Mengapa Linux Tidak Butuh Antivirus? Ini Jawabanya

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Menonaktifkan Windows Defender Antivirus di Windows 10

Cara Menonaktifkan Windows Defender Antivirus di Windows 10 - Berlawanan dengan kesalahpahaman yang populer,...

Tutorial Cara Install ADB di Windows, MacOS dan Linux

Tutorial Cara Install ADB di Windows, MacOS dan Linux - Android Debugging Bridge (ADB)...

Close