How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

9 Cara Mengoptimalkan Windows 10 untuk Bermain Game

Cara Mengoptimalkan Windows 10 untuk Bermain Game – Windows 10 adalah sistem operasi yang bagus dan sangat populer untuk gamer, hal ini dikarenakan Windows memang sebagai rajanya OS komputer dan banyak pengembang game membuat game untuk OS Windows.

Windows juga dirancang untuk mengoptimalkan PC sesuai dengan kebutuhan individu baik untuk penggunaan standar atau bermain game. Jadi ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengoptimalkan windows 10 untuk tujuan bermain game. Ketika Anda ingin memutuskan untuk membeli komputer atau laptop Gaming, Anda harus tahu bahwa perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software) keduanya adalah komponen vital.

Tetapi jika Anda hanya sekedar bermain game di laptop atau komputer PC dengan spek yang lumayan meskipun itu tidak di khususkan untuk gaming, Anda bisa mencoba mengoptimalkan dari sisi perangkat lunak untuk meningkatkan kinerja gaming di komputer Anda. Meskipun nantinya ada beberapa part hardware yang harus Anda upgrade jika memang Anda masih belum menggunakan jenis tersebut.

Bagaimana cara mengoptimalkan Windows 10 untuk bermain game?

Loading...

Pada artikel kali ini, saya akan membahas beberapa optimasi dan trik untuk mempercepat Windows 10 untuk bermain game sehingga dihasilkan kinerja yang maksimal untuk menjalankan permainan game Anda.

Baca : 12 Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot

1. Atifkan Game Mode

Windows 10 menawarkan mode game di berbagai perangkat yang meningkatkan kinerja game. Anda dapat mengaktifkan mode game ini dengan menekan tombol keyboard Win + I dan kemudian ketik Game Mode di kolom pencarian lalu aktifkan. Atau ada cara sederhana untuk mengaktifkan mode game ini dengan cukup tekan keyboard win + G dan kemudian jendela pengaturan untuk Game Mode akan muncul di desktop Anda dan ada ikon untuk mengaktifkan Game Mode, silahkan aktifkan untuk mode game.

game mode setting windows

Pada bagian pertama ini adalah bagian termudah dan instan yang disediakan oleh Windows, tapi Anda masih bisa mengoptimalkan kinerja Windows 10 agar memiliki power lebih ketika bermain game. Silahkan lanjut membaca uraian dibawah ini….

2. Update Driver

Driver Anda perlu di update. Graphics Processing Unit (GPU), kita sering menyebut itu sebagai VGA. Ini adalah komponen utama untuk bermain game di PC Anda dan membutuhkan driver windows terbaru untuk menjalankan game dalam kondisi optimal. Perangkat Anda memerlukan driver windows versi terbaru dan Anda dapat mengunduhnya dari situs web resmi produsen perangkat keras yang Anda gunakan tersebut, karena biasanya produsen tersebut memiliki fitur terbaru atau ada perbaikan bug dalam driver mereka dan secara rutin mengeluarkan versi terbaru, jadi Anda harus selalu melihat apakah ada driver terbaru untuk hardware yang sedang Anda gunakan.

Anda dapat melihat informasi tentang hardware atau perangkat keras Anda melalui Desktop → Display settings → Advanced display settings → Display adapter properties.

Baca : Cara Menghapus Cache DNS di (Mac, Windows, Linux, Chrome)

3. Pasang VGA

GPU (Graphics Processing Unit) seperti yang saya jelaskan di poin dua, ini adalah jantung untuk menjalankan game dan video. Di pasaran, ada berbagai jenis GPU yang tersedia. Pemain utama dalam pembuatan GPU adalah NVIDIA dan AMD. Secara pribadi, saya lebih suka kartu grafis NVIDIA. Jika Anda ingin menjalankan game dalam pengaturan tinggi, kartu grafis atau VGA ini wajib harus Anda miliki. Tetapi VGA ini memang di banderol dengan harga mahal dan untuk harga yang lebih murah tidak dapat diandalkan dan tidak dapat memenuhi harapan kita. Jika seseorang meminta saya untuk rekomendasi, saya akan menyarankan Anda untuk membaca artikel saya disini agar Anda mengetahui bagaimana cara membangun komputer gaming yang benar.

Baca : Ketahui 5 Komponen Wajib ini Sebelum Merakit PC Gaming

4. Update Windows

Microsoft sering mengeluarkan update terbaru untuk sistem operasi mereka yaitu Windows 10, update bisa berisikan peningkatan kinerja, perbaikan bug dan peningkatan keamanan. Untuk mendapatkan kinerja terbaik ketika Anda bermain game, maka Anda tidak boleh sampai ketinggalan untuk mengupdate windows ketika pembaruan telah hadir.

Loading...

Insinyur di Microsoft bekerja dan menemukan cara baru untuk mengoptimalkan sistem sehingga Anda tidak boleh mengabaikan pembaruan dan menjaga sistem operasi Anda diperbarui sepenuhnya.

5. Ganti baterai ke performa tinggi

Faktor ini paling diabaikan oleh para gamer karena banyak dari mereka mengklaim itu tidak memengaruhi kinerja gim. Tapi itu sebenarnya dapat meningkatkan kinerja game karena CPU dan GPU akan dapat memperoleh lebih banyak daya dari sumbernya. Dan banyak orang tidak mempertimbangkan memasukkan pengisi daya ketika mereka bermain game di laptop tetapi wajib untuk memasang pengisi daya saat bermain game karena GPU membutuhkan lebih banyak daya untuk pemrosesan yang daya baterai tidak dapat sediakan dan game berjalan di sumber daya terbatas dalam pengaturan rendah.

Anda dapat mengubah pengaturan daya dari tombol Windows key + I → type power → Power and sleep settings → Additional power settings.

Baca : 10 Masalah Umum di Windows 10 dan Solusinya

6. Sesuaikan Visual Effects Windows 10

Windows 10 memiliki efek visual yang disetel sebagai default agar tampak mengesankan. Tampilannya mungkin bagus tetapi bisa menghambat kecepatan pemrosesan game yang sedang berjalan. Jadi Anda dapat menyesuaikan pengaturan efek visual untuk “Menyesuaikan kinerja terbaik” sehingga lebih banyak kekuatan pemrosesan yang digunakan dalam pemrosesan dalam game daripada GUI (Antarmuka pengguna grafis) Anda cukup mengklik tombol Windows + I dan mengetik Performance, lalu pilih Adjust the appearance and performance of Windows → Adjust for best performance → Apply → OK.

7. Install DirectX versi terbaru

DirectX 12 adalah versi terbaru dari Tool Microsoft Application Program Interface (API) yang populer yang merupakan elemen kunci dari Game di Windows 10. Pada dasarnya, DirectX 12 memberikan bantuan yang diperlukan untuk beberapa inti GPU dan CPU yang pada gilirannya meningkatkan frame. Untuk memeriksa apakah Anda memiliki versi DirectX terbaru, tekan tombol Windows + R → ketik dxdiagOK. Beberapa saat kemudian, Anda akan melihat informasi tentang Diagnostik DirectX Anda.

Informasi Komputer Windows DirectX

Loading...

8. Nonaktifkan atau jadwalkan update otomatis

Windows 10 selalu memaksa kita untuk memperbarui sistem komputer dan bahkan banyak yang lupa mematikan auto update yang secara otomatis diaktifkan dan menjadi fitur default, ini pada akhirnya akan melakukan update windows selama sesi permainan game sedang berjalan dan mengacaukan game Anda.

Disable-Windows-Update-2

Jadi lebih baik Anda mematikan jendela update otomatis atau Anda juga dapat menjadwalkan update otomatis ini sesuai dengan waktu ketika Anda tidak menggunakan PC Anda untuk bermain Game. Untuk optimasi tambahan, Anda juga dapat menonaktifkan Cortana di Windows 10.

Baca : Cara Ampuh Disable atau Menonaktifkan Update Windows 10

9. Upgrade ke SSD

Tidak seperti Hard disk drive (HDD), Solid-state drive (SSD) jauh lebih cepat. HDD menyimpan data dalam memori fisik ketika disk berputar dengan kecepatan tinggi sehingga menjadi lambat untuk memuat game dalam HDD tetapi dalam hal SSD, ia menyimpan dalam bentuk elektronik sehingga game dapat memuat lebih cepat dalam SSD daripada di HDD. Optimalisasi game tidak dapat mencukupi melalui trik dan tweak dalam beberapa kasus sehingga meningkatkan perangkat keras juga bisa menjadi cara yang bagus dan wajar.

Dan itulah 9 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan Windows 10 untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik ketika bermain Game. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Melihat atau Memeriksa Versi PHP di Linux

Cara Melihat atau Memeriksa Versi PHP di Linux - PHP adalah salah satu bahasa...

Penjelasan Lengkap Tentang Apa itu Laptop Chromebook

Penjelasan Lengkap Tentang Apa itu Laptop Chromebook - Chromebook adalah laptop yang berjalan di...

Close