How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Ketahui 5 Komponen Wajib ini Sebelum Merakit PC Gaming

Ketahui 5 Komponen Wajib ini Sebelum Merakit PC Gaming – Kecuali jika Anda seorang ahli komputer, membangun PC gaming dari awal bukanlah sesuatu yang sulit bagi Anda. Tapi jika Anda seorang gamer yang pandai bermain game tapi tidak mendalami ilmu komputer tentu akan sangat sulit mengetahui bagaimana cara merakit PC Gaming terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum Anda mulai merakit PC Gaming, Anda perlu melakukan riset berjam-jam bahkan berhari-hari untuk mencari bagian mana yang paling cocok dengan bagian lainnya, dan apa yang paling penting dalam memastikan PC Anda mendapatkan keseimbangan berharga antara ekonomis dan futureproof.

Saya akan membantu Anda dengan tips dasar yang wajib Anda ketahui sebelum merakit PC Gaming baru Anda. Panduan ini semoga akan menjadikan Anda paham dan tidak salah dalam memilih komponen penting dalam PC Gaming.

Baca : 2 Game Simulator Penerbangan Pesawat Gratis Terbaik

Anggaran dan kebutuhan

Pertama-tama, Anda harus menentukan jenis permainan game apa yang ingin Anda mainkan, ini akan memberi Anda gambaran tentang anggaran. Apakah Anda ingin PC yang mampu memainkan semua game indie yang hebat (dan mungkin beberapa judul utama lainnya pada pengaturan sedang)? Apakah Anda ingin PC yang menjalankan sebagian besar game selama beberapa tahun?

Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, Anda harus menyusun daftar gim modern yang paling Anda minati, dan lihat secara online tentang kinerja game tersebut di berbagai PC dan GPU.

Tempat terbaik untuk memeriksa ini adalah bagian FPS dari UserBenchmark, di mana Anda dapat menelusuri daftar lebih dari 300 game paling populer, pilih satu, lalu lihat informasi terperinci tentang jenis frame-rate yang dicapai pada GPU yang berbeda. Apakah Anda seorang penggemar framerate 100fps dan lebih, atau apakah wilayah 30-60fps yang Anda dapatkan di konsol cukup untuk Anda? Ini akan sangat mempengaruhi berapa banyak yang harus Anda keluarkan.

Di luar daftar permainan, UserBenchmark adalah salah satu situs terbaik untuk membandingkan hampir semua komponen yang Anda butuhkan di PC Anda, karena ia mengukur kinerja jutaan penggunanya untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana kinerja setiap komponen secara rata-rata. Ini juga menampilkan informasi harga, dan memungkinkan Anda membuat sampel PC untuk mengetahui cara menjalankannya dan berapa biayanya.

Setelah Anda mengetahui komponen yang Anda inginkan, Anda harus pergi ke PC Part Picker untuk mendapatkan perbandingan harga yang diambil dari kumpulan besar situs web. Di sini Anda juga dapat mengatur peringatan harga, sehingga Anda mendapatkan notifikasi ketika suatu bagian melebihi harga yang Anda tetapkan.

Komponen Merakit PC Gaming

Jadi, komponen apa yang Anda perlukan untuk merakit PC gaming pertama Anda agar PC gaming Anda dapat memainkan game dengan baik dan lancar? Baca terus penjelasan dibawah ini untuk mendapatkan PC Gaming yang terbaik untuk hobi Anda.

Power Supply

Power Supply merakit PC Gaming

Saat ingin merakit PC gaming baru, Power Supply terbaik harus menjadi yang teratas dalam daftar belanja Anda. Tentu, ini tidak sesulit seperti mencari kartu grafis (GPU) terbaik, tetapi komputer Anda dan semua komponennya tidak dapat berfungsi dengan benar tanpa daya yang memadai. Bahkan jika Anda mungkin perlu sedikit kompromi pada prosesor terbaik, jangan membeli yang murahan untuk memiliki Power Supply pada PC gaming Anda.

Ada beberapa pilihan Power supply yang bagus seperti Corsair RM750x, ini adalah power supply paling lengkap yang dapat Anda beli hari ini. Selain garansi 10 tahun dan peringkat efisiensi 80 Gold Plus, Corsair memiliki sistem kabel yang sepenuhnya modular. Ini berarti Anda hanya perlu menginstal kabel yang Anda butuhkan, Anda tidak akan lagi melihat Power supply dengan banyak kabel berantakan dan aliran udara yang buruk yang PSU non-modular miliki.

GPU

GPU merakit PC Gaming

Pemilihan kedua di sini adalah tentang GPU, dan pemilihan GPU antara keluaran Nvidia dan AMD.

Ketika ingin membeli GPU, pastikan tidak membeli GPU yang lebih tua dari dua generasi ke belakang dari yang sekarang. Sekalipun di atas kertas, Core Clock dan VRAM terlihat serupa (atau lebih baik) pada kartu yang lebih tua, mereka akan berada jauh di belakang kurva dalam hal arsitektur GPU, dengan pendinginan yang lebih rendah, tingkat kebisingan, dan teknologi yang kompatibel.

Sebagai contoh, Core Clock dari seri GeForce RTX 2000 mungkin lebih rendah daripadaCore Clock dari kartu seri RTX 1000 yang setara, tetapi mereka masih jauh lebih cepat karena banyak faktor lain seperti peningkatan jumlah core CUDA. Seri RTX 2000 juga mampu menghasilkan efek visual yang spektakuler seperti ray tracing dan DLSS (Deep Learning Super Sampling), yang menggunakan pembelajaran AI untuk memberikan tepi paling halus yang pernah terlihat dalam Game.

Intinya di sini bukan bahwa Anda harus mendapatkan GPU seri RTX 2000 (meskipun mereka sangat bagus), tetapi bahwa teknologi grafis berkembang lebih cepat daripada komponen lain, dan Anda jangan sampai memilih GPU keluaran lama.

CPU

core i9 merakit PC Gaming

Anda melihat dua produsen utama di sini: Intel dan AMD. Seperti halnya GPU, Anda mungkin akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan AMD, yang CPU-nya Ryzen tingkat permainan dan Threadrippers kelas atas merobek skrip dengan menawarkan kinerja tidak jauh dari seri i9 Intel untuk harga yang lebih murah.

Di kelas menengah, dengan Ryzen 5 2600 dan 7 2700 chipset yang berfokus pada game AMD secara signifikan memotong harga seri Intel i7 dan i5 kisaran menengah untuk pengorbanan yang relatif kecil dalam kinerja. Ryzens menawarkan nilai luar biasa untuk chip enam dan delapan core, dengan Ryzen 5 2600 dan Ryzen 2700 hadir dengan harga masing-masing di antara $ 200.

Hal penting untuk diingat di sini adalah tidak semua CPU cocok untuk semua motherboard. Anda tidak dapat menggunakan CPU AMD di motherboard yang dirancang untuk CPU Intel, dan sebaliknya. Selain itu, generasi CPU yang berbeda memiliki tata letak pin yang sedikit berbeda, dan Anda membutuhkan motherboard yang dirancang untuk tata letak itu. Basis motherboard Anda pada CPU yang Anda inginkan, dan bukan sebaliknya, karena CPU Anda memiliki dampak yang lebih nyata pada kinerja.

Hard Drive

SSD merakit PC Gaming

Tidak perlu diragukan lagi bahwa setiap game besar yang menuntut grafis yang dirilis dalam lima tahun terakhir harus dimainkan pada hardisk SSD (meskipun HDD berkapasitas 7200rpm cukup untuk game indie, game lama, video, dan dokumen). Selain itu, Windows 10 juga akan berjalan jauh lebih baik pada SSD. Jadi, pastikan Anda menggunakan SSD ketika merakit PC Gaming Anda.

Pertanyaan yang lebih besar di tahun 2019 adalah, apa jenis SSD yang harus Anda beli?

Anda mungkin pernah mendengar tentang SSHD – hard drive tradisional dengan komponen SSD kecil – tetapi ini sulit untuk direkomendasikan, menawarkan keuntungan kinerja minimal dibandingkan HDD biasa. Jika Anda ingin menggabungkan kapasitas hard drive dengan kinerja SSD, dapatkan dua drive secara terpisah.

Lalu ada pertanyaan tentang SSD SATA 2,5 inci, yang terhubung melalui kabel SATA ke motherboard Anda, dan format M.2 yang lebih baru, lebih kecil, yang ditempatkan langsung ke motherboard.

Secara teknis, M.2 SSD mampu kecepatan baca / tulis yang lebih cepat, tetapi Anda hanya akan melihatnya jika slot M.2 motherboard Anda menggunakan protokol NVMe. Protokol tingkat dasar M.2 adalah SATA, yang akan memberikan kinerja yang serupa dengan SSD 2.5 “berbasis SATA. NVMe masih jauh lebih mahal daripada SSD berbasis SATA, dan jika Anda memiliki anggaran maka Anda masih bisa mendapatkan waktu pemuatan yang luar biasa dari SSD biasa (Anda selalu dapat menambahkan NVMe nanti).

Jika Anda memutuskan untuk membeli SSD M.2, berhati-hatilah untuk membedakan antara SATA dan NVMe. Kedua jenis drive ini terlihat hampir identik, jadi pastikan Anda mendapatkan yang Anda inginkan.

Memory

Memory gaming

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dengan RAM. DDR4 RAM adalah format RAM terbaik saat ini, meskipun kabarnya DDR5 akan muncul di tahun 2019, tetapi ada kekurangan informasi konkret tentang memori ini, dan bagaimanapun juga akan memakan waktu untuk menggantikan DDR4.

Faktor terpenting dengan RAM adalah seberapa banyak sebenarnya yang Anda miliki. Untuk game kelas menengah, Anda setidaknya membutuhkan 8GB. Banyak game terbaru diketahui memiliki RAM 10-12GB selama bermain, jadi jika Anda ingin benar-benar nyaman dalam bermain game, Anda harus menggunakan RAM DDR4 16GB untuk merakit PC Gaming Anda.

Kecepatan RAM (atau frekuensi / MHz) adalah masalah yang diperdebatkan, menawarkan efek yang lebih terlihat di beberapa game dibandingkan yang lain. Anda tentu akan mendapatkan beberapa fps dengan mengupgrade dari DDR3 ke RAM DDR4, tetapi begitu Anda berada di dalam DDR4, kecepatan bertambah begitu RAM Anda melewati 3000 MHz menyusut jauh. 2400 MHz – 3000 MHz umumnya dipandang sebagai zona emas dalam hal kinerja dan nilai.

Motherboard

Memory merakit PC Gaming

Banyak kualitas motherboard yang turun ke hal-hal yang tidak dapat dilihat seperti kualitas kapasitor dan VRM, yang sangat penting untuk mengelola panas dan menjaga hal-hal yang stabil di PC Anda.

Untuk mencari motherboard yang bagus, ini memang sedikit sulit, yang terpenting adalah mendukung format-format yang telah saya sebutkan sebelumnya, motherboard bermerek yang layak akan sama mampunya dengan yang mahal dalam menangani perangkat keras Anda dalam keadaan default non-overclock. Dengan mengingat hal itu, Anda mungkin lebih baik mengeluarkan uang lebih banyak pada  GPU atau CPU Anda.

Beberapa motherboard dirancang untuk overclocking, yang lain memiliki WiFi dan Bluetooth bawaan. Keluarkan lebih banyak uang, dan Anda dapat menggunakan motherboard audio-sentris yang melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam mengisolasi komponen suara (yang menyebabkan lebih sedikit gangguan noise), atau bahkan elemen pendingin air untuk membantu memfasilitasi overclocking CPU dan RAM.

Baca : 10 Tempat Terbaik untuk Menghasilkan Uang dari Bermain Game Online

Dan itulah 6 hal penting yang harus Anda ketahui sebelum merakit PC Gaming terbaik untuk Anda. Pastikan Anda memilih komponen yang tepat sehingga menjadikan PC Gaming Anda seimbang dalam segala hal dan menjadikan permainan game Anda lebih menyenangkan.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
6 Rekomendasi Bisnis Online untuk Mahasiswa

6 Rekomendasi Bisnis Online untuk Mahasiswa - Siapa bilang mahasiswa tidak dapat menghasilkan uang...

10 Perusahaan Unicorn Terbaik di Dunia

Istilah perusahaan unicorn digunakan untuk menggambarkan perusahaan swasta yang bernilai setidaknya $1 miliar. Amerika...

Close