How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Perusahaan Unicorn Terbaik di Dunia

Istilah perusahaan unicorn digunakan untuk menggambarkan perusahaan swasta yang bernilai setidaknya $1 miliar. Amerika Serikat adalah rumah bagi banyak perusahaan unicorn terbaik di dunia, karena amerika memiliki lebih dari 100 perusahaan unicorn yang menduduki peringkat atas.

Faktanya, dengan dunia digital membuat modal berlebih dan pasar baru tersedia dengan satu sentuhan tombol, jumlah perusahaan yang mengalami hypergrowth telah secara substansial “Perusahaan Unicorn” meningkat. Ini telah memungkinkan hampir 200 perusahaan untuk mencapai status unicorn dan dihargai lebih dari $1 miliar – dengan startup unicorn paling berharga masing-masing bernilai lebih dari $10 miliar dan ini sebenarnya sudah masuk pada kategori decacorn.

Perusahaan Unicorn Startup Terbaik di dunia

10 Perusahaan Unicorn Terbaik di Dunia

Unicorn adalah perusahaan startup swasta yang bernilai lebih dari $ 1 miliar. Istilah ini diciptakan pada tahun 2013 oleh pemodal ventura Aileen Lee, memilih hewan mitos untuk mewakili kelangkaan statistik dari usaha yang sukses tersebut.

Menurut TechCrunch, ada 279 unicorn pada Maret 2018. Unicorn terbesar termasuk Ant Financial, DiDi, Airbnb, Stripe, dan Palantir Technologies. Lyft adalah decacorn terbaru yang berubah menjadi perusahaan publik pada 29 Maret 2019.

Decacorn adalah kata yang digunakan untuk perusahaan-perusahaan di atas $ 10 miliar, sementara hektocorn digunakan untuk perusahaan seperti itu bernilai lebih dari $ 100 miliar.

Dibawah ini adalah daftar perusahaan swastar unicorn yang memiliki nilai kapitalisasi besar dan masuk dalam daftar unicorn terbaik di dunia tahun 2019 ini.

Baca : 10 Daftar Gaji Terbesar dari Perusahaan Teknologi

1. Uber ($68 Miliar) U.S

Uber Technologies, Inc. adalah perusahaan ridesharing multinasional Amerika yang menawarkan layanan yang mencakup ridesharing peer-to-peer, layanan transportasi, pengiriman makanan, dan sistem mikromobilitas dengan sepeda listrik dan skuter. Perusahaan ini berbasis di San Francisco dan beroperasi di lebih dari 785 wilayah metropolitan di seluruh dunia. Platformnya dapat diakses melalui situs web dan aplikasi selulernya.

Dibuat pada tahun 2009 untuk menurunkan biaya transportasi melalui crowdsourcing, uber telah menjadi perusahaan unicorn terbaik meskipun memiliki sejarah yang sulit. Perusahaan baru-baru ini menyatakan akan memasuki pasar publik dalam beberapa bulan ke depan.

Pada 2019, Uber diperkirakan memiliki 110 juta pengguna di seluruh dunia, pangsa pasar 69% di Amerika Serikat untuk berbagi transportasi, dan pangsa pasar 25% untuk pengiriman makanan. Uber telah begitu menonjol dalam ekonomi berbagi sehingga perubahan dalam industri sebagai akibatnya telah disebut sebagai uberisasi, dan banyak startup telah menggambarkan produk mereka sebagai “Uber for X”.

2. Didi Chuxing ($50 Miliar) China

Dijuluki uber Cina, Didi chuxing meningkatkan layanan revolusioner uber ke lebih dari 20 juta perjalanan setiap hari. Ini menjadi perusahaan unicorn terbaik kedua dan masih dalam bidang transportasi seperti uber.

Didi Chuxing Technology Co adalah perusahaan transportasi yang berkantor pusat di Beijing. Perusahaan ini menyediakan layanan transportasi berbasis aplikasi, termasuk memanggil taksi, memanggil mobil pribadi, berbagi perjalanan sosial dan berbagi sepeda; layanan pengiriman berdasarkan permintaan; dan layanan mobil, termasuk penjualan, penyewaan, pembiayaan, pemeliharaan, operasi armada, pengisian kendaraan listrik dan pengembangan bersama kendaraan dengan pembuat mobil. Pada 2018, platform DiDi memiliki 550 juta pengguna dan puluhan juta driver.

3. Xiaomi ($46 Miliar) China

Xiaomi adalah produsen perangkat lunak dan elektronik yang didirikan pada 2010. Pembuat smartphone dan laptop serta pencipta beberapa aplikasi paling populer di dunia, Xiaomi dengan cepat menjadi salah satu perusahaan unicorn swasta paling sukses sepanjang masa.

Xiaomi Corporation adalah perusahaan elektronik Cina yang didirikan oleh Lei Jun pada 2010 dan berkantor pusat di Beijing. Xiaomi membuat dan berinvestasi dalam smartphone, aplikasi seluler, laptop, tas, pemangkas, earphone, MI Television, Sepatu, band kebugaran, dan banyak produk lainnya. Peringkat 468, Xiaomi adalah perusahaan termuda di Daftar Fortune Global 500 untuk 2019.

Xiaomi merilis smartphone pertama pada Agustus 2011 dan dengan cepat memperoleh pangsa pasar di Tiongkok untuk menjadi perusahaan smartphone terbesar di negara itu pada 2014.  Pada awal kuartal kedua tahun 2018, Xiaomi adalah produsen smartphone terbesar keempat di dunia, memimpin di pasar terbesar, Cina, dan pasar terbesar kedua, India.  Xiaomi kemudian mengembangkan rangkaian elektronik konsumen yang lebih luas, termasuk ekosistem perangkat rumah pintar (IoT).

4.WeWork ($47 Miliar) U.S

WeWork (secara resmi “The We Company”) adalah perusahaan real estate komersial Amerika yang menyediakan ruang kerja bersama untuk startup teknologi dan layanan untuk perusahaan lain. Didirikan pada 2010, kantor pusatnya di New York City. Pada 2018, WeWork mengelola lebih dari 4 juta meter persegi.

WeWork mendesain dan membangun ruang fisik dan virtual bersama dan layanan kantor untuk pengusaha dan perusahaan.  Pada suatu waktu, WeWork memiliki lebih dari 5.000 karyawan di lebih dari 280 lokasi, yang tersebar di 86 kota di 32 negara. Pada Januari 2019, perusahaan mengumumkan akan melakukan rebranding ke The We Company, dan penilaiannya dinyatakan sebagai $ 47 miliar. The Wall Street Journal mencatat bahwa setelah rilis prospektus publik pada Agustus 2019, perusahaan itu “dikepung dengan kritik atas tata kelola, model bisnis, dan kemampuan untuk menghasilkan keuntungan.” WeWork kehilangan lebih dari $ 2 miliar pada tahun 2018.

5. Palantir Technologies ($41 Miliar) U.S

Palantir Technologies adalah perusahaan perangkat lunak swasta Amerika yang berspesialisasi dalam analisis data besar. Berkantor pusat di Palo Alto, California, didirikan oleh Peter Thiel, Nathan Gettings, Joe Lonsdale, Stephen Cohen, dan Alex Karp. Nama perusahaan berasal dari The Lord of the Rings: a palantír adalah artefak yang digunakan untuk berkomunikasi dengan atau melihat bagian dunia yang jauh.

Perusahaan ini dikenal untuk tiga proyek khususnya: Palantir Gotham, Palantir Metropolis dan Palantir Foundry. Palantir Gotham digunakan oleh analis kontra-terorisme di kantor-kantor di Komunitas Intelijen Amerika Serikat (USIC) dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, penyelidik penipuan di Badan Akuntabilitas Pemulihan dan Transparansi, dan analis cyber di Monitor Informasi Warfare, sementara Palantir Metropolis digunakan oleh dana lindung nilai, bank, dan perusahaan jasa keuangan. Karp, kepala eksekutif Palantir, mengumumkan pada 2013 bahwa perusahaan tidak akan mengejar IPO, karena go public akan membuat “menjalankan perusahaan seperti kita sangat sulit”. Namun, pada 18 Oktober 2018, Wall Street Journal melaporkan bahwa Palantir sedang mempertimbangkan IPO pada paruh pertama 2019 setelah penilaian $ 41 miliar.

Baca : 10 Perusahaan Swasta Terbesar dan Terbaik di Indonesia

6. Airbnb ($35 Miliar) U.S

Airbnb, Inc. adalah pasar online untuk mengatur atau menawarkan penginapan, terutama homestay, atau pengalaman pariwisata. Perusahaan tidak memiliki salah satu dari daftar real estate, juga tidak menjadi tuan rumah acara; ini bertindak sebagai broker, menerima komisi dari setiap pemesanan. Perusahaan tersebut berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Didirikan pada tahun 2007 sebagai tempat tidur dan sarapan kecil, Airbnb telah meningkatkan skala dunia ke lebih dari 65.000 kota. Perusahaan melihat pertumbuhan pendapatan 80 persen dari 2015 hingga 2016 sehingga ini masuk dalam salah satu perusahaan unicorn terbaik di dunia saat ini.

Perusahaan itu didirikan setelah para pendirinya meletakkan kasur udara di ruang tamu mereka, secara efektif mengubah apartemen mereka menjadi tempat tidur dan sarapan, untuk mengimbangi tingginya biaya sewa di San Francisco.

7. SpaceX ($33.3 Miliar) U.S

Space Exploration Technologies Corp, yang menjalankan bisnis sebagai SpaceX, adalah perusahaan dirgantara Amerika swasta dan perusahaan jasa transportasi ruang angkasa yang berkantor pusat di Hawthorne, California. Perusahaan ini didirikan pada 2002 oleh Elon Musk dengan tujuan mengurangi biaya transportasi ruang angkasa untuk memungkinkan kolonisasi Mars. SpaceX telah mengembangkan peluncuran kendaraan keluarga Falcon dan pesawat ruang angkasa keluarga Dragon.

Prestasi SpaceX termasuk roket propelan cair pertama yang didanai swasta untuk mencapai orbit (Falcon 1 pada 2008), perusahaan swasta pertama yang berhasil meluncurkan, mengorbit, dan memulihkan pesawat ruang angkasa (Dragon pada 2010), perusahaan swasta pertama yang mengirim pesawat ruang angkasa ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (Dragon pada 2012), pendaratan pendorong pertama untuk roket orbital (Falcon 9 pada 2015), penggunaan ulang pertama roket orbit (Falcon 9 pada 2017), dan perusahaan swasta pertama untuk meluncurkan objek ke orbit di sekitar matahari (muatan Falcon Heavy tentang Tesla Roadster pada 2018).

8. LuFax ($18.5 Miliar) China

Lufax nama lengkap Shanghai Lujiazui International Financial Asset Exchange Co, Ltd, adalah pasar keuangan internet online di Tiongkok yang berkantor pusat di Lujiazui, Shanghai. Didirikan pada 2011, ini adalah rekanan dari China Ping An Group.

Perusahaan ini didirikan pada September 2011, dan mulai dengan pinjaman P2P sebagai satu-satunya produk. Ini adalah pemberi pinjaman Peer-to-peer terbesar kedua di Tiongkok. Sekarang perusahaan dikatakan merambah bisnis mereka secara bertahap, menjadi platform yang jauh lebih luas yang bekerja sama dengan dana, perusahaan asuransi, dan pemegang lisensi keuangan. Platform menghasilkan uang dengan mencocokkan peminjam dengan investor, mengumpulkan biaya 4% untuk setiap pinjaman. Sejak awal bisnis, perusahaan telah mengatur lebih dari 200.000 pinjaman peer-to-peer yang bernilai total $ 2,5 miliar.

Kelompok ini saat ini 43% dimiliki oleh Ping An Insurance (Group) Co., pada tahun 2015. Meskipun di permukaan Lufax adalah bagian dari Ping An Group, banyak sumber menyatakan bahwa Partai Komunis Tiongkok memiliki kendali yang cukup besar atas semua keputusan yang dibuat oleh dewan direksi perusahaan, termasuk penyitaan aset pihak ketiga yang tidak dapat dibenarkan.

9. China Internet Plus Holdings ($18 Miliar) China

Meituan-Dianping adalah situs web pembelian grup Cina untuk layanan pengiriman makanan, produk konsumen, dan layanan ritel yang ditemukan secara lokal. Perusahaan ini berkantor pusat di Beijing dan didirikan pada 2010 oleh Wang Xing. Situs Meituan.com menawarkan penawaran hari itu dengan menjual voucher layanan dan hiburan lokal. Hingga Mei 2014, perusahaan ini memiliki 5.000 karyawan.

Pada 2015, Meituan bergabung dengan Dianping menjadi “Meituan-Dianping”. Memberikan ulasan konsumen tentang restoran, mirip dengan Yelp dan TripAdvisor, dan juga menawarkan pembelian kelompok yang mirip dengan Groupon.

Meituan-Dianping juga merupakan salah satu platform pengiriman online dan on-demand terbesar di dunia. Ini memiliki lebih dari 290 juta pengguna aktif bulanan dan 600 juta pengguna terdaftar per April 2018.

10. Pinterest, Inc (12.3 Miliar) U.S

Pinterest, Inc. adalah perusahaan media web dan aplikasi mobile media sosial Amerika. Ini mengoperasikan sistem perangkat lunak yang dirancang untuk memungkinkan penyimpanan dan penemuan informasi di World Wide Web menggunakan gambar dan, dalam skala yang lebih kecil, GIF dan video. Situs ini didirikan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra, dan Evan Sharp. Pinterest telah mencapai 300 juta pengguna aktif bulanan hingga Agustus 2019. Dan ini menjadi startup yang menjadi perusahaan unicorn terbaik di dunia saat ini.

CEO Pinterest Ben Silbermann meringkas perusahaan sebagai “katalog ide” yang menginspirasi pengguna untuk “keluar dan melakukan hal itu”, daripada sebagai jejaring sosial berbasis gambar.

Baca : 10 Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia Saat Ini

Dan itulah 10 Perusahaan unicorn terbaik di dunia yang memiliki nilai kapitalisasi besar. Semoga artikel ini bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
MGID: Program Iklan Alternatif Google Adsense Terbaik

Disaat badai pembatasan iklan yang dilakukan oleh AdSense beberapa bulan terakhir ini, tentu akan...

Metode Pembayaran Digital yang akan Biasa Digunakan Pada 2020

Minat para pengusaha dan konsumen kini terfokus pada metode pembayaran digital yang lebih mudah...

Close