How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Ampuh Disable atau Menonaktifkan Update Windows 10

Cara Ampuh Disable atau Menonaktifkan Update Windows 10 – Keputusan Microsoft untuk mendorong pembaruan atau update secara rutin ke komputer Windows dengan Windows 10 patut dipuji karena ini tidak terjadi pada Windows pada versi sebelumnya. Namun, pembaruan Windows 10 menjadi sangat sering sehingga sekarang dianggap sebagai gangguan. Gabungkan frekuensi update dengan fakta bahwa Windows secara otomatis mulai menginstal pembaruan secara acak dan Anda menghadapi banyak masalah.

Jujur, disini saya merasa sangat membenci update Windows 10 yang baru sehingga saya mencari cara untuk menghentikannya. Jika Anda juga frustrasi dengan update Windows 10 yang konstan, berikut adalah cara Anda dapat disable atau menonaktifkan update Windows 10 agar tidak menghambat pekerjaan Anda.

Baca : 12 Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot

Bagaimana Update Windows 10 Bekerja?

Sebelum Anda melihat bagaimana dapat menonaktifkan atau disable update Windows 10, mari kita cari tahu cara kerjanya terlebih dahulu. Windows memiliki sesuatu yang disebut Orchestrator yang menjadwalkan dan mengunduh pembaruan. Sebelum menginstal pembaruan, Orchestrator diminta untuk mendapatkan persetujuan dari admin dan selanjutnya memverifikasi kebijakan grup. Saya telah melihat semua jenis tutorial dengan cara mengubah kebijakan grup untuk mencegah update Windows. Tetapi Microsoft Windows mengganti kebijakan grupnya sendiri sehingga Windows tetap bisa menginstal dan menginstal update.

Sekarang ini adalah penyederhanaan dari apa yang sebenarnya terjadi karena saya tidak ingin membahas terlalu banyak detail teknis. Tapi, saya harap ini dapat membantu Anda melihat mengapa update Windows 10 menjadi masalah besar. Sekarang mari kita nonaktifkan update Windows 10 secara total.

Baca : Cara Menghapus Folder WinSxS Pada Windows 10

Disable Update Windows 10 dengan SimpleWall

Untuk mencegah update Windows, kita akan menggunakan aplikasi dasar yang disebut SimpleWall. Apa yang SimpleWall lakukan adalah memblokir akses internet dari aplikasi dan layanan Windows. Aplikasi ini menggunakan Platform Pemfilteran (WFP) asli Window untuk memantau aktivitas jaringan dan memblokir aplikasi dan layanan. Metode ini cukup sederhana, yaitu dengan mencegah Windows mengupdate layanan untuk mengakses internet dan Anda tidak akan memiliki update yang mengganggu. Berikut adalah langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk mengaktifkan SimpleWall untuk menghentikan update Windows 10.

1. Download SimpleWall (gratis) disini, pasang di komputer PC Anda, dan berikan izin yang diperlukan. Saya telah menguji aplikasi secara luas dan sepenuhnya aman. Sekarang luncurkan aplikasi dan itu akan diluncurkan dengan layanan yang dipilih yang harus Anda blokir untuk menghentikan update Windows 10.

2. Di sini, klik tombol “Enable Filtering“.

Disable Update Windows 10 2

3. Selanjutnya, klik tombol “Whitelist (allow selected)”. Ini akan menonaktifkan Firewall Windows asli dan membuat Firewall khusus. Anda mungkin menerima peringatan untuk mengaktifkan Windows Firewall, abaikan saja. Sekarang, semua layanan pembaruan Windows akan diblokir karena mereka tidak dapat mengakses internet.

Disable Update Windows 10 3

4. Perhatikan bahwa setelah Anda memblokir layanan ini, Anda dapat mulai menerima pemberitahuan untuk mengizinkan atau memblokir akses internet untuk berbagai aplikasi dan layanan. Awalnya, Anda mungkin mendapatkan banyak pemberitahuan sekaligus karena semua layanan ini ingin terhubung ke internet. Cegah semua notifikasi secara khusus dari “svchost” dan centang “disable notifications for this app“.

Disable Update Windows 10 4

5. Anda juga dapat mengaktifkan SimpleWall untuk memulai secara otomatis setelah setiap restart sehingga Anda tidak perlu meluncurkan aplikasi secara manual setiap kali Anda memulai PC. Untuk melakukan itu, buka “Settings” dan kemudian aktifkan opsi “Load on System Startup” dan “Start minimized“.

Disable Update Windows 10 5

Beberapa Hal yang Perlu Anda Ingat

Sementara langkah-langkah di atas cukup untuk memblokir update Windows 10. Ada beberapa hal yang perlu diingat jika Anda tidak ingin memiliki masalah di kemudian hari.

  • Anda harus memberikan izin administrator setiap kali PC di restart.
  • Anda mungkin menghadapi masalah saat terhubung dengan komputer lokal di jaringan Anda. Untuk mengatasi ini, klik opsi “Disable Filtering” di aplikasi dan itu akan memulihkan Windows Firewall.
  • Aplikasi ini tidak hanya memblokir layanan update Windows 10 tetapi juga memblokir layanan penting lainnya yang Anda gunakan.
  • Anda harus waspada ketika berhadapan dengan notifikasi “app wants to connect with internet”. Misalnya, Anda ingin mengizinkan Cortana atau Edge terhubung ke internet jika Anda menggunakannya. Pastikan untuk mengizinkan layanan Windows Defender (msmpeng.exe) karena akan menjaga keamanan PC Anda tetap terjaga.

Baca : Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 7, 8, 10

Hilangkan Notifikasi Update Windows 10

Jadi itulah cara saya menonaktifkan update Windows 10 yang sangat mengganggu secara total. Saya akan merekomendasikan agar Anda menggunakan metode ini hanya jika Anda paham apa yang Anda lakukan karena SimpleWall dapat memblokir semua aplikasi yang mengakses internet. Namun, ini bisa menjadi alat yang ampuh karena akan memungkinkan Anda untuk memblokir layanan pelacakan, layanan telemetri Microsoft, dan aplikasi lain yang ingin Anda blokir.

Namun, jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, Anda mungkin pada akhirnya memblokir layanan penting yang mungkin menghambat pengalaman Windows Anda. Jadi, pastikan Anda tahu apa yang Anda lakukan sebelum mulai memblokir layanan yang dibawakan oleh Windows.

Baca : 10 Masalah Umum di Windows 10 dan Solusinya

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
5 Template Blogger Gratis Terbaik untuk AdSense

Saya tahu bahwa di indonesia ada banyak sekali blogger dan membuat blog mereka dengan...

12 Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot

12 Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot - Sistem Operasi Windows adalah penguasa pangsa...

Close