How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menghapus Folder WinSxS Pada Windows 10

Cara Menghapus Folder WinSxS Pada Windows 10 – Pengguna yang telah menggunakan Windows 10 selama bertahun-tahun tentu sangat menyadari bahwa ruang disk yang tersedia pada drive OS berkurang seiring waktu tanpa alasan yang jelas. Bahkan menjadi lebih buruk jika Anda menggunakan komputer Anda untuk waktu yang lebih lama tanpa pemeliharaan apa pun. Pelakunya yang Anda cari adalah folder WinSxS yang berada di dalam drive OS (Drive : C). Microsoft menyebutnya “Windows Side By Side” atau secara longgar menyimpan komponen.

Folder WinSxS berisi semua jenis file sistem yang digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah pada PC Windows Anda. Namun, ukuran folder terus bertambah dan memakan ruang disk krusial dan itu tentu mengurangi ukuran disk yang sedang kita gunakan. Jadi dalam artikel ini, saya akan membagikan cara mudah untuk menghapus folder WinSxS tanpa memengaruhi stabilitas komputer PC Windows 10 Anda.

Apa itu Folder WinSxS?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Anda tidak dapat menghapus Folder WinSxS sepenuhnya, tetapi Anda pasti dapat mengurangi ukurannya. Alasannya adalah bahwa folder WinSxS berisi banyak pustaka dan komponen penting dari sistem operasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah terkait OS. Jadi, dengan alasan tersebut, pengguna tidak boleh menyentuh folder WinSxS karena itu bertugas untuk menjaga PC kita tetap aman dan sehat.

Namun, kenyataanya adalah bahwa folder WinSxS dari waktu ke waktu memiliki ukuran yang semakin besar dan jika Anda membiarkan itu selama bertahun-tahun maka folder tersebut akan memakan ruang disk sekitar 40% dari drive OS Anda. Jadi, apa sebenarnya yang terjadi di folder itu? Sebenarnya, selain komponen OS, Windows juga menyimpan pembaruan file di folder WinSxS. Jadi, setiap kali Anda mendapatkan update baru, file diunduh dan disimpan, ini bertugas untuk berjaga-jaga jika Anda menghadapi masalah di masa depan dan ingin kembali ke versi sebelumnya. Pada dasarnya, setiap kali Anda mendapatkan update Windows 10, file-file tersebut diakumulasikan dalam folder itu sehingga menghasilkan ukuran yang lebih tinggi pada drive OS.

Baca : Cara Menghapus Cache DNS di (Mac, Windows, Linux, Chrome)

Apa itu Folder WinSxS?

Adalah keliru untuk mengatakan bahwa Microsoft tidak mencoba untuk memperbaiki masalah ini. Saat ini, Windows 10 dilengkapi dengan layanan pemeliharaan otomatis yang membersihkan file yang telah diganti setelah sebulan. Namun, banyak pengguna mengeluh bahwa itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bagaimanapun, sekarang setelah saya memahami masalah yang ada, saya akan melalui langkah-langkah untuk mengurangi ukuran folder dengan cara yang tidak mengganggu stabilitas sistem Anda.

Cara Menghapus Folder WinSxS di Windows 10

Saya akan melalui proses dua langkah untuk menyelesaikan tugas ini. Pertama, kita akan menggunakan alat internal dan kemudian pindah ke metode pembersihan manual.

Baca : Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 7, 8, 10

Kurangi Ukuran Folder Menggunakan DISM

Saya akan menggunakan Alat DISM (Deployment Image Servis and Management) untuk membersihkan folder. Alat DISM digunakan untuk menjaga gambar Windows tetap utuh dan mempersiapkan lingkungan pemulihan.

1. Tekan tombol Windows satu kali dan ketik “cmd” di kotak pencarian. Setelah itu, klik “Run as Administrator” di sub-menu.

menghapus folder WinSxS 4

2. Setelah jendela Command Prompt terbuka, jalankan perintah di bawah ini untuk memeriksa apakah file yang berlebihan tersedia di folder. Jika dikatakan pembersihan disarankan di bagian bawah kemudian pindah ke langkah berikutnya.

dism /Online /Cleanup-Image /AnalyzeComponentStore

menghapus folder WinSxS 7

3. Sekarang, jalankan perintah kedua untuk akhirnya memulai proses pembersihan. Setelah proses selesai, Anda selesai. Folder WinSxS harus membebaskan banyak ruang disk.

Catatan: Prosesnya mungkin memakan waktu lama jadi tetap bersabar.

dism /online /Cleanup-Image /StartComponentCleanup

menghapus folder WinSxS 5

Hapus Update File WinSxS Menggunakan Disk Cleanup

1. Klik kanan pada drive OS (umumnya, drive C) dan buka “Properties“. Di sini, klik “Disk Cleanup“.

Disk Cleanup

2. Selanjutnya, klik tombol “Clean up System Files” di kiri bawah.

Clean up System Files

3. Sekarang, hapus centang pada semua kotak dan pilih “Windows Update Cleanup” di bagian atas. Setelah itu, klik tombol “OK”. Dan lihat, sekarang sejumlah besar file update dalam folder WinSxS akan dihapus secara instan. Sekarang, restart PC Anda dan Anda akan menemukan drive OS memiliki ruang disk yang lega.

Disk Cleanup 2

Dengan proses diatas, seharusnya cukup banyak mengembalikan ruang disk pada Windows Anda dan membuatnya lebih cepat. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa kadang-kadang jika PC terlalu tua, lebih baik reset Windows 10 untuk memulai. Ingatlah untuk selalu membuat backup PC Windows 10 Anda sebelum Anda melalui proses pengaturan ulang atau reset.

Baca : 10 Masalah Umum di Windows 10 dan Solusinya

Hapus Folder WinSxS dan Dapatkan Kembali Ruang Disk

Jadi itu panduan tentang cara menghapus folder WinSxS dan mengembalikan ruang disk drive OS. Alasan mengapa Windows melambat setelah bertahun-tahun digunakan adalah karena file-file ini menyumbat ruang memori yang sangat penting. Jadi, jika Anda ingin mempercepat komputer Windows 10 Anda, mengurangi ukuran folder WinSxS juga akan membuat perbedaan besar dalam kinerja.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
10 Software Desain Denah Rumah Gratis Terbaik

10 Software Desain Denah Rumah Gratis Terbaik - Dibutuhkan banyak waktu, keahlian, dan yang...

Cara Memindahkan Semua Data ke HP Android Baru

Memiliki HP Smartphone baru memang mengasyikkan, tetapi hal yang membuat kita sedikit jengkel adalah...

Close