fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa itu WiFi 6? Penjelasan Lengkap Tentang WiFi 6

Apa itu WiFi 6? Penjelasan Lengkap Tentang WiFi 6– Dalam dunia teknologi, kita sering dihadapkan pada nomenklatur aneh yang seringkali sulit dipahami dan dijelaskan. Ambil contoh Intel desktop dan chip mobile. Jika Anda tidak berpengalaman dengan topik ini, tidak ada cara untuk mengetahui chip Intel mana yang lebih baik dari yang lain. Dalam nada yang sama, standar WiFi menggunakan salah satu nomenklatur yang paling membingungkan yang tidak dapat diuraikan oleh pengguna normal meskipun kita semua menggunakan WiFi setiap hari.

Nah, itu semua akan berubah berkat nomenklatur baru yang diadopsi oleh WiFi Alliance (Wi-Fi Alliance adalah organisasi nirlaba yang mempromosikan teknologi Wi-Fi dan mensertifikasi produk Wi-Fi untuk kesesuaian dengan standar interoperabilitas tertentu). Dengan adopsi baru ini, WiFi juga telah memperkenalkan standar WiFi baru yang membawa sejumlah perbaikan baru. Standar WiFi baru disebut WiFi 6 dan di sini adalah semua yang perlu Anda ketahui tentang WiFi 6:

Baca : Penjelasan Lengkap Teknologi Internet Nirkabel 5G

Apa itu WiFi 6?

Seperti disebutkan dalam pendahuluan, WiFi 6 adalah standar terbaru WiFi yang menghadirkan sejumlah peningkatan kecepatan, keamanan, dan konektivitas. Standar WiFi terbaru saat ini yang digunakan adalah 802.11ac yang mungkin Anda perhatikan pada spesifikasi router atau smartphone Anda. Standar baru yang akan menggantikan 802.11ac dalam waktu dekat disebut 802.11ax. Namun, karena nomenklatur ini sangat membingungkan, WiFi Alliance telah merilis sistem penomoran sederhana untuk WiFi yang akan membuatnya lebih mudah dipahami oleh konsumen. Karena versi terbaru dari standar WiFi, 802.11ax, adalah generasi keenam, itu disebut sebagai WiFi 6. Berikut ini adalah semua standar WiFi yang dirilis hingga sekarang dalam urutan kronologis terbalik:

  • 802.11ax -> WiFi 6 (dijadwalkan rilis pada 2019)
  • 802.11ac -> WiFi 5 (dirilis pada 2013)
  • 802.11n -> WiFi 4 (dirilis pada 2009)
  • 802.11g -> WiFi 3 (dirilis pada tahun 2003)
  • 802.11a -> WiFi 2 (dirilis pada tahun 1999)
  • 802.11b -> WiFi 1 (dirilis pada tahun 1999)

Catatan: Nama WiFi 1, WiFi 2, dan WiFi 3 tidak diakui secara resmi. Kebanyakan orang menggunakan nama itu karena lebih masuk akal dan mudah diterima.

Simbol WiFi 6

Seperti yang Anda lihat, nama-nama lama meskipun secara teknis lebih terbuka tidak ramah konsumen. Namun, sekarang dengan hanya melihat satu nama baru, seorang konsumen akan dapat memahami apakah dia mendapatkan standar WiFi terbaru atau tidak. WiFi Alliance juga memperkenalkan logo WiFi baru yang akan memudahkan orang untuk melihat standar WiFi mana yang terhubung. Simbol-simbolnya cukup jelas karena menunjukkan angka yang disematkan pada ikon WiFi, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Kesimpulannya, WiFi 6 adalah standar WiFi terbaru yang dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2019 ini. Sekarang, kita tahu apa sebenarnya WiFi 6 itu, mari kita lihat semua peningkatan yang dibawanya.

Apa Manfaat dari WiFi 6 Standard?

Standar WiFi 6 yang baru menghadirkan banyak peningkatan baru. Tidak hanya standar akan memungkinkan koneksi yang lebih cepat, tetapi juga akan membuatnya lebih aman dan dapat diandalkan. Berikut ini semua peningkatan yang akan Anda dapatkan:

1. Peningkatan Kecepatan

WiFi 6 membawa peningkatan kecepatan yang signifikan. Meskipun tidak sebesar yang terlihat ketika pindah dari WiFi 4 ke WiFi 5, itu masih cukup banyak. Dalam situasi konektivitas WiFi yang sempurna, pengguna dapat melihat peningkatan teoritis 40% dalam kecepatan konektivitas. Standar baru mencapai itu dengan meningkatkan pengkodean data yang menghasilkan throughput yang lebih tinggi. Pada dasarnya, perangkat WiFi 6 akan dapat mengemas lebih banyak data dalam ruang spektrum yang sama. Ini dimungkinkan oleh chip baru yang jauh lebih kuat dan mampu daripada versi sebelumnya.

Peningkatan kecepatan

Itu berarti bahwa kecepatan hanyalah sebagian kecil dari perbaikan yang datang dengan standar WiFi baru dan mungkin yang paling tidak penting. Fokus utama 802.11ax atau WiFi 6 bukan untuk membuat konektivitas lebih cepat, melainkan untuk membuatnya lebih efisien. Seperti yang akan Anda lihat di bagian selanjutnya, WiFi 6 akan membuat hidup kita jauh lebih baik dan lebih aman.

Baca : Pejelasan Lengkap Apa Perbedaan 4G dan 5G?

2. Peningkatan Penggunaan Spektrum

Standar WiFi 6 baru akan beroperasi di saluran 2,4 GHz dan 5 GHz. Ini berarti Anda akan memiliki keuntungan tidak hanya memiliki konektivitas jarak jauh tetapi juga throughput data yang lebih tinggi. Beberapa perusahaan teknologi seperti Apple dan Facebook juga melobi untuk merilis bandwidth 6 GHz untuk penggunaan WiFi. Jika itu terjadi, itu akan merilis saluran yang tidak pernah digunakan sebelumnya yang menghasilkan kemacetan jaringan yang lebih rendah dan konektivitas yang lebih baik.

Saluran bandwidth 2,4 GHz dan 5 GHz bahwa penggunaan kedua bandwidth akan menghasilkan koneksi yang stabil dan rentang yang lebih lama dan Anda akan melihat koneksi yang rendah turun dan kecepatan yang lebih baik.

3. Perbaikan MU-MIMO

MU-MIMO atau “Multi-user Multiple input, Multiple output” adalah teknologi yang memungkinkan titik akses WiFi untuk terhubung ke beberapa perangkat sekaligus. Sebelum MIMO menjadi suatu hal, titik akses WiFi akan terhubung ke satu perangkat pada satu waktu sementara perangkat lain harus menunggu dalam antrean untuk koneksi. Karena sakelar benar-benar terjadi dalam mikrodetik, mungkin pengguna tidak memerhatikan sakelar tersebut, yaitu, hingga jumlah perangkat cukup kecil dan tidak ada jaringan lain yang menyebabkan gangguan. Segera setelah Anda menambah jumlah perangkat klien untuk titik akses, Anda akan mulai melihat hal-hal seperti respons tertunda (Latensi) dan memutuskan koneksi.

Perubahan MU-MIMO

Ini ditingkatkan dengan diperkenalkannya koneksi MU-MIMO dengan WiFi 5 (802.11ac) karena memungkinkan beberapa perangkat untuk terhubung ke satu titik akses secara bersamaan. WiFi 6 meningkatkan ini dengan meningkatkan jumlah perangkat yang secara bersamaan dapat terhubung ke sumber. Standar WiFi 5 mendukung 4 perangkat, itu juga hanya untuk downlink. Standar WiFi 6 yang baru akan memungkinkan 8 perangkat untuk secara bersamaan terhubung ke titik akses dan itu akan berfungsi untuk koneksi downlink dan uplink.

4. Perbaikan OFDMA

OFDMA atau “Orthogonal Frequency Division Multiple Access” adalah peningkatan teknologi lain yang akan meningkatkan efisiensi, latensi, dan throughput. Yang ini agak sulit untuk dijelaskan secara sederhana tetapi saya akan mencoba yang terbaik. Hingga saat ini, standar WiFi terbaru yaitu 802.11ac atau WiFi 5 menggunakan teknologi OFDM yang menggunakan saluran individu untuk membawa data yang ditujukan untuk perangkat klien tertentu. Masalah dengan pendekatan ini adalah bahwa hal itu menghasilkan kapasitas yang terbuang.

OFDMA-Improvements

Misalnya, katakanlah smartphone Anda sedang mengakses data dari router Anda. Meskipun router Anda memiliki kapasitas untuk mengirimkan data yang lebih tinggi, Anda mungkin hanya menjelajahi Twitter. Itu berarti meskipun Anda tidak menggunakan data Anda untuk kapasitas optimal, transfer data menggunakan seluruh bandwidth, dan itu mengakibatkan hilangnya kapasitas. Dengan teknologi OFDMA yang baru, saluran data dicincang sehingga data dari perangkat yang berbeda dapat digabungkan bersama untuk memastikan bahwa tidak ada bandwidth yang terbuang.

OFDMA-Improvements 2

Karena beberapa perangkat dapat mengirim data pada saat yang sama, itu tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga menghasilkan latensi yang lebih rendah. Ini bersama dengan peningkatan MU-MIMO meningkatkan konektivitas bahkan jika ada 30 perangkat yang terhubung ke jalur akses yang sama pada saat yang sama.

5. BSS Coloring

BSS Coloring adalah salah satu peningkatan terbesar dengan standar WiFi 6 yang baru. Salah satu masalah utama dengan standar WiFi saat ini bukan laju throughput, bukan jumlah gangguan yang menyebabkan tingkat itu turun. Setiap saat, mungkin Anda dikelilingi oleh beberapa titik akses (router, kamera keamanan, monitor, dan lainnya) dan perangkat klien mentransmisikan sinyal mereka. Karena semuanya menggunakan bandwidth yang kurang lebih sama, mereka saling mengganggu satu sama lain yang menyebabkan penurunan konektivitas.

BSS-Coloring

Itu terjadi karena titik akses menunggu frame data untuk lewat sebelum mulai mentransmisikan data, bahkan jika frame data itu dari jaringan lain. Oleh karena itu, pengguna akan mengalami latensi bahkan ketika dia menggunakan perangkat klien tunggal. Apa yang dilakukan BSS Coloring adalah memungkinkan titik akses untuk melampirkan pengidentifikasi ke bingkai data di jaringannya. Dengan demikian, secara teoritis, ini akan dapat mengetahui apakah bingkai data berasal dari jaringan lain dan terus mentransmisikan tanpa menghentikan koneksi. Representasi gambar kasar dari konsep yang sama ditunjukkan pada gambar di atas. Sementara bingkai data melewati titik akses saya (ditandai merah), karena ia tahu bahwa bingkai data tidak dari jaringannya, ia terus mengirimkan data (ditandai biru).

Perhatikan bahwa, agar titik akses untuk menggunakan BSS Coloring secara efektif, sinyal jaringan lain harus di bawah ambang batas kelemahan. Itu artinya, jika Anda tinggal di daerah di mana kekuatan sinyal jaringan lain berada di atas ambang itu, BSS Coloring tidak akan berfungsi. Karena itu, ini masih merupakan peningkatan besar karena seharusnya berfungsi di sebagian besar situasi.

Baca : Penjelasan Lengkap Spektrum dan Frekuensi 5G

6. Target Wake Time (TWT)

Target Wake Time atau “TWT” adalah fitur baru yang luar biasa yang bagus untuk ketahanan masa pakai baterai di perangkat seluler. Saat ini, ketika beberapa perangkat terhubung ke titik akses yang sama dan sedang menunggu giliran mereka untuk menerima data, mereka semua tetap beroperasi dan menghabiskan masa pakai baterai (seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah). Dengan WiFi 6 standar, titik akses pada dasarnya akan dapat memberi tahu perangkat sejalan kapan mereka akan menerima koneksi sehingga mereka dapat sleep saat mengantre.

Target-Wake-Time-TWT- WiFi 6

Ini seperti menempatkan janji di kalender Anda. Setelah janji temu diatur, perangkat Anda tidak perlu cemas menunggu gilirannya dan menghabiskan masa pakai baterai. Itu hanya bisa bangun pada waktu yang tepat dan menerima data. Secara teoritis, ini seharusnya memungkinkan perangkat untuk menggunakan daya 7x lebih sedikit pada WiFi daripada yang saat ini mereka lakukan yang akan menghasilkan masa pakai baterai yang lebih baik.

Target-Wake-Time 2 WiFi 6

Ini semua adalah perubahan besar yang datang dengan standar WiFi 6 yang baru. Sekarang, mari kita lihat kapan kita bisa berharap untuk menikmati peningkatan ini.

Kapan Kami Akan Melihat Perangkat Tersertifikasi WiFi 6?

Karena standar WiFi 6 ditetapkan untuk disahkan sekitar tahun 2019 ini, kita akan melihat perangkat klien yang kompatibel dengan WiFi 6 pada akhir 2019 dan awal tahun 2020. Itu berarti, tergantung pada siklus peningkatan pengguna, mungkin setidaknya 3-4 tahun sebelum industri bergeser ke standar. Sejauh titik akses yang mampu WiFi 6 (router) yang bersangkutan, beberapa perusahaan penggerak awal termasuk Asus (ASUS RT-AX88U – $ 346) dan NetGear (NETGEAR Nighthawk – $ 399,99) telah meluncurkan beberapa produk.

NetGear-NightHawk WiFi 6

Jadi, jika Anda siap untuk meningkatkan router WiFi Anda, Anda dapat melakukannya sekarang. Tetapi untuk menikmati manfaat WiFi 6, Anda harus memiliki perangkat klien yang kompatibel (smartphone, laptop, dll) dan itu akan mulai keluar pada akhir tahun.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat WiFi 6 membawa banyak perbaikan. Penerima manfaat terbesar dari peningkatan ini adalah area yang ramai di mana beberapa AP yang melayani terlalu banyak perangkat klien atau ada terlalu banyak AP. Karena WiFi 6 meningkatkan jumlah perangkat yang dapat ditangani oleh AP pada saat yang bersamaan dan mengurangi penurunan dan latensi konektivitas, ini akan meningkatkan pengalaman Anda secara keseluruhan setiap kali Anda berada di tempat umum seperti konser atau mal atau bandara.

WiFi 6 juga dimaksudkan untuk dunia baru dengan penuh perangkat teknologi pintar. Kita menggunakan banyak perangkat pintar di rumah kita. Menurut perkiraan para profesional, satu rumah kota akan memiliki sekitar 50 perangkat klien dalam waktu dekat. Standar WiFi 6 yang baru akan memastikan bahwa semua perangkat itu terhubung, menerima data sesuai dengan kebutuhan mereka, dan tidak saling menghalangi.

Baca : Inilah Kecepatan Jaringan Internet 5G Dalam Angka

Sumber : Beboom

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Panduan Lengkap Cara Mengubah Bahasa di Situs WordPress Anda

Panduan Lengkap Cara Mengubah Bahasa di Situs WordPress Anda - WordPress merupakan platform yang...

Cara Kompres dan Ekstrak File ZIP di iPhone dan iPad

Cara Kompres dan Ekstrak File ZIP di iPhone dan iPad - Apple perlahan-lahan membawa...

Close