How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

10+ Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang USB4

Diumumkan pada bulan Maret tahun ini, standar USB “USB4” yang serba baru siap untuk digunakan tahun depan. Dengan USB Implementers Forum (USB-IF) akhirnya mengungkapkan semua spesifikasi yang memberdayakan iterasi USB terbaru. Berita tentang kemunculan USB4 memang sudah lama muncul, tapi saya merasa tertarik untuk membahasnya, dan semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan Anda tentang USB4 atau ingin mengetahui segala sesuatu tentang standar terbaru USB. Pada artikel ini saya akan menjelaskan semua fitur penting dan perubahan yang telah dikemas pada USB4.

Baca : Penjelasan Lengkap Teknologi Internet Nirkabel 5G

Apa itu USB4?

Apakah itu kecepatan tertinggi atau efisiensi tinggi, USB4 telah meningkatkan di hampir semua aspek untuk peningkatan besar. Dan ya, itu juga mencoba untuk menghilangkan masalah lama melalui penyederhanaan yang rapi. Jadi, jika Anda pernah merasakan beberapa kelemahan terbesar pendahulunya yaitu (USB 3.2), Anda dipastikan tidak akan mendapati hal serupa pada standar USB terbaru ini.

tentang USB4

1. Apa Teknologi dibalik USB4?

Saya kira salah satu pertanyaan pertama yang mungkin terbesit di pikiran Anda adalah: apa teknologi di balik USB4? Versi terbaru dari standar USB didasarkan pada teknologi konektor Intel Thunderbolt 3 yang memberikan kecepatan tinggi dan efisiensi yang lebih tinggi. Selain itu, USB4 dibangun di atas arsitektur USB 3.2 dan USB 2.0 yang ada. Meskipun standar USB terbaru mengambil keuntungan dari arsitektur dual-lane yang sama dengan USB 3.2, tapi USB4 menggandakan kecepatan perpindahan jalur individu. Berkat operasi dua jalur, lebih mampu memenuhi permintaan tinggi secara konsisten. Apakah itu mentransfer file jauh lebih cepat atau mengisi daya perangkat yang kompatibel dengan cepat, sebagian besar hal itu ditingkatkan menjadi jauh lebih hebat dari versi sebelumnya.

2. Nama dan Versi yang tidak membingungkan

Sudah terlalu lama, USB Implementers Forum (USB-IF) menggunakan pola penamaan yang agak membingungkan. Untungnya, dengan diperkenalkannya USB4, sistem penamaan yang berantakan telah menjadi bagian dari masa lalu. Itu sebabnya mereka tidak memberi ruang antara USB dan nomornya. Dan mereka juga telah menyatakan bahwa iterasi berikutnya akan diberi nama hanya USB5 dan bukan USB4.1 tidak seperti sebelumnya. CEO USB Promoter Group Brad Saunders telah menegaskan bahwa mereka sekarang ingin menyederhanakan banyak hal. Dengan demikian, kita akhirnya bisa berharap era pola penamaan yang benar-benar kacau akan berakhir untuk selamanya!

3. Menggunakan Port Tipe-C

USB-C-Port

Meskipun tidak mengherankan bagi siapa pun, perlu dicatat bahwa USB4 menggunakan port Tipe-C. Saat Anda mengharapkan kecepatan, keamanan, dan efisiensi terbaik, Type-C dapat mengirimkan dengan sangat baik. Tetapi USB4 jauh lebih tinggi dan mendapatkan yang terbaik dari konektor untuk memberikan kinerja kelas atas. Kecuali jika sesuatu yang lebih ringkas dan simetris masuk ke USB, saya berharap banyak versi USB terbaru untuk terus mendukung Tipe-C.

4. Transfer Data Lebih Cepat

Mungkin, peningkatan terbesar yang datang ke USB4 adalah peningkatan kecepatan. Sementara USB 3.0 disebut-sebut untuk memberikan kecepatan 10 Gbps, USB 3.2 menggandakan kecepatan yang naik menjadi 20 Gbps. Dan dengan kedatangan iterasi terbaru dari USB, akhirnya mungkin untuk mentransfer data pada kecepatan maksimum 40 Gbps – dua kali kecepatan USB 3.2. Lompatan besar dalam kecepatan ini sangat cocok untuk para desainer dan editor video pro yang sering harus berurusan dengan file yang berat. Tentu ini akan sangat dirasakan manfaatnya bagi pengguna yang sering mentransfer data yang besar dan tidak begitu terasa bagi pengguna yang sering mentransfer data berukuran kecil.

5. Tiga Kecepatan USB4

Ingat, tidak semua perangkat USB4 akan dapat memberikan maksimum 40 Gbps. Menurut CEO USB Promoter Group Brad Saunders, iterasi terbaru dari USB akan memberikan tiga kecepatan: 10 Gbps, 20 Gbps, dan 40 Gbps. Sementara smartphone dan perangkat yang berharga murah diharapkan kompatibel dengan kecepatan rendah, perangkat kelas atas akan dapat mendukung kecepatan maksimum. Jadi, ketika anda ingin membeli laptop atau smartphone baru, pastikan untuk memeriksa kecepatan maksimum yang dapat didukung!

Baca : Inilah Kecepatan Jaringan Internet 5G Dalam Angka

6. Host USB4 Mendukung USB PD

Departemen lain di mana USB4 telah melakukan perubahan besar adalah dukungan untuk pengiriman daya USB yang membawa pengiriman daya besar 100 watt. Sampai sekarang, hanya beberapa perangkat USB-C yang digunakan untuk mendukung USB PD. Jadi, ada peningkatan permintaan untuk membuat USB PD tersedia di semua perangkat dan host USB-C. Dengan watt yang lebih tinggi dan manajemen daya yang jauh lebih baik, USB4 akan mengubah cara Anda dalam mengisi daya pada perangkat.

7. Kompatibel dengan Perangkat Thunderbolt 3

Thunderbolt-3-1

Sebagai seseorang yang telah menggunakan Thunderbolt 3 sejak lama dan selalu menghargai kecepatan dan efisiensinya yang tak tertandingi, saya telah menunggu USB4 kompatibel dengan Thunderbolt 3 karena menjamin pengalaman pengguna yang lebih baik. Belum lagi, itu juga merupakan kabar baik bagi orang-orang yang suka bermain game di laptop mereka dengan menghubungkan eGPU (kartu grafis eksternal).

Mulai sekarang dan seterusnya, produsen perangkat dan host tidak perlu membayar biaya royalti yang besar kepada Intel. Dengan demikian, ada kemungkinan besar bahwa produsen perangkat USB4 dan pembuat kabel akan membuat penawaran mereka kompatibel dengan Thunderbolt 3. Oleh karena itu, ada kemungkinan adopsi massal.

8. Tampilan Yang Diperbaiki / Pemecahan Data

Area lain di mana USB4 telah jauh meningkat adalah kemampuannya untuk secara dinamis menyesuaikan bandwidth antara video dan data. Saat Anda mengirim video dan data secara bersamaan melalui koneksi yang sama, standar USB terbaru akan secara otomatis mengalokasikan bandwidth untuk memastikan tidak ada pengurangan kecepatan. Misalnya, jika umpan video akan menuntut 25 Gbps, USB4 akan menawarkan 15 Gbps sisanya untuk berbagi data sehingga kedua tugas akan berjalan dengan lancar tanpa tersendat.

9. Kompatibel dengan perangkat lama

Meskipun lebih kuat dan efisien daripada pendahulunya, USB4 kompatibel dengan perangkat yang lebih lama. Bahkan, ini telah menjadi ciri khas semua generasi USB. Dan iterasi terbaru terus memenuhi janji itu. Jadi, Anda dapat menggunakan USB 4 dengan nyaman dengan perangkat serta port USB 3 dan USB 2. Ingatlah, bahwa USB tidak dapat memberikan kecepatan 40 Gbps saat terhubung ke port USB 2 atau USB 3.2.

10. Kabel dan Adaptor Yang Lebih Lama Akan Mendukung USB4

Untuk semua orang yang bertanya-tanya apakah kabel dan adaptor mereka akan bekerja dengan USB4 atau tidak, izinkan saya segera mengonfirmasi bahwa tidak ada alasan untuk khawatir. Ya, kabel lama Anda, serta adaptor, akan bekerja dengan standar USB terbaru. Tetapi harap dicatat bahwa aksesori Anda akan memberikan kecepatan nilai maksimum. Katakanlah, Anda memiliki kabel USB 3.2 yang memiliki kecepatan pengenal maksimum 20 Gbps. Ini akan memberikan kecepatan hanya 20Gbps jika Anda menghubungkannya ke port USB4. Perhatikan bahwa dalam kebanyakan kasus, Anda harus menggunakan dongle untuk menghubungkan kabel yang lebih tua karena USB4 menggunakan port USB-C dan bukan port USB A universal yang merupakan standar.

Baca : 5 Wireless Router Terbaik dan Cepat untuk 2020

11. Lebih Mahal daripada USB 3.2

Karena komponen yang lebih mahal, USB4 akan berharga lebih mahal dari USB 3.2. Biaya tambahan dapat menghambat adopsi massal standar USB terbaru. Meskipun belum ada kejelasan tentang berapa biaya USB4, itu diharapkan akan sedikit lebih murah daripada Intel Thunderbolt. Namun, CEO USB Promoter Group Brad Saunders berharap bahwa biaya keseluruhan akan segera turun.

12. USB4 – Perangkat Timeline yang Diaktifkan

Sekarang segala sesuatu tentang USB4 keluar di tempat terbuka, kapan perangkat yang mendukung USB4 akhirnya akan segera dirasakan? Namun, perlu Anda ketahui bahwa perlu beberapa saat sebelum perangkat bertenaga USB4 akhirnya benar-benar hadir di perangkat terbaru. Jika produsen meningkatkan upaya mereka, itu akan memakan waktu setidaknya 12-18 bulan dari sekarang untuk perangkat yang dilengkapi USB4 menjadi arus utama, apalagi jika di indonesia tentu USB4 akan dirasakan jauh lebih lama lagi daripada di negara lain. Jadi, sambil mengawasi perangkat yang akan datang, puaslah dengan apa yang ditawarkan USB 3.2 saat ini.

Baca : Apa itu WiFi 6? Penjelasan Lengkap Tentang WiFi 6

USB4 vs USB 3: Apa yang Kita Dapatkan?

Sekarang setelah Anda mengetahui segala sesuatu yang baru dalam standar USB4, Anda harus memiliki ide yang cukup bagus tentang peningkatan yang datang dengan iterasi USB terbaru ini. Peningkatan terbesar datang di bagian kecepatan, alokasi sumber daya, dan kemampuan pengiriman daya USB. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel saya selanjutnya yaitu perbandingan tentang kelebihan USB4 dari USB 3.

USB4: Lompatan Besar di Sebagian Besar Aspek

Mempertimbangkan segalanya, USB4 tampaknya menjadi peningkatan yang bagus di sebagian besar aspek. Sementara lompatan besar dalam kecepatan tampaknya mungkin menjadi sorotan terbesar, kompatibilitas dengan Thunderbolt 3 bisa terbukti menjadi game-changer. Belum lagi, kemampuan untuk secara dinamis menyesuaikan bandwidth antara video dan data juga perlu dicatat karena akan memiliki pengaruh signifikan terhadap produktivitas. Apa fitur favorit Anda di USB4? Silahkan berikan komentar di kolom bawah.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
4 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Menggunakan VPN

4 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Menggunakan VPN - VPN (Virtual Private Network) atau...

Panduan Cara Instal Apache di Ubuntu 18.04

Panduan Cara Instal Apache di Ubuntu 18.04 - Server HTTP Apache adalah server web...

Close