How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Cepat Artikel di Indeks Oleh Mesin Pencari Google

Cara Cepat Artikel di Indeks Oleh Mesin Pencari Google. Menulis secara rutin merupakan bagian penting untuk situs blog anda, tapi hal penting lainnya yaitu bagaimana tulisan anda dapat dibaca oleh orang lain. Sementara media sosial terus meningkat lebih dari sebelumnya, pencarian melalui Google dan Bing masih nomor satu sebagai salah satu cara orang untuk menemukan konten Anda.

Google dan Bing secara alami akan menjelajah situs Anda secara teratur untuk mengindeks konten Anda. Menyiapkan file sitemap Anda dan mengkonfigurasi file robots.txt juga akan membantu dalam proses ini. Tapi di bawah ini saya akan menunjukkan sedikit trik kecil tentang cara untuk mendapatkan konten Anda diindeks lebih cepat dengan Google dan Bing, tapi di tulisan ini saya akan memberikan tutorial untuk Google dan di artikel berikutnya untuk Bing. Saya menggunakan teknik ini ketika saya mempublikasikan konten baru serta ketika saya melakukan re-write atau update konten besar yang masih baru.

Saya juga akan menunjukkan beberapa cara untuk memverifikasi bahwa konten Anda telah di indeks.

Metode I : Memanfaatkan Google Fetch Tools

google logo

Ambil sebagai Google adalah alat diagnostik yang memungkinkan Anda untuk mensimulasikan bagaimana Google merayapi atau membuat sebuah URL di situs Anda. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan URL untuk mendapatkan artikel anda diindeks. Google Fetch tools dapat diakses secara gratis dalam Google Webmaster Tools (GWT).

Ikuti langkah-langkah di bawah ini tentang cara mengirimkan URL Anda untuk pengindeksan menggunakan Google Fetch Tool.

Langkah 1

Klik ke domain Anda dalam GWT. Jika Anda belum mendaftarkan situs atau blog anda di GWT, silahakan baca tutorial dibawah ini.

Baca : Cara Mendaftarkan Website ke Google Webmaster Tools

Langkah 2

Klik menu “Crawl” dan klik pada “Fetch as Google.”

google index cepat

Langkah 3

Masukkan URL halaman atau posting Anda yang baru anda tulis atau diperbarui bahwa Anda ingin mendapatkan diindeks. Dan kemudian klik tombol pada “Fetch”.

google index cepat

Baca : 10 Tools Terbaik Google Untuk SEO situs Anda

Langkah 4

Kemudian klik tombol pada “Submit to Index”.

google index cepat

Langkah 5

Sekarang Anda memiliki dua pilihan. Anda dapat memilih Google Crawl hanya URL atau bisa Crawl URL dan link langsung. Anda hanya memiliki begitu banyak kiriman tersedia untuk Anda setiap bulan.

Crawl only this URL : 500 kiriman tersedia per bulan
Crawl this URL and its direct links : 10 kiriman tersedia per bulan

Saya akan menyarankan “Crawl Only this URL” kecuali Anda mengirimkan konten yang memiliki konten saling terkait yang juga telah baru-baru ini diperbarui. Kemudian tekan tombol “Go”.

google index cepatMaka Anda akan melihat status “Complete” hijau dan Anda dapat memverifikasi waktu dan tanggal URL tersebut diserahkan. Itu membuat log sehingga Anda selalu dapat referensi kembali ketika mengirimkan konten baru.

google index cepat

Dan itulah cara untuk mendapatkan artikel Anda di indek oleh mesin pencari Google. Ada cara lain yang lebih mudah dan cepat untuk indek artikel Google, dan cara ini merupakan cara yang harus Anda terapkan dibanding cara lama diatas. Selain itu, cara tutorial ini merupakan versi baru Google Webmaster Tools Search Console versi terbaru.

Metode II : URL Inspections

Google Webmasters Tools saat ini telah memperbarui tampilan dan fiturnya. Ketika Anda masuk pada halaman Google Webmasters Tools, Anda akan melihat tombol baru dibagian atas disamping tombol bantuan dengan warna biru dan bertuliskan “Gunakan Search Console Baru”.

Google Search Console

Silahkan klik tombol tersebut dan Anda akan dibawa masuk pada “Google Search Console” dengan antarmuka yang baru dan fitur-fitur baru yang lebih baik.

Sekarang untuk mendapatkan artikel Anda di indeks lebih cepat oleh Google, cukup masukkan URL artikel baru Anda pada kolom pencarian URL di paling atas atau klik menu “Inspeksi URL” dibagian sidebar kiri. Dan kemudian tekan “Enter”.

Biarkan Google merayapi URL Anda sampai menunjukkan hasil, Jika artikel Anda belum terindeks oleh Google maka status akan menunjukkan “URL tidak ada di Google”, dan jika sudah terindeks maka Google akan memberikan status “URL ada di Google”. Selanjutnya, klik tulisan “Minta Pengindeksan”.

Google Search Console Index

Anda juga bisa melakukan cara tersebut pada artikel lama yang sudah terindeks jika Anda melakukan perubahan pada isi konten Anda untuk meminta Google memperbarui halaman artikel baru Anda.

Proses pengindeksan Google biasanya akan berlangsung sekitar sehari dan bahkan bisa lebih cepat. Tapi dengan cara ini artikel Anda akan jauh lebih cepat di indeks dan muncul di mesin pencari daripada menunggu Google secara otomatis mengindeks artikel Anda.

Baca : Cara Membuat Email di Gmail dengan Komputer dan HP Smartphone

Melihat Apakah Benar Artikel Sudah di Indeks Google?

Setelah proses diatas Anda lakukan, hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengecek artikel apakah benar-benar terindeks oleh Google.

Caranya : Silahkan copy URL artikel Anda dan ketikkan Site: di kolom mesin pencarian Google dan letakkan URL artikel setelah tanda titik dua dan tekan enter. Jika artike Anda sudah terindeks oleh Google maka Google akan memunculkannya, tetapi jika belum maka artikel snipet Anda tidak akan muncul. Dibawah ini contoh artikel yang sudah terindeks.

Indeks cepat Google

Untuk melihat apakah sudah di indeks apa belum, sebaiknya cek setelah setengah jam atau lebih. Hal ini tidak bisa dipastikan karena URL Anda masih dalam antrian crawl Google, hasil bisa cepat dan bisa lambat, tapi paling lambat adalah satu hari sepengetahuan saya.

Dan mohon jangan bertanya, urutan berapa artikel dengan cara ini. Hal tersebut tergantung dari kualitas artikel, persaingan dan kata kunci Anda. Disini saya hanya memberikan panduan untuk agar artikel Anda segera di indeks dan ini bukan untuk menjadikan posisi artikel Anda pada posisi halaman pertama pencarian Google.

Baca : Cara Cepat Meningkatkan SEO WordPress di Peringkat Google

Itulah tutorial cara cepat mendapatkan index dari google, semoga artikel diatas bermanfaat buat anda, dan anda mendapatkan artikel baru anda terindex oleh google secara langsung. Untuk mesin pencari Bing, Silahkan simak di artikel berikutnya. 🙂

Baca  : Cara Cepat Meningkatkan SEO WordPress di Peringkat Google

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Gimee5 Responsive Free

Gimme5 adalah theme wordpress responsive gratis buatan s5themes, theme ini di desain flat dan...

Theme WordPress Twenty Fifteen Responsive Free

Twenty Fifteen adalah theme wordpress responsive gratis, ini merupakan tema default baru untuk WordPress...

Close