How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Cepat Meningkatkan SEO WordPress di Peringkat Google

Sangat mudah untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari Google dalam waktu yang singkat sebenarnya jika Anda mau mengikuti pedoman WordPress SEO ini. Pada artikel ini saya akan memperkenalkan metode yang efektif untuk mengoptimalkan website Anda di mesin pencari dan mendapatkan posisi yang lebih tinggi di hasil pencarian.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan bagian penting dalam mempromosikan website agar memiliki peringkat yang lebih baik di hasil pencarian dan meningkatkan peringkat di Google.

all in one seo

1. Perbaiki kecepatan situs WordPress Anda

Kecepatan situs penting karena banyak alasan orang akan cenderung pergi jika sebuah situs membutuhkan waktu lebih lama saat dibuka dan Google memang menyarankan untuk meningkatkan kecepatan website.

Untuk menguji dan memeriksa kecepatan website, Anda bisa menggunakan alat seperti Pingdom. Jika kecepatan website Anda sangat lambat Anda bisa mencoba mengoptimalkan dengan beberapa cara mudah dibawah ini :

Setelah Anda mengerjakan langkah-langkah diatas, silahkan periksa kembali kecepatan situs Anda di Pingdom – Anda harus melihat peningkatan yang signifikan!

2. Optimalkan situs WordPress anda untuk mobile

Mobile telah lama menyalip desktop dalam jumlah pengguna dalam melakukan browsing. Dan pengguna mobile akan selalu meningkat mengingat sekarang smartphone sudah berkembang menjadi alat yang benar-benar canggih dan mudah untuk melakukan browsing.

Dan raksasa mesin pencari Google tahu itu sehingga mereka lebih menghargai situs yang ramah seluler dengan peringkat yang lebih baik.

Untuk memiliki situs WordPress yang ramah untuk mobile sangat mudah, silahkan untuk menggunakan tema WordPress responsive, Anda bisa mencari tema WordPress responsif disini. Dan untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa merubah situs WordPress Anda ke versi AMP (Accelerated Mobile Pages) dengan plugin WordPress AMP atau AMP for WordPress.

3. Optimalkan Judul dan Deskripsi

Judul adalah hal pertama yang memberitahu kepada orang tentang apa isi pada halaman yang akan ditampilkan. Dan mesin pencari juga menampilkan judul lebih menonjol daripada deskripsi. Jadi usahakan untuk membuat judul menarik yang mewakili isi dari artikel Anda. Dan jangan lupa untuk menyantumkan kata kunci yang Anda bidik pada judul.

Setelah judul yang perlu Anda optimalkan adalah deskripsi dari konten. Silahkan buat deskripsi singkat berkisar antara 150 sampai 160 kata untuk mewakili isi dari artikel Anda. Deskripsi ini juga ditampilkan di hasil mesin pencarian seperti halnya judul, dengan membuat isi deskripsi yang menarik dan mengandung kata kunci akan memperbaiki peringkat situs WordPress Anda untuk di hasil pencarian Google.

Anda bisa menggunakan plugin SEO seperti All in One atau SEO by Yoast untuk membantu Anda menambahkan ruang untuk mengoptimalkan judul dan deskripsi pada setiap postingan Anda. Kedua plugin tersebut juga memberikan preview bagaimana judul dan deskripsi Anda ditampilkan di mesin pencari.

4. Optimalkan Permalinks atau URL

Permalinks atau URL yang mudah dibaca oleh orang akan lebih baik dibandingkan dengan URL yang berisikan karakter yang rumit, begitu juga dengan mesin pencari lebih menyukai URL yang mudah dibaca. Jadi pastikan pengaturan permalink di situs WordPress Anda sudah benar. Karena secara default, struktur URL WordPress terlihat seperti https://www.centerklik.com/?p=13, dan itu adalah contoh yang buruk untuk mesin pencari karena tidak SEO friendly.

Seperti pada poin nomer 3 bahwa URL juga ditampilkan di hasil mesin pencari, buat URL yang mudah dibaca atau samakan dengan judul yang juga mengandung kata kunci.

Untuk mengoptimalkan permalinks di WordPress, silahkan masuk ke menu Settings » Permalinks dan pilih “Post name” atau Anda bisa membaca artikel yang lebih lengkap mengenai Permalink WordPress dibawah ini.

Baca : Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress.

5. Fokus pada Kata Kunci

Kata Kunci atau Keyphrase adalah kata atau frase yang mencerminkan postingan. Secara umum, posting bisa mendapatkan hasil yang baik ketika pengunjung mencari frase yang relevan dengan kata kunci di Internet, dan situs yang besar cenderung memiliki sebagian lalu lintas pencarian berasal dari kata kunci.

Setelah Anda memilih kata kunci yang tepat untuk postingan, anda harus mempertimbangkan kepadatan kata kunci. Jika kepadatan kata kunci terlalu kecil, mesin pencari tidak dapat mengidentifikasi kata-kata adalah kata kunci, namun, jika kepadatan kata kunci terlalu besar, mesin pencari akan mempertimbangkan bahwa itu adalah spam. Jadi, usahakan untuk menanamkan kata kunci dengan jumlah yang normal pada postingan dan buat kata kunci masuk pada beberapa paragraf secara natural.

6. Buat konten berkualitas dan panjang

Blog baru sangat perlu untuk membuat konten yang benar-benar berkualitas dengan isi yang luas. Usahakan untuk membuat artikel dengan penjelasan yang lengkap untuk bersaing dengan artikel-artikel dari blog lain yang sudah berumur lama. Sudah terbukti bahwa artikel yang panjang mendapatkan peringkat yang bagus di hasil pencarian dibanding dengan artikel yang terlalu singkat.

Konten yang panjang yang ideal adalah diatas 800 kata. Jika Anda bisa selalu membuat artikel diatas 1000 kata maka itu akan sangat baik untuk persaingan. Dan jangan lupa untuk mengatur konten Anda dengan pengaturan penulisan yang baik dengan memanfaatkan heading format h1, h2, dan h3.

7. Isi Alt text pada semua gambar Anda

Google Image atau pencarian gambar milik Google menyumbang sekitar 10% lebih dari semua lalu lintas penelusuran Google. Dengan menambahkan teks alt ke semua gambar akan membawa beberapa pengunjung melalui pencarian gambar di Google dan ini akan menjadi faktor penting untuk meningkatkan peringkat situs Anda.

Selain itu, Google juga menggunakan teks alt untuk menentukan topik sebuah halaman, sehingga bisa membantu meningkatkan peringkat pencarian non-gambar.

Untuk menambahkan deskripsi pada alt teks sangat mudah, ketika Anda akan menambahkan gambar dan memilih salah satu gambar di library WordPress maka akan muncul kolom disebelah kanan yang berisikan alt teks.

8. Pastikan struktur situs benar dan tambahkan internal link

Navigasi situs Anda sangat penting untuk SEO. Google memberikan otoritas peringkat tertinggi ke halaman yang dituju oleh navigasi menu utama website Anda, karena keduanya tertaut dari dasarnya untuk setiap halaman di situs Anda. Pastikan navigasi Anda bersih, dan jangan terlalu banyak menghubungkan navigasi utama Anda ke banyak halaman, cukup beberapa yang terpenting saja.

Selain itu menambahkan tautan internal ke halaman penting akan membawa pengunjung ke halaman lain yang relevan dan menjadikan pengunjung semakin berlama-lama di situs Anda. Dengan cara ini juga akan memperbaiki peringkat situs WordPress anda di mesin pencari.

Baca : 10 Kesalahan SEO yang Harus di hindari di WordPress.

Dan itulah beberapa poin penting yang perlu Anda lakukan untuk situs web atau blog WordPress Anda. Ikuti semua cara diatas dengan benar agar peringkat situs WordPress Anda berada pada tempat yang bagus dan mampu bersaing dengan blog lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

10 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Zillah Responsive Free

Zillah adalah tema WordPress Responsive Gratis yang memiliki desain sederhana dan minimalis yang akan...

Cara Optimalkan Robots.txt untuk SEO Friendly WordPress

Jika anda ingin meningkatkan SEO Website WordPress Anda, maka robots.txt merupakan faktor yang sangat...

Close