How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

7 Plugin Optimasi Gambar Terbaik Untuk WordPress

Bagi pengguna WordPress yang merasa website atau blog nya terasa berat ketika dibuka sehingga mengakibatkan website terasa lambat, ada kemungkinan besar hal tersebut terjadi dikarenakan gambar yang terlalu banyak atau memiliki ukuran atau resolusi besar.

Memasang gambar pada website memang sangat penting untuk mempercantik website atau konten sehingga pengunjung tidak merasa jenuh dan gambar juga bisa mewakili penjelasan konten agar lebih mudah dipahami. Agar website Anda terasa cepat meskipun Anda memiliki gambar yang banyak pada tiap konten, disini saya akan membagikan beberapa daftar plugin yang bisa Anda pilih salah satu untuk mengoptimalkan gambar-gambar Anda sehingga lebih ringan ketika ditampilkan dan tidak mengurangi kualitas gambar-gambar Anda.

Manfaat Mengoptimalkan Gambar

Mengoptimalkan gambar akan meningkatkan kecepatan halaman Anda dengan cara mengecilkan ukuran dan resolusi gambar, Anda dapat memilih kompresi piksel atau opsi kompresi tinggi tapi penurunan kualitas gambar tidak terlihat secara visual. Dengan gambar yang ringan akan menghasilkan peningkatan kecepatan halaman yang berdampak pada peringkat mesin pencari yang lebih baik, dan juga akan meningkatkan rasio konversi (peningkatan penjualan dan pendaftaran). Selain itu, ini juga akan menghemat ruang penyimpanan dan bandwidth Anda.

Baca : 5 Tools Kompress dan Optimalkan Gambar Gratis dan Mudah

7 Plugin Optimasi Gambar WordPress Terbaik

Plugin-plugin optimasi gambar ini dapat Anda pasang secara gratis dan juga dapat Anda upgrade ke versi pro jika Anda ingin. Selain itu, plugin optimasi gambar dibawah ini juga sangat mudah digunakan dan membantu Anda mengoptimalkan gambar secara instan dengan hasil yang maksimal. Berikut daftarnya :

1. ShortPixel

plugin wordpress shortpixel

ShortPixel merupakan plugin optimasi gambar yang bekerja dengan sangat baik, gambar akan dikompresi sampai ukuran yang kecil namun tidak mempengaruhi kualitas gambar secara nyata. Plugin ini juga memiliki antarmuka yang bagus dan sanggup mengoptimalkan beberapa jenis gambar seperti JPG, PNG, dan GIF dan bahkan file PDF.

Shortpixel dapat mengoptimalkan gambar secara otomatis ketika Anda mengupload gambar dan juga memiliki pilihan optimasi gambar secara masal. ShortPixel memungkinkan Anda untuk memilih antara metode kompresi lossy dan lossless. Selain itu, shortpixel juga mengoptimalkan semua thumbnail gambar yang dibuat oleh WordPress selama proses upload, mampu menghapus data EXIF (atau menyimpan gambar yang Anda inginkan), dan secara otomatis menyimpan cadangan setiap gambar yang Anda upload kedalam folder baru.

Plugin ini merupakan plugin freemium dimana Anda dapat menggunakan secara gratis dengan batasan 100 kompresi gambar per bulan dan untuk versi premium dapat mengkompresi gambar dari 5000 sampai 55000 gambar per bulan.

Untuk menggunakan shortpixel, Anda akan diminta untuk memasukkan API Key selama proses aktivasi, yang disediakan secara gratis dengan mendaftar dengan email Anda ke daftar langganan mereka dan tidak memerlukan informasi tambahan apa pun.

Baca : Shortpixel – Cara Meningkatkan Kecepatan Situs WordPress

2. WP Smush

smush it

WP Smush adalah plugin pengoptimalan gambar yang dibuat oleh pengembang WordPress ternama WPMU DEV, plugin ini tersedia dalam versi gratis dan premium. Seperti plugin optimasi gambar lainnya, plugin ini dapat secara otomatis mengoptimalkan gambar secara otomatis ketika Anda upload dan juga memiliki pilihan optimasi gambar secara masal, namun untuk opsi massal hanya dibatasi hingga 50 file sekali proses dalam versi gratis.

Jika Anda tidak suka dengan pilihan optimasi masal, WP Smush juga memberikan pilihan untuk mengoptimalkan gambar secara individual dengan masuk ke media library Anda, mengklik file mana saja yang ingin Anda kompres, dan mengklik opsi Smush pada jendela Detail Lampiran.

Secara default, WP Smush menggunakan teknik pengoptimalan gambar lossless, tetapi versi pro-nya menyertakan opsi Super-Smush yang mengoptimalkan setiap gambar beberapa kali menggunakan teknik kompresi lossy sehingga menghasilkan tingkat kompresi tinggi dengan hasil gambar berukuran kecil.

Baca : Smush.it, Optimalkan Gambar Secara Otomatis

3. ImageRecycle

ImageRecycle, Image and PDF Compress

ImageRecycle adalah layanan online canggih yang memungkinkan Anda untuk mengurangi ukuran gambar (jpg, png, gif) dan bahkan file pdf sampai lebih dari 80% tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut, sehingga gambar masih terlihat seperti sebelum dikompres. ImageRecycle dibangun dengan algoritma cerdas yang berbeda dengan alat-alat kompresi lain yang hanya dapat mengurangi ukuran tapi juga mengurangi kualitas gambar dan pdf secara drastis sehingga gambar terlihat menjadi buruk.

Dalam mengkompresi gambar, imagerecycle ini juga menggunakan dua tehnik lossy dan losseless, dan mendukung berbagai platform web seperti WordPress, Joomla, Magento, Shopify dan lainnya.

Pada situs resminya, Imagerecycle menawarkan kompresi gambar secara gratis tanpa perlu menginstall plugin, dengan hanya mengapload gambar maupun file pdf, maka imagercycle akan mengkompres untuk Anda. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan URL website Anda untuk di analisa bagaimana kinerja dan kecepatan website Anda.

Baca : Optimasi Gambar dan PDF Agar Lebih Ringan dengan ImageRecycle

4. WP Compress

WP Compress Optimalkan Gambar

WP Compress adalah plugin WordPress optimasi gambar yang baru saja dirilis dan ini merupakan plugin gratis. Sebagai pendatang baru, WP compress memiliki kemampuan yang siap bersaing dengan plugin optimasi gambar lainnya. WP Compress mengoptimalan gambar dengan mudah hanya satu kali klik dengan tingkat kompresi tinggi dan hasil gambar berukuran kecil namun gambar hasil kompresi tetap berkualitas bagus.

Seperti plugin lainnya, WP Compress juga menyediakan kompresi massal satu klik, kompresi gambar manual, backup awan (cloud) tak terbatas, pengoptimalan otomatis gambar malam dan PowerUps eksklusif dengan harga sangat murah yaitu mulai $1 / month dan untuk versi gratis Anda dapat mengompress gambar sampai 1000 gambar.

WP Compress menggunakan tehnik kompresi lossless dan ada tiga pilihan untuk hasil kompresi yaitu, lossless, inteligent dan ultra. Dengan plugin ini Anda juga dapat dengan mudah mengembalikan gambar versi asli dengan satu klik, dan proses kompresi tidak dilakukan dari server Anda melainkan dari server WP Compress sehingga proses kompresi tidak mengganggu kinerja website Anda.

Baca : Tingkatkan Kecepatan Situs WordPress dengan WP Compress

5. EWWW Image Optimizer

Ewww Image Optimization

EWWW Image Optimizer merupakan plugin yang populer dikalangan pengguna WordPress untuk mengoptimalkan gambar dengan format JPG, PNG, atau GIF dan juga file PDF.

EWWW Image Optimizer memproses pengoptimalan gambar langsung dari server hosting Anda sendiri, jadi pastikan server hosting Anda merupakan hosting terbaik sehingga dapat memproses pengoptimalan gambar dengan baik dan cepat sehingga tidak mengganggu ketika proses sedang berjalan.

EWWW Image Optimizer juga menawarkan fitur pengoptimalan cloud dan memang proses ini sedikit memakan waktu lebih lama tapi ini memiliki keunggulan sendiri. Selain itu, untuk pengoptimalan gambar dengan cloud juga menyediakan plugin khusus.

6. Compress JPEG & PNG images

tinypng kompress gambar

Compress JPEG & PNG images mungkin merupakan alat kompresi gambar yang lebih tua, dan ini melakukan kompresi gambar yang agak lebih drastis daripada plugin lain yang telah saya sebutkan di daftar ini karena hanya menggunakan metode kompresi lossy, yang membuat pengurangan file secara drastis sementara sebagian besar menjaga kualitas gambar yang menjalani prosedur, tapi meskipun begitu gambar yang dihasilkan masih terlihat bagus.

Plugin tidak menawarkan banyak opsi konfigurasi di halaman pengaturannya, karena Anda tidak dapat mengubah metode kompresi yang digunakannya. Namun, Anda dapat memilih resolusi maksimum untuk gambar yang Anda upload.

7. Optimus

Optimus Image Optimization

Optimus merupakan plugin optimasi gambar WordPress yang dibuat khusus oleh salah satu penyedia CDN terbaik KeyCDN. Plugin Optimus memiliki menu pengaturan yang sederhana, yang menjadikannya pilihan yang baik jika Anda mencari kinerja yang bagus, namun plugin ini tidak menampilkan rincian proses pengoptimalan. Karena secara default, Optimus akan mengoptimalkan gambar saat diunggah, tetapi tidak akan menampilkan detail kompresi dari setiap file, atau di menu, jadi Anda harus membandingkan file secara manual untuk memperhatikan perbedaan setelah dan sebelum dikompresi.

Plugin ini tidak hanya akan mengoptimalkan file yang Anda unggah, tetapi juga beberapa gambar berukuran yang dibuat secara otomatis oleh WordPress untuk file media ini (yaitu thumbnail, small, medium dan high).

Kesimpulan

Mengoptimalkan gambar memang tidak akan secara ajaib mempercepat website Anda, karena banyak hal yag harus dioptimalkan untuk memiliki website yang cepat dan menggunakan hosting terbaik merupakan salah satu faktor inti untuk kecepatan website WordPress Anda. Tapi meskipun begitu, mengoptimalkan gambar merupakan cara yang agus untuk meningkatkan kecepatan website Anda dan ini harus Anda lakukan.

Daftar diatas merupakan plugin yang bagus semuanya, dan Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan Anda dan kenyamanan Anda ketika menggunakan plugin tersebut. Silahkan pilih dan optimalkan gambar Anda sekarang. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Education Base Responsive Free

Education Base adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang di desain untuk website pendidikan yang...

Cara Menggunakan Aplikasi WordPress Versi Desktop untuk Blog WordPress Self Hosted

Dua tahun yang lalu WordPress telah merilis aplikasi WordPress versi desktop dan saya juga...

Close