How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

13 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

WordPress adalah platform terbaik untuk membuat website, blog maupun toko online ataupun situs untuk berbagai jenis bisnis Anda yang lainnya. Saya pun juga menggunakan WordPress dalam membangun blog saya ini. Tidak perlu diragukan lagi jika WordPress merupakan platform terbaik karena memang banyak pengguna dari seluruh dunia menjatuhkan pilihannya pada WordPress.

WordPress juga sangat sering melakukan update untuk memperbaharui sistemnya baik itu dari coding maupun dari interface baik back end maupun front end nya. Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial wordpress yang akan membantu situs Anda mempunyai kecepatan yang lebih baik saat di load. Sebelum Anda membaca bagaimana cara untuk mempercepat loading wordpress menjadi lebih cepat. Sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu mengenai manfaat mempunyai website yang cepat.

Kenapa Loading Website Harus Cepat ?

wordpress loading cepat

Website adalah sebuah layanan bagi pengunjung, pengunjung datang untuk mencari sesuatu yang ada di website Anda, tetapi jika website Anda lambat dalam memuat bahkan sangat lambat maka otomatis pengunjung tersebut akan merasa jengkel dan segera pergi dan mencari website atau blog yang lain yang mempunyai loading yang lebih cepat.

Apakah Anda menginginkan hal tersebut terjadi pada situs Anda, jika Anda menggunakan website atau blog Anda sebagai media bisnis? tentunya tidak kan. 🙂

Alasan penting lain kenapa website harus mempunyai loading yang cepat adalah di hal SEO (Search Engine Optimization), Kecepatan website sangat berpengaruh sekali dalam meningkatkan SEO one page website atau blog Anda di mesin pencari. Karena Google dan mesin pencari lain juga memasukkan kecepatan loading website dalam algoritmanya untuk menilai website tersebut dalam Peningkatan Rangking di hasil pencarian dari sebuah web atau blog.

Berikut Cara Meningkatkan Kecepatan Loading WordPress ?

Saya menjamin, jika Anda menerapkan beberapa trik dibawah ini pada website atau blog WordPress Anda, maka secara drastis akan mempercepat situs Anda. WordPress memang selalu dikembangkan untuk mempunyai loading yang cepat, namun dengan beberapa tips dan trik dibawah ini tentu akan meningkatkan kecepatan situs WordPress Anda berkali-kali lipat.

1. Pilih Hosting Terbaik

Gunakan layanan hosting terbaik untuk website WordPress Anda, karena jika Anda menggunakan hosting yang bagus, tentunya kecepatan website Anda di akses dari negara mana saja akan tetap memberikan loading yang cepat. Saya pribadi pernah mengalami hal ini, dimana saya salah memilih hosting, tentunya hosting lokal sih 🙁 . dan karena kesalahan hosting tersebut blog saya ini tidak bisa di akses di luar indonesia, dan jika artikel di share di facebook juga tidak bisa menampilkan thumbnail.

Dan setelah itu saya pindah hosting International di Ipage, layanan benar-benar bagus sekali, hosting unlimited dan bandwith juga unlimited, dengan harga yang terjangkau dan Free domain juga.

Jika anda ingin menggunakan layanan hosting di Ipage anda bisa mendaftar disini. Atau Anda bisa memilih salah satu dari layanan hosting terbaik disini » 10 Layanan hosting terbaik dan Murah.

register_best_hosting_ipage2. Gunakan Theme WordPress yang Ringan

Anda bisa mencari entah itu theme wordpress yang gratis ataupun yang berbayar, cari theme yang benar-benar ringan, responsive dan sudah SEO friendly. Di blog saya juga menyediakan banyak sekali theme wordpress yang gratis untuk Anda download, silahkan pilih dan cari tema WordPress yang mempunyai loading cepat, jangan khawatir karena sumber dari tema yang saya publish sebagian besar dari direktori resmi WordPress dan dari pengembang-pengembang tema WordPress ternama. Download Theme WordPress Gratis

3. Gunakan Plugins untuk Cache

Gunakan Plugin untuk menyimpan Cache dari website atau blog Anda, Anda bisa menggunakan plugin W3 Total Cache atau Wp Super Cache, dengan plugin ini kecepatan website atau blog wordpress Anda akan secara otomatis menjadi cepat. Jika Anda tidak menyukai pengaturan plugin yang rumit maka saya menyarankan untuk menggunakan plugin WP-Rocket, plugin caching WP-Rocket memang tidak gratis tapi memiliki kelebihan yang sangat luar biasa, saya pribadi juga menggunakan plugin ini untuk caching blog centerklik. Anda bisa membaca lebih lengkap di artikel saya WP-Rocket Plugin Cache Terbaik untuk Mempercepat WordPress.

4. Optimize images (otomatis)

Yahoo! memiliki optimizer image disebut Smush.it yang secara drastis akan mengurangi ukuran file gambar, sementara tidak mengurangi kualitas.

Namun, jika Anda melakukan compress image untuk setiap gambar saya yakin anda pasti akan kelelahan, dan sangat memakan waktu.

Dan beruntung sekali dengan adanya plugin WP SmushIt yang akan melakukan proses ini untuk semua gambar Anda secara otomatis . Jadi, tidak ada alasan bagi anda untuk tidak menginstal plugin yang satu ini.

Baca : Smush.it Optimalkan gambar secara Otomatis

5 . Optimalkan Homepage

Ini bukan satu hal tapi benar-benar beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa beban situs Anda dimuat dengan cepat, bagian homepage adalah bagian paling penting dari situs Anda karena pengunjung Anda akan  paling sering mengakses dibagian ini.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Tampilkan hanya kutipan saja bukannya posting model penuh
  • Mengurangi jumlah posting pada halaman depan (Saya suka menunjukkan antara 8-10 post)
  • Hapus widget yang tidak perlu di website atau blog Anda
  • Hapus plugin tidak aktif dan widget yang tidak perlu
  • Buat minimalis, karena pengunjung Anda datang untuk konten , bukan untuk melihat widget.

Secara keseluruhan, bersih dan terfokus desain homepage akan membantu halaman anda tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga memuat lebih cepat.

6. Mengoptimalkan database WordPress

Saya pasti mendapatkan banyak penggunaan dari kata “mengoptimalkan” di posting ini! Untuk melakukan ini Anda bisa menggunakan plugin WP-Optimize. Plugin ini memungkinkan Anda melakukan hanya satu tugas sederhana: mengoptimalkan database Anda (spam, pasca revisi, draft, tabel, dll) untuk mengurangi overhead pada database wordpress anda. Plugin ini adalah gratis dan sangat membantu Anda dalam optimasi database. Namun jika Anda menggunakan plugin berbayar WP-Rocket, maka Anda tidak perlu lagi menginstall plugin ini karena sudah terdapat fitur ini di dalamnya.

Baca : Cara Optimasi Database WordPress dengan Wp-Optimize

7. Nonaktifkan hotlinking dan leeching konten Anda

Hotlinking adalah bentuk “pencurian” bandwidth . Hal ini terjadi ketika situs lain link langsung ke gambar di situs Anda dari artikel mereka membuat beban server Anda semakin tinggi .

Hal ini dapat bertambah karena semakin banyak orang “mengikis” posting Anda atau situs Anda (dan terutama gambar) menjadi lebih populer , seperti harus dilakukan jika Anda membuat gambar kustom untuk situs Anda secara teratur .

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www\.)?centerklik.com [NC]
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www\.)?google.com [NC]
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www\.)?feeds2.feedburner.com/centerklik [NC]
RewriteRule \.(jpg|jpeg|png|gif)$ – [NC,F,L]

Anda akan melihat feed saya ( dari FeedBurner ), Anda harus menggantinya dengan nama feed Anda , jika tidak maka gambar Anda tidak akan ditampilkan dengan benar .

Baca : Cara edit file htaccess via admin baca disini

8. Tambahkan expires header dengan static resource

Sebuah Expires header adalah cara untuk menentukan waktu yang cukup jauh dimuatan pengunjung berikutnya sehingga ( browser) pengunjung tidak perlu kembali mengambil konten statis (seperti file css , javascript , gambar dll).

Dengan cara ini dapat memotong waktu beban Anda secara signifikan untuk pengguna . Silahkan copy dan paste kode berikut di file htaccess root Anda :

ExpiresActive On
ExpiresByType image/gif A2592000
ExpiresByType image/png A2592000
ExpiresByType image/jpg A2592000
ExpiresByType image/jpeg A2592000

Seperti halnya dengan pada bagian optimasi database, menggunakan plugin cache saat ini sudah mencakup bagian ini, seperti Wp-Rocket secara otomatis menambahkan Expires Header saat plugin pertama kali diaktifkan.

9. Disable pingbacks dan trackbacks

Secara default , WordPress berinteraksi dengan blog lain yang dilengkapi dengan pingbacks dan trackbacks .

Setiap kali blog lain mengkaitkan Website Anda , itu akan memberitahu situs Anda, yang pada gilirannya update data pada post. Mematikan ini tidak akan menghancurkan backlink ke situs Anda, hanya pengaturan yang menghasilkan banyak pekerjaan untuk situs Anda .

caranya : Menu settings » discussion dan hilangkan centang seperti gambar dibawah ini.

mempercepat wordpress discussion settings

10. Menggunakan jaringan pengiriman konten ( CDN)

Semua blog besar favorit Anda memanfaatkan ini , Seperti salah satu blog terkenal yang menggunakan wordpress disini . cara melihatnya kunjungi situsnya dan klik kanan gambarnya lalu view image dan lihat urlnya. TechCrunch adalah salah satu yang memanfaatkan CDN itu .

Pada dasarnya CDN atau jaringan pengiriman konten, mengambil semua file statis yang Anda punya di situs Anda (CSS, Javascript dan gambar dll) dan memungkinkan pengunjung mendownloadnya secepat mungkin dengan melayani file tersebut pada server yang terdekat dengan posisi pengunjung.

Baca : 10 Layanan CDN Terbaik untuk Website WordPress

11. Batasi Jumlah Post Revisi

Anda bisa membatasi Post revisi menjadi 2 atau 3 revisi saja. Karena setiap anda melakukan edit pada postingan, maka akan tersimpan di database, dan itu akan mengakibatkan membengkaknya database WordPress Anda, untuk menanggulangi hal itu anda hanya cukup menuliskan sebaris code, tutorialnya bisa baca di artikel saya sebelumnya 7 Fitur WordPress yang sering dilupakan .

12. Tambahkan LazyLoad ke gambar Anda

LazyLoad adalah proses hanya berjalan pada yang terlihat saja (yaitu hanya gambar yang terlihat di jendela browser pengunjung), kemudian ketika discroll reader kebawah, gambar lain mulai memuat.

Hal ini tidak hanya akan mempercepat load halaman Anda, juga dapat menghemat bandwidth dengan memuat sedikit data bagi pengguna yang tidak menscroll semua halaman ke bawah pada halaman web Anda .

Untuk melakukan ini secara otomatis , instal jQuery Image Plugin LazyLoad. Bagi pengguna WP Rocket Anda tidak perlu melakukan ini karena fitur sudah masuk di dalamnya.

13. Gunakan CloudFlare

Cloudflare adalah jaringan pengiriman konten dan layanan domain name server yang didistribusikan untuk meningkatkan kinerja website dan mempercepat loading website anda dan menyediakan keamanan juga. Layanan Cloudflare ini gratis, namun jika situs Anda memiliki pengunjung yang besar sebaiknya Anda menggunakan paket premium. Tips ini sebenarnya sama dengan tips nomor 10 dari artikel ini, namun karena ini gratis maka saya menyarankan untuk menggunakan layanan dari CloudFlare ini.

Anda bisa menggunakan plugins Cloudflare yang bisa anda download disini, dan Anda bisa mendaftar cloudflare disini.

Baca : Cara Settings CDN Cloudflare secara gratis di WordPress

Diatas adalah 13 cara untuk mempercepat website atau blog WordPress Anda, terpakan cara-cara diatas agar situs WordPress Anda mempunyai kecepatan yang lebih baik, seperti yang sudah saya sebutkan di awal tadi bahwa kecepatan situs sangat penting dan ini harus Anda perhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

40 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Tambahkan Pertanyaan Keamanan pada WordPress

Kita pasti sering menemui pertanyaan keamanan (Security Question) saat sedang melakukan pendaftaran email atau...

Theme WordPress FaceBlog Responsive Free

FaceBlog adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang dirancang khusus untuk tema blogging berfokus pada...

Close