banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Menggunakan CDN CloudFlare Gratis di WordPress

Cara Menggunakan CDN CloudFlare Gratis di WordPress – Kecepatan loading halaman website atau blog adalah elemen penting untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari seperti Google. Dan kecepatan ini juga sebagai faktor nilai SEO yang utama.

Selain itu, jika website atau blog Anda dimuat sangat lambat dapat menyebabkan pengunjung malas dan segera meninggalkan blog Anda dan mencari blog lain yang mempunyai artikel yang mirip dengan milik Anda.

Jika Anda ingin mmempunyai website WordPress yang cepat, Anda bisa menggunakan jaringan pengiriman konten seperti MaxCDN dan menggunakan plugin caching seperti W3 Total cache, WP Super Cache atau plugin cache premium seperti WP Rocket. Namun menggunakan layanan pengiriman konten seperti MaxCDN adalah berbayar.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda untuk dapat menggunakan layanan CDN atau jaringan pengiriman konten gratis dengan Clouflare CDN di WordPress.

Sekarang mari kita kembali ke topik utama dari artikel ini yaitu Cara menggunakan CDN CloudFlare gratis di WordPress.

Baca : 13 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Apa itu CloudFlare?

CloudFlare pada dasarnya adalah sebuah Web Application Firewall, proxy server terdistribusi, dan jaringan pengiriman konten (CDN). Layanan ini dapat mengoptimalkan website dan mempercepat situs Anda dengan bertindak sebagai proxy antara pengunjung dengan server Anda yang membantu meningkatkan keamanan dan melindungi situs Anda terhadap serangan DDoS. CloudFlare juga sudah memiliki ratusan data center yang tersebar di berbagai negara.

cara settings Cloudflare WordPRess data-center

CloudFlare menawarkan layanannya dengan rencana dasar gratis yang cocok untuk website kecil dan blog. Mereka juga menawarkan rencana berbayar dengan harga mulai dari $20 per bulan.

Tapi perlu di ingat bahwa dengan menggunakan layanan CDN CloudFlare ini juga tidak dapat menjadikan situs WordPress Anda memuat lebih cepat jika Anda masih menggunakan layanan hosting yang buruk. Saya menyarankan kepada Anda untuk mencoba menggunakan layanan hosting terbaik, cepat dan unlimited seperti milik Bluehost atau iPage jika tujuan situs Anda pengguna luar negeri. Dan jika yang Anda sasar adalah pengguna lokal indonesia, silahkan gunakan hosting seperti Niagahoster atau IDCloudhost.

Cara Pengaturan CloudFlare

Untuk dapat menggunakan CloudFlare, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah untuk mendaftar untuk memiliki akun di CloudFlare. Kunjungi situs CloudFlare dan klik pada menu Signup di sebelah kanan atas.

daftar cloudflare

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman pendaftaran dengan beberapa kolom untuk mengisi alamat email dan password Anda seperti gambar dibawah ini dan klik “Create Account“, jangan lupa untuk mencentang pilihan “Term and Conditions CloudFlare”.

daftar cloudflare 2

Dan silahkan lihat kotak masuk atau inbox dari email yang Anda gunakan untuk membuat akun tadi, Anda akan mendapatkan email baru dari CloudFlare untuk memverivikasi akun Anda. Dan silahkan verifikasi terlebih dahulu.

Setelah akun terferikasi, Anda bisa kembali masuk ke akun Anda. Pada bagian atas dashboard akun CloudFlare Anda terdapat menu “Add Site” dan klik menu tersebut. Anda akan melihat kolom untuk memasukkan nama domain Anda. Silahkan masukkan nama domain Anda dan klik tombol “Add Site”.

setup cloudflare

Anda akan diberikan pilihan harga dan rencana paket cloudflare mulai dari paket gratis sampai enterprise. Silahkan memilih paket gratis dibagian bawah. Dan klik tombol Continue.

Dengan pilihan gratis ini Anda sudah mendapatkan : Basic Security Protection, DDOS Attack, SSL (Limited Browsers), Fast Website Performance, dan Always Online.

select plan cloudflare

Selanjutnya proses scan dilakukan dan tunggu beberapa saat sampai proses scan selesai. Dan setelah proses scaning selesai maka Anda akan melihat nama domain Anda terdaftar dibawahnya dengan tombol “Continue Setup” di sebelahnya, dan silahkan klik tombol “Continue Setup” tersebut untuk melanjutkan proses selanjutnya.

cara settings Cloudflare cname-cloudflare

Setelah beberapa menit, Anda akan melihat nameserver yang harus Anda sesuaikan dengan nameserver milik CloudFlare.

Pada gambar dibawah ini, bagian nomor 1 adalah nameserver asli milik hosting yang anda gunakan. Dan yang nomor 2 adalah nameserver milik CloudFlare. Silahkan untuk mengganti nameserver asli tersebut dengan nameserver milik CloudFlare di pengaturan nameserver Anda.

clodflare setup

Pengaturan nameserver ini berada di tempat Anda membeli domain atau dashboard pengaturan domain Anda. Jika perubahan nameserver sudah Anda lakukan dengan benar, saat Anda klik “Continue” pada langkah sebelumnya maka akan menghasilkan status “Active“.

Baca : Layanan Cloud Hosting Terbaik dan Murah [Best Cloud]

Menghubungkan WordPress ke Cloudflare

Cloudflare juga memiliki plugin WordPress gratis. Ini adalah plugin resmi sehingga Anda dapat yakin bahwa itu akan bekerja aman dan dikelola dengan baik langsung oleh pengembang dari Cloudflare.

Itu memudahkan untuk mengintegrasikan WordPress dengan infrastruktur Cloudflare. Setelah Anda menghubungkannya dengan situs Anda, Anda dapat mengoperasikan Cloudflare seperti melihat analitik dan mengubah pengaturan dengan benar tanpa harus meninggalkan halaman admin WordPress Anda.

Berikut cara menghubungkan plugin Cloudflare ke situs WordPress Anda.

Di admin WordPress Anda, navigasikan ke Plugins → Add New. Cari plugin “Cloudflare” dalam pencarian, tekan enter, dan klik “Install” di plugin Cloudflare.

wordpress dan cloudflare 6

Setelah plug-in Cloudflare diinstal, di bilah sisi, navigasikan ke Pengaturan → Cloudflare, dan klik tombol hijau untuk menghubungkan akun Anda.

wordpress dan cloudflare 5

Untuk mendapatkan Kunci API, klik ikon pengguna di kanan atas, klik My Profile, lalu klik “API Token” di bilah sisi kiri.

wordpress dan cloudflare 4

Klik tombol “View” di sebelah Kunci API Global, masukkan kata sandi, salin kunci API, dan masukkan ke pengaturan plugin di WordPress.

wordpress dan cloudflare 3

Di layar berikutnya, masukkan email dan kunci API Anda, lalu klik “Save API Credentials”.

Kembali ke beranda Cloudflare di WordPress Anda, klik tombol Apply untuk memungkinkan plugin Cloudflare mengoptimalkan semua pengaturan yang diperlukan untuk Anda secara otomatis.

Wordpress dan cloudflare

Itu saja, plugin Cloudflare WordPress Anda sudah siap.

Diatas adalah panduan lengkap cara menggunakan dan setup CDN CloudFlare gratis di WordPress atau pada situs-situs lain. Silahkan ikuti panduan diatas agar situs WordPress Anda dimuat lebih cepat. Selamat mencoba dan semoga sukses. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

32 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

Must Read...!
Daftar Plugin WordPress Populer di 2022

Berbeda dengan platform blogger, platform WordPress memiliki banyak plugin yang bisa Anda install baik...

10 Layanan Hosting Terbaik dan Murah [Best Host]

Layanan hosting terbaik dan murah - Selamat datang, Saat anda sudah memutuskan untuk terjun...

Close