Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Pentingnya Plugin Google XML Sitemap WordPress

Seperti namanya, sitemap adalah seperti peta situs untuk membantu menavigasi halaman di situs Web Anda. Sementara Sitemap pada awalnya dirancang untuk membantu pengguna menavigasi semua konten yang tersedia di situs web, mereka telah berkembang pesat dari hari-hari, pada awal sitemap hanya berbentuk daftar bullet HTML. Sekarang, Sitemap diterbitkan dalam XML, dan dirancang untuk menargetkan mesin pencari ketimbang orang.

Baca : Cara Agar Artikel Cepat Terindex Oleh Google

Mengapa Harus Memiliki Sitemap?

Kenapa Anda diharuskan untuk membuat sitemap xml adalah karena sebuah sitemap XML merupakan sarana untuk membiarkan mesin pencari tahu tentang semua halaman yang ada di website Anda – dan untuk menunjukkan link di situs Anda yang paling penting. Meskipun tidak dirancang khusus untuk membantu meningkatkan SEO peringkat mesin pencari, sitemap XML akan memungkinkan mesin pencari untuk menjelajahi situs Anda lebih baik.

Hal ini penting karena memastikan semua halaman di situs Web Anda di indeks – sesuatu yang sangat penting bagi situs-situs baru dan blog yang belum membangun banyak backlink.

Cara Buat Sitemap XML di WordPress

Ada beberapa plugin yang tersedia untuk membantu Anda membangun sebuah sitemap XML untuk website atau blog WordPress. dan saya menyarankan untuk Anda untuk menggunakan plugin Google XML Sitemaps. Namun jika Anda menggunakan plugin SEO seperti All in One SEO dan SEO by Yoast sebenarnya juga sudah membawa fitur sitemaps sendiri. Tapi jika Anda tetap ingin menggunakan plugin ini maka silahkan ikuti panduan dibawah ini.

Plugins ini Dirancang khusus untuk menghasilkan sitemap XML, Google XML Sitemaps mendukung semua jenis halaman WordPress yang dihasilkan, serta URL kustom. Plugin ini telah diunduh lebih dari 14 juta kali, dan memiliki user rating rata-rata 4,7 / 5.

settings-google-xml-sitemaps

Setelah anda selesai membuat sitemap.xml, Anda bisa melihat terlebih dahulu sitemap xml Anda dengan klik URL seperti yang saya tandai merah pada gambar diatas. Dan jika sudah berhasil silahkan masukkan sitemap xml Anda ke google webmaster tools, baca artikel saya sebelumnya :

Baca : Cara Mendaftarkan Website di Google Webmastertools

Setelah Google telah menangkap sitemap Anda, Anda akan dapat melihat statistik tentang sitemap Anda melalui Google Webmaster Tools, termasuk jumlah link yang ditemukan, dan berapa banyak link tersebut diindeks.

Informasi Pengaturan Google XML Sitemaps :

Plugin ini sudah datang dengan pengaturan default, tetapi beberapa orang mungkin ingin mengubah pengaturan tertentu. Pada bagian ini, saya akan menjelaskan masing-masing pilihan yang tersedia dalam pengaturan plugin Google XML Sitemaps.

Baca : Cara Agar Artikel Terindex Cepat Oleh Bing

Basic Options

google-xml-sitemap-wordpress

Notify Google about update of your Blog : Pilihan ini akan memungkinkan situs Anda untuk mengirim ping ke Google untuk memberitahukan ada konten baru atau konten yang diperbarui di dalam situs Anda, silahkan centang pilihan ini.

Notify Bing (formerly MSN Live Search) about updates of your Blog : Pilihan ini melakukan hal yang sama seperti diatas, di mana ia akan mengirim ping ke Bing memberitahu mereka tentang konten baru atau diperbarui di situs Anda, silahkan centang pilihan ini.

Add sitemap URL to the virtual robots.txt file : Pilihan ini akan mengedit file robots.txt Anda, menunjuk setiap mesin pencari untuk sitemap XML Anda. Saya sarankan untuk mengaktfikan pilihan ini untuk memastikan bahwa mesin pencari dapat menemukan sitemap XML Anda.

Try to increase the memory limit to : Bagian ini akan meningkatkan batas memori Anda saat membuat peta situs baru. Pilihan ini kadang-kadang dapat membantu jika Anda menerima kesalahan bahwa script PHP menggunakan terlalu banyak memori.

Try to increase the execution time limit to : Bagian ini mirip dengan sebelumnya di mana Anda akan dapat meningkatkan waktu eksekusi maksimum script PHP.

Include a XSLT Stylesheet : Bidang ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan XSLT stylesheet kustom untuk file XML Anda. Kebanyakan akan menggunakan default, tetapi jika Anda memiliki alasan tertentu untuk menggunakan tata letak kustom, Anda dapat memasukkan path lengkap ke file .xls ini.

Include XML Sitemap in HTML Format : Pilihan ini memungkinkan bagi Anda untuk memasukkan Peta situs Anda dalam format HTML. Aktifkan pilihan ini.

Additional Pages

Pada bagian ini, Anda dapat menambahkan halaman baru untuk sitemap XML Anda yang tidak termasuk dalam peta situs WordPress Anda. Misalnya, jika Anda memiliki keranjang belanja sekunder yang tidak termasuk dalam instalasi WordPress ini, Anda bisa menambahkan berbagai URL di sini untuk memastikan bahwa URL tersebut termasuk dalam sitemap Anda juga.

Post Priority

Pada bagian ini, ada 3 pilihan yang berbeda yang mungkin Anda gunakan untuk secara otomatis menyesuaikan prioritas posting dan halaman. Prioritas memungkinkan Anda untuk memberitahu Google dan mesin pencari lain halaman yang paling penting di situs Anda dengan nilai berkisar 0,0-1,0. Secara default, prioritas pasca ditetapkan untuk 0,5.

  • Do not use automatic priority calculation : Opsi ini menonaktifkan kemampuan untuk prioritas posting dihitung secara otomatis. Semua posting akan memiliki prioritas 0,5 kecuali secara khusus didefinisikan dalam bagian Prioritas pada pengaturan paling bawah.
  • Commentar Count : Opsi ini akan mengatur prioritas posting dalam sitemap XML Anda berdasarkan jumlah komentar pada posting atau halaman tertentu. (saya menggunakan pilihan default ini)
  • Comment Average : Opsi ini akan mengatur prioritas berdasarkan jumlah rata-rata komentar. Sebagai contoh, jika rata-rata jumlah komentar pada posting Anda adalah 3, posting dengan 1 komentar akan diberikan di bawah prioritas rata, sementara satu posting dengan 10 akan diberikan prioritas yang lebih tinggi.

Sitemap Content

sitemap-content-google-xml

Bagian ini menentukan apa jenis konten yang ingin Anda sertakan dalam sitemap XML Anda. Di sini, Anda dapat menyertakan jenis konten dalam sitemap XML Anda untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan eksposur yang tepat dari mesin pencari. Saya pribadi hanya memilih 4 pilihan saja yaitu : Include homepage, posts, pages, dan include last modifications times. Tapi Anda bisa memilih sesuai keinginan Anda.

Exclude Item

Bagian ini dapat digunakan untuk mengecualikan kategori tertentu dan halaman untuk diindeks dalam sitemap XML Anda. Tentu saja, mesin pencari mungkin masih mengindeks konten itu, tapi tidak termasuk dari sitemap XML Anda. Untuk bagian ini saya membiarkan seperti default saja.

Change Frequency

Dalam bagian ini, Anda akan dapat menentukan seberapa sering konten tertentu diperbarui sehingga mesin pencari tahu seberapa sering untuk menjelajahi data Anda. Tentu saja, mereka masih dalam kontrol atas seberapa sering mereka memeriksa informasi baru, tetapi pengaturan ini dengan tepat akan memberikan mereka saran yang baik dari seberapa sering untuk harus memeriksa perubahan. Pada bagian ini saya membiarkan seperti pengaturan default yaitu memilih “Always” untuk semua pilihan.

Priorities

priorities-google-xml-sitemaps

Pada bagian ini, Anda akan dapat secara manual mengubah prioritas dari masing-masing bagian Anda dari situs Anda. Menetapkan prioritas yang lebih tinggi akan memungkinkan konten untuk disarankan ke mesin pencari bahwa konten tersebut lebih penting. Anda bisa mengikuti setingan yang saya miliki seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Baca : Struktur URL SEO Friendly untuk WordPress

Diatas adalah penjelasan lengkap mengenai penggunaan Google XML Sitemaps pada WordPress, silahkan ikuti panduan diatas dan semoga setiap halaman website Anda terindexs oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. Semoga bermanfaat. ๐Ÿ™‚

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • desain arsitektur

    ada tutorial settingnya gak gan

    • Itu langsung build gan, settinganya standart aja default. kalo udah ke create cek dengan ketik nama-domain.com/sitemap.xml
      kalo dah muncul langsung masukin ke webmaster tools aja gan.

  • nadya

    makasih infonya…salam kenal

  • tomeng

    untuk setting pluginnya gimana gan?

    • ane gunain settingan standart bawaan aja gan.

  • Anas

    kalo muncul kaya gini apa yang salah gan ?

    This page contains the following errors:

    error on line 2 at column 6: XML declaration allowed only at the start of the document
    Below is a rendering of the page up to the first error.

  • Anas

    Makasih bnyk gan, solusinya ngebantu banget, sekarang uda normal lagi, mksh

  • Anas

    Gan maaf nie agak keluar dari judul, ko blog ane kaga bisa pake plugin jetpack ea, kenapa gan, keterangan erornya kaya gini, mohon solusinya gan

    Your website needs to be publicly accessible to use Jetpack: site_inaccessible
    Error Details: The Jetpack server was unable to communicate with your site [HTTP 500]. Ask your web host if they allow connections from WordPress.com. If you need further assistance, contact Jetpack Support: http://jetpack.me/support/

    • coba tanya pada supportnya gan. ane juga bingung. ๐Ÿ™

  • Rushinform

    belajar wordpress dari sini lengkap banget gan, makasih banyak, semoga tambah mencerahkan lagi ๐Ÿ˜€

  • heriganteng

    lapor gan sitemap yang ini namanya apa ya?

    saya nyari udek2 pluginnya kok gak ada..
    ini saya liat di support.google referensi http://www.w3.org/1999/xhtml
    di protocol.org juga ada kenapa saya bingung nih maksudnya sitemap apa yang kaya gini kok beda sama plugin sitemapxml generator

    • namanya Google XML Sitemaps gan, pakek s. tu kan ada link nya, tinggal klik dan download aja gan. ๐Ÿ™‚

  • AJIEWP

    hhmm,……ane nyimak dulu deh !!
    infonya gan

  • Agung Jaya

    gan? kalo plugin google xml sitemap sama wp seo by yoast dipake semua bermasalah ga ya?

  • Adjie Al-Faruq

    Praktek dan berhasil. terima kasih gan … semoga sukses

  • iya gan, nanti di menu submit sitemap ada kolom kosong ketikkan sitemap.xml gtu aja.

  • Syaiful A.H Lubis

    gan, pas saya sudah buka kan ada banyak URL tuh, itu dimasukkan semua ke GWT?

  • iya gan, ketikan sitemap.xml aja.

  • Kalau sudah menggunakan sitemap yoast, uninstall aja sitemap googlenya.

  • Fajrin Sidik Marzuki

    Gan saya pake yoast tp ko sangat lambat ya dlm mengindek..sudah beberapa hari ini tdk Ada perubahan jumlah indexnya padahal sy rutin update artikel. Bagusan mana gan plug in sitemap dr yoast sama plug in Google xml sitemap? Kl misal saya ganti dengan plug in baru diulang lg dr awal lg ga ya indexnya?

    • Untuk mendapatkan index cepat itu, submit aja ke google submit url. atau lihat di webmaster tools apakah ada peringatan error.

  • ryanvistara

    kalo saya punya di situs bagian header menu saya tampilkan 3 subdomain. berarti masing2 subdomain instal sitemapnya y gan? apa cukup nyambung ke domain utama saja?

Must Read...!
Theme WordPress Coupon Responsive Free

Coupon Themes adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain dengan baik untuk tema...

5 Pilihan Kombinasi Warna Untuk Web Desiain

Banyak sekali orang mengatakan Content is King (Konten adalah Raja). Jika Anda bertanya kepada...

Close