Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Shortpixel – Cara Meningkatkan Kecepatan Situs WordPress

Saat Anda  memulai terjun dalam dunia blogging dan menjatuhkan pilihan pada WordPress sebagai platform untuk membangun blog Anda, maka itu adalah pilihan terbaik yang sudah Anda buat. WordPress memang bekerja sangat baik dalam menangani konten, berbagai macam jenis situs bisa Anda buat dengan WordPress dan bahkan pengguna baru dengan sedikit pengetahuan sudah bisa menggunakan WordPress.

Daftar shortpixel

WordPress mempunyai ukuran yang ringan sehingga membuat situs lebih cepat saat dimuat, dan mereka para pengembang WordPress selalu mengembangkan WordPress agar selalu lebih cepat dan aman dari versi sebelumnya. Kecepatan situs web atau blog sangat penting karena setiap pengunjung pasti menyukai situs cepat dan begitu juga Google. ‘Site Speed’, Google mengatakan kecepatan situs adalah mempunyai efek pada faktor peringkat Dan setelah beberapa perubahan terbaru dalam algoritma peringkat Google, kecepatan loading situs menjadi lebih penting untuk peringkat situs web.

Sebuah situs cepat adalah pengalaman pengguna yang baik (UX), dan UX memuaskan mengarah ke konversi yang lebih tinggi.

Seberapa cepat website Anda adalah penting – elemen dalam bisnis online –  tetapi sering benar-benar diabaikan dan itu termasuk pemasaran pencarian dan optimasi mesin pencari.

Situs sangat lambat adalah pengalaman pengguna yang buruk – dan Google saat ini adalah semua tentang UX baik hari ini.

Namun, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya meskipun WordPress mempunyai ukuran yang ringan, Anda tetap perlu memperhatikan berbagai macam hal untuk meningkatkan kecepatan situs WordPress Anda. Banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kecepatan situs WordPress seperti menggunakan layanan hosting terbaik dan memilih paket hosting sesuai kebutuhan, menggunakan CDN, dan menggunakan plugin caching seperti W3 Total Cahce.

Diatas adalah 3 cara yang umum dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan situs WordPress, Tapi ada salah satu cara lain yang bisa Anda terapkan dan ini sangat bekerja dengan baik meningkatkan kecepatan situs yaitu dengan mengurangi ukuran gambar atau sering disebut optimasi gambar.

Beruntung WordPress datang dengan  fitur yang paling penting yaitu dapat menambahkan berbagai macam fungsi dengan menggunakan plugin. Dan tentu saja plugin untuk meningkatkan kecepatan situs WordPress untuk optimasi gambar tersedia pada library plugin WordPress.  Plugin tersebut adalah  Shortpixel Image Optimizer.

Sebelum saya membahas bagaimana menggunakan plugin Shortpixel Image Optimizer pada WordPress, mari kita berkenalan lebih jauh dulu dengan Shortpixel.

Baca : 10 Layanan CDN Terbaik Untuk WordPress

Apa itu Shortpixel ?

ShortPixel adalah layanan web yang dapat membantu membuat beban situs web lebih cepat dengan mengubah ukuran atau rescaling dan mengompresi gambar. Dengan gambar yang dioptimalkan itu berarti akan menjadikan pengalaman pengguna yang lebih baik, hasil PageSpeed Insights yang lebih baik, meningkatkan nilai (SEO) Google PageRank yang lebih baik dan tentu saja akan menjadikan lebih banyak pengunjung.

Shortpixel menggunakan kompresi gambar lossy dan lossless, kompresi gambar ini tersedia untuk semua jenis gambar (JPG, PNG dan GIF), juga mendukung untuk kompresi file PDF. ShortPixel meningkatkan kinerja website dengan mengurangi ukuran gambar dengan hasil kompresi yang lebih kecil, namun hasil kompresi gambar tidak berbeda dalam kualitas dari aslinya.

ShortPixel pada halaman plugin WordPress, mereka mengklaim sejauh ini telah mengoptimalkan lebih dari 60M gambar dari 32.000 website yang berbeda dan menghemat lebih dari 10 petabyte lalu lintas. Jadi saya pikir ini adalah layanan yang sangat bermanfaat dan perlu untuk Anda coba, karena melihat begitu banyak bandwidth yang dapat di hemat dan juga menghemat space hosting.

Mengapa Menggunakan ShortPixel?

  • Dukungan pengembang 24h
  • Kompres gambar JPG, PNG, GIF (still and animated) dan PDF
  • Mengoptimalkan thumbnail serta gambar fitur
  • Featured Image dapat di rescaled sebelum dioptimalkan. Tidak perlu plugin tambahan seperti Imsanity
  • CMYK di konversi ke RGB
  • Melewatkan gambar yang sudah dioptimalkan
  • Mudah menguji versi gambar untuk lossy / lossless
  • Manfaat besar untuk fotografer: menyimpan atau menghapus data EXIF dari gambar Anda
  • Tidak ada batasan ukuran file
  • Bekerja dengan baik untuk situs HTTPS maupun situs HTTP
  • Aman untuk melakukan pengujian dan menggunakan plugin: semua gambar asli dapat dikembalikan dengan sebuah klik
  • Bulk atau mengoptimalkan gambar secara masal dengan satu kali klik
  • 40 hari laporan optimasi dengan semua rincian gambar dan statistik secara keseluruhan
  • Mendukung untuk situs eCommerce WordPress yang menggunakan WooCommerce Plugin
  • Gunakan API Key yang sama pada banyak situs (termasuk multisites)
  • Kompatibel dengan WP Engine website host dan semua penyedia hosting utama
  • Kompatibel dengan WPML dan WPML Media plugin
  • Menerima gratis 100 kredit optimasi gambar setiap bulan.
  • Gambar yang dioptimalkan kurang 5% adalah bonus.

Situs ShortPixel

Silahkan kunjungi situs ShortPixel di : https://shortpixel.com/ pada situs shortpixel Anda akan menemukan banyak sekali informasi dan fitur yang bisa Anda coba secara gratis. Saat Anda masuk ke web shortpixel Anda akan langsung di hadapkan dengan halaman homepage dengan tombol Free Signup dan disampingnya terdapat animasi gambar hasil kompresi mereka yang tidak ada perbedaan dengan gambar asli dan gambar hasil kompresi.

Daftar Shorpixel Gratis

Untuk mencoba layanan shortpixel untuk WordPress, Anda harus mendapatkan API Key dan harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran akun shortpixel adalah gratis dan sangat mudah.

Silahkan kunjungi situs Shortpixel dan klik tombol “Free SignUp”.

Daftar shortpixel

Setelah itu Anda akan melihat halaman dengan 1 kolom untuk memasukkan alamat email Anda dan klik Sign Up.

Daftar shortpixel 2

Terakhir Anda akan melihat halaman dengan pesan “WOOT, SUCCESSFULLY SUBSCRIBED!”

Daftar shortpixel 3

Silahkan periksa email yang Anda gunakan untuk daftar di ShortPixel dan jika tidak ada email pada inbox silahkan periksa pada bagian SPAM, Anda akan mendapatkan pesan yang berisikan API Key dan password untuk login ke akun Anda.

Daftar shortpixel 4

See How It Performs

Pada halaman homepage anda juga akan melihat sebuah kotak panjang dengan tulisan “Paste Here”, ini adalah fitur yang diberikan oleh shortpixel bagi pengguna yang ingin mencoba melihat performa situs atau url gambar, Anda dapat mencopy URL website atau URL gambar Anda dan paste pada kolom yang sudah tersedia lalu klik tombol panah dan lihat hasilnya.  Lihat gambar dibawah ini :

web test shortpixel

Compress

Pada menu utama terdapat menu “Compress”, Silahkan klik menu Compress dan Anda akan dihadapkan dengan halaman dengan fitur gratis dari shortpixel yang bisa Anda coba untuk melakukan kompresi gambar dengan format JPEG, PNG, dan GIF. Anda bisa mengupload 20 gambar sekaligus dan maksimal 100MB. Fitur ini benar-benar bermanfaat karena Anda dapat mengkrompresi gambar dengan sangat mudah, Anda hanya tinggal drag and drop gambar di computer Anda. Dan Shortpixel akan memprosesnya dengan cepat. Saat proses sudah selesai Anda dapat mendownload dengan klik tanda panah kecil pada gambar, Anda bisa melihat hasil setiap gambar yang saya kompres di shortpixel di kecilkan ukurannya sebanyak 60% lebih. Lihat gambar dibawah ini.

compress shortpixel

Harga

ShortPixel menawarkan layanan gratis dan rencana berbayar, dari kedua layanan tersebut menawarkan fitur yang sama dan memberikan kualitas optimasi yang sama. Perbedaan terletak pada kuota gambar yang tersedia. Dan tentu saja untuk rencana berbayar akan mendapatkan bantuan pelanggan lebih di utamakan. Berikut rencana shortpixel Monthly Plans :

Monthly Plans

Shortpixel juga memberikan 2 metode rencana yang berbeda yaitu langganan bulanan dan rencana satu kali. Rencana yang sama dapat digunakan untuk beberapa situs web. Membuat tes kompresi gambar instan di situs Anda atau kompres beberapa gambar untuk memastikan mereka sesuai dengan keinginan Anda. Berikut daftar harga rencana One-Times Plans :

One Time Plans

Affiliates

Shortpixel menawarkan program menarik bagi para blogger yang ingin menghasilkan uang, Anda dapat mendaftar menjadi affiliasi Shortpixel dan setelah persetujuan pendaftaran dan afiliasi mitra, Anda akan dapat menghasilkan link kampanye yang akan melacak penghasilan total, leads dan konversi. Anda akan mendapatkan komisi 50% dari setiap penjualan baru yang dihasilkan dari link unik Anda, dan komisi 50% ini akan Anda dapatkan secara berulang, jadi bukan komisi satu kali. Selain itu Anda juga dapat mengajak teman Anda untuk menggunakan layanan ShortPixel dengan fitur Tell a Friend, setiap Anda mengajak 10 teman dan mendaftar Anda akan mendapatkan tambahan kuota pada akun Anda sebanyak 1.000 gambar per bulan selamanya.

Cara Menggunakan Plugin ShortPixel Image Optimizer

Bagaimana cara kerjanya?

  • Memilih pengaturan favorit Anda seperti lossy atau lossless, tetap atau menghapus EXIF, backup, mengoptimalkan thumbnail, dll
  • Semua gambar dapat dengan mudah ditingkatkan dan dioptimalkan dengan satu klik melalui halaman optimasi massal.
  • Gambar baru secara otomatis diubah ukurannya dan dikompresi dalam awan tepat setelah mereka di-upload.
  • Gambar yang lebih kecil akan mulai dilayani dari situs web Anda setelah mereka dioptimalkan.

Untuk menggunakan plugin ShortPixel Image Optimizer ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Download dan install plugin ShortPixel Image Optimizer dan aktivasi, plugin ini sudah di downlonad dan sudah digunakan aktif sebanyak lebih dari 20.000 pengguna, dan jangan khawatir tentang keamanan karena plugin ini sering mendapat update dari pengembangnya, dari saat saya menulis artike ini plugin shortpixel baru di update satu minggu yang lalu.

plugin wordpress shortpixel

Setelah plugin Anda aktifkan, akan terdapat menu dengan nama “ShortPixel” menjadi sub menu Settings. Silahkan klik menu tersebut untuk melakukan konfigurasi plugin.

pengaturan shortpixel

Pada halaman pengaturan plugin seperti yang tampak pada gambar diatas, Anda harus memasukkan API Key yang sudah Anda dapatkan di email saat melakukan pendaftaran dan klik tombol Validate, jika API Key sudah di validasi maka akan muncul beberapa macam pengaturan yang mudah, Anda dapat memilih type kompresi Lossy (direkomendasikan) atau Lossless. Disebelah menu Settings terdapat menu Statistic, pada menu Statistic Anda dapat melihat laporan secara lengkap hasil optimasi ShortPixel pada gambar Anda. Jika sudah selesai melakukan pengaturan silahkan klik tombol “Save Settings” untuk menyimpan hasil pengaturan.

optimasi gambar wordpress

Silahkan masuk pada Media Library di area admin WordPress Anda dan lakukan optimasi gambar Anda, Anda dapat melakukan optimasi gambar secara bersamaan dengan menu Bulk Actions atau melakukan percobaan optimasi gambar satu persatu dengan melakukan klik pada tombol Optimize now dan tunggu sampai selesai, pada gambar diatas Anda dapat melihat saya melakukan optimasi gambar dan sudah di kompres sebanyak 47.85%. Dan setiap gambar baru yang Anda upload akan otomatis di optimasi oleh plugin ShortPixel. Dan itulah cara mengintegrasikan plugin Shortpixel dengan WordPress, selamat mencoba.

Kesimpulan

Membangun situs WordPress yang cepat saat di akses adalah mudah, Anda hanya perlu menggunakan layanan hosting terbaik dan juga memanfaatkan beberapa plugin caching seperti W3 Total Cache dan juga plugin ShortPixel Image Optimzation, plugin ShortPixel ini terbukti ampuh untuk mengoptimasi gambar di situs WordPress Anda dengan mudah dan mengompresi gambar dengan hasil ukuran gambar yang kecil namun kualitas gambar tetap terlihat baik. Plugin ini gratis namun jika Anda kekurangan kuota Anda bisa mengupgrade ke rencana bulanan untuk yang termurah $4.99/bulan untuk 5.000 gambar/bulan sampai yang termahal $29.99/bulan untuk 55.000 gambar/bulan. Juga terdapat paket sekali bayar $9.99 untuk 10.000 gambar sampai yang termahal $29.99 untuk 50.000 gambar.

Baca : Daftar Hosting Terbaik dan Tercepat Untuk WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Etrigan Responsive Free

Etrigan adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang serbaguna, ini merupakan tema yang sangat Powerfull...

Mengenal Jualo.com Situs Jual Beli Online Indonesia

Mungkin banyak dari kita yang masih belum mengenal situs e-commerce jual beli online yang...

Close