Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mudah Mengelola Admin WordPress dengan Admin Columns Pro

Mengelola website dengan mudah adalah keinginan bagi siapa saja yang mempunyai website atau blog, apalagi bagi pemula pasti akan sangat mengharapkan mempunyai situs yang dapat dengan mudah untuk dikelola. Dengan memiliki website yang mudah dikelola dan cepat dalam segala tindakan akan membuat kita menghemat banyak waktu dan segala pekerjaan kita menggunakan WordPress benar-benar mudah tanpa sedikitpun kerumitan.

WordPress saat ini sudah berkembang menjadi CMS (Content Management System) yang sangat mudah digunakan, setiap WordPress melakukan update tidak hanya membenahi bug, meningkatkan keamanan saja, tapi juga pasti membawakan fitur yang memudahkan pengguna dalam mengelola websitenya, apalagi jika Anda mau menamabahkan dengan menggunakan plugin Admin Column Pro, Anda akan mendapatkan kemudahan berlebih dalam mengelola bagian admin WordPress, semuanya akan menjadi mudah dan lebih cepat.

Apa itu Admin Column Pro?

Admin Columns Pro adalah plugin yang berguna untuk menambah, menghapus dan menyusun ulang kolom Anda. Selain itu Admin Columns Pro juga dapat menambahkan fitur filter, sorting dan pengeditan dengan inline editing yang benar-benar akan mempercepat proses pengeditan berbagai jenis konten seperti posting, halaman, user, media, taxonomy, komentar maupun jenis posting kustom lainnya.

admin columns pro wordpress

Admin Columns juga dapat membantu Anda dalam membuat layar kolom sempurna hanya beberapa menit, dengan fitur Drag and builder Anda dapat membuat layout kolom yang indah tanpa perlu sedikitpun bersentuhan dengan coding. Banyak jenis kolom yang bisa Anda buat, terdapat lebih dari 150 kolom dapat Anda pilih, hal inilah yang membuat Admin Columns sebagai plugin builder kolom paling hebat. Dan hal lain yang membuat plugin ini sangat berguna adalah dapat terintegrasi dengan plugin populer seperti WooCommerce, ACF (Advanced Custom Fields), SEO by Yoast dan bbPress sehingga dapat diurutkan, di filter dan di edit.

Harga

Sesuai dengan namannya Admin Columns Pro, maka ini adalah plugin versi premium. Seperti kebanyakan plugin berbayar lainnya, plugin ini juga menawarkan beberapa paket dengan harga berbeda. Terdapat 3 paket yaitu :

  • Personal (1 Site) $59 : update dan support 1 tahun.
  • Business (4 Sites) $119 : update dan support 1 tahun dan mendapatkan ( Add ons Advanced Custom Fields Column dan Woocommerce Columns)
  • Developer (Unlimited Sites) $199 : update dan support 1 tahun mendapatkan ( Add Ons Advanced Custom Fields Column dan Woocommerce Columns)

Setiap paket yang ditawarkan semua sudah termasuk fitur unggulan seperti dibawah ini:

  • Inline editing of column content
  • Sorting of columns
  • Filtering of columns
  • Import / Export settings of columns
  • Multiple column sets
  • Editable Yoast SEO columns
  • Taxonomy columns
  • Multisite columns
  • Direct email support

Admin Columns Pro ini bukanlah jenis plugin yang dibeli secara berlangganan, Anda tetap dapat menggunakan plugin tersebut sampai waktu tak terbatas, hanya saja setelah setahun pembelian jika Anda tidak memperpanjang pembayaran Anda, Anda hanya tidak akan mendapatkan dukungan, pembaharuan lisensi dan update. Jika Anda ingin memperanjang plugin Admin Columns Pro Anda akan mendapatkan diskon yang sangat besar yaitu 40%.

Plugin Admin Columns Pro juga tidak memiliki versi demo yang bisa Anda gunakan, namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa membelinya secara langsung dan jika Anda tidak merasa puas dengan plugin dan layanan tersebut Anda masih dapat meminta uang Anda kembali secara penuh karena Admin Column Pro memberikan garansi yang lama yaitu garansi 60 hari uang kembali. Anda bisa membeli plugin ini dengan beberapa metode pembayaran seperti paypal, visacard, mastercard. Anda bisa membelin plugin ini disini -> Buy Admin Column Pro.

Cara Menggunakan Admin Column Pro

Untuk menggunakan plugin ini Anda harus membeli terlebih dahulu plugin Admin Column Pro dengan mengunjungi situs : https://www.centerklik.com/admincolumns.com/ dan memilih paket sesuai dengan kebutuhan Anda, saya sangat menyarankan untuk membeli paket business dengan harga $199 karena Anda dapat menggunakan plugin ini lebih dari 1 situs dan juga mendapatkan Add Ons untuk kolom Woocommerce dan Advanced Custom Field.

Setelah selesai melakukan transaksi pembayaran Anda akan mendapatkan pesan di email Anda yang berisikan lisensi dan dapat mendownload plugin langsung dari email Anda.

Jika file plugin Admin Columns Pro sudah Anda download, sekarang Anda masuk ke admin area website WordPress Anda untuk melakukan instalasi, Anda bisa membaca artikel tentang panduan lengkap install plugin WordPress jika belum paham caranya. Setelah Anda mengaktifkan plugin maka akan muncul menu baru bernama “Admin Columns” dibawah menu Settings. Silahkan klik menu tersebut dan Anda akan melihat halaman konfigurasi pengaturan seperti dibawah ini.

Pada gambar diatas Anda dapat melihat menu 4 tabs yang berisikan : “Admin Columns”, “Settings”, “Add-ons” dan “Export dan Import”. Dengan banyaknya fitur yang dibawa plugin ini, Anda tidak perlu khawatir tentang pengaturan yang rumit, karena plugin ini benar-benar memiliki pengaturan sederhana dan mudah meskipun Anda seorang blogger pemula sekalipun.

pengaturan admin columns

Settings : Pada bagian menu tabs inilah Anda pertama kali harus melakukan konfigurasi, dibagian paling atas terdapat “General Settings” silahkan centang semua pilihan ini untuk mengaktifkan fungsi “Edit Columns”, “Sorting” dan mengaktifkan “Inline Editing”. Dan klik tombol “Save”.

Dibagian bawahnya akan terdapat kolom untuk memasukkan lisensi yang sudah dikirimkan ke email Anda setelah pembelian, dengan memasukkan lisensi ini Anda akan mendapatkan update berkala secara otomatis.

add ons admin columns

Add-Ons : Pada menu tabs ini Anda akan melihat dua buah Add ons untuk Woocommerce Columns dan Advanced Custom Field Column. (ini hanya dapat Anda aktifkan jika Anda membeli paket business).

Export and Import : Di bagian ini Anda dapat melakukan export dan import untuk memudahkan Anda menduplikasi konfigurasi untuk pengaturan disitus WordPress Anda yang lainnya. Sehingga jika Anda membeli paket business dan ingin menggunakan disitus WordPress Anda yang lain Anda hanya perlu mengekspor pengaturan di situs pertama dan mengiport di situs lain. Ini akan memudahkan Anda menggunakan satu pengaturan untuk berbagai situs lain.

admin columns settings

Admin Columns : Disini Anda dapat menambahkan berbagai macam kolom untuk memberikan fungsi penuh seperti menampilkan berbagai macam kolom, sorting, filter dan editing, Anda bisa melakukan pengaturan untuk berbagai jenis konten seperti post, page dan masih banyak lagi dengan memilih menu dropdown disebelah “View”. Dibagian ini secara default akan berada pada “Post” dan sudah terdapat beberapa kolom ditampilkan dan Anda bisa tinggal mengeditnya atau menambah kolom baru. Sebagai contoh saya akan menambahkan kolom baru untuk memunculkan Permalink, untuk melakukannya Anda cukup klik tombol “Add Columns” dibagian bawah dan pilih Permalink di menu drop down. Selanjutnya akan terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda pilih atau mengabaikan pilihan tersebut sesuai dengan keinginan Anda dan jangan lupa klik tombol “Save” atau “Update” setiap selesai melakukan perubahan.

user baru admin columns

Disebelah kanan area Columns dibawah tombol Save atau Update terdapat tombol “Column Sets” yang berguna untuk menambahkan user baru, setiap user baru yang Anda tambahkan akan dapat melihat dan menggunakan fitur dari Admin Column. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu klik tombol “Add Set” dan masukkan Username, Role User dan Username.

Setelah semua selesai Anda atur, sekarang saatnya Anda beralih ke Post untuk melihat apa saja yang bisa dilakukan oleh plugin Column Pro ini. Silahkan klik Post » All Post.

inline editing admin columns

Pada bagian ini Anda akan melihat tombol baru “Inline Editing”, “Edit Columns“, “Reset Sorting“. Untuk agar dapat melakukan pengeditan dengan cepat Anda bisa klik tombol “Inline Editing” dan akan muncul icon pensil, klik icon tersebut untuk melakukan editing secara cepat dari luar tanpa perlu masuk ke area editor secara penuh. Dan jika terjadi kesalahan Anda dapat dengan mudah dengan hanya klik tombol icon undo dan semua kembali seperti semula.

Selain itu Anda juga akan melihat tanda panah keatas dan kebawah untuk sorting atau pengurutan berdasarkan hal-hal yang sudah Anda aktifkan misal sorting berdasarkan tanggal, word count dan juga terdapat menu dropdown dengan berbagai pilihan untuk melakukan filtering. Ini merupakan fungsi penting saat Anda ingin dengan cepat menemukan postingan Anda. Jika postingan Anda sudah mencapai ratusan bahkan ribuan, fitur seperti ini akan sangat membantu Anda dalam menemukan konten.

Berikut dibawah ini sedikit penjelasan mengenai fitur yang bisa Anda dapat dengan menggunakan dua Add Ons Advanced Custom Fields dan Woocommerce, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa fitur ini hanya akan dapat Anda gunakan jika memilih paket business.

acf admin columns

Advanced Custom Fields (ACF) Add Ons adalah plugin manajemen bidang kustom WordPress yang terintegrasi dengan baik dengan Columns Admin Pro. addon ini memungkinkan Anda menggunakan salah satu bidang khusus yang Anda buat menggunakan ACF sebagai kolom. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengedit dengan Inline Data.

woocommerce admin columns

WooCommerce Add Ons adalah Add ons yang diharuskan Anda disitus WordPress Anda  jika Anda menjalankan situs toko online dengan WooCommerce plugin. Dengan Add On ini Anda dapat menambahkan tujuh kolom tambahan untuk halaman produk Anda dan dua kolom untuk halaman pesanan Anda.

Dan hal penting lain yang perlu Anda ketahui bahwa plugin ini juga mendukung untuk situs Multisite, Jika Anda memiliki Multisite, maka semua kolom pengguna juga dapat digunakan untuk pengguna dalam jaringan multisite Anda dan Anda dapat dengan mudah membuat custom setting kolom untuk setiap subsites Anda!

Baca : Cara Membuat Konten Dinamis dengan Cosmos Plugin

Diatas adalah penjelasan lengkap mengenai Apa itu plugin Columns Pro, harga, fitur dan cara menggunakan Admin Columns Pro. Anda dapat menggunakan panduan diatas jika Anda membeli plugin ini. Jika Anda menyukai segala hal yang cepat dan menginginkan penghematan waktu di area admin WordPress Anda, silahkan untuk membeli plugin Admin Columns Pro ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Vega Responsive Free

Vega adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang serbaguna dan dapat digunakan untuk blog pribadi...

13 Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

WordPress adalah platform terbaik untuk membuat website, blog maupun toko online ataupun situs untuk...

Close