How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Settings SEO by Yoast di Post WordPress

Pada artikel sebelumnya saya menjelaskan secara lengkap bagaimana Cara install dan Settings plugins SEO by Yoast dengan benar untuk membantu optimasi SEO pada situs WordPress Anda agar mampu bersaing di halaman pertama pada hasil pencarian.

Setelah Anda memahami pada settings pluginnya, sekarang saya akan menjelaskan cara settings SEO by Yoast khusus di postingan konten artikel Anda. Setiap anda membuat konten artikel atau postingan baru, dibawah area visual editor terdapat kolom pengaturan untuk optimasi konten artikel dari SEO wordpress by yoast yang harus juga Anda konfigurasi dengan tepat. Keunggulan menggunakan plugins SEO ini adalah adanya keterangan secara lengkap dan panduan agar artikel Anda memenuhi kriteria SEO yang baik dan benar. Untuk mendapatkan hasil maksimal maka anda harus melakukan optimasi SEO di postingan ini sampai analysis menghasilkan tanda hijau pada setiap aturan yang di anjurkan.

Cara Settings SEO by Yoast di Post WordPress

Pada optimasi postingan ini memang gampang-gampang susah, Anda harus membuat artikel yang benar-benar bermanfaat dan mengikuti banyak kriteria agar artikel Anda SEO friendly.

snipet editor seo yoast

Snippet Preview : Pada konfigurasi ini mengambil data meta Anda (yaitu, judul halaman, slug dan deskripsi) dan menunjukkan seperti apa yang akan terlihat di hasil pencarian Google. Anda bisa melakukan editing pada pengaturan ini dengan klik tombol “edit snipet” untuk menyesuaikan SEO Title, Slug (permalink) dan Description (snipet). Buat ketiganya mengandung kata kunci utama yang Anda bidik seperti contoh gambar diatas pada judul, url dan deskripsi mengandung fokus kata kunci yang dibidik yaitu “WordPress SEO“. Berikut penjelasan lebih lengkapnya :

SEO Title : Pada bidang ini adalah judul yang akan ditampilkan pada hasil mesin pencari. Jadi Anda bisa mengisi bidang ini dengan judul yang paling deskriptif yang akan menarik pengunjung untuk klik dan membaca artikel Anda. Anda bisa membuat sedikit perbedaan dengan judul asli di postingan Anda, tapi usahakan bahwa fokus kata kunci Anda tetap Anda sertakan.

Meta Description : bidang ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan 2 baris keterangan yang muncul dalam hasil pencarian. Isi bagian ini dengan kalimat yang menarik sehingga calon pengunjung tertarik untuk membaca sepenuhnya dengan mengklik dan mengunjungi blog Anda. Selalu sertakan fokus kata kunci Anda juga pada kolom Description ini. Dan jangan lupa untuk selalu melihat bar hijau, buat bar tersebut menjadi penuh dan jika deskripsi Anda terlalu panjang maka akan berwarna merah dan itu tidak baik.

Focus Keyword : Pada kolom dibawah snipet ini terdapat kolom untuk mengisi focus keyword, Jika Anda dalam settings plugin SEO yoast tidak mengaktifkan ini maka Anda tidak perlu mengisinya, atau juga bisa mengabaikan ini. Karena google sudah tidak mengambil hasil pencarian melalui tag keyword ini.

Mengisi dan mengaktifkan bagian focus keyword tetap mendapatkan keuntungan bagi Anda seperti berikut:

Mengisi bidang Focus Keyword di Yoast memang tidak diperlukan, tetapi ini dapat membantu Anda menyesuaikan kata kunci Anda dengan kata kunci yang Anda harapkan saat orang yang mencari dan mengetik di pencarian seperti google. Yoast akan mengambil kata focus keyword Anda dan menjalankan pemeriksaan untuk memastikan Anda telah menggunakannya dengan tepat diseluruh postingan Anda sehingga akan menjelaskan ke mesin pencari tentang apa isi dari artikel Anda.

yoast analysis seo

Analysis : Pada bagian terakhir ini terdapat analysis yang akan menunjukkan kepada Anda tentang penilaian secara keseluruhan konten artikel Anda. Yoast SEO menjalankan pemeriksaan cepat dari posting Anda untuk praktik SEO terbaik berdasarkan fokus kata kunci Anda. Jika Anda mau mengikuti semua kriteria yang di anjurkan oleh analysis dan semua pemeriksaan mendapatkan hasil berwarna hijau, maka artikel Anda sudah SEO friendly dan siap Anda publish. Lihat gambar diatas yang menunjukkan analysis menunjukkan semua optimasi sudah SEO friendly. Dan lihat juga di atas tombol publish terdapat status SEO, usahakan hasilnya sudah “Good” sebelum Anda publish.

Baca : Tutorial Menggunakan All in one SEO Pack WordPress

Diatas adalah penjelasan lengkap mengenai Cara Settings SEO by Yoast di Post WordPress, lakukan optimasi setiap konten artikel yang akan Anda publish sehingga setiap artikel mampu bersaing di hasil pencarian. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

23 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Mommy&Me Responsive Free

Mommy & Me adalah Theme WordPress responsive gratis yang di desain untuk para Mommy...

Cara Menghasilkan Uang Dengan Program Afiliasi

Jika Anda pernah bermimpi untuk dapat menghasilkan uang cukup dari rumah dan ingin segera...

Close