How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Memasang Disqus Comments di WordPress

Kolom komentar begitu penting bagi blog, karena dengan adanya kolom komentar, pengunjung bisa meninggalkan sebuah komentar tentang artikel yang kita buat atau juga bisa digunakan sebagai tempat bertanya, berdiskusi dan sebagian blogger menggunakan kolom komentar untuk menambah teman sesama blogger dan juga untuk meningkatkan return visitor.

disqus comment wordpress

WordPress hadir dengan kolom komentar yang sederhana dan mudah untuk digunakan, ketika Anda menginstall WordPress pertama kali maka Anda bisa langsung memanfaatkan fitur komentar yang sudah ada.

Berhubungan dengan kolom komentar di website atau blog, Anda pastinya sering melihat blog yang menggunakan kolom komentar dengan nama disqus, nah di artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana memasang Disqus Comments di blog wordpress Anda. Sebenarnya secara default wordpress sudah menyertakan kolom komentar, tapi jika anda tidak ingin menggunakan kolom komentar default tersebut dan ingin mengganti dengan yang lebih menarik dengan disqus comment. Anda bisa mengikuti tutorial lengkapnya disini, Namun sebelumnya Anda baca dulu tentang apa itu disqus.

Baca : Cara Menghapus Field URL Comment Di WordPress

Apa itu Disqus?

Disqus adalah Platform jaringan komunitas yang digunakan oleh ratusan ribu situs di seluruh dunia. Dengan menggunakan disqus Anda mempunyai banyak keuntungan seperti sistem yang lengkap yang terintegrasi dengan sosial media, administrasi yang canggih, moderasi yang mudah dan masih banyak keunggulan lainnya.

Disqus dapat bekerja pada hampir semua jenis website atau blog dan dapat di install dengan baik menggunakan potongan kode drop in. Anda juga dapat menyesuaikan disqus dengan situs Anda menggunakan bantuan API yang luas dan Java Script Hook yang mereka sediakan.

Dengan disqus juga memiliki keuntungan mempunyai sistem komentar yang lebih cepat karena tidak menyatu dengan server hosting dari situs yang menggunakan disqus. Begitu juga dengan Anda pengguna WordPress dapat memanfaatkan disqus comment untuk mengganti sistem komentar default. Ini akan membuat blog memuat komentar lebih cepat karena mengambil dari server disqus dan bukan memuat dari database situs Anda.

Cara daftar disqus untuk WordPress

Untuk melakukan pendaftaran dan memiliki akun disqus, pertama kali silahkan kunjungi website Disqus dan klik tombol “Get Started” yang ada di halaman depan disqus.

Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan untuk daftar Signup dan jika sudah melakukan pendaftaran Anda pilih login. Silahkan pilih Signup dan Anda bisa daftar menggunakan akun media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google+, atau mendaftar untuk account baru dengan mengisi form dengan memasukkan “Name”, “Email” dan “Password” seperti gambar dibawah ini.

daftar disqus comment

Selanjutnya klik tombol Signup dan Anda akan melihat dua pilihan “I Want to comment on site” dan “I Want to Install Disqus on My site”, pilihan pertama adalah untuk pembuatan akun yang hanya Anda gunakan untuk login dan melakukan komentar di blog-blog yang menggunakan komentar milik disqus. Sedangkan untuk memasang disqus comment di WordPress silahkan pilih opsi yang kedua yaitu “I Want to Install Disqus on My site”.

disqus wordpress comment

Setelah langkah diatas Anda diharuskan untuk memasukkan nama situs Anda, shortname dan Categori dan klik “Create Site”. Dan silahkan pilih platform yang ingin Anda pasangi disqus, karena tutorial ini untuk WordPress maka saya memilih WordPress dengan klik icon “WordPress”.

platform wordpress disqus

Pada langkah berikutnya Anda akan melihat intruksi cara menginstall plugin Disqus dan menghubungkan plugin dengan akun Disqus yang sudah Anda buat. Dan klik tombol “Configure”.

disqus instruction

Pada bagian ini Anda bisa memilih beberapa tampilan pada Appearance scheme, dan mengisi nama website Anda, URL website, Category, Description dan Languange. Jika semua sudah Anda isi sesuai dengan informasi website atau blog Anda, silahkan klik Complete Setup. Dan selamat sekarang Anda sudah mempunyai akun disqus untuk website WordPress Anda.

configure disqus

Setelah selesai langkah-langkah diatas, jangan lupa untuk membuka email yang Anda gunakan untuk daftar dan lihat pesan baru dari disqus, pesan tersebut berisi informasi dna tombol konfirmasi akun. Klik tombol tersebut agar akun disqus Anda bisa digunakan secara penuh.

Install Plugin Disqus WordPress

Setelah Anda selesai membuat akun disqus, sekarang saatnya Anda untuk menginstall plugin disqus seperti pada intruksi yang sudah dijelaskan pada saat pembuatan akun, atau Anda bisa membaca artikel saya tentang Panduan install plugin WordPress.

Setelah Anda mengaktifkan plugin disqus, maka akan terdapat menu baru bernama “Disqus” pada menu Comments » Disqus, klik menu tersebut untuk melakukan konfigurasi. Silahkan masukkan username atau email yang Anda gunakan untuk membuat akun dan masukkan juga password yang Anda isi saat pendaftaran disqus. Dan klik “Next”.

configuration disqus comments

Pada bagian ini akan muncul nama website Anda dengan shortname yang sudah Anda buat tadi. Klik pilihan “Select a Website” tersebut dan klik tombol “Next”. Dan selamat sekarang situs WordPress Anda sudah terpasang komentar Disqus. Sekarang lihat situs Anda dengan membuka artikel dan sekarang disqus sudah menggantikan kolom komentar default milik WordPress.

Untuk melakukan Export komentar dari WordPress komentar lama Anda, silahkan baca tutorialnya disini.

moderator disqus comment

Untuk memoderasi komentar (Approve, edit dan delete), Anda bisa login langsung ke situs disqus atau melalui link Moderate di bagian admin WordPress Anda yang akan dihubungkan ke bagian moderator komentar, atau Anda bisa langsung mengakses situs disqus dan login, setelah login Anda klik menu setting dengan icon “gear” dan klik menu “Admin” seperti gambar diatas.

Baca : Disqus vs WordPress Komentar, Mana yang Lebih Baik?

Diatas adalah cara lengkap untuk cara memasang disqus comments di WordPress, ikuti tutorial diatas jika Anda ingin mengganti sistem komentar default milik WordPress dengan disqus. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

36 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress THBusiness Responsive Free

THBusiness adalah Theme WordPress Responsive gratis yang terutama difokuskan untuk website bisnis sementara itu...

Tips Cara Ampuh Agar Blog Banyak Pengunjung

Memiliki blog banyak pengunjung memang impian bagi setiap blogger manapun, dengan pengunjung yang banyak...

Close