How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Mudah Menambahkan Bidang Khusus di WordPress dengan Plugin Meta Box

Jika Anda saat ini sedang mencari cara untuk menambahkan bidang atau kolom khusus di situs WordPress Anda maka disini saya akan mengulas secara lengkap sebuah plugin yang bernama Meta Box yang akan menjadi solusi terbaik dari apa yang sedang Anda cari.

Bagi sebagian pengguna WordPress khususnya para pengembang tentu ingin menambahkan beberapa bidang khusus pada bagian postingan atau halaman untuk tujuan tertentu atau untuk memenuhi proyeknya. Seperti yang Anda lihat pada setiap postingan tentang tema WordPress di blog centerklik ini, Anda akan melihat informasi tentang tema dibagian paling bawah dari konten, dimana itu dibuat secara khusus dengan menambahkan bidang kustom pada postingan tema WordPress. Jika Anda ingin membuat hal semacam itu, maka Anda perlu mencoba menggunakan plugin meta box di situs WordPress Anda.

Meta Box

Apa itu Meta Box?

Meta Box adalah plugin WordPress yang dapat membantu memudahkan Anda dalam menambahkan bidang atau kolom kustom khusus ke postingan, halaman, komentar, registrasi dan pada bagian-bagian tertentu dari situs WordPress Anda. Meta Box benar-benar akan menyederhanakan proses Anda dengan hanya sedikit tambahan kode dan plugin meta box ini akan sangat cocok untuk para pengembang bahkan untuk pemula sekalipun.

Meta box WordPress

Meta Box merupakan plugin yang dirilis pada tahun 2010 dan tersedia gratis di librari plugin WordPress.org, plugin ini bisa Anda install secara gratis beserta dengan Add-ons yang disediakan. Namun, ada beberapa Add ons dari plugin meta box yang di komersilkan. Perlu Anda ketahui bahwa plugin meta box adalah plugin yang populer dan sudah aktif digunakan oleh 300.000 ribu lebih pengguna dimana plugin mendapatkan rating yang sangat tinggi yaitu 4.9 dari 5 bintang. Dengan melihat informasi tersebut, tentu ini menjadi plugin yang sangat bagus untuk Anda pilih dan tidak perlu diragukan lagi.

Kelebihan dari Plugin Meta Box

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa tujuan inti dari plugin Meta Box adalah untuk membantu Anda menambahkan kolom atau bidang kustom ke situs WordPress Anda. Setelah menambahkan kode yang relevan ke situs Anda, Anda akan melihat bidang khusus yang baru. Mereka biasanya akan ditampilkan dalam kotak meta pada halaman dan / atau layar editor posting.

Meta box WordPress Add New

Dengan plugin meta box, Anda tidak hanya dapat menambahkan bidang khusus pada bagian posting atau halaman saja melainkan dengan menggunakan beberapa add-on gratis dan premium Anda dapat menambahkan bidang khusus ke area lain di situs Anda seperti ke halaman pengaturan, bagian komentar, area profil pengguna, dan bahkan plugin pihak ketiga seperti SEO by Yoast.

Bidang khusus ini akan ditampilkan di area situs WordPress Anda yang telah Anda tetapkan dalam kode Anda. Untuk membantu Anda membuat kode, para pengembang Meta Box juga telah menyediakan sebuah generator kode online untuk memudahkan Anda dalam proses. ⇒ Online Code Generator.

Meta box plugin memang akan sangat mudah digunakan oleh para pengembang dan akan memiliki manfaat yang sangat luar biasa ketika Anda memahami tentang kode. Namun, bagi pemula Anda tidak perlu khawatir karena pengembang dari plugin meta box ini sudah menyediakan dokumentasi yang sangat lengkap yang bisa Anda pelajari secara perlahan untuk mewujudkan proyek Anda.

Harga Meta Box Plugin

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa plugin ini merupakan plugin gratis dan bisa langsung Anda download langsung melalui library plugin WordPress.org. Namun, plugin ini membutuhkan Add-on dan ada beberapa add-on gratis dan beberapa add-on premium.

Meta box WordPress Harga

Berikut adalah beberapa rencana harga yang dapat Anda pilih, dimana dalam rencana harga ini disertakan beberapa add-on premium.

  • Core Bundles $79 : 12 Ekstensi pro, semua ekstensi gratis, update 1 tahun, dukungan 1 tahun, situs tidak terbatas, upgrade kapan saja.
  • Developer Bundles $199 : Semua ekstensi pro, Meta Box All-In-One, semua ekstensi gratis, semua ekstensi pro di masa mendatang, update 1 tahun, dukungan 1 tahun, situs tidak terbatas, upgrade kapan saja.
  • Lifetime Bundles $499 : Semua ekstensi pro, Meta Box All-In-One, semua ekstensi gratis, semua ekstensi pro di masa mendatang, update selamanya, dukungan selamanya, situs tidak terbatas.

Diatas merupakan beberapa rencana harga yang bisa Anda pilih dan Meta box memberikan Anda jaminan uang kembali 100% dalam masa percobaan 14 hari.

Buy Meta Box Plugin

Ekstensi Meta box

Meta Box merupakan plugin yang membutuhkan ekstensi untuk memperluas fungsionalitas. Ada banyak sekali add-on yang di tawarkan oleh Meta Box untuk Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Saya melihat ada sekitar 28 add-on gratis dan premium, dimana add-on ini pasti akan selalu bertambah setiap waktu. Pada pembahasan ini saya tidak akan menjelaskan semua add-on tapi hanya memilih add-on populer. Anda bisa melihat secara langsung semua daftar add-on dan mempelajari kegunaan masing-masing add-on disini ⇒ Meta box Extentions.

Meta box WordPress ekstensi

Meta Box Group

Meta Box Group adalah salah satu ekstensi terlaris dari plugin Meta Box yang membantu pengembang untuk mengatur kolom kustom ke dalam kelompok yang dapat diulang. Plugin ini mendukung grup bertingkat multi-level tanpa batas dan mendukung penuh fitur kloning untuk kedua sub-bidang dan grup luar.

MB Frontend Submission

MB Frontend Submission adalah perpanjangan dari plugin Meta Box yang memungkinkan pengembang untuk membuat bentuk frontend bagi pengguna untuk mengirimkan konten (posting). Ekstensi mendukung bidang pos dan bidang khusus. Formulir dapat diembedkan di mana saja menggunakan shortcode dan tidak memerlukan kode khusus.

MB User Meta

MB User Meta adalah ekstensi untuk plugin Meta Box yang memungkinkan Anda untuk menambahkan kolom kustom ke profil pengguna seperti alamat pengguna, info penagihan pengguna atau avatar kustom.

MB Term Meta

MB Term Meta adalah ekstensi untuk plugin Meta Box yang memungkinkan Anda untuk menambahkan kolom kustom ke istilah taksonomi seperti kategori atau tag. Plugin ini mendukung semua jenis bidang dari Meta Box dan menggunakan UI yang sama dengan area admin WordPress.

MB Settings Page

MB Settings Page adalah ekstensi untuk plugin Meta Box yang memungkinkan Anda untuk membuat opsi pengaturan tema dan pengaturan halaman cepat dan mudah dengan sintaks yang indah. Plugin ini mendukung pembuatan top-level dan sub-page. Ia menggunakan UI yang sama di area admin WordPress dan mendukung semua jenis bidang dari Meta Box.

Meta Box Conditional Logic

Meta Box Conditional Logic adalah ekstensi dari plugin Meta Box yang menyediakan sejumlah besar opsi visibilitas untuk kotak meta, bidang dan elemen HTML dan menampilkan / menyembunyikannya dengan mudah. Pengembang dapat mengontrol hubungan antara bidang dengan kuat dan membuat koneksi dan melakukan logika apa pun di antara keduanya.

Meta Box Builder

Meta Box Builder adalah ekstensi dari plugin Meta Box yang membantu Anda membuat kotak meta kustom dan bidang khusus di WordPress hanya dengan drag-and-drop dan tidak memerlukan pengetahuan coding.

Meta Box Include Exclude

Meta Box Include Exclude adalah ekstensi untuk plugin Meta Box yang membantu pengembang untuk menampilkan / menyembunyikan kotak meta hanya di beberapa halaman secara kondisional dengan ID posting, page template, kategori, tag atau taksonomi kustom. Pengembang dapat menggabungkan ketentuan untuk membuat batasan sebanyak yang mereka inginkan. Mereka juga dapat menulis fungsi kustom untuk memeriksa apakah ingin atau tidak menampilkan kotak meta.

Cara Menggunakan Meta Box Plugin

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan Plugin Meta Box adalah menginstall Plugin Meta Box melalui dashboard WordPress Anda.

Setelah plugin Anda aktifkan, Anda dapat mulai membuat kotak meta khusus untuk situs web Anda. Meta box tidak menambahkan halaman atau layar tambahan ke Dasbor WordPress. Sebaliknya, kode dimasukkan ke dalam file functions.php dari tema Anda untuk menambahkan bidang kustom ke situs WordPress Anda.

Meta Box WordPress Editor

Anda dapat mengedit file functions.php langsung melalui bagian Editor dari Dasbor WordPress. Namun, sebaiknya Anda mengedit file di luar WordPress dan mengunggahnya langsung ke server Anda, gunakan plugin gratis seperti Code Snippet untuk lebih memudahkan Anda dalam mengelola kode kustom yang Anda tambahkan ke file functions.php.

Meta Box WordPress Code Snippets Plugin

Setelah Anda memutuskan bagaimana Anda akan menambahkan kode ke situs web Anda, selanjutnya cara terbaik untuk memulai dengan Meta Box adalah menggunakan generator online gratis untuk membuat kode yang diperlukan oleh plugin.

Meta Box WordPress Generator

Generator kode memiliki beberapa tab yang digunakan untuk membantu Anda membuat kotak meta dan bidang khusus. Namun, Anda harus memiliki setidaknya pemahaman dasar tentang bidang khusus WordPress untuk memanfaatkan generator dan plugin ini. Anda bisa mempelajarinya di halaman dokumentasi online yang sudah disediakan di situs meta box disini -> Documentations.

Meta Box WordPress Generator 2

Setelah Anda memasukkan detail dasar dari meta box dan di mana ia akan ditampilkan (seperti pada posting dan / atau halaman), Anda dapat pindah ke pengaturan bidang khusus. Anda dapat memilih dari pilihan lebih dari 30 jenis bidang melalui pembuat drag-and-drop.

Meta Box WordPress Fields

Silahkan klik pada bidang yang Anda inginkan untuk di tambahkan ke meta box Anda. Anda kemudian dapat menyesuaikan detail bidang seperti menambahkan judul, deskripsi, dan informasi lainnya. Anda dapat dengan mudah mengubah posisi atau urutan bidang berkat antarmuka drag-and-drop.

Meta Box WordPress Generator 3

Jika pembuatan bidang khusus sudah selesai Anda buat, sekarang Anda bisa klik tombol ‘Generate Code’ untuk menghasilkan kode dari bidang khusus yang Anda buat.

Meta Box WordPress Code

Anda dapat me-generate kode secara langsung melalui web resmi Meta Box disini. Tapi Anda juga dapat memasang ekstensi Meta Box Builder yang telah disebutkan di atas untuk menambahkan pembangun bidang khusus secara langsung melalui dashboard WordPress Anda agar jauh lebih mudah.

Mengaktifkan Bidang Khusus di WordPress

Setelah menyalin kode yang dihasilkan, kode itu perlu ditambahkan ke file WordPress functions.php di situs Anda. Setelah Anda selesai melakukannya, meta box dan bidang khusus maka akan langsung di tampilkan di situs WordPress Anda. Mereka akan ditampilkan di lokasi yang Anda tentukan sebelumnya.

Sebagai contoh, sekarang di Editor WordPress saya sekarang memiliki kotak meta tambahan yang terdiri dari teks, URL, tanggal, dan bidang khusus WYSIWYG.

Meta Box WordPress Meta Box

Jika Anda perlu melakukan perubahan pada bidang Anda, Anda harus mengedit kode. Untuk melakukannya, Anda dapat mengubahnya langsung di file function.php Anda atau kembali ke generator kode. Saat postingan disimpan, konten yang Anda masukkan pada bidang khusus akan disimpan bersama dengan konten postingan Anda yang lain.

Menampilkan isi Konten Bidang Kustom di Front end WordPress

Selanjutnya adalah apakah Anda ingin menampilkan konten dari bidang khusus yang sudah Anda buat di bagian depan situs Anda atau tidak. Jika Anda ingin menampilkan isi konten dari bidang khusus yang sudah Anda buat tersebut maka proses untuk melakukannya melibatkan pengeditan file tema dari situs web WordPress Anda. Ada dokumentasi rinci tentang bagaimana melakukan ini dalam dokumentasi Meta Box. Jika Anda memiliki pengalaman lebih dengan kode PHP, bidang khusus, dan mengedit file tema, maka hal ini akan menentukan seberapa mudahnya hal ini dapat Anda lakukan.

Untuk menampilkan isi konten dari bidang khusus yang Anda buat dengan meta box memang membutuhkan pengalaman lebih tentang WordPress dan coding, tapi Anda masih dapat mempelajari secara perlahan melalui dokumentasi yang sudah disediakan di situs meta box atau Anda bisa bertanya pada pengguna-pengguna lain dari meta box di forum diskusi WordPress.org atau melalui repositori Github. Namun, jika Anda ingin menjamin bahwa Anda akan menerima bantuan dari tim MetaBox.io, maka belilah salah satu Add ons premium untuk meta box dan Anda akan mendapatkan akses ke saluran dukungan mereka.

Kesimpulan

Plugin Meta Box memang tidak dibutuhkan oleh semua pengguna WordPress, hanya beberapa pengguna yang mempunyai tujuan khusus atau pengembang yang sedang mengerjakan proyek yang membutuhkan bidang khusus tambahan di WordPress.

Plugin Meta Box ini memang dibutuhkan sebuah pengalaman dalam bidang coding untuk memudahkan dalam proses pembuatan bidang khusus, namun bagi pemula masih bisa menggunakan plugin ini asal mereka mau memperlajari dengan serius di bagian dokumentasi meta box yang sudah disediakan secara lengkap. Selain itu, Meta box juga menyediakan Generator kode online yang menyediakan akses mudah ke 30+ jenis bidang dan kontrol untuk menyesuaikannya. Berkat banyaknya pilihan jenis bidang, Anda harus dapat menambahkan semua bidang kustom berbeda yang dituntut oleh proyek Anda dan ini lebih memudahkan Anda.

Jika Anda saat ini sedang ingin menambahkan bidang khusus di WordPress maka Anda harus mencoba plugin Meta box dan membeli beberapa ekstensi penting untuk lebih memdahkan Anda dalam bekerja.

Dan itulah ulasan lengkap saya tentang plugin Meta Box, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan menjadi solusi mudah untuk menambahkan bidang khusus di WordPress. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Multishop Responsive Free

Multishop adalah Theme WordPress responsive gratis yang dirancang untuk situs bisnis e-commerce atau toko...

Tutorial Membuat Website WordPress Multibahasa dengan Polylang

Apakah Anda ingin menerjemahkan situs WordPress Anda dalam berbagai bahasa, atau istilahnya membuat situs...

Close