How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

10 Ukuran dan Format Iklan Banner Google AdSense Terbaik

Google AdSense memang menjadi salah satu program iklan internet yang paling populer dan banyak sekali blogger di indonesia maupun di berbagai negara lainnya menjadikan Google AdSense sebagai cara untuk menghasilkan uang dari internet.

Jika Anda saat ini baru di terima oleh Google AdSense, maka akan ada beberapa pertanyaan yang akan muncul dibenak Anda yaitu tentang Berapa ukuran iklan Google AdSense yang paling bagus, memiliki kinerja tertinggi dan menghasilkan uang atau klik terbanyak? Selain itu, juga dimana letak posisi iklan yang bagus untuk meningkatkan pendapatan Google AdSense?

GA Format Iklan Terbaik

Google AdSense memang memiliki banyak sekali format iklan yang dapat Anda pasang di blog Anda. Namun, tidak semua format iklan akan memiliki nilai pendapatan yang sama dengan format lain. Untuk itu di artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda tentang mana ukuran dan format iklan banner Google AdSense dengan performa tertinggi, dan tempat menempatkannya untuk hasil terbaik.

Baca : Panduan Lengkap Cara Daftar Google AdSense [Terbaru]

Cara Memasang Iklan Google AdSense dengan Benar di WordPress?

Sebelum kita mulai, sebaiknya Anda baca terlebih dahulu tentang panduan cara memasang Google AdSense di WordPress dengan benar.

Secara default, Anda dapat dengan mudah memasang iklan G0ogle AdSense di WordPress pada posisi sidebar. Tapi perlu di ingat bahwa tema WordPress tidak selalu sama dengan tema lainnya, Ada beberapa tema WordPress mungkin sudah membawa fitur yang memiliki area iklan khusus untuk menampilkan iklan dan tema lain tidak.

Namun, meskipun tema Anda tidak memiliki fitur area khusus untuk iklan, ada cara terbaik untuk mengelola iklan Google AdSense di WordPress dengan menggunakan plugin, salah satu plugin pengelolaan iklan yang bagus adalah AdSanity. Plugin tersebut sangat mudah digunakan dan memungkinkan Anda menyisipkan iklan dengan mudah ke area sidebars, postingan, dan di beberapa tempat lain yang Anda inginkan.

Baca : 30 Tema WordPress Gratis Sempurna Untuk AdSense dan SEO

Beberapa Alasan Kenapa Ukuran dan Format Google AdSense Banner Memiliki Perbedaan Kinerja?

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa Google AdSense memiliki pilihan yang sangat banyak untuk ukuran banner dan format iklan yang dapat Anda pasang di website Anda. Namun, tidak semua ukuran atau format memiliki hasil yang sama.

Hasil yang baik biasanya dikarenakan iklan tampil lebih dekat dengan konten dan mudah terlihat ketika halaman website Anda dimuat, dan ini akan memberi Anda RKPT yang lebih tinggi (klik per tayang). Jadi pastikan Anda memilih ukuran iklan yang memiliki nilai tinggi dan letakkan pada posisi yang terlihat, jangan memiliki iklan yang terlalu kecil karena ini tidak begitu terlihat dan juga jangan memilih iklan dengan ukuran yang terlalu besar karena akan mempengaruhi pengalaman pengguna.

Selanjutnya, faktor yang dapat mempengaruhi kinerja iklan di website Anda adalah berapa banyak pengiklan yang memilih ukuran format tersebut untuk menjalankan iklan mereka. Beberapa format iklan dan banner bisa menjadi lebih populer di kalangan pengiklan dan mereka merasa dengan format tersebut iklan mereka berhasil meningkatkan penjualan produk atau pengunjung dan ini juga bisa berdampak dengan biaya iklan pada format tersebut memiliki nilai klik yang tinggi.

Terakhir, ada beberapa format iklan yang juga dioptimalkan untuk perangkat seluler. Jika Anda memiliki website yang lebih cenderung menghasilkan lalu lintas dari smartphone, maka akan sangat di anjurkan untuk memakai format iklan yang dioptimalkan untuk perangkat smartphone.

Baca : Cara Mudah Menerima Pembayaran dari Google AdSense

Ukuran dan Format Banner Google AdSense Terbaik

Para pemain Google AdSense yang sudah berpengalaman pasti mereka sudah pernah melakukan uji coba berkali-kali untuk menentukan mana format iklan yang paling sesuai untuk website mereka. Dan bahkan para insinyur Google AdSense juga terus menjalankan tes mereka sendiri untuk melihat bagaimana kinerja iklan di website yang sedang berpartisipasi menjalankan Google AdSense.

Dan berikut adalah beberapa format dan ukuran iklan yang paling bagus dan memiliki kinerja yang lebih baik dan tentunya akan mendapatkan nilai klik dengan bayaran besar dibanding dengan ukuran yang lain. Selain pengalaman pribadi, ini juga merupakan ukuran dan format iklan yang disarankan oleh para pemain Google AdSense yang sudah berpengalaman.

1. Medium Rectangle (300 × 250)

Format iklan google adsense medium rectangle

Format iklan jenis ini mendukung iklan untuk gambar dan juga teks. Format ini juga dapat diletakkan di berbagai tempat yang strategis seperti sidebar, dalam bagian konten baik sisi atas, tengah atau bawah. Dan yang paling penting ini juga cocok untuk ditampilkan pada website untuk layout mobile.

Dengan format ukuran yang cocok untuk berbagai area website dan ini juga tergolong memiliki ukuran yang tidak besar dan juga tidak terlalu kecil maka para pengiklan lebih suka dengan ukuran banner ini. Pada website saya pribadi ukuran ini memiliki nilai tingkat klik yang tinggi. Selain itu, format iklan ukuran ini juga tidak mengganggu pengunjung Anda.

2. Large Rectangle (336 × 280)

Format iklan google adsense large rectangle

Format iklan ini menempati posisi dua untuk jenis ukuran yang bekerja dengan baik, dan ini memiliki bentuk yang sama dengan yang pertama, tapi kebanyakan untuk format iklan jenis ini tidak pas untuk diletakkan di sisi sidebar website karena jarang sekali tema website memiliki ukuran sidebar diatas 300 piksel.

Format iklan ukuran ini sangat cocok untuk Anda tempatkan pada konten disebelah tulisan sehingga tampak seperti dua kolom, dan cocok untuk Anda tempatkan pada posisi tengah, atas maupun bawah konten. Ini juga mendukung iklan untuk menampilkan gambar dan teks.

3. Leaderboard (728 × 90)

Format iklan google adsense leaderboard

Format iklan ukuran ini juga paling umum dan banyak digunakan oleh para pengiklan untuk mempromosikan produk mereka, dan ini juga sering digunakan oleh para pemain Google AdSense. Kebanyakan format iklan jenis ini sering dipasang pada bagian header website.Ini mendukung format iklan teks dan gambar namun tidak mendukung iklan seluler.

Karena format iklan leaderboard ini sering diletakkan pada bagian header dan penempatan tersebut terlihat menonjol, maka para pengiklan sering menganggap ukuran ini sangat ideal untuk mempromosikan produk mereka sehingga akan sangat mungkin nilai klik dan bayaran yang akan Anda terima juga besar dari format iklan ini.

4. Large Skyscraper (300 × 600)

Format iklan google adsense half page

Large Skyscraper adalah iklan dalam bentuk banner vertikal yang lebar, format iklan jenis ini juga sering digunakan oleh pengiklan yang menginginkan lebih banyak ruang iklan untuk mengkomunikasikan pesan mereka secara efektif pada pengunjung.

Karena ukuran yang besar, ini bisa menjadikan iklan bernilai tinggi dan juga kesempatan mendapatkan klik juga lebih besar. Namun, iklan ini mungkin akan sedikit mengganggu pengunjung Anda karena ukuran yang besar, dan lebih baik format iklan untuk ukuran ini di letakkan pada posisi sidebar atau dalam konten disamping tulisan.

5. Large Mobile Banner (320 × 100)

Format iklan google adsense mobile banner

Large Mobile Banner adalah format iklan untuk layout mobile, dan ini setara dengan format iklan leaderboard dalam hal efektivitas tapi untuk ukuran perangkat mobile. Idealnya itu bekerja paling baik bila diletakkan dibagian atas tepat di bawah header.

Karena lalu lintas seluler menghasilkan sebagian besar pengguna untuk sebagian besar website, maka format iklan ini mendapatkan inventaris iklan yang lebih baik. Format iklan jenis ini dapat ditempatkan sebagai iklan yang kurang mengganggu dan sebagai pengganti format iklan medium rectangle.

6. Mobile Banner (320 × 50)

Format iklan google adsense medium leaderboard

Mobile Banner berukuran setengah lebih rendah dibandingkan dengan format iklan large mobile banner. Untuk ukuran ini memang sedikit kurang efektif namun tidak begitu mengganggu pengunjung website Anda dan menawarkan pengalaman iklan yang lebih baik pada perangkat mboile dengan ukuran layar yang lebih kecil.

Karena saat ini banyak pengunjung yang menggunakan smartphone maka iklan untuk ukuran mobile menjadi populer di kalangan pengiklan yang berarti iklan tersebut mendapatkan inventori iklan yang cukup besar. Dengan penempatan yang tepat, ini dapat bekerja dengan sangat baik dengan lalu lintas yang bersumber dari smartphone.

7. Wide Skyscraper (160 × 600)

Format iklan google adsense wide skyscraper

Wide Skyscraper merupakan format ukuran iklan banner vertikal yang dirancang khusus untuk sidebars sempit. Ini mendukung format iklan gambar dan teks dan sangat populer di kalangan pengiklan.

Format ini juga tidak terlalu mengganggu dan bahkan akan terlihat mudah berbaur dengan desain website Anda. Iklan ini cocok untuk Anda letakkan pada bagian sidebar atau dalam konten disamping tulisan. Namun, ini kurang efektif dibanding dengan format large skyscraper yang cenderung menarik lebih banyak perhatian pengguna terhadap iklan.

8. Potrait (300 × 1050)

Format iklan google adsense portrait

Potrait adalah format iklan banner vertikal yang sedikit lebih lebar dan panjang. Karena ukurannya, format iklan ini menarik pengiklan brand-centric yang menginginkan lebih banyak ruang iklan untuk pesan mereka.

Format iklan ini lebih ideal untuk dipasang pada konten samping tulisan atau di sidebar karena lebih terlihat saat pengguna memindai konten halaman Anda. Bagian yang sulit dari penggunaan format ini tentu saja cara menempatkan di website Anda karena ukuran yang sangat besar ditambah pengunjung mungkin tidak suka dengan website Anda karena iklan yang mengganggu.

9. Billboard (970 × 250)

Format iklan google adsense billboard

Billboard adalah format iklan banner horizontal yang sangat lebar dan besar yang dapat ditempatkan secara ideal di bagian atas atau bawah halaman Anda. Ini cenderung mendapatkan iklan yang lebih baik karena ruang yang ditawarkannya kepada pengiklan, namun memiliki inventaris iklan yang lebih kecil.

Format iklan ini juga sulit diterapkan pada website Anda jika layout website tidak disesuaikan dengan iklan sebesar ini, selain itu juga sedikit pengiklan yang memilih ukuran banner ini.

10. Square (250 × 250)

Format iklan terbaik Google AdSense Square

Ini adalah ukuran iklan kotak kotak kecil dan juga sering digunakan oleh para blogger, tapi ukuran ini mungkin kurang bekinerja dengan baik. Dan kelemahannya adalah bahwa ukuran iklan ini memiliki inventaris iklan yang lebih kecil yang dapat mengakibatkan iklan berbayar rendah. Namun, jika situs Anda berada dalam industri yang kompetitif, maka itu bisa berjalan dengan sangat baik tanpa mempengaruhi pengalaman pengguna.

Tips untuk memaksimalkan jumlah ruang iklan Anda

Memaksimalkan ruang iklan Anda dengan benar tentu akan menjadikan Anda dapat menghasilkan uang yang lebih banyak dari Google AdSense, dan berikut adalah beberapa tips untuk memastikan bahwa Anda memanfaatkan sepenuhnya potensi website Anda saat menggunakan Google AdSense untuk menghasilkan pendapatan blog.

  • Uji berbagai penempatan iklan – Coba beberapa format iklan yang berbeda untuk mengetahui format iklan mana yang memberi Anda RKPT yang lebih baik dan format mana yang memberi Anda iklan yang buruk.
  • Tampilkan beberapa iklan – Google AdSense memungkinkan Anda menggunakan hingga 3 unit iklan di halaman. Cobalah berbagai penempatan dan format iklan untuk menguji kombinasi mana yang paling sesuai untuk Anda. Perlu di ingat bahwa unit iklan bukan berarti jumlah iklan karena satu unit iklan bisa Anda gunakan untuk menampilkan 2, 3 bahkan lebih.
  • Utamakan pengunjung – Meskipun pendapatan iklan penting untuk kelangsungan hidup banyak situs web, Anda juga perlu memikirkan pengunjung atau pengguna Anda. Menempatkan iklan dengan cara yang mempengaruhi pengalaman pengguna akan mempengaruhi keterlibatan pengguna di website Anda dan juga SEO website Anda.
  • Optimalkan kinerja website – Penelitian menunjukkan bahwa website yang lebih cepat biasanya mendapatkan pemirsa yang lebih terlibat dan ini berarti RKPT lebih tinggi untuk iklan Anda.

Baca : Cara Mempercepat Loading Website Blog WordPress

Dan itulah pembahasan lengkap tentang 10 format iklan banner atau spanduk Google AdSense yang terbaik dan menghasilkan nilai klik lebih tinggi, semoga artikel ini membantu Anda menemukan ukuran dan format iklan Google AdSense dengan kinerja tertinggi.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Spa and Salon Responsive Free

Spa and Salon adalah Tema WordPress Responsive Gratis yang didesain dengan elegan yang cocok...

Alasan Mengapa Jagoanhosting Adalah Penyedia Cloud Hosting Terbaik di Indonesia

Halo Sobat Jagoan, seperti yang Sobat sekalian tahu bahwa beberapa tahun belakangan keberadaan profesi...

Close