fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Verifikasi Usia Pada Website WordPress

Diantara kita pasti sering menemui ada konten di website yang ketika kita kunjungi akan muncul peringatan verifikasi usia, dan sebelum kita melakukan verifikasi usia tersebut maka tidak akan dapat melihat konten tersebut. Hal ini banyak digunakan pada situs-situs berita dan juga ada beberapa blogger menggunakan fitur verifikasi usia ini. Bahkan Google sendiri juga menerapkan fitur verifikasi usia jika terdapat konten video YouTube yang tidak patut di tonton oleh pengguna dibawah umur.

Jika Anda seorang blogger yang mungkin memuat konten dewasa dan agar tidak terkena masalah hukum dan bahkan Google mungkin juga akan memberikan tindakan yang tegas bagi pembuat konten yang menyalahi aturan. Demi keamanan, maka Anda bisa menerapkan Age Verifications ini pada situs web Anda.

Nah, jika Anda ingin menambahkan fitur verifikasi usia ke situs web WordPress Anda? Maka pada artikel ini, saya akan menjelaskan secara lengkap bagaimana Anda dapat menambahkan verifikasi usia pada website WordPress Anda.

Baca : CrazyRocket Pop UP – Cara Mudah Membuat Pengunjung Menjadi Pembeli

Menambahkan verifikasi usia ke situs web WordPress

Untuk memasang verifikasi usia di WordPress, Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Age Gate. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara menginstall plugin WordPress.

Setelah aktivasi, plugin menambahkan item menu baru dengan nama “Age Gate” di area admin WordPress Anda. Silahkan klik menu baru tersebut dan Anda akan dibawa ke halaman pengaturan plugin.

verifikasi usia age gate settings

Pertama, Anda harus memasukkan usia minimum yang disyaratkan untuk verifikasi. Setelah itu, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menerapkan batasan verifikasi usia pada semua atau hanya pada konten yang dipilih.

Opsi ‘Varied Age’ memungkinkan Anda memilih persyaratan usia minimum yang berbeda untuk posting dan halaman berbeda di situs WordPress Anda.

Untuk verifikasi umur, plugin menyediakan tiga opsi. Anda dapat menampilkan formulir di mana pengguna dapat memasukkan usia mereka, kotak drop-down, atau tombol “Yes atau No”.

Anda juga dapat mengizinkan pengguna untuk mengingat verifikasi usia atau melanjutkan dan mengaktifkan opsi ‘Remember me’ secara default. Ini akan membuat pengguna Anda tidak akan melihat pesan verifikasi usia setiap kali mereka mengunjungi situs web Anda.

Setelah selesai mengonfigurasi pengaturan, lanjutkan dan klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan konfigurasi pengaturan Anda. Anda sekarang dapat mengunjungi situs web Anda dan melihat apakah fitur age gate Anda bekerja dengan baik. Dan jika bekerja maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

tampilan default verifikasi usia

Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa Layar verifikasi usia secara default memiliki tampilan yang terlihat sangat tidak menarik. Namun jangan khawatir karena Anda masih bisa membuatnya terlihat lebih menarik, mari kita lihat bagaimana cara mengubahnya dan membuatnya terlihat lebih baik.

Mempercantik Tampilan Verifikasi Usia

Plugin Age Gate memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan layar verifikasi usia dengan mudah dan bahkan memasukkan pesan tertentu sesuai keinginan Anda sendiri.

Pertama, klik pada tab ‘Messagges’ pada halaman pengaturan plugin. Dari sini, Anda dapat mengubah pesan verifikasi usia. Anda dapat memberikan judul, deskripsi, syarat dan ketentuan, kebijakan privasi, dan informasi lain yang ingin Anda tampilkan.

verifikasi usia message

Jangan lupa mengklik tombol “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan Anda.

Selanjutnya, Anda perlu beralih ke tab ‘Appearance’ di halaman pengaturan plugin. Dari sini, Anda dapat mengubah warna background, warna latar depan, gambar latar belakang, warna teks, dan banyak lagi.

age verify appearance

Setelah mengubah pengaturan tampilan, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan.

Anda sekarang dapat mengunjungi situs web Anda lagi dan lihat layar verifikasi usia apakah sudah sesuai dengan keinginan Anda. Jika belum maka Anda bisa menyesuaikan lagi.

age gate plugin

Jika Anda mengalami masalah dengan halaman layar verifikasi usia Anda, maka beralihlah ke tab ‘Advanced’ pada halaman pengaturan plugin.

Masalah yang paling mungkin Anda lihat disebabkan oleh konflik dengan plugin caching WordPress Anda atau caching yang diaktifkan oleh layanan hosting WordPress Anda.

Jika demikian, Age Gate dilengkapi dengan versi JavaScript yang dapat Anda aktifkan dari tab Advanced di halaman pengaturan Age Gate.

advanced age verify

Anda juga dapat mengaktifkan pengaturan lanjutan lainnya dari halaman ini seperti dukungan Gutenberg, menambahkan aturan CSS khusus, dan mengaktifkan verifikasi usia anonim.

Mengatur Layar Age Gate untuk Postingan Tertentu

Jika Anda memilih opsi “Varied Age” atau “Selected Content” di halaman pengaturan plugin, maka Anda dapat mengaktifkan verifikasi usia untuk setiap posting dan halaman.

Cukup edit postingan atau halaman, dan Anda akan melihat opsi pembatasan usia “Restricted Age” di bagian meta box “Published”.

verifikasi umur posting

Jika Anda menjalankan toko online, dan beberapa produk Anda menjual barang untuk orang dewasa misal rokok atau alat kontrasepsi, maka Anda juga dapat menggunakan opsi ini untuk memberikan peringatan batasan usia pada produk tertentu di situs Anda.

Baca : Cara Membuat Pesan Konfirmasi Publish Pada Postingan WordPress

Saya harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara membuat verifikasi usia di WordPress. Anda juga mungkin ingin melihat panduan keamanan WordPress lengkap dari saya untuk menjaga situs Anda aman dan aman.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Google Meluncurkan Aplikasi Galeri Baru Bernama Gallery Go yang Lebih Ringan

Google telah resmi meluncurkan aplikasi baru untuk galeri foto yang lebih ringan bernama "Gallery...

3 Layanan Sistem Pembayaran Online Terbaik Selain PayPal

PayPal telah menjadi sistem layanan pembayaran online paling populer diseluruh dunia dan ini merupakan...

Close