How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Pesan Konfirmasi Publish Pada Postingan WordPress

Bagi para blogger yang menggunakan platform CMS WordPress tentunya sering mengalami hal semacam ini, yaitu secara tidak sengaja menekan tombol “Publish” padahal tulisan belum benar-benar selesai atau membutuhkan pengecekan ulang sebelum benar-benar di publikasikan, atau bisa jadi ketika Anda ingin melakukan schedule atau penjadwalan artikel tapi malah secara tidak sengaja menekan tombol publish yang mengakibatkan tulisan terpublish sebelum waktunya.

Pesan Konfirmasi Publish

Di WordPress memang sudah dibekali dengan tombol “Draft” untuk menyimpan tulisan sementara waktu sebelum di publish, dengan fitur Draft ini Anda bisa melanjutkan tulisan Anda di lain waktu. Tapi meskipun ada tombol “Draft” kita mungkin akan tetap mengalami kesalahan yang tidak sengaja menekan tombol “Publish”. Hal tersebut sering terjadi juga pada saya sendiri dan bahkan blogger yang paling berpengalaman juga tidak sengaja menekan tombol “Publish” sebelum waktunya.

Untuk meminimalisasi kesalahan tersebut, Pada artikel ini saya akan menunjukkan cara untuk menghindari kesalahan penerbitan artikel di WordPress dengan membuat pesan konfirmasi sebelum artikel di publish. Disini saya akan membagikan dua cara yaitu menggunakan plugin dan manual.

Kenapa Anda Perlu Membuat Pesan Konfirmasi Publish?

Pesan konfirmasi publish adalah fitur sederhana tapi akan sangat bermanfaat untuk blog Anda. Ini sebenarnya hanyalah sebuah pesan konfirmasi yang muncul ketika Anda menekan tombol “Publish” yang ditampilkan dalam bentuk pesan pop-up yang menanyakan “Apakah Anda yakin ingin mempublish artikel sekarang?”, dan Anda akan diberi dua pilihan untuk memilih Iya atu Tidak. Fitur sederhana semacam inilah yang merupakan cara mudah untuk mengatasi kesalahan penulisan dan kesalahan penerbitan artikel di blog Anda.

Berikut beberapa manfaat positif ketika Anda menerapkan cara ini pada situs WordPress Anda :

  • Fitur ini bisa menghentikan publikasi artikel yang tidak disengaja.
  • Fitur ini akan sangat bermanfaat ketika Anda memiliki beberapa penulis di situs Anda karena setiap penulis mungkin tidak seteliti penulis lain.
  • Fitur ini dapat mencegah email otomatis dan update artikel ke media sosial. Banyak blogger yang mengintegrasikan media sosial dan kampanye email mereka dengan WordPress. Jadi, kapan pun ada posting baru, media sosial Anda akan diperbarui secara otomatis, tentu ini akan sangat merugikan Anda ketika artikel yang belum sempurna sudah tersebar.
  • Menambahkan fitur ini tidak akan memengaruhi kegunaan atau kinerja situs Anda. Ini hanya sebuah klik ekstra sebelum menerbitkan posting baru.

Itulah beberapa manfaat positif yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan cara ini, tapi hal ini tidak harus Anda lakukan untuk menambahkan pesan konfirmasi publish pada blog Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan blog dengan satu penulis dan Anda tidak pernah mengalami masalah dengan publikasi artikel yang tidak disengaja, Anda mungkin akan aman-aman saja. Namun, fitur ini sangat di rekomendasikan untuk situs WordPress dengan banyak penulis, untuk meminimalkan risiko.

1. Menggunakan Plugin Publish confirm

Menggunakan plugin Publish Confirm ini merupakan cara termudah untuk mengaktifkan pesan konfirmasi untuk WordPress. Plugin ini bekerja dengan baik pada posting, halaman, dan bahkan jenis posting kustom. Dan yang menarik adalah pesan akan secara otomatis berhenti muncul setelah Anda benar-benar mempublikasikan postingan, jadi Anda tidak perlu melihat pesan pop up ini muncul ketika mengupdate artikel Anda.

Plugin Publish Confirm

Anda juga dapat dengan mudah memodifikasi isi pesan sesuai dengan keinginan Anda dan bahkan Anda juga dapat men-tweak beberapa baris kode jika Anda sudah terbiasa dengan coding karena plugin ini tidak memiliki pengaturan sama sekali, jadi ketika Anda mengaktifkan plugin ini maka secara otomatis plugin akan bekerja.

2. Menggunakan Cara Manual Dengan Kode

Untuk cara kedua ini memang sedikit lebih rumit dan disarankan untuk pengguna WordPress yang sudah terbiasa dengan code. Caranya silahkan copy code dibawah ini dan paste pada file functions.php di theme WordPress Anda atau pada Child Themes Anda. setelah itu simpan dan coba buat postingan baru, dan coba tekan publish maka akan muncul pesan pop up dengan tulisan “Apakah Anda Yakin Ingin Mempublish Artikel ini?”.

/* Membuat konfirmasi Publish */
$c_message = 'Apakah Anda Yakin Ingin Mempublish Artikel ini?';
 
function confirm_publish(){
 
global $c_message;
echo '<script type="text/javascript"><!--
var publish = document.getElementById("publish");
if (publish !== null) publish.onclick = function(){
    return confirm("'.$c_message.'");
};
// --> </script>';
}
add_action('admin_footer', 'confirm_publish');

Itulah dua cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat pesan konfirmasi sebelum artikel terpublish. Anda bisa memilih salah satu yang menurut Anda cocok dan mudah untuk diterapkan. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba. 🙂

Baca : Cara Nonaktifkan atau Disable Klik Kanan Pada WordPress.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Anariel Responsive Free

Anariel adalah Theme WordPress Responsive Gratis yang di desain untuk blog Fashion yang berkelas...

Cara Menghapus atau Menghilangkan Pocket di Mozilla Firefox

Browser Mozilla Firefox setelah merilis update versi 38 membawa dua fitur baru yang langsung...

Close