fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Penjelasan dan Cara Instal Plugin Google Site Kit WordPress

Google telah merilis plugin Site Kit versi 1.0 untuk WordPress 6 bulan lalu, dan sekarang Google telah merilis versi penuh untuk plugin Google Site Kit dan saya disini begitu antusias untuk membahasnya secara lengkap.

Seperti yang kita ketahui bahwa bukan rahasia lagi bahwa integrasi antara Google dan WordPress selalu luar biasa.

Meskipun Google memiliki platform blogging bernama Blogger.com (Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com Lengkap), mereka tetap memandang WordPress sebagai CMS paling populer di luar sana dan Google menerima sejumlah besar pertanyaan tentang WordPress, dan kini mereka menjawabnya dengan plugin keren mereka untuk WordPress yang bernama Google Site Kit.

Untuk meningkatkan integrasi, Google telah melangkah maju dan merilis plugin open-source Google Site Kit untuk WordPress, yang dapat digunakan oleh pemilik situs web untuk memantau, menganalisis, dan meningkatkan kinerja situs web secara efektif langsung melalui dashboard WordPress.

Dimana ini merupakan kabar yang sangat bagus bagi kebanyakan pengguna WordPress yang terbatas oleh dana, karena banyak plugin sejenis mengharuskan Anda untuk membayar, Google merilis plugin dengan fungsional lebih lengkap dan sederhana dengan gratis.

Apa itu Google Site Kit?

Pada saat sejak pertama Google merilis Site Kit, dalam versi beta Google mengatakan secara drastis masih ingin menyederhanakan pengaturan, memperbaiki bug, dan memoles arus pengguna utama. Dan kini versi full sudah dirilis dan siap untuk Anda gunakan secara penuh di situs WordPress Anda.

Dengan plugin Google Site Kit, akan memungkinkan pengguna WordPress untuk mengakses data dari produk Google langsung dari dashboard situs mereka. Plugin ini mengumpulkan data dari Google Search Console, Google Analytics, PageSpeed ​​Insights, dan Google AdSense.

Dengan Site Kit tidak diperlukan pengeditan kode tambahan, yang membuatnya mudah untuk menyiapkan produk seperti Google Analytics untuk mereka yang tidak memiliki pengalaman coding sekalipun.

Dengan Google Site Kit di WordPress Anda, Anda akan mendapatkan keuntungan seperti:

  • Bekerja lebih cerdas dan tingkatkan kinerja PPC Anda.
  • Kelola dan optimalkan iklan online Anda dengan platform yang canggih.
  • Menyederhanakan pekerjaan Anda dan analisis Anda dalam satu platform.
  • Anda dan tim lain dapat dengan mudah mengakses data dari produk Google dengan masuk ke dashboard WordPress.
  • Anda dapat melihat status kinerja dan rekomendasi peningkatan langsung dari Google
  • Site Kit memungkinkan Anda untuk menetapkan peran dan izin dan memastikan hanya orang yang relevan yang dapat melihat data.

Untuk memanfaatkan Site Kit secara maksimal, Google merekomendasikan untuk meninjau dashboard utama setidaknya setiap minggu. Anda juga dapat memeriksa statistik setiap halaman dengan menavigasi ke halaman dan mengklik Site Kit di sidebar admin Anda.

Dengan data ini, Google merekomendasikan untuk membandingkan halaman berkinerja terbaik dan melihat bagaimana orang menemukannya. Ini dapat membantu Anda menemukan tren, seperti topik mana yang paling banyak terlibat di Twitter, yang mendapatkan paling banyak keterlibatan di Facebook, dan sebagainya.

Antarmuka Google Site Kit

google site kit dashboard

Antarmuka Google Site Kit sangat minimalis namun memberikan informasi menyeluruh dengan semua detail penting di tempat yang tepat.

Dalam dashboard hanya berisi item data utama dari Search Console, bersama dengan jumlah tayangan dalam hasil pencarian, jumlah pengunjung di situs web Anda yang masuk melalui istilah pencarian ini.

Di bagian Popularitas, Anda akan memiliki kueri paling populer untuk situs web Anda dan jumlah tayangan untuk setiap kueri.

Terakhir, bagian PageSpeed ​​Insights menyediakan informasi kinerja situs web utama termasuk data kecepatan pengguna sungguhan, waktu tampilan per pengguna untuk versi seluler dan desktop.

Fitur Google Site Kit

Google Site Kit mengambil data manajemen dan kinerja situs web dari Google dan menampilkannya tepat di dashboard WordPress. Setelah Anda menginstal Google Site Kit di WordPress, Anda bisa mendapatkan data sama persis dan langsung di Dashboard WordPress dari produk-produk Google berikut :

Google Search Console

Google Search Console adalah alat yang hebat untuk menganalisis kinerja situs web di Google Search. Ini melaporkan status pengindeksan, lalu lintas, dan metrik optimasi mesin pencari (SEO) signifikan lainnya.

Google AdSense

Google AdSense adalah platform terkemuka di industri periklanan untuk menjalankan iklan kontekstual di situs web WordPress Anda. Ini adalah salah satu jaringan monetisasi / periklanan terbaik di pasaran saat ini dan sebagai sumber penghasilan utama para blogger dan situs-situs besar di seluruh dunia.

Google Analytics

Google Analytics adalah alat pelacakan pengunjung standar industri yang menyediakan berbagai cara untuk melacak perilaku pengunjung, statistik lalu lintas waktu-nyata, perjalanan pengunjung di situs web Anda, dan metrik kinerja penting lainnya seperti rasio pentalan, jumlah pengunjung (baru dan kembali) yang ada di situs web Anda.

Google PageSpeed ​​Insights

Alat Google yang populer ini membantu untuk cek kecepatan website dan memberikan informasi pada webmaster untuk mengoptimalkan situs web mereka untuk memiliki website dapat dimuat lebih cepat pada perangkat pengunjung. Untuk mendapatkan informasi ini, cukup masukkan URL dan Anda akan melihat tingkat kinerja untuk pengunjung Mobile dan Desktop bersama dengan rekomendasi dan tips.

Penting

Jika Anda sebelumnya sudah mendaftarkan situs Anda pada layanan Google seperti Google Search Console, Google Analytics dan lainnya maka proses konfigurasi akan sangat mudah dan tinggal menghubungkan dengan akun Google Anda, tetapi jika belum maka proses pengaktifan untuk masing-masing produk Google akan sedikit memakan waktu dan membutuhkan beberapa konfigurasi.

Namun, perlu di ingat bahwa yang terpenting dari penggunaan Google site kit ini adalah produk seperti Google Search Console, Google Analytics dan PageSpeed Insights. Jadi, meskipun situs web Anda belum diterima ketika daftar Google AdSense, maka Anda tetap bisa menggunakan plugin ini. Karena masing-masing layanan dari produk Google dalam Google Site Kit ini bisa Anda aktifkan satu persatu dan Anda non aktifkan untuk layanan yang tidak ingin Anda integrasikan.

Jika Anda belum mendaftarkan situs web Anda ke layanan Google tersebut Anda bisa membaca di artikel berikut untuk daftar secara terpisah:

Namun, jika Anda ingin mendaftar secara langsung ketika set up Site Kit, maka cara tersebut lebih mudah dan konfigurasi untuk Search Console dan Google analytics yang sama dengan link artikel diatas.

Dalam panduan ini saya anggap Anda sudah mendaftarkan situs web Anda pada produk Google tersebut. Dan mari kita mulai :

Cara Instal Google Site Kit di WordPress

Untuk mulai menggunakan dengan Site Kit, cukup instal dari dashboard WordPress Anda seperti ketika Anda menginstal plugin lainya, dan plugin Google Site Kit sudah tersedia di plugin library WordPress.

Instal Plugin Google Site Kit WordPress

Setelah menginstal plugin Google Site Kit, klik tombol Activate Plugin.

Setelah Google Site Kit aktif di situs WordPress Anda, klik tombol Start Setup untuk mengintegrasikan layanan Google dalam situs web WordPress Anda.

Google Site Kit Start Setup

Selanjutnya Anda akan di bawah pada halaman selamat datang di Site Kit Google dan menunjukkan informasi tentang nama domain situs WordPress Anda dan meminta Anda untuk melakukan verifikasi akun bahwa Anda adalah sebagai pemilik nama domain tersebut di akun Google Anda. Klik tombol Sign in with Google.

Google Site Kit Start Setup 2

Silahkan masuk dengan akun Google Anda dan ijinkan Site Kit untuk mengakses akun Google Anda dengan klik tombol Allow.

Google Site Kit Start Setup 3

Sekarang Anda sudah berhasil melakukan verifikasi situs web WordPress dengan akun Google Anda, dan sekarang Site Kit meminta Anda untuk mengijinkan situs Anda untuk mengakses data dari Google Search Console Anda. Klik Allow.

Google Site Kit Start Setup 4

Sekarang selamat Site Kit sudah selesai Anda integrasikan dengan situs web Anda. Tiga proses integrasi seperti verifikasi kepemilikan, mengijinkan situs mengakses data di akun Google dan Set up Search Console telah selesai Anda lakukan. Sekarang klik tombol Go to my Dashboard untuk masuk ke dasbor WordPress Anda dan melihat bagaimana Site Kit menampilkan data di situs WordPress Anda.

Google Site Kit Start Setup 5

Dan sekarang Anda sudah berhasil melakukan set up Google Site Kit dan menghubungkan Search Console dengan benar, Anda akan melihat status Connected dibawah Search Console dan melihat data ditampilkan seperti jumlah impresi dan klik.

Google Site Kit Start Setup 6

Sekarang Anda bisa melanjutkan untuk menghubungkan Google Site Kit dengan Google Analytics. Caranya cukup mudah asal Anda sudah mendaftarkan website Anda di Google Analytics sebelumnya.

Anda hanya perlu klik Connect Service dibawah Analytics dan Anda akan dibawah ke halaman untuk menghubungkan akun Google Anda dengan Site Kit. Cukup klik tombol Allow dan Anda akan dibawa pada dashboard WordPress Anda untuk menyelesaikan konfigurasi. Silahkan klik tombol Configure Analytics.

Google Site Kit Google Analytics 1

Dan selesai, Anda sekarang sudah menghubungkan Site Kit dengan Google Analytics dan grafik pengunjung situs Anda sekarang ditampilkan di dashboard WordPress Anda dan sekarang Anda dapat melihat grafik bersumber dari Google Analytics secara live seperti gambar dibawah ini.

Google Analytics Site Kit

Terkahir untuk melihat kecepatan website Anda, aktifkan Google PageSpeed Insight di Site Kit dengan menekan tombol Connect Service dibawah Kolom PageSpeed Insight. Dan Anda akan bisa langsung melihat berapa kecepatan loading website Anda di bagian paling bawah, Anda akan melihat informasi kecepatan dalam versi mobile dan Desktop dan juga waktu muat halaman.

Google PageSpeed Insight Kit Site

Dan itulah penjelasan lengkap tentang apa itu Google Kit Site WordPress dan panduan cara instal dan set up konfigurasi Google Site Kit di situs web WordPress Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lewatkan untuk segera menggunakan plugin ini di situs WordPress Anda. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Sistem Pembayaran E-Wallet Dompet Digital dan Cara Kerjanya

E-wallet atau dompet digital telah menjadi sangat populer di seluruh dunia dan merupakan salah...

5+ Layanan Web Hosting Gratis Terbaik (100% Gratis)

5 Layanan Web Hosting Gratis Terbaik (100% Gratis) - Layanan web hosting adalah salah...

Close