How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Membuat Website Download di WordPress dengan Simple Download Monitor

Apakah Anda sedang ingin membuat website untuk berbagi file dan mengijinkan pengunjung Anda untuk mendownload file tersebut? maka menggunakan platform WordPress bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda. Karena WordPress selain memiliki keunggulan dalam SEO juga memiliki berbagai macam plugin yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas pada WordPress seperti kemampuan untuk mengubah WordPress menjadi situs download.

Simple Download Monitor

Atau mungkin Anda seorang blogger yang ingin membagikan ebook gratis atau berbagai macam jenis file seperti video, music, pdf dan lainnya kepada pengunjung Anda maka untuk membuatnya menjadi lebih mudah dalam memanajemen atau mengelola file download yang Anda bagikan bisa menggunakan plugin bernama Simple Download Monitor.

Simple Download Monitor

Apa itu Simple Download Manager?

Simple Download Monitor adalah plugin gratis yang berfungsi untuk mengelola file yang dapat didownload di situs WordPress dengan mudah dan cepat. Selain itu Anda dapat memonitor semua file digital dan melihat laporan berapa kali file telah didownload oleh pengunjung Anda. Plugin juga memiliki antarmuka yang sangat user-friendly untuk mengupload, mengelola, memantau dan melacak unduhan file.

Selain itu plugin Simple Download Monitor juga memiliki fitur untuk melindungi file dan dokumen dimana hanya pengunjung terdaftar yang bisa mendownload file tersebut, jadi pengunjung harus login terlebih dahulu sebelum mendownload file.

Dengan plugin ini Anda juga dapat mengkonfigurasi file yang dapat didownload dari dasbor admin WordPress yang memiliki antarmuka pengguna yang elegan. Plugin akan mencatat alamat IP pengguna yang mendownload file dan dokumen digital Anda. Plugin juga akan mencatat tanggal dan waktu setiap file Anda di download.

Baca : Cara Membuat dan Mengelola Program Afiliasi di WordPress dengan WP Affiliates Manager

Fitur Simple Download Monitor

Meskipun plugin ini sederhana tapi memiliki banyak sekali fitur keren yang lengkap untuk membuat website download. Berikut adalah beberapa fitur dari plugin simple download monitor yang akan Anda dapatkan :

  • Tambahkan, edit dan hapus unduhan sangat mudah.
  • Drag and drop file dan upload dokumen.
  • Menambahkan kategori dan tag ke file dan dokumen yang dapat didownload.
  • Editor yang mudah untuk mengedit deskripsi item download.
  • Gunakan shortcode untuk menampilkan tombol unduh sekarang di postingan atau halaman WordPress.
  • Menampilkan tombol Download Now yang dapat dilacak untuk file Anda di manapun di situs Anda.
  • Terdapat shortcode untuk membuat link download langsung untuk sebuah file. Berguna untuk hotlinking.
  • Download counter untuk setiap file.
  • Kemampuan untuk mengatur download count offset untuk setiap file.
  • Melacak alamat IP pengguna yang mendownload file Anda.
  • Melacak tanggal dan waktu setiap unduhan file.
  • Melacak nama pengguna yang mendownload file.
  • Pilihan untuk mengatur download aman untuk file Anda (URL file download akan disembunyikan).
  • Pilihan untuk mengupload gambar thumbnail untuk setiap file yang dapat didownload.
  • Terdapat berbagai macam template yang bagus untuk menampilkan tombol Download.
  • Kemampuan untuk mencari dan mengurutkan file yang dapat didownload di dasbor admin.
  • Melacak jumlah unduhan untuk setiap file Anda.
  • Melacak negara pengunjung.
  • Melihat laporan jumlah unduhan harian.
  • Shortcode WordPress untuk menyematkan tautan unduhan untuk file.
  • Tombol Tinymce di editor posting / halaman WordPress sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan shortcode.
  • Anda dapat menyesuaikan teks tombol “Download Now” dari item ke apapun yang Anda inginkan.
  • Kemampuan untuk menambahkan tombol download now ke widget sidebar Anda.
  • Buat tombol download password protected now. Pengguna hanya bisa mendownload file jika mereka memasukkan kata sandi yang benar.
  • Shortcode untuk menampilkan download counter dari sebuah file.
  • Shortcode untuk menampilkan semua download dari kategori tertentu.
  • Shortcode untuk menyematkan file tree browser untuk file yang dapat didownload. Browser file berbasis ajax dan ini menunjukkan file terstruktur menurut kategori.
  • Kemampuan untuk membuka download di jendela browser baru atau tab. Saat pengguna mengklik tombol unduhan, Anda akan membuka jendela atau tab baru.
  • Kemampuan untuk menampilkan unduhan Anda dalam tampilan grid.
  • Ekspor semua file download log ke file CSV.
  • Kemampuan untuk mengatur ulang entri log.
  • Shortcode untuk menampilkan sejumlah download terbaru untuk pengunjung Anda.
  • Kemampuan untuk menonaktifkan download monitoring (logging) untuk item tertentu (atau semua item).
  • Kemampuan untuk hanya memonitor download dari alamat IP yang unik saja.
  • Pilihan untuk menampilkan info ukuran file sehingga bisa ditunjukkan kepada pengunjung anda.
  • Pilihan untuk menampilkan nomor versi info untuk item download sehingga bisa ditunjukkan ke pengunjung Anda.
  • Pilihan untuk membatasi unduhan hanya untuk pengguna yang masuk.

Cara Menggunakan Plugin Simple Download Monitor

Untuk memulai membuat website download, silahkan untuk menginstall plugin Simple Download Monitor melalui admin WordPress Anda pada menu Plugins » Add New. Cari plugin dengan mengetikkan nama “Simple Download Monitor” dan Install plugin tersebut.

Simple Download Monitor Plugin

Aktifkan plugin dan Anda akan melihat item menu baru ditambahkan pada sidebar dashboard WordPress Anda dengan nama “Downloads”. Dan silahkan konfigurasi plugin dengan masuk ke menu “Settings”.

Simple Download Monitor Setting

Pada halaman pengaturan ini terdapat beberapa pilihan seperti untuk menyembunyikan jumlah hitungan file yang sudah di download, menyembunyikan URL tempat file disimpan, mengaktifkan pilihan untuk hanya pengguna terdaftar yang bisa mendownload, pengaturan log, pilihan template tombol download now dan debug. Jika Anda tidak ingin melakukan perubahan apapun pada bagian pengaturan ini, Anda bisa meninggalkan pengaturan secara default.

Simple Download Monitor Setting 2

Setelah konfigurasi pada halaman pengaturan selesai Anda lakukan Anda bisa langsung memulai untuk membagikan file Anda untuk bisa di download oleh pengunjung Anda. Caranya silahkan masuk ke menu Downloads » Add New.

Pada halaman untuk menambahkan file download ini Anda akan melihat persis seperti editor di postingan WordPress. Silahkan untuk mengisi nama judul untuk file download Anda pada kolom Title dan mengetikkan deskripsi pada area editor dibawahnya.

Simple Download Monitor Editor

Pada bagian bawah area editor terdapat bagian “Download File”, disini Anda bisa memasukkan URL dari file yang akan di download, atau mengambil file dari Media situs WordPress Anda dengan klik tombol “Select File” dan mengupload file tersebut jika belum terdapat pada media library Anda. Mengupload file juga semudah mengupload file lainnya dengan drag and drop. Jika sudah pilih file tersebut dan klik tombol “Insert” maka kolom URL akan terisi sesuai dengan URL dimana file Anda berada.

Simple Download Monitor Editor 2

Pada bagian “PHP Dispacth or Redirect” Anda bisa mengaktifkan pilihan ini jika URL file download Anda ingin disembunyikan dari pengunjung, hal ini untuk mengamankan letak dari URL file Anda disimpan.

Simple Download Monitor Editor 3

Pada bagian “File Thumbnail” Anda bisa memasang gambar display untuk file download Anda. Caranya seperti halnya ketika Anda ingin menambahkan file download dengan klik tombol “Select Image” piliha gambar atau upload jika belum ada di media library dan klik tombol “Insert” untuk memasang. Bagian ini adalah opsional sehingga Anda bisa membiarkan kosong atau memasangnya.

Simple Download Monitor Editor 4

Pada bagian “Statistic” disini Anda dapat melihat berapa file telah didownload dan Anda dapat memasukkan jumlah nilai untuk Offset Count. Dibagian bawahnya juga terdapat pilihan untuk menonaktifkan pilihan login untuk pengunjung yang ingin mendownload file.

Simple Download Monitor Editor 5

Pada bagian “Other Details” terdapat dua kolom yang bisa Anda isi dengan ukuran file dan versi dari file yang Anda bagikan. Informasi ini akan ditampilkan pada pengunjung Anda sehingga mereka mengetahui berapa ukuran file dan versi dari file tersebut.

Simple Download Monitor Editor 6

Pada bagian “Shortcodes” terdapat dua shortcode yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan file download Anda pada berbagai tempat. Shortcode pertama akan menampilkan jumlah file terdownload dan yang kedua tidak ditampilkan.

Simple Download Monitor Editor 7

Selanjutnya Anda bisa membuat kategori dan tags untuk file download Anda dibawah tombol publsih. Hal ini bertujuan untuk mengelompokkan file download Anda dan memudahkan dalam pengelolaan sekaligus juga akan menjadikan lebih SEO Friendly. Jika semuanya sudah selesai, Anda bisa langsung mempublikasikan file download dengan klik tombol “Publish”.

Sebagai contoh disini saya akan mencoba untuk memasang file download pada bagian postingan WordPress. Silahkan buka artikel yang sudah ada atau membuat yang baru. Silahkan untuk menempatkan kursor pada area yang Anda inginkan, bisa diatas tulisan, tengah atau bawah sesuai dengan keinginan. Dan klik icon “SDM Downloads Monitor” maka akan memunculkan popup untuk Anda memilih judul file download, pilihan untuk mengaktifkan fancy box, warna tombol dan pilihan untuk buka ditab baru. Jika sudah silahkan klik tombol “Insert SDM Shortcode”.

Simple Download Monitor shortcode

Dan sekarang file download akan ditampilkan pada artikel Anda dan siap untuk didownload oleh pengunjung Anda. Berikut adalah tampilan dari file download yang ditampilkan di postingan.

Simple Download Monitor Preview

Anda juga dapat melihat laporan statistik file download Anda secara lengkap pada menu Downloads » Stats. Disitu anda bisa melihat statistik laporan yang ditampilkan berdasarkan tanggal, bulanan, tahunan dan statistik download berdasarkan negara.

Simple Download Monitor Stats

Kesimpulan

Membuat website download atau berbagai file ke pengunjung situs Anda terasa lebih mudah dan cepat dengan plugin Simple Download Monitor sepenuhnya gratis untuk Anda download dan gunakan, meskipun plugin ini sederhana tapi memiliki fitur yang lengkap dan sudah memenuhi kebutuhan Anda untuk membuat website download. Plugin juga memiliki laporan statistik yang jelas dan detail sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pelacakan. Namun sayangnya plugin ini belum memiliki fitur untuk menjual barang digital dan mendukung sistem pembayaran seperti plugin lainnya.

Baca : Simple Membership – Plugin Gratis untuk Membuat Situs Keanggotaan di WordPress

Dan itulah ulasan lengkap saya tentang plugin Simple Download Monitor, Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan solusi pilihan plugin yang cocok untuk membuat website download atau berbagi file dengan pengunjung situs Anda. Selamat mencoba 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Multipurpose Blog Responsive Free

Multipurpose Blog adalah Theme WordPress Responsive Gratis dengan desain yang indah dan minimal yang...

Cara Membuat Login WordPress Terlihat Lebih Keren Dengan LoginPress

WordPress secara default memang memiliki tampilan yang sangat sederhana tapi Anda dapat membuat tampilan...

Close