Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

9 Fitur Baru Yang di Bawa Oleh WordPress 4.4

WordPress baru saja melakukan update besar di akhir tahun 2015 ini, seperti update besar yang dilakukan sebelumnya WordPress selalu membawa fitur-fitur menakjubkan untuk kemudahan penggunanya, WordPress terbaru ini adalah WordPress versi 4.4 yang diberi nama “Clifford“. WordPress selalu di update oleh para pengembang yang selalu ingin membawa WordPress mengikuti perkembangan dunia web. Berikut adalah 9 fitur baru yang dibawa oleh WordPress 4.4 :

wordpress updates

1. Kecepatan pada Customize

Customizer adalah halaman yang digunakan pengguna WordPress untuk melakukan konfigurasi penting seperti Site Identity, Tema, Plugin, Widget dan Menu. Di WordPress 4.4 ada perbaikan peningkatan kecepatan saat memuat opsi Customizer menjadi lebih cepat. Beberapa perbaikan ini termasuk mengurangi penggunaan memori puncak Customizer dan menunda waktu embedding dari Customizer widget kontrol sampai widget area. Loading pada Customizer diklaim 10 kali lebih cepat daripada versi sebelumnya.

2. Tema Baru “Twenty Sixteen”

WordPress 4.4 juga membawakan tema default bernama Twenty Sixteen. Tema ini dirancang untuk format blogging tradisional. Twenty Sixteen bekerja dengan sempurna untuk blog atau website, menampilkan sidebar opsional, pilihan warna kustom dengan skema standart warna yang indah, fluid grid, gambar besar, dan kemampuan untuk menambahkan intro untuk menapilkan custom excerpt dan fitur-fitur keren lainnya.

3. Embed Posts

Pada WordPress sebelumnya Anda dapat menanamkan atau embed konten ke website Anda, seperti video YouTube, status facebook atau tweet melalui penggunaan fitur yang disebut oEmbed. Sekarang pada WordPress versi terbaru ini sudah mengadopsi fitur oEmbed ini dan dapat dengan mudah menanamkan konten dari mana saja di situs Anda hanya dengan mengambil URL dan pastekan ke editor konten Anda.

4. Gambar Responsif

Dengan WordPress terbaru sekarang yang mendukung gambar responsif pada tema Anda, menjadikan loading situs web Anda menjadi lebih cepat. Dalam update ini WordPress telah menambahkan dua atribut gambar di atas class  atribut untuk penyelarasan (kiri, tengah atau kanan): srcset dan ukuran. Atribut ini disediakan untuk gambar pada thumbnail post, galeri foto dan gambar lainnya yang akan ditampilkan dalam ukuran yang tepat berdasarkan viewport.

5. Peningkatan Komentar

WordPress telah membuat penyusunan ulang pada form komentar, di mana area mengetik komentar ditampilkan di posisi pertama, dan selanjutnya baru nama dan email di bawahnya. Perbaikan ini adalah jawaban untuk masalah perilaku komentar yang berbeda dengan form login dan log out pengguna.

Pada backend, sekarang komentar diwakili oleh objek WP_Comment. Hal tersebut bertujuan agar komentar output lebih berorientasi objek (OOP) dengan permintaan komentar yang lebih kuat.

6. REST API

WordPress 4.4 membawa infrastruktur REST API ke Core. API ini menangani routing, penanganan argumen, JSON serialisasi, kode status, serta fungsi untuk membuat endpoint Custom REST API. Tentu saja fitur ini sangat fantastis untuk pengembang. Dengan infrastrucure ini pengembang akhirnya mampu membangun API mereka sendiri untuk tema, plugin, bahkan mobile app atau desktop apps.

7. Custom Term Taxonomy Meta

Dalam versi sebelumnya di WordPress kita bisa menambahkan field kustom ke pos dan halaman melalui term meta. Sekarang WordPress telah menambahkan fitur ini ke objek taksonomi. Misalnya pada Kategori taksonomi kita mungkin ingin menambahkan field kustom, yaitu category image untuk menampilkan posting featured image pada setiap kategori. Dalam versi ini kita bisa melakukan ini dengan memanfaatkan fungsi-fungsi berikut: add_term_meta(), update_term_meta(), delete_term_meta(), dan get_term_meta().

8. Single Post Template File

Dalam versi ini, WordPress termasuk file template baru pada hierarki tema yang akan digunakan sebagai single post atau custom post type. Fitur ini berguna ketika Anda menargetkan post tertentu, untuk memberikan style ‘khusus’ untuk halaman tertentu sehingga terlihat berbeda dari halaman lain. Anda akan memiliki file template dengan nama seperti di bawah ini:

Sebagai contoh, di sini saya memiliki custom post type bernama “book” untuk mempercantik halaman “bestseller book“. Jadi saya menciptakan single-book-bestseller.php kemudian masukkan style yang akan diterapkan ke halaman ini saja. Terakhir, saya mengubah slug post menjadi domain-anda.com/book/bestseller untuk url menampilkan halaman bestseller book.

9. Multisite: WP_Network

WordPress memperkenalkan object baru bernama WP_Network untuk memudahkan dalam berinteraksi pada jaringan multisite. Object Ini menyediakan cara yang lebih baik untuk menangani multisites dan perbaikan beberapa bug. Ada fungsi baru lainnya yang datang di versi 4.4 untuk mengisi network options : add_network_option(), update_network_option(), get_network_option(), dan delete_network_option().

Sumber : WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

  • embed post itu, coba agan copy url artikel ane lalu paste ke editor wordpress agan, ntar akan muncul postingan di embed.

Must Read...!
Theme WordPress Parallax One Responsive Free

Parallax One adalah Theme Wordpress Responsive Gratis yang di desain untuk situs dengan tujuan...

Cerita Matt Mullenweg Sang Pendiri WordPress

Bagi Anda para blogger sepantasnya berterimakasih dan mengenal seseorang yang bernama Matt Mullenweg atau...

Close