Download Now Download Themes Gratis WordPress Responsive!

Cara Mencegah HotLinking Gambar dari Domain Tertentu

HotLinking Images atau HotLinking gambar adalah merupakan cara untuk menyalin gambar ke blog lain dari blog Anda. Banyak para hotlinkers menggunakan gambar Anda dengan menghubungkan dari situs Anda secara langsung, hal tersebut mempunyai dampak yang buruk pada situs Anda sendiri karena mereka menggunakan beban server dan bandwidth Anda. Lalu bagaimana Cara Mencegah Gambar hotlinking dari Domain Tertentu? Pada artikel kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara mencegah hotlinking dengan metode .htaccess , Silahkan baca tutorial ini sampai selesai.

cover image hotlink wordpress

Cara Mencegah Gambar hotlinking

Bagi mereka yang menggunakan hosting terbaik dengan bandwidth besar tentu saja tidak akan merasa ada masalah jika ada orang lain mencuri gambar dari situs Anda, tetapi hal tersebut tetap dapat mempengaruhi kinerja website, dan juga mencuri bandwidth Anda dan para pencuri mendapatkan kredit gratis dari pekerjaan Anda. Ada plugin seperti Watermark reloaded atau easy watermark, yang menambahkan watermark untuk gambar Anda, memang dengan watermark dapat melindungi gambar untuk branding Anda, namun tetap tidak memecahkan masalah dari pencurian bandwidth. Salah satu cara untuk menghentikan gambar hotlinking dengan menunjukkan gambar kustom atau pesan dilarang, ketika seseorang hotlink gambar Anda. Jika Anda masih belum memahami apa itu HotLinking Image, silahkan baca penjelasan berikut.

Baca : Apa itu Branding? Brand, Logo dan Identitas Brand

Apa itu Hotlinking Gambar?

HotLinking adalah proses menyalin image atau gambar, dan sekaligus menggunakan bandwidth dari situs gambar tersebut disalin. Misalnya, jika Anda menyalin seluruh artikel ini, Anda juga akan menyalin gambar, tetapi gambar masih di-host di server saya dan gambar akan tampil sama di situs Anda. Jadi, ketika seseorang sedang membuka artikel yang disalin dari artikel ini di website Anda, secara teknis itu memakan bandwidth server saya untuk melayani gambar ditampilkan. Hal tersebut tidak hanya membuat bengkak biaya server, tetapi juga meningkatkan beban pada server saya.

Ada banyak cara untuk mencegah hotlinking gambar, Anda dapat menggunakan cara dari cpanel hosting Anda atau menggunakan plugin WordPress ByREV WP-PicShield.

Menggunakan .htaccess untuk mencegah Hotlinking Gambar [WordPress]

Untuk mencegah Hotlinking gambar untuk domain tertentu, Anda cukup menggunakan code dibawah ini, Anda hanya perlu melakukan modifikasi nama dari domain tersebut dan menambahkan script yang sama pada baris bawahnya. Dengan cara tersebut dapat menghentikan mereka dari pencurian bandwith melalui gambar, dan Anda dapat menggunakannya pada blog Anda. Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan kode .htaccess ini. Silahkan baca artikel saya sebelumnya Cara Edit Htaccess WordPress dengan WP Htaccess Editor.

atau Anda juga dapat mengedit file .httaccess dengan Login ke FTP Anda, dan pada folder root, Anda akan menemukan file .htaccess. Pastikan, klien FTP Anda dikonfigurasi untuk menampilkan file yang tersembunyi. Sekarang, buka file .htaccess Anda dan copy dan tambahkan code dibawah ini.

RewriteEngine On
RewriteCond% {HTTP_REFERER} ^ http: // (.. + \) Namadomain \ .com / [NC, OR]
RewriteCond% {HTTP_REFERER} ^ http: // (.. + \) Blogspot \ .com / [NC, OR]
RewriteCond% {HTTP_REFERER} ^ http: // (.. + \) WordPress \ .com / [NC]
RewriteRule * \.. (JPE g |? Gif | bmp | png) $ http://img163.imageshack.us/img163/2885/hotlinking.jpg [L] 

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda menggunakan kode di atas .htaccess untuk menghentikan gambar menghubungkan panas:

Namadomain = ganti dengan nama domain yang menyalin gambar dari blog Anda.
Blogspot.com dan WordPress.com = ini akan mencegah gambar hotlinking dari semua sub domain Blogspot dan wordpress.
URL gambar pada baris terakhir = Anda dapat mengganti URL gambar imageshack, dengan URL gambar lain yang Anda inginkan.

Setelah Anda menggunakan kode .htaccess diatas pada situs Anda, pastikan untuk menghapus cache server dan cache pada browser Anda.

Saya berharap artikel ini bermanfaat buat Anda yang ingin mencegah pencurian bandwidth dari penggunaan gambar di situs Anda. Selamat mencoba 🙂

Baca : Smush.it, Optimalkan Gambar Secara Otomatis

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Must Read...!
Theme WordPress Black Line Responsive Free

Black Line adalah Theme wordpress responsive gratis yang dibuat sebagai solusi yang bagus untuk...

6 Faktor Kunci Dalam Desain Logo untuk Branding

Perlu Anda ketahui bahwa logo Anda adalah simbol visual dari brand atau merek Anda....

Close