How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Magic Password – Cara Mudah Log In WordPress Aman Tanpa Password

Mengingat username dan password kadang menjadi sangat sulit ketika Anda memiliki banyak sekali akun, apalagi saat ini banyak sekali layanan yang membutuhkan sebuah akun dimana untuk mengaksesnya membutuhkan username dan password. Mengingat atau menyimpan password sebenarnya mudah karena semua browser mendukung untuk mengingat semua password Anda. Tapi hal tersebut bisa menjadi berbahaya ketika laptop Anda dipinjam atau hilang. Apalagi jika Anda adalah seorang blogger atau developer web yang mengelola banyak akun website atau blog maka mengingat semua username dan password dari masing-masing website yang Anda miliki tentu akan menjadi hal yang sangat sulit.

Jika Anda adalah pengguna WordPress maka ada solusi yang sangat mudah dan aman agar Anda tidak lagi perlu mengingat username dan password ketika akan melakukan login ke semua website Anda. Pada artikel kali ini saya akan mengulas secara lengkap tentang plugin Magic Password, dimana plugin ini akan mengubah cara Anda ketika akan masuk ke area admin WordPress Anda. Silahakan untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Visit Magic Password

Apa itu Magic Password?

Magic Password adalah plugin WordPress gratis yang berfungsi untuk memudahkan Anda ketika login ke area admin WordPress, dengan Magic Password Anda tidak perlu lagi mengingat username dan password karena dengan plugin ini Anda benar-benar tidak memerlukan username dan password, bahkan slogan dari plugin ini adalah Forget your password, forget your username.

Magic Password WordPress

Anda hanya membutuhkan smartphone untuk masuk ke admin WordPress Anda karena ini adalah aplikasi Clef-security gratis yang memungkinkan Anda masuk ke WordPress dalam sekejap. Dengan cara menginstall aplikasi Magic Password di smartphone Anda dan install plugin Magic Password di WordPress, setelah itu Anda hanya perlu scan kode QR, dan sudah selesai Anda akan masuk ke admin WordPress Anda dengan cepat dan sangat aman. Plugin ini juga lebih baik daripada autentikasi dua faktor (2FA) karena Anda tidak perlu memasukkan login, kata sandi dan kode 2FA yang terasa lebih rumit.

Cara Kerja Magic Password

Magic Password menggunakan kode otentikasi pesan berbasis hash yang mutakhir, sehingga proses login Anda benar-benar aman. Fungsi hash kriptografi menggabungkan kunci rahasia dengan cap waktu saat ini. Jadi, plugin akan secara otomatis menghasilkan kode unik setiap 30 detik yang menggantikan kata sandi Anda.

Magic Password menggunakan enkripsi end-to-end (e2e) dan tidak menyimpan informasi identitas pribadi (PII) tentang Anda atau pengguna Anda dimanapun dan sangat dipastikan tidak akan ada data pengguna yang akan di salah gunakan, sehingga ini benar-benar aman untuk Anda maupun pengguna situs Anda dan pemilik plugin tidak mengambil keuntungan dibalik layar. Selain memudahkan Anda dalam melakukan login ke admin WordPress, plugin ini juga dapat meningkatkan keamanan WordPress Anda karena kode yang berubah-ubah dengan cepat dan di ekripsi dengan hash yang mutakhir.

Cara Menggunakan Magic Password

Untuk menggunakan Magic Password ini sangatlah mudah. Pastikan Anda memiliki smartphone yang akan digunakan sebagai alat otentikasi tanpa password. Jadi untuk login ke area admin WordPress Anda akan diganti dengan perangkat yang pasti Anda miliki yaitu smartphone.

Magic Password memiliki dua produk yang perlu Anda install untuk smartphone Anda dan plugin untuk situs WordPress Anda, keduanya sepenuhnya gratis dimana Anda tidak perlu khawatir tentang biaya dibelakangnya.

Magic Password Apps

Sekarang untuk memulai silahkan Anda menginstall aplikasi Magic Password terlebih dahulu di smartphone Anda, Magic Password saat ini mendukung untuk Android dan iOS.

  • Download Magic Password untuk Android ⇒ Download
  • Download Magic Password untuk iOS ⇒ Download

Setelah Anda menginstall aplikasi pada smartphone Anda, sekarang saatnya untuk menginstall plugin Magic Password pada situs WordPress Anda, plugin ini tersedia secara gratis di library WordPress.org, sehingga Anda dapat menginstall melalui dashboard WordPress Anda. Baca : Panduan Lengkap Cara Install Plugin WordPress.

Magic Password Plugin Install

Setelah plugin Anda aktifkan, akan terdapat item menu baru bernama “Magic Password” di menu sidebar Anda. Dan hanya terdapat dua menu didalamnya yaitu Settings dan Configurations.

Silahkan masuk pada menu “Settings”, pada bagian ini Anda hanya perlu memilih pengguna dengan role user tertentu yang dapat menggunakan Magic Password. Jika Anda sudah menentukan mana saja users yang dapat menggunakan Magic Password, silahkan untuk klik tombol “Save”.

Magic Password Plugin Setting

Sekarang Anda perlu melakukan konfigurasi plugin dengan smartphone Anda dengan masuk pada menu “Configurations”. Pada bagian ini, silahkan buka aplikasi Magic Password di smartphone Anda dan lakukan scanning pada QR Code yang ditampilkan di layar konfigurasi. Hal ini bertujuan untuk memasangkan smartphone Anda dengan situs WordPress Anda.

Magic Password Configuration 1

Anda juga diberi pilihan untuk dapat menggunakan lebih dari satu perangkat smartphone untuk melakukan scanning dan masuk ke admin WordPress Anda.

Magic Password Configuration 3

Selanjutnya silahkan untuk log out dari admin WordPress Anda dan sekarang Anda akan melihat tidak akan ada lagi kolom untuk memasukkan username dan password. Anda hanya akan melihat kode QR yang ditampilkan. Untuk log in, silahkan buka aplikasi Magic Password di smartphone Anda dan lakukan scan pada kode QR tersebut maka Anda akan langsung di bawa masuk ke halaman admin WordPress Anda.

Magic Password Log In WordPress

Dan itulah panduan untuk menggunakan Magic Password di WordPress untuk menggantikan cara login Anda yang lama.

Kelebihan Menggunakan Magic Password

Aplikasi Magic Password bekerja di perangkat lunak Android dan iOS, yang berarti bahwa hampir semua orang dapat mengunduh aplikasi di ponsel mereka secara gratis. Aplikasi ini sangat aman, sehingga bisa digunakan dengan sangat mudah untuk mendapatkan akses akun WordPress Anda. Orang lain tidak dapat mengakses akun Anda selama mereka tidak memiliki akses ke aplikasi di ponsel Anda. Bagian yang terbaik adalah Anda tidak memerlukan kata kunci apapun.

Bagi orang yang memiliki masalah memori atau sangat sering lupa ketika mengingat password, maka Magic Password adalah pilihan terbaik untuk Anda. Selain itu, Anda mungkin lupa kata sandi Anda jika Anda mengakses akun WordPress Anda dalam beberapa waktu yang lama. Jadi, aplikasi Magic Password ini bisa menjadi cara terbaik bagi Anda yang selalu sulit mengingat password.

Magic Password memiliki proses yang cepat, hanya perlu scan dan Anda akan masuk ke area admin Anda. Ini tentu akan menghemat waktu Anda daripada ketika Anda login menggunakan cara lama dengan memasukkan username dan password. Apalagi jika Anda memiliki banyak situs WordPress, ini akan benar-benar memudahkan Anda dan tidak diperlukan lagi mengingat semua password dalam pikiran Anda.

Kesimpulan

Magic Password adalah plugin yang mengagumkan tapi bisa Anda gunakan secara gratis, ini merupakan metode login WordPress baru yang benar-benar canggih. Plugin ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengguna WordPress ketika akan melakukan login ke area admin, dimana pengguna WordPress tidak perlu lagi mengingat username dan password. Jadi, bagi siapa saja yang memiliki akun WordPress, metode login baru ini sangat berguna dan aman, Magic Password juga merupakan metode yang menakjubkan untuk mencegah hacker mengakses akun. Ini dapat membantu dalam menghemat waktu dan ini dapat membantu orang-orang yang memiliki masalah dalam mengingat kata sandinya dan ini sangat bermanfaat ketika Anda memiliki situs WordPress yang banyak.

Dan itulah ulasan lengkap tentang Magic Password WordPress, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan membantu Anda dalam menemukan solusi log in WordPress yang mudah tanpa mengingat dan mengetikkan username dan password namun tetap aman. Selamat mencoab 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Pixova Lite Responsive Free

Pixova lite adalah theme WordPress responsive gratis yang bisa Anda gunakan untuk membangun situs...

10 Tips Membuat Konten atau Artikel Blog yang Sempurna

Anda memiliki sebuah blog, dan tentu tujuan dari Anda membangun blog adalah agar tulisan...

Close