How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat dan Mengelola Program Afiliasi di WordPress dengan WP Affiliates Manager

Hanya sekedar memiliki produk yang bagus belum tentu menjamin kesuksesan Anda dalam melakukan penjualan, tanpa adanya strategi pemasaran yang tepat bisa jadi produk Anda hanya akan digunakan oleh satu atau dua orang saja. Jika Anda ingin meraih kesuksesan dalam memasarkan produk maka berbagai macam strategi pemasaran harus Anda lakukan baik secara offline maupun online. Tapi, dengan kemajuan teknologi saat ini maka yang paling efektif adalah memasarkan produk Anda secara online, selain murah juga dapat menjangkau segmen yang lebih luas.

Banyak cara memasarkan produk melalui online yang bisa Anda jalankan, Anda bisa memasang iklan dalam bentuk banner, link atau tulisan melalui blog-blog populer, melalui periklanan sosial media, AdWord maupun mesin pencarian. Semua itu akan bekerja dengan baik untuk meningkatkan penjualan Anda tapi ada satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu dengan membuka jaringan afiliasi untuk memasarkan produk Anda.

Baca : Cara Menghasilkan Uang Dengan Program Afiliasi

Mengapa Anda Perlu Membuat Program Afiliasi?

Dengan membuat program afiliasi, Anda dapat merekrut tim afiliasi untuk mempromosikan produk dan layanan Anda, Anda dapat secara efektif melakukan outsourcing pemasaran penawaran Anda dengan model pembayaran pembagian komisi atas kinerja yang mereka lakukan dan hanya memberikan bayaran ketika mereka menghasilkan penjualan aktual atas produk Anda.

WP Affiliate Manager

Selain itu, program afiliasi adalah merupakan cara pemasaran yang efektif, hemat biaya dan tentu memiliki jangka waktu yang sangat panjang. Berbeda dengan menerapkan strategi pemasaran iklan jenis lain yang memiliki jangka waktu yang lebih pendek atau tergantung budget yang Anda miliki. Program afiliasi ini juga bisa Anda terapkan dengan pembagian komisi berdasarkan pembagian secara presentase atau pembayaran secara tetap dari penjualan yang afiliasi Anda hasilkan, ini bisa Anda atur sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

Untungnya saat ini banyak sekali cara untuk membuat program afiliasi sendiri dengan mudah, Jika Anda pengguna WordPress untuk website penjualan Anda, maka Anda bisa menggunakan plugin bernama WP Affiliate Manager untuk menerapkan strategi pemasaran dengan sistem jaringan afiliasi. Silahkan baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih dalam mengenai plugin WP Affiliate Manager dibawah ini.

Apa itu WP Affiliate Manager?

WP Affiliates Manager

WP Affiliate Manager adalah plugin WordPress yang berfungsi sebagai alat untuk pemasaran afiliasi yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola program afiliasi milik Anda sendiri langsung dari dashboard WordPress Anda. Dengan plugin ini Anda dapat mengijinkan pengunjung untuk mendaftar sebagai afiliasi dari situs Anda dan Anda dapat memberikan komisi dari hasil penjualan yang mereka lakukan.

Plugin WP Affiliate Manager dilengkapi dengan semua fitur dan fungsionalitas yang cukup untuk Anda gunakan dalam menjalankan dan mengelola jaringan afiliasi Anda sendiri. Selain itu plugin juga mendukung untuk sistem pembayaran PayPal, cek maupun manual dan sistem pelaporan yang sederhana namun akurat. Afiliasi Anda juga memiliki halaman dashboard sendiri yang memungkinkan pengguna untuk melihat laporan dan komisi dan yang paling penting dari plugin ini adalah Gratis untuk Anda gunakan.

WP Affiliate Manager

Fitur-Fitur Unggulan WP Affiliate Manager

WP Affiliate Manager adalah plugin gratis namun dibekali dengan fitur-fitur unggulan yang benar-benar Anda butuhkan dalam membangun program afiliasi milik Anda sendiri di WordPRess. Berikut adalah fitur unggulan dari WP Affiliate Manager yang bisa Anda dapatkan :

WP Affiliates Manager features

Instalasi Mudah

Sangat mudah untuk menginstal plugin WP Affiliates Manager. Anda dapat menginstalnya sama seperti plugin WordPress lainnya, Anda bisa menginstall langsung melalui dashboard WordPress karena plugin ini sudah tersedia secara gratis di direktori WordPress.org

Dokumentasi Lengkap

WP Affiliate Manager memiliki dokumentasi yang sangat lengkap sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan plugin ini.

Mendukung semua plugin

WP Affiliate Manager mulus terintegrasi dengan WooCommerce, Simple WP Shopping Cart, WP eCommerce, Plugin Simple Membership, eStore WP, Easy Digital Download, Exchange iThemes, Paid Membership Pro, Sell Digital Download, S2Member. Jadi, apapun plugin yang Anda gunakan untuk menjual produk, plugin ini akan mempermudah melacak penjualan afiliasi.

Portal Afiliasi

WP Affiliate Manager memliki fitur pendaftaran dan afiliasi Anda dapat masuk ke dashboard mereka untuk mendapatkan kode iklan dan mereka siap untuk mempromosikan produk dan layanan Anda.

Sistem Otomatis

WP Affiliate Manager dapat melakukan semuanya secara otomatis dari Pendaftaran afiliasi, pemeliharaan profil, login akun, pembuatan kode referral, dll setelah Anda selesai mengaturnya.

Pelacakan Realtime

WP Affiliate Manager memungkinkan untuk melacak jumlah, sumber klik dan penjualan rujukan/ Semua dilacak secara real time, jadi afiliasi Anda bisa mengecek referal kapan saja dengan masuk ke akun mereka.

Afiliasi tak terbatas

WP Affiliate Manager meskipun plugin gratis tidak memberi Anda batasan untuk jumlah afiliasi yang mendaftar. Anda tidak perlu membayar untuk memiliki lebih banyak afiliasi yang mempromosikan produk dan layanan Anda.

Komisi Flat Rate atau Persentase

WP Affiliate Manager memungkinkan Anda untuk mengatur pembayaran dari hasil penjualan yang dilakukan afiliasi Anda sebagai penghargaan atas kerja keras mereka. Anda dapat memilih untuk membayar afiliasi Anda dengan tingkat bunga tetap atau persentase dari jumlah penjualan.

Manajemen Afiliasi yang Mudah

WP Affiliate Manager memungkinkan Anda untuk mengontrol semuanya langsung dari dashboard WordPress Anda. Anda bisa melihat semua afiliasi Anda, profil mereka, status akun, pendapatan, pelacakan dan masih banyak lagi.

Shortcode

WP Affiliate Manager dilengkapi dengan shortcode untuk login afiliasi dan registrasi. Anda bisa menggunakan shortcode login affiliasi di sidebar widget.

Terjemahan Siap

WP Affiliate Manager sudah memiliki kerangka kerja yang siap untuk diterjemahkan ke berbagai bahasa sehingga memudahkan pengguna untuk menerjemahkan.

Materi iklan tak terbatas

WP Affiliate Manager memeungkinkan Anda untuk dapat mengkonfigurasi sebanyak mungkin banner afiliasi atau link teks sesuai keinginan Anda. Plus, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan materi iklan sesuai kebutuhan.

Pendaftaran Afiliasi yang dapat disesuaikan

WP Affiliate Manager memungkinkan Anda untuk membuat formulir pendaftaran sesuai keinginan. Hal ini Anda manfaatkan untuk mengambil informasi sebanyak mungkin dari afiliasi Anda saat mendaftar. Dan Anda dapat menandai setiap field sebagai opsional atau wajib.

Email Dapat Dikustomisasi

WP Affiliate Manager memungkinkan Anda untuk secara mudah memodifikasi informasi yang akan dikirim ke afiliasi Anda melalui email langsung dari panel admin.

Cara Menggunakan WP Affiliate Manager

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat dan mengelola afiliasi milik Anda sendiri adalah dengan menginstall plugin WP Affiliate Manager melalui area admin WordPress Anda. Silahkan masuk pada menu Appearance » Plugins » Add New dan ketikkan kata kunci “Affiliate Manager “ dan install plugin tersebut.

WP Affiliate Manager Plugin

Setelah itu aktifkan plugin dan Anda akan melihat item menu baru ditambahkan dengan nama “Affiliates” dan beberapa sub menu didalamnya.

WP Affiliates Manager Menu

Selanjutnya silahkan masuk pada menu “Settings” untuk melakukan konfigurasi plugin. Dalam halaman pengaturan tersebut Anda akan menemukan beberapa tab menu yang terdiri dari General, Affiliates Registration, Messaging, Payments, Page/Forms, dan Advanced Settings.

WP Affiliates Manager General Setting

Pada bagian “General” ini Anda bisa mengatur berbagai macam hal seperti menentukan jumlah pembayaran minimal untuk dicairkan, masa cookies, penerimaan afiliasi secara otomatis, mata uang, pembagian komisi berdasarkan presentase atau flat dan masih banyak lagi.

Pada bagian “Affilates Manager” Anda bisa mengatur metode pembayaran yang bisa digunakan seperti mengaktifkan menggunakan PayPal, Manual dan cek. Dan Anda juga bisa mengatur untuk pembuatan formulir pendaftaran, Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan yang sudah ada dan menambahkan field lain jika Anda merasa kurang. Dibagian paling bawah terdapat bagian kolom untung ucapan selamat datang. Semua bisa Anda atur sesuai keinginan Anda.

Pada bagian “Messaging” Anda dapat menyesuaikan berbagai macam isi email notifikasi dari Affiliate Manager dari penerimaan, penolakan dan status.

Pada bagian “Payments” Anda bisa mengaktifkan metode pembayaran dengan PayPal dan mengaktifkan PayPal Mass Pay. Dengan mengaktifkan pilihan ini Anda dapat mengintegrasikan plugin dengan PayPal. Anda dapat membaca instruksi lengkap yang sudah dicantumkan untuk panduan menggunakan PayPal Mass Pay ini.

Pada bagian “Pages/Forms” ini berisikan URL yang dari halaman yang dibuat secara otomatis oleh plugin Affiliates Manager seperti halaman logi, register, store affiliates dan term and conditions. Dan untuk bagian “Advanced Settings” Anda bisa mengarahkan URL menuju halaman landing jika Anda memilikinya.

Setelah pada halaman pengaturan selesai jangan lupa untuk klik tombol “Save Settings” untuk menyimpan perubahan.

Selanjutnya silahkan masuk pada bagian “My Creative”. Dibagian ini Anda bisa membuat beberapa materi iklan untuk nantinya digunakan oleh afiliasi Anda dalam bentuk banner dan teks link. Anda bisa membuat berbagai macam materi iklan tanpa batas.

WP Affiliate Manager My Creative

Jika ada afiliasi baru yang tidak mau mendaftar melalui formulir pendaftaran, Anda bisa menambahkan afiliasi baru secara manual pada bagian “New Affiliate”. Dan nanti afiliasi baru Anda akan menerima email, nama pengguna dan password secara otomatis.

WP Affiliate Manager Add Customer

Pada bagian affiliates Anda dapat melihat daftar semua afiliasi Anda. Pada bagian inilah Anda bisa melakukan berbagai tindakan pada afiliasi baru maupun afiliasi lama Anda seperti, menerima, menolak, mengkonfirmasi, memblokir dan lainnya.

WP Affiliates Manager My Affiliate

Dan itulah beberapa panduan langkah demi langkah menggunakan plugin WP Affiliate Manager. Anda bisa membaca panduan lebih lanjut yang lebih lengkap langsung melalui situs resmi WP Affiliates Manager disini ⇒ Documentations Affiliates Manager.

Kesimpulan

Metode jaringan afiliasi adalah cara yang sangat bagus untuk strategi pemasaran dengan tujuan meningkatkan penjualan, dengan membuat jaringan afiliasi maka akan sangat menghemat biaya beriklan dan ini jenis pemasaran paling efektif yang bisa Anda pilih. Membuat dan mengelola afiliasi sendiri tidak membutuhkan biaya karena terdapat plugin yang bisa melakukan itu secara gratis yaitu WP Affiliates Manager yang memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan.

Baca : Simple Membership – Plugin Gratis untuk Membuat Situs Keanggotaan di WordPress

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Zerif LITE Responsive Free

Zerif LITE adalah theme WordPress responsive gratis yang di desain hanya satu halaman. Theme...

Mengenal Berbagai Jenis Bisnis E-commerce

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai berbagai jenis dalam bisnis jual...

Close