How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Download Monitor – Plugin WordPress untuk Mengelola dan Melacak File Download

WordPress secara default sudah menginjinkan pengguna untuk mengupload berbagai jenis file ke media library website WordPress Anda dan juga dapat dengan mudah untuk menyalin URL dari file di media library WordPress untuk dibagikan kepada pengunjung sehingga mereka dapat dengan mudah mendownload file tersebut. Namun, jika Anda ingin membagikan file Anda kepada pengunjung untuk di download alangkah baiknya jika menggunakan plugin pihak ketiga yang berfungsi khusus untuk mengelola file download Anda.

Dengan menggunakan plugin yang dapat mengelola file download untuk situs WordPress Anda maka Anda akan dapat mengontrol dan mengelola file dengan lebih mudah dan juga akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai file download Anda. Karena jika Anda menggunakan cara default maka Anda tidak bisa memonitor file download tersebut secara penuh. Pada artikel kali ini saya akan memperkenalkan kepada Anda sebuah plugin yang berungsi untuk mengelola dan memonitor file download Anda di WordPress dengan mudah dan lebih efektif, plugin tersebut adalah Download Monitor buatan Never5.

Download Monitor

Apa itu Plugin Download Monitor?

Plugin Download Monitor adalah plugin WordPress yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengelola file download. Plugin ini memberi Anda kemampuan untuk membuat dan menyimpan file download di situs WordPress Anda dan dengan plugin ini Anda dapat dengan mudah untuk melacak atau memonitor file download tersebut seperti berapa kali file telah di download, siapa saja yang mendownload file tersebut dan juga dapat mencatat akses ke bagian download.

Download Monitor WordPress Plugin

Download monitor ini juga menyertakan beberapa template yang berbeda yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda untuk menampilkan bagaimana item download akan ditampilkan pada website. Dan juga dengan plugin ini Anda dapat mengatur untuk hanya mengijinkan pada pengguna yang terdaftar saja yang bisa mendownload file.

Fitur Plugin Download Monitor

Download Monitor Features

Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan plugin download monitor gratis :

  • Download monitor memiliki tampilan editor yang mirip dengan editor post WordPress default sehingga memudahkan pengguna dalam menambahkan, edit dan hapus download karena tampilan yang familiar.
  • Download monitor menyediakan panel pada editor post yang berfungsi untuk memudahkan pengguna menambahkan file untuk di download saat mengedit posting dengan cepat.
  • Download monitor memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi versi file, jumlah download dan tautan file.
  • Download monitor memungkinkan pengguna untuk menggunakan link alternatif (mirror) per versi download.
  • Download monitor memiliki kategori, tag, dan meta pada setiap item download. Ini berfungsi untuk mengelompokkan item download dan memudahkan dalam pemfilteran.
  • Downlaod monitor memungkinkan Anda untuk menampilkan link download di frontend menggunakan shortcode.
  • Download monitor memiliki template yang berbeda-beda dan pengguna dapat membuat template kustom sendiri.
  • Download monitor memungkinkan pengguna untuk melacak jumlah download dan upaya pengguna yang ingin mendownload melalui log.
  • Download monitor memungkinkan pengguna mengatur file download untuk hanya bisa di download oleh pengguna yang login.
  • Download monitor memungkinkan pengguna untuk mengatur URL download sehingga menjadi URL yang cantik.
  • Download monitor memiliki UI admin yang terorganisir dan teratur, dilengkapi dengan fungsi pencarian dan penyaringan.
  • Download monitor memiliki widget untuk menampilkan daftar download, pengguna dapat menampilkan pada sidebar WordPress.

Ekstensi Plugin Download Monitor

Download Monitor Extensions

  • Captcha: Ekstensi Captcha untuk Monitor Download memungkinkan Anda meminta pengguna untuk menyelesaikan reCAPTCHA Google sebelum mereka mendapatkan akses ke download.
  • Downloading Page: Ekstensi Downloading Page untuk Download Monitor berfungsi untuk memaksa download Anda ditayangkan pada halaman terpisah.
  • Google Drive: Memungkinkan Anda menggunakan file yang dihosting atau disimpan di Google Drive sebagai Download Monitor.
  • Page Addon: Tambahkan kode singkat [download_page] mandiri ke situs Anda untuk daftar download, kategori, tag, dan tampilkan halaman info tentang setiap sumber daya Anda.
  • Term & Conditions: Mintalah pengguna Anda untuk menerima persyaratan dan ketentuan yang Anda buat sebelum mereka dapat mendownload file Anda.
  • Twitter Lock: Ekstensi Twitter Lock berfungsi meminta pengguna mentweet teks yang telah Anda tentukan sebelumnya sebelum mereka mendapatkan akses ke item download.
  • Amazon S3: Tautan ke file yang di-host di Amazon s3 sehingga Anda dapat menemukan link download yang aman dan link download yang sudah kedaluwarsa.
  • Gravity Forms Lock: Ekstensi Gravity Form untuk Download Monitor memungkinkan Anda meminta pengguna untuk mengisi formulir dari Gravity Form sebelum mereka mendapatkan akses ke item download.
  • Lock Email: Ekstensi Lock Email untuk Download Monitor memungkinkan Anda meminta pengguna untuk mengisi alamat email mereka sebelum mereka mendapatkan akses ke download.
  • Ninja Forms Lock: Ninja Forms extension untuk Download Monitor memungkinkan Anda meminta pengguna untuk mengisi formulir dari Ninja Forms sebelum mereka mendapatkan akses ke download.
  • Email Notification: Ekstensi Notifikasi Email untuk Download Monitor akan mengirimi Anda email setiap kali salah satu file Anda di download.
  • MailChimp Lock: MailChimp Lock untuk Download Monitor memungkinkan Anda meminta pengguna berlangganan ke daftar MailChimp Anda sebelum mereka mendapatkan akses ke download.
  • CSV Importer : Impor massal hingga ribuan item download ke Download Monitor dengan Importir CSV.
  • CSV exporter : Ekspor semua item download Anda termasuk kategori, tag dan versi file ke file CSV dengan sekali klik!
  • Advanced Access Manager : Ekstensi Advanced Access Manager memungkinkan Anda membuat batasan download lanjutan per download dan pada tingkat global.
  • Download Duplicator: Mudah menduplikat download termasuk data, versi dan file mereka dengan sekali klik.

Itulah beberapa cuplikan dari ekstensi plugin download monitor. Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa plugin download monitor adalah plugin gratis, namun Anda dapat menambahkan funsional pada plugin tersebut dengan ekstensi berbayar. Anda dapat membeli ekstensi download monitor secara terpisah sesuai kebutuhan Anda atau membeli keseluruhan ekstensi dalam pakat bundle yang tentu harga jauh lebih murah yaitu $125.

Buy Download Monitor Extensions

Cara Menggunakan Plugin Download Monitor di WordPress

Untuk menggunakan plugin Download Monitor, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall plugin tersebut melalui admin WordPress Anda. Anda bisa mencari melalui Plugins » Add New dan ketik kata kunci “Download Monitor” pada pencarian plugin. Plugin ini tersedia di library plugin WordPress.org dan ini adalah plugin gratis.

Download Monitor Plugin

Setelah plugin Anda install silahkan untuk mengaktifkan plugin, Anda akan melihat item menu baru ditambahkan pada sidebar admin WordPress Anda dengan nama “Downloads”.

Selanjutnya Anda bisa masuk pada “Settings” untuk melakukan konfigurasi plugin Download Monitor, pada halaman pengaturan ini Anda akan melihat beberapa menu tab yang bisa Anda gunakan untuk memilih template yang ingin Anda gunakan untuk menampilkan item download Anda. Template yang Anda pilih ini nantinya akan berpengaruh pada bagaimana item download Anda akan ditampilkan. Template tampilan ini mencakup berbagai pilihan, dari tautan teks sederhana, hingga tombol dan gambar khusus.

Download Monitor Settings

Anda juga dapat mengaktifkan pilihan untuk mencegah hot linking, dimana jika terdeteksi file terdownload tidak dari website Anda maka akan di redirect ke homepage dari situs web Anda dan juga terdapat pesan yang bisa Anda tampilkan. Selain itu Anda juga bisa memblokir alamat IP yang tidak Anda inginkan untuk mendownload file Anda.

Download Monitor Block IP

Jika Anda mengaktifkan logging, Anda dapat melihat seberapa populer file Anda dari layar Download Logs. Halaman pengelolaan download juga mencakup beberapa informasi dasar yang mencakup akses file.

Halaman pengaturan untuk plugin Download Monitor ini sangat sederhana, Anda tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk dapat mengkonfigurasinya. Dan setelah Anda selesai pada halaman pengaturan, Anda bisa segera untuk menambahkan item download pada situs WordPress Anda.

Menambahkan Item Download di Download Monitor

Untuk membuat item download silahkan untuk masuk ke menu Downloads » Add New. Anda akan melihat halaman editor download seperti editor postingan Anda.

Silahkan untuk menuliskan judul, dan deskripsi untuk item download Anda. Anda bisa menuliskan deskripsi sesuai dengan keinginan Anda atau Anda juga bisa membiarkan bagian ini kosong karena ini hanya opsional saja karena plugin Download Monitor ini menggunakan jenis posting kustom untuk mengelola download, Anda bisa menggunakan editor posting WordPress untuk membuat deskripsi download Anda yang lebih lengkap sekaligus Anda dapat menambahkan gambar dan media lainnya ke deskripsi sesuai keinginan Anda.

Download Monitor Editor

Dibawah bagian kolom deskripsi Anda akan melihat tombol “Add File” pada bagian Downloadable Files/Version. Silahkan klik tombol “Add File” untuk memasukkan URL file untuk download, dibagian ini juga terdapat kolom untuk mengisi versi, count dan tanggal. Selanjutnya klik tombol “Upload Files” dan silahkan upload file yang ingin Anda bagikan ke pengguna Anda.

Download Monitor Add File

Pada bagian untuk mengelola file download ini, Anda juga dapat memberi tag dan kategori pada setiap download. Hal ini bertujuan untuk membuat download Anda lebih mudah untuk diatur, dan memungkinkan Anda menampilkan semua item download dari kategori tertentu di satu tempat.

Masih dibagian editor item download Anda bisa melihat pada bagian sebelah kanan atas terdapat kolom tentang “Download Informations” yang berisikan informasi mengenai ID, URL dan shortcode dari file download Anda.

Dan dibawah kolom tersebut terdapat “Download Options” dimana Anda dapat mengaktifkan beberapa pilihan seperti Featured Download, Member Only, dan Redirect to file.

Download Monitor Options

Jika Anda sudah selesai membuat item download baru silahkan untuk klik tombol “Publish”, dimana ini akan menyimpan item download yang sudah Anda tambahkan. Anda bisa membuat item download yang baru lagi seperti langkah diatas atau bisa langsung segera memasang item download tersebut pada postingan, halaman atau pada widget di website Anda. Semua item download yang sudah Anda tambahkan bisa Anda lihat di menu Download ⇒ All Downloads.

Download Monitor Admin

Sebagai contoh saya akan memasang item download pada postingan di WordPress, maka Anda bisa membuat postingan baru atau mengedit post yang sudah ada. Tempatkan kursor pada bagian yang Anda inginkan dan paste kode shortcode yang terdapat pada item download pada area postingan yang sudah Anda tentukan dan klik “Publish”.

Download monitor template

Dan sekarang Anda bisa melihat bagaimana item download itu ditampilkan pada postingan website WordPress Anda. Saat ingin menampilkan item download pada posting atau halaman di WordPress Anda, Anda bisa menampilkan satu item download saja atau beberapa item download sekaligus.

Kesimpulan

Plugin Download Monitor merupakan plugin gratis dan ringan yang dapat digunakan untuk mengelola file download di situs WordPress. Plugin ini memudahkan pengguna dalam membagikan file download ke pengunjung dan dapat melacak file download. Download monitor memiliki fitur yang cukup untuk membantu Anda dalam membagikan file ke pengunjung dan plugin ini juga memiliki banyak ekstensi untuk menyempurnakan fungsionalitas dari plugin download monitor.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Royal Magazine Responsive Free

Royal Magazine adalah Tema WordPress Responsive Gratis yang di desain khusus untuk situs yang...

Gravity Perks – Ekstensi Terbaik untuk Memaksimalkan Gravity Form

Formulir merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari website. Terlepas dari apapun jenis website...

Close