How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

Panduan Membuat Postingan di WordPress dan Penjelasan Fiturnya

Saat Anda membuat blog atau website dengan WordPress, area yang akan paling sering Anda gunakan adalah area Postingan atau Posts yang bisa Anda buka melalui menu Posts » Add New. Bagi pengguna WordPress yang sudah berpengalaman tentu area tersebut sudah sangat familiar, tapi bagi pengguna WordPress pemula area tersebut tentu akan menjadi area yang masih asing dan sedikit membingungkan karena begitu banyak hal yang ditampilkan.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana membuat postingan baru di WordPress dan penjelasan lengkap tentang semua fitur yang ada di area Posts. Untuk panduan untuk membuat pages atau halaman tidak saya jelaskan karena hampir sama dengan bagian postingan dan yang membedakan adalah tidak adanya bagian Categories, tags.

Baca : Cara Tambahkan Spesial Karakter di Posts WordPress.

Content Editor

Bagian ini adalah area paling menonjol yang akan Anda lihat ketika Anda membuat postingan baru di WordPress. Dibagian inilah apa yang Anda tulis akan ditampilkan di situs Anda.

Content Editor WordPress

Bagian pertama adalah “Post Title”, di kotak tersebut Anda dapat menuliskan judul dari artikel Anda.

Bagian kedua adalah “Permalink”, disini adalah bentuk URL yang akan ditampilkan untuk artikel yang akan Anda buat. Permalink akan membuat URL sesuai dengan judul yang Anda buat, tapi Anda bisa mengedit dan membuat URL sesuai keinginan Anda agar lebih SEO friendly dengan klik tombol edit.

Bagian ketiga adalah “Add Media”, disini adalah tombol untuk masuk ke area media library WordPress, Anda bisa menggunakan tombol Add Media untuk menambahkan gambar atau jenis file lain ke postingan Anda.

Bagian keempat adalah “Visual & Text”, pada bagian ini terdapat dua pilihan yaitu area editor bentuk visual dan text. Untuk area visual akan memudahkan Anda dalam memformat tulisan sedangkan area text khusus menampilkan tulisan murni dalam format html. Untuk bagian ini Anda sangat disarankan untuk memilih area visual ketika sedang menulis artikel.

Bagian kelima adalah “Toolbar Editor”, bagian ini menampilkan banyak sekali icon yang berfungsi untuk memudahkan dalam melakukan formating pada tulisan atau konten Anda, sebagai contoh untuk membuat tulisan rata kanan, rata tengah atau kiri dan mengatur tebal tulisan dan masih banyak lagi.

Bagian keenam adalah “Editor Content”, dibagian ini merupakan area yang paling besar dan dibagian inilah area Anda untuk menulis postingan dan menyisipkan media lain seperti gambar atau file lain.

Di bagian terakhir adalah area footer dari editor konten yaitu “Word Count”, dibagian tersebut terdapat informasi yang menunjukkan jumlah kata dari tulisan Anda.

Add Media

Seperti yang sudah saya jelaskan pada bagian diatas bahwa terdapat tombol “Add Media” dibawah kolom judul atau title. Tombol tersebut dapat Anda gunakan ketika Anda ingin menambahkan gambar atau file media lain ke dalam postingan Anda. Ketika Anda klik tombol tersebut maka akan muncul jendela pop up untuk mengupload gambar, jika Anda sudah memiliki gambar pada media Library WordPress maka Anda tinggal klik menu tab “Media Library”, pada area tersebut Anda juga dapat mengupload gambar atau media lainnya dengan drag and drop gambar dari komputer Anda ke WordPress.

media uploader WordPress

Dengan media library WordPress, Anda juga dapat membuat galeri foto dan daftar putar audio dari file yang di upload. Selain itu WordPress hadir dengan beberapa alat editing gambar dasar.

Publish Options

Layar editor posting WordPress terbagi menjadi dua kolom. Kolom besar di sebelah kiri berisi judul posting dan editor konten. Di sisi kanan Anda, Anda memiliki area yang berbeda untuk mengkonfigurasi pengaturan pos.

publish options WordPress

Kotak meta paling atas di kolom ini diberi label Publish. Di sinilah semua opsi penerbitan konten untuk posting Anda dikelola. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Save Draft : Tombol untuk menyimpan postingan atau halaman yang sedang Anda kerjakan yang belum siap untuk Anda publish. WordPress juga secara otomatis menyimpan tulisan Anda saat Anda menulis.

2. Preview : Tombol untuk menampilkan pratinjau langsung dari posting Anda. Anda dapat menggunakannya untuk melihat bagaimana postingan Anda akan terlihat setelah penerbitan.

3. Status : Pilihan untuk mengatur status untuk postingan Anda. WordPress secara otomatis menangani status posting untuk draf dan posting yang dipublikasikan. Kecuali Anda menggunakan plugin untuk menambahkan status khusus, Anda tidak perlu khawatir dengan opsi ini.

4. Visibility : Pilihan pertama di bawah visibilitas akan memungkinkan Anda membuat posting Anda sticky atau tetap diatas di halaman depan. Postingan sticky di WordPress seperti konten unggulan yang ditampilkan di bagian paling atas dari semua postingan lainnya. Pilihan kedua untuk memproteksi postingan di WordPress dengan password dan terakhir pilihan private yang memungkinkan Anda mempublikasikan sebuah posting di situs WordPress secara pribadi. Pos pribadi akan terlihat oleh pengguna yang memiliki hak istimewa atau role user tertentu untuk pengeditan di situs Anda.

7. Publish : Bagian ini menampilkan pilihan waktu dan tanggal. Anda dapat menggunakan opsi ini untuk menjadwalkan postingan.

8. Move to Trash : Pilihan untuk menghapus posting WordPress. Postingan yang dihapus tetap berada di bagian tempat sampah atau trash, dan Anda dapat mengembalikannya dalam rentang waktu 30 hari.

9. Tombol Publish : Tombol ini berfungsi untuk mempublikasikan konten Anda secara live, namun jika Anda menjadwalkan tulisan Anda maka tombol akan otomatis berubah menjadi “Scheduled”.

Category dan Tag

Anda dapat mengelompokkan postingan Anda ke dalam kategori dan tag. Kotak Kategori dan tag biasanya muncul di kolom sebelah kanan, di bawah kotak meta publish.

categories tags WordPress

Kategori dan tag membantu Anda mengatur konten Anda agar lebih terstruktur tapi juga memudahkan pengguna dalam menemukan konten Anda, ini juga meningkatkan SEO pada situs WordPress Anda.
Featured Image (Gambar Thumbnails)

Sebagian besar tema WordPress mendukung Featured image atau gambar unggulan atau juga bisa disebut sebagai gambar thumbnail untuk artikel. Anda akan menemukan bagian ini biasanya pada kotak terakhir di kolom sebelah kanan pada layar edit posting.

Cukup klik pada link “Set featured image”, dan itu akan memunculkan media uploader popup seperti halnya ketika Anda klik tombol Add Media. Anda dapat memilih gambar yang sudah di upload sebelumnya atau mengunggah gambar baru dari komputer Anda.

Screen Options

Beberapa pilihan pada layar Editor posting WordPress secara default masih disembunyikan, hal ini bertujuan untuk menyajikan pengalaman pengguna ketika membuka layar editor agar terlihat lebih bersih dan sederhana. Pilihan ini tidak umum digunakan oleh pemula. Namun, Anda mungkin membutuhkannya nanti.

screen options WordPRess

Cukup klik pada tombol “Screen Options” di sudut kanan atas halaman. Ini akan menampilkan menu dengan kotak centang di sebelah nama opsi. Terdapat banyak pilihan yang belum di aktifkan dan pilihan tersebut tidak juga harus Anda aktifkan kecuali memang Anda benar-benar membutuhkannya.

Excerpt

Mencentang kotak ini menambahkan kotak meta di bawah editor konten Anda. Anda dapat menggunakan kotak ini untuk menambahkan ringkasan singkat atau kutipan untuk posting Anda.

excerpt

Pada layout blog biasanya hanya akan menampilkan ringkasan dari postingan secara keseluruhan di halaman depan dan halaman archive. Sedangkan artikel penuh hanya ditampilkan di satu halaman posting.

Send Trackback

Pilihan Send Trackbacks memungkinkan Anda memberi tahu pemilik blog lain ketika Anda telah ditautkan ke konten mereka.

send trackbacks WordPress

Jika pemilik blog lain juga menggunakan WordPress, maka Anda tidak perlu mengirimkan trackback kepada mereka. Situs WordPress akan secara otomatis mengiriminya ping saat Anda mempublikasikan posting.

Tapi kebanyakan fitur Trackback disalahgunakan oleh spammer sehingga banyak pemilik situs cukup menonaktifkannya. Kami memiliki artikel tentang penanganan spam trackback di WordPress.

Custom Field

Pilihan ini akan menampilkan user interface untuk field custom di bawah post editor. Anda bisa menggunakannya untuk memasukkan informasi kustom tambahan secara manual di postingan.

custom fields WordPress

Discussion

Fitur discussion dibawah editor post berguna untuk mengaktifkan / menonaktifkan komentar, trackback dan pingback untuk posting Anda.

discussion WordPRess

Slug

WordPress secara otomatis menghasilkan post slug dan menampilkannya sebagai URL posting tepat di bawah judul postingan. Anda bisa mengedit slug URL dengan mengklik link edit di bawah judul posting.

post slug WordPress

Anda juga dapat mengaktifkan opsi slug dari Screen Options dan mengedit slug dari postingan Anda di sana.

Author

WordPress secara otomatis akan menetapkan Anda sebagai penulis pos saat Anda membuat sebuah postingan. Namun, terkadang Anda mungkin ingin menunjukkan pengguna lain di situs WordPress Anda sebagai penulisnya. Mengaktifkan kotak centang author memungkinkan Anda untuk menampilkan itu dari layar edit posting.

post author WordPress

SEO Configuration

Jika Anda menggunakan plugin SEO seperti All in One SEO atau SEO by Yoast maka secara otomatis akan terdapat pilihan untuk pengaturan SEO di bawah editor postingan. Biasanya terdapat tiga field kosong untuk mengisi judul artikel, deskripsi artikel dan kata kunci. Semua isian tersebut yang nantinya akan ditampilkan di hasil pencarian.

pengaturan All in One SEO post

Dan itulah penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara membuat Postingan WordPress dan penjelasan lengkap mengenai area editor postingan WordPress dan fitur-fiturnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan selamat belajar. 🙂

Baca : Apa Perbedaan Post dan Pages di WordPress.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Point Responsive Free

Point adalah theme WordPress responsive gratis dan serbaguna untuk berbagai situs. Theme ini bisa...

Cara Melakukan Konfigurasi Pada Settingan WordPress

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang pengaturan WordPress pada bagian...

Close