fbpx
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

WPvivid – Cara Mudah Backup, Restore, dan Migrasi WordPress

WPvivid – Cara Mudah Backup, Restore, dan cara Migrasi WordPress – Ketika Anda memiliki website, apapun jenis website yang Anda miliki dan berjalan pada platform apapun, hal yang sangat penting dan tidak boleh Anda lewatkan adalah aktivitas backup reguler. Apalagi jika Anda adalah pengguna WordPress, maka backup adalah hal yang wajib untuk Anda lakukan secara terjadwal dan reguler. Hal ini dikarenakan WordPress adalah platform website terbaik dan sangat populer dibanding CMS lainnya, ini menjadikan WordPress sebagai sasaran utama para hacker untuk meretas website apapun yang dibangun diatas WordPress.

Dan jika Anda adalah pemilik website yang dibangun dengan WordPress, maka mulai sekarang juga berhati-hatilah dan selalu siaga dengan melakukan backup yang rutin. Meskipun Anda mungkin tidak menjadi sasaran hacker, akan sangat mungkin Anda melakukan kesalahan ketika menjalankan WordPress, entah itu ketika melakukan update plugin atau tema dan lain sebagainya.

Dan perlu Anda ketahui bahwa saya sendiri juga sering melakukan kesalahan yang fatal yang kadang membuat situs web saya tidak berjalan atau bahkan hanya memunculkan layar putih tanpa petunjuk kerusakan. Namun, saya akan selalu merasa tenang karena saya selalu memiliki versi backup atau cadangan dari situs web saya, yang mana ketika terjadi kerusakan saya hanya perlu melakukan restore dan dalam sekejab website saya kembali normal.

wpvivid backup wordpress 1

Bagaimana saya melakukan aktivitas backup pada website WordPress saya? Disini saya sering menggunakan plugin yang hebat bernama WPvivid, dimana plugin ini memiliki kemampuan untuk melakukan backup, restore dan bahkan memudahkan pengguna WordPress ketika melakukan transfer file atau migrasi WordPress dari hosting satu ke hosting lainnya dengan sangat mudah.

Disini saya akan mengulas lebih dalam tentang WPvivid dan kenapa Anda harus selalu menginstall plugin ini di semua situs WordPress Anda.

WPvivid Backup

Apa itu WPvivid Backup WordPress?

WPvivid adalah plugin cadangan (backup), restore (memulihkan cadangan bila perlu ) dan migrasi WordPress (mentransfer file situs Anda dari dan ke berbagai hosting), dan plugin ini memiliki banyak fitur berguna. Plugin WPvivid dapat Anda gunakan secara gratis yang bisa Anda install langsung melalui dashboard Anda karena ini tersedia di library plugin WordPress.org.

Plugin ini dikembangkan dan dikelola oleh WPvivid yang sangat berpengalaman dibidang WordPress, dan Anda tidak perlu meragukan team mereka dibalik WPvivid. Mereka benar-benar bekerja keras untuk membuat plugin yang sangat penting dan dibutuhkan oleh hampir semua pengguna WordPress, dan ini benar-benar gratis tanpa ada versi berbayar (setidaknya untuk sampai saat artikel ini ditulis). Dan plugin ini dilengkapi dengan dokumentasi lengkap yang bisa Anda baca langsung melalui situs resmi WPvivid disini → WPvivid Documentations.

Baca : Panduan Lengkap Cara Membuat Backup WordPress Secara Manual

Fitur WPvivid Backup WordPress

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa WPvivid memiliki banyak fitur yang berguna, dan inilah beberapa fitur WPvivid yang mengagumkan dan perlu Anda teliti :

wpvivid backup wordpress 6

Backup WordPress Sangat Mudah

Membuat cadangan atau backyp dengan WPvivid adalah hal yang sangat mudah. Anda dapat secara manual membuat cadangan yang dapat diunduh. Selanjutnya, Anda dapat mengunggah cadangan Anda ke situs penyimpanan seperti SFTP, FTP dan bahkan langsung ke akun cloud storage Anda seperti Dropbox, Microsoft OneDrive, dan Google Drive. Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat cadangan secara manual, Anda dapat dengan mudah mengatur cadangan otomatis yang berjalan secara teratur sesuai dengan jadwal yang Anda tentukan.

Restore Sangat Mudah

Jika proses backup sangat mudah maka proses restore juga sama. Dimana ketika Anda sangat membutuhkan file cadangan WordPress Anda. Anda dapat dengan mudah mengembalikan situs WordPress Anda dari backup dengan satu klik.

Migrasi Situs Sangat Mudah

Plugin ini memungkinkan Anda untuk mentransfer situs WordPress Anda dengan satu klik. Ini mendukung beberapa jenis migrasi termasuk lingkungan dev ke server baru, lingkungan dev ke domain baru atau server langsung ke yang lain.

Selain itu, Anda dapat memigrasikan situs Anda ke subdirektori, dari domain satu ke domain lainnya. Plugin ini memungkinkan Anda untuk mentransfer seluruh situs, file atau database saja, semua tergantung keputusan Anda. Dan semua proses sangatlah mudah dilakukan.

Fitur Tambahan

Fitur lain dari WPvivid adalah termasuk kemampuan untuk menyesuaikan konten yang ingin Anda backup, kemampuan untuk memfilter file besar, file log, dukungan untuk file database besar, desain responsif, pemisahan backup, dan kunci backup untuk menjaga cadangan file WordPress Anda aman dari penghapusan otomatis.

Cara Menggunakan WPvivid Backup

Untuk menggunakan WPvivid hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload dan instal “Plugin WPvivid” gratis dari dashboard WordPress Anda. Anda bisa membaca → panduan lengkap cara install plugin WordPress.

Setelah plugin WPvivid Anda Install dan aktifkan, Anda akan melihat item menu baru ditambahkan pada bagian sidebar dashboard Anda dengan nama “WPvivid”. Sekarang masuk pada menu WPvivid untuk melakukan konfigurasi plugin.

WPvivid Dashboard

wpvivid backup wordpress 2

Pertama adalah bagian menu tab “Backup & Restore”, dibagian ini Anda dapat dengan mudah membuat backup secara manual dengan memilih opsi backup dan menekan tombol “Backup Now”. File backup Anda akan disimpan ke folder wp-content/wpvividbackups secara default, dan Anda bisa mengubah nama folder backup dengan menekan teks link “rename directory”.

Schedule Backup WordPress

wpvivid backup wordpress 5

Salah satu fitur WPvivid yang paling kuat adalah backup otomatis yang akan memudahkan Anda bahkan ketika Anda sedang lupa. Untuk membuat jadwal backup, klik pada tab “Schedule”.

Pada layar di atas, Anda dapat mengaktifkan jadwal backup dengan satu klik dengan mencentang kotak “Enable backup schedule”. Selain itu, Anda dapat memilih frekuensi jadwal pencadangan yaitu, 12 jam, harian, mingguan, bulanan dll. Selanjutnya, Anda dapat memilih apa yang ingin Anda backup secara otomatis yaitu, seluruh situs web (database + file), hanya file atau database . Lebih jauh ke bawah, Anda dapat memilih untuk menyimpan file backup otomatis di server Anda atau mengirim file ke situs penyimpanan seperti FTP, SFTP, Gdrive, Dropbox, OneDrive, Amazon S3 dan DigitalOcean Spaces. Namun untuk pilihan ini Anda harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu, mari kita baca lebih lanjut.

Auto-Migration

wpvivid backup wordpress 10

Pada Auto-Migration, Anda akan menemukan fitur migrasi otomatis membantu Anda untuk memindahkan situs WordPress Anda ke domain atau hosting baru. Ini adalah alat yang sempurna untuk memindahkan situs WordPress Anda dari lingkungan dev ke server langsung atau dari server lama ke yang baru.

Catatan: Untuk memigrasi situs WordPress Anda, Anda harus terlebih dahulu menginstal plugin backup WPvivid di kedua domain (situs). Setelah itu, kunjungi situs tujuan dan buat kunci migrasi dengan mengklik tombol “Generate” di menu tab Key yang ditunjukkan di bawah ini.

Anda akan menggunakan kunci tersebut untuk dimasukkan pada bagian menu tab Auto-Migration dari situs web asal. Prosedurnya cukup mudah dan ada instruksi jelas yang menunjukkan kepada Anda apa yang harus dilakukan untuk memulai proses migrasi dengan benar.

Remote Storage

wpvivid backup wordpress 3

Jika Anda memiliki keterbatasan ruang di server web Anda, Anda dapat dengan mudah menyimpan file backup Anda di lokasi lain atau pada media penyimpanan awan. Karena plugin WPvivid mendukung FTP, SFTP, Google Drive, Dropbox, Microsoft OneDrive, Amazon S3, dan DigitalOcean Spaces. Dan untuk mengintegrasikan setiap opsi penyimpanan backup dengan cara ini juga sangat mudah.

Settings Backup WordPress

wpvivid backup wordpress 9

Selanjutnya pada bagian “Settings” Anda akan melihat banyak opsi untuk mengontrol backup Anda. Ini termasuk pengaturan seperti:

  • Pemisahan backup berdasarkan ukuran, yang berguna jika host Anda membatasi file zip besar
  • Kemampuan untuk mengecualikan file yang lebih besar dari batas yang Anda tentukan
  • Kemampuan untuk mengatur batas waktu eksekusi skrip PHP untuk menghindari kesalahan batas waktu backup
  • Mengganti nama folder cadangan Anda, yang WPvividbackups secara default
  • Pengarsipan backup
  • Penghapusan backup usang
  • Laporan email
  • Ekspor / Impor pengaturan konfigurasi WPvivid, sehingga Anda dapat mengatur plugin di situs web lain dengan cepat
  • Fitur untuk membersihkan sampah seperti cache backup, log, dan file sementara

Website Info

wpvivid backup wordpress 8

Jika Anda menemukan kesalahan saat melakukan backup, pemulihan (restore), atau memigrasi situs Anda, orang-orang di WPvivid memerlukan info situs web Anda, sehingga mereka dapat dengan mudah mengetahui apa yang terjadi. Anda dapat mengumpulkan informasi ini, atau mengirimkannya kepada mereka secara langsung menggunakan tab “Website info”. Dan ini merupakan dukungan yang sangat luar biasa mengingat ini adalah plugin gratis.

Logs

wpvivid backup wordpress 7

Pada menu tab “Logs”, dibagian ini adalah halaman yang akan menampilkan semua file log Anda, yang bisa sangat berguna untuk pemecahan masalah ketika terjadi kesalahan.

Key

wpvivid backup wordpress 4

Pada bagian menu tab terakhir ini yaitu “Key” digunakan untuk megenerate kunci untuk proses migrasi seperti yang sudah saya jelaskan pada poin menu “Auto-Migration” diatas, Anda bisa membacanya kembali.

Kesimpulan

Plugin WPvivid Backup adalah salah satu plugin backup yang bagus untuk WordPress. Meskipun ini adalah plugin gratis, tetapi WPvivid tetap dilengkapi dengan semua fitur yang Anda butuhkan untuk mengamankan situs WordPress Anda dengan cara membuat cadangan (backup), memulihkan (restore) dan memigrasi situs WordPress, semua proses tersebut tercukupi oleh plugin ini, dan bahkan hal yang sangat menyenangkan dari plugin ini adalah fitur backup terjadwal dan juga dapat menyimpan file backup di cloud storage.

Baca : Tips Mudah Meningkatkan Keamanan WordPress [Best]

Dan itulah ulasan lengkap saya tentang WPvivid dan Anda harus memasukkan plugin ini kedalam daftar plugin wajib yang harus Anda install di situs WordPress Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

Daftar isi Tutorial Wordpress Terlengkap Gratis
10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Penjelasan Lengkap Tentang Altcoin (Alternative Coin)

Di dunia cryptocurrency, bitcoin bukan satu-satunya mata uang digital yang beredar dipasaran. Ada banyak...

Apa itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin

Apa itu Bitcoin? Penjelasan Lengkap Tentang Bitcoin - Pada awal tahun 2017, lebih tepatnya...

Close