How to Start a Blog? Panduan Lengkap Membuat Blog Hanya 30 Menit

5 Platform Blogging Terbaik dan Gratis

Memiliki blog adalah cara yang bagus buat siapa saja yang ingin mengungkapkan sebuah pikiran, ide, cerita dalam sebuah tulisan, ataupun bisa digunakan untuk membuat kehadiran web untuk perusahaan Anda dan menyediakan konten bagi pengguna internet.

Jika Anda berencana untuk membuat blog, tapi tidak ingin repot dengan masalah hosting, mengembangkan dan menggunakan sendiri, ada banyak pilihan platform blogging yang bisa anda gunakan. Layanan tersebut menawarkan sejumlah besar fitur dan dan tentunya juga gratis.

Mengapa Anda Harus Membeli Hosting

Jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog Anda atau mendapatkan pengikut yang serius, maka Anda perlu membayar untuk hosting web. Blog WordPress.org yang dihosting sendiri memungkinkan Anda memonetisasi blog dengan mudah dengan iklan seperti Google AdSense atau menjual produk Anda sendiri. Ini benar-benar tidak mungkin dilakukan dengan versi WordPress.com dari WordPress atau situs web gratis lainnya.

Baca : Daftar 10 Hosting Terbaik untuk WordPress

Inilah kebenarannya: WordPress.com (dan situs blog hosting gratis lainnya) akan memiliki semua posting blog Anda dan akan menampilkan iklan mereka sendiri dari berbagai perusahaan yang bekerjasama dengan mereka di blog Anda. Mereka akan menghasilkan uang dari kerja keras Anda! Plus Anda tidak akan dianggap serius jika nama domain Anda adalah centerklik.wordpress.com versus self-hosted seperti saya: centerklik.com.

Jadi, jika Anda tidak peduli siapa yang mengiklankan di blog Anda atau menghasilkan uang dari blog, pergilah membuat blog gratis di WordPress.COM tetapi jika Anda ingin mendapatkan penghasilan paruh waktu / penuh waktu atau dianggap serius sebagai seorang blogger maka saya sangat menyarankan kepada Anda untuk membuat blog dengan WordPress.org dan menghostingnya sendiri.

Berikut 5 Platform Blogging Gratis yang paling populer.

Tetapi jika Anda di sini membaca pos ini sekarang, Anda mungkin mempertimbangkan untuk memulai blog Anda sendiri dan membuat lompatan dari sekadar pembaca blog ke pembuat konten.

Ingin belajar cara memulai blog? Lihat tutorial langkah demi langkah saya. Cara Memulai Membuat Blog dengan WordPress.

Namun sebelum Anda memulai blogging, Anda harus memilih platform blogging pertama untuk membuat dan menghosting blog Anda di internet, karena bagaimanapun blog yang bagus adalah yang menggunakan hosting dan domain sendiri.

Hari ini, kami melihat situs-situs blog terbaik di luar sana, termasuk platform blogging gratis, dan memberi Anda ulasan utama kami mengenai 5 pilihan terbaik dan paling populer.

1. WordPress

plugin themes dan core

WordPress.com adalah platform blogger yang kaya fitur, dan juga pengguna dan pengembang yang sangat banyak sekali diseluruh dunia. WordPress merupakan perangkat lunak open source web populer, dan menawarkan banyak fitur di versi gratis – statistik lalu lintas, filter anti-spam, SEO, theme gratis terbaik dan banyak lagi.

Jika Anda memilih untuk menggunakan WordPress.com, maka anda tidak perlu meragukan kehebatan dari platform ini karena sudah terbukti banyak blog terkenal dan populer termasuk CNN, People Magazine dan Flickr Menggunakan platform ini, dan tentunya centerklik pun juga menggunakan wordpress. Lihat Daftar Blog Terkenal yang menggunakan WordPress disini.

Jika Anda membutuhkan lebih dari apa yang ditawarkan di versi gratis, Anda dapat memilih untuk fitur premium, anda bisa menggunakan domain kustom, upgrade sumber daya web hosting dan masih banyak banyak lagi.

Apakah Anda seorang blogger ahli atau pemula, platform blogging utama ini merupakan pilihan pertama yang aman.

Jika anda Memilih WordPress sebagai pilihan, dan jika anda menggunakan WordPress ini untuk selft hosting, maka anda bisa banyak belajar di centerklik karena banyak sekali tutorial WordPress gratis yang di share dan bisa mendapatkan theme gratis dengan desain terbaik.

2. Blogger

Blogger Logo

Google Blogger adalah layanan blog terkenal yang menawarkan banyak fitur untuk para penggunanya. Sebagai contoh, Blogger hadir dengan Template Designer antarmuka pengguna yang memungkinkan Anda men-tweak tampilan blog Anda sebanyak yang Anda inginkan.

Ketika datang untuk kemudahan penggunaan, kebanyakan pemula lebih memilih Blogger karena menawarkan antarmuka yang sungguh-sungguh untuk mengelola blog dan terintegrasi dengan akun Google anda. Satu hal besar mengenai Blogger adalah bahwa ia menawarkan fitur yang besar tertentu secara gratis.

3. Tumblr

Tumblr Logo

Tumblr adalah platform microblogging populer dan penuh fitur. Muncul dengan banyak fitur luar biasa dan menarik seperti audio blogging (untuk berbagi musik, misalnya), domain kustom gratis, ratusan tema yang menakjubkan blogging dan banyak lagi. Tumblr juga menawarkan dukungan untuk banyak aplikasi pihak ketiga seperti Google Analytics dan Feedburner.

4. Weebly

Weebly Logo

Weebly menawarkan lebih dari sekedar blogging – itu adalah website builder fitur lengkap! Anda dapat memilih weebly ini sebagai Landasan Designer yang memungkinkan Anda membangun website untuk klien Anda, sehingga secara efektif menggunakan Weebly sebagai sistem manajemen konten.

5. Medium

Medium Logo

Medium menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir (lebih dari satu juta orang telah bergabung dengan platform blog Medium). Singkatnya, ini adalah komunitas penulis dan blogger, semuanya menggunakan desain situs yang sama untuk berbagi pendapat dan cerita mereka tentang berbagai topik.

Baca : Cara Mudah Membuat Blog dengan WordPress (Self Hosting)

Diatas adalah 5 daftar platform blog terbaik dan gratis untuk Anda gunakan. Silahkan mencoba salah satu platform yang Anda sukai untuk membuat blog dan mencurahkan ide Anda secara online agar memberikan manfaat bagi banyak orang. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan semoga sukses.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

WebHostingPad

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Theme WordPress Crimson Rose Responsive Free

Crimson Rose adalah tema WordPress responsive gratis yang mudah digunakan dengan desain feminin dan...

Apa itu Domain Authority (Otoritas Domain)?

Domain Authority atau Otoritas Domain bukan ungkapan baru di dunia SEO dan para blogger,...

Close