banner octafx broker forex terbaik
How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Apa itu Platform Discord dan Kelebihannya

Apa itu Platform Discord dan Kelebihannya – Belakangan ini, semakin banyak pengguna Discord di Indonesia. Meskipun awalnya hanya digunakan di kalangan orang-orang yang bermain game, sekarang Discord sudah digunakan juga oleh komunitas seniman online, grup penggiat kripto, hingga murid yang belajar online.

Sebagai sebuah forum online, Discord memang punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain seperti WhatsApp bahkan Telegram. Sayangnya masih belum banyak masyarakat umum yang menggunakan situs forum online ini.

Oleh karena itu, mari pelajari apa itu Discord dan kelebihannya dibandingkan aplikasi pesan online yang lain.

Baca : 2 Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer Anda

Apa itu Discord?

Sederhananya, Discord adalah aplikasi atau website untuk mengirim pesan online. Tetapi aplikasi ini lebih difokuskan untuk mengirim pesan ke dalam satu komunitas. Jadi fungsinya mirip dengan WhatsApp Grup, namun dengan fitur yang jauh lebih banyak.

Discord forum grup komunitas

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, situs ini banyak digunakan untuk berbagai macam komunitas online berkumpul dan membahas hal-hal yang mereka sukai. Namun sekarang, beberapa kelas di sekolah dan kursus online sudah memanfaatkan Discord sebagai media berkomunikasi yang lebih mudah.

Layaknya WhatsApp, Discord juga memiliki 2 cara untuk berkomunikasi, yaitu:

  • Private chat atau chat pribadi
  • Community/ Group chat

Satu group chat bisa dibagi ke dalam beberapa channel. Misalnya dalam satu grup kelas, akan ada 5 channel berisi channel pelajaran IPA, channel pelajaran IPS, channel pelajaran Bahasa Inggris, channel pelajaran Matematika, dan channel pelajaran Kimia.

Nantinya setiap anggota atau murid dalam grup kelas tersebut bisa berdiskusi pelajaran yang ingin mereka tanyakan di channel mata pelajaran yang ada. Dengan begitu, chat jadi lebih terorganisir, tidak ada pelajaran yang tertimbun dengan obrolan dari mata pelajaran lainnya, dan lebih mudah ketika ingin membaca kembali materi yang didiskusikan.

Discord sendiri menyediakan fitur khusus bernama Student Hub untuk para murid yang ingin membuat Grup Chat di aplikasi ini. Dengan mendaftar menggunakan email sekolah, Anda akan mendapatkan fitur eksklusif khusus untuk murid yang sudah disediakan.

Sayangnya di Indonesia belum banyak sekolah dasar, SMP dan SMA yang punya email resmi sendiri. Jarang pula ada guru yang menggunakan Discord untuk media komunikasi online dan menyampaikan pelajaran ke muridnya.

Apa Kelebihan Discord Dibandingkan Zoom dan WhatsApp?

Bisa dibilang, Discord adalah gabungan antara WhatsApp dan Zoom menjadi satu aplikasi. Sebab selain bisa membuat group chat, di sini Anda juga bisa live meeting dengan semua orang layaknya di aplikasi Zoom, tanpa bayar dan tanpa batas waktu.

Itulah mengapa banyak murid yang menyarankan menggunakan Discord ketika awal masa sekolah online diberlakukan.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita terangkan dengan jelas apa saja kelebihan Discord dibandingkan grup WA dan Zoom.

Bisa Live dan Share Screen Gratis Tanpa Batasan Durasi

Saat ini, Zoom memang bisa digunakan secara gratis. Namun terdapat batasan durasi selama 45 menit untuk setiap sesi yang membuat murid atau partisipan lainnya harus keluar dulu kemudian join kembali. Meskipun tetap gratis, namun hal ini sangat mengganggu ketika sedang belajar karena materi jadi terpotong.

Sedangkan di Discord, live meeting dan share screen bisa dilakukan selama berjam-jam, gratis, tanpa batasan durasi apapun. Bahkan semua orang bisa membagikan layar mereka secara bersamaan, sehingga guru bisa tahu apa yang dilakukan muridnya selama meeting.

Layaknya di Zoom, murid juga bisa menggunakan voice chat dan kamera jika mereka ingin.

Channel Khusus Voice Chat

Untuk murid atau anggota grup yang ingin berdiskusi santai mengenai materi yang sudah mereka pelajari tanpa menggunakan kamera, Discord juga menyediakan channel khusus Voice Chat. Channel ini mirip dengan fitur WhatsApp Call. Bedanya, anggota yang mengobrol di channel Voice Chat bisa hingga 100 orang secara bersamaan.

Server yang digunakan di Discord voice chat juga sudah lebih stabil dibandingkan group call WhatsApp yang masih cenderung baru. Jadi anggota tidak perlu takut koneksinya lemot karena server yang tidak stabil.

Baca : Apa itu Aplikasi Telegram, Cara Menggunakan Telegram?

Chat Disimpan di Server Cloud

Dua tahun penuh belajar di rumah pastinya membuat memori HP Anda semua jadi penuh. Bukan hanya karena file yang dikirim oleh guru, tapi juga karena chat yang masuk di grup WhatsApp selalu disimpan di penyimpanan internal. Jika ingin dihapus, maka semua chat di aplikasi pun ikut terhapus.

Tapi hal ini tidak berlaku di Discord. Berapa kali pun Anda menghapus aplikasi Discord di HP, atau ketika Anda ganti hp untuk membuka Discord, chat yang sama akan tetap tampil seperti biasa.

Discord menyimpan seluruh chat di dalam server cloud. Dengan begitu, dimana pun Anda buka akun sendiri, chat dari bulan-bulan sebelumnya bisa tetap dibaca.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, masih banyak guru dan murid yang ragu menggunakan Discord meskipun aplikasi ini punya banyak kelebihan. Semoga dengan mengetahui apa itu discord dan kelebihannya dari artikel ini Anda bisa mengajak para guru dan teman-teman agar bisa belajar online dengan lebih nyaman.

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *