How to Start a Blog? Panduan Membuat Blog Hanya 30 Menit

Cara Membuat Dual Boot Windows 10 dan Linux Ubuntu Terbaru

Cara Membuat Dual Boot Windows 10 dan Linux Ubuntu Terbaru – Apakah Anda seorang pengguna komputer yang suka coba-coba sistem operasi lain? Jika Anda sekarang adalah pengguna Windows dan ingin mencoba OS lain yang menarik maka saya sangat menyarankan pada Anda untuk menggunakan Linux, ada banyak distro linux yang tersedia dan memiliki banyak varian menarik bisa Anda coba seperti Ubuntu.

Kenapa saya menyarankan Ubuntu? Ya, karena Ubuntu merupakan distro linux yang sangat populer dan dikembangkan secara berkelanjutan. Bahkan baru-baru ini mereka merilis Ubuntu versi terbaru yaitu 19.04 untuk menggantikan versi 18.04 LTS. Alasan lain kenapa Ubuntu adalah mudah digunakan dan banyaknya sumber daya dan dokumentasi yang bisa Anda gunakan dan pelajari untuk lebih mahir dalam menggunakan Ubuntu, baik untuk versi desktop maupun server.

Jika Anda saat ini tidak ingin benar-benar meninggalkan Windows 10 di komputer Anda, ada banyak alternatif untuk menggunakan linux Ubuntu dalam satu komputer. Salah satu yang paling banyak disukai pengguna adalah dengan membuat dual boot antara Windows 10 dan Linux Ubuntu. Di artikel ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat dual boot dengan Windows 10 dan Ubuntu 18.04 LTS.

Loading...

Sebelum memulai, pastikan Anda telah membackup komputer Anda. Meskipun proses pengaturan dual boot Windows 10 dan Ubuntu tidak begitu sulit, tapi kemungkinan terjadinya kesalahan masih bisa terjadi. Jadi luangkan waktu untuk membackup file penting Anda untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan.

Baca : Cara Install Chrome OS di PC Komputer Windows 2020

Persyaratan

Sebelum memulai proses untuk cara membuat dual boot Windows 10 dan Ubuntu, Anda harus mempersiapkan lima hal berikut:

1. Dua flashdisk USB (atau DVD-Rs)

Saya sarankan menginstal Windows dan Ubuntu melalui flashdisk karena lebih cepat daripada DVD. Tapi perlu diketahui bahwa untuk membuat flashdisk Anda dapat di-booting, maka akan menghapus semua file yang ada di flashdisk. Oleh karena itu, pastikan flashdisk dalam keadaan kosong.

Jika komputer Anda tidak mendukung booting dari USB, Anda dapat membuat media booting melalui DVD. Tapi, karena komputer saya tidak ada DVD nya maka saya akan menggunakan Flashdisk dalam tutorial ini.

2. Lisensi Windows 10

Jika Windows 10 sudah terpadang bersamaan ketika Anda membeli komputer Anda, lisensi sudah tertanam dalam komputer, jadi Anda tidak perlu memasukkannya selama instalasi. Jika Anda membeli secara terpisah, Anda harus memiliki product key, yang harus Anda masukkan selama proses instalasi.

3. Windows 10 Media Creation Tool

Download dan buka Windows 10 Media Creation Tool. Setelah Anda membuka software ini, maka akan memandu Anda mengikuti langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat media Windows pada USB atau DVD-R. Jika komputer Anda sudah terinstall Windows 10 maka langkah ini bisa Anda lewati. Tapi sebagai catatan: Sekalipun Anda sudah menginstal Windows 10, tetap merupakan ide bagus untuk membuat media Windows yang dapat di-booting, Untuk berjaga-jaga jika ada masalah dan Anda perlu menginstal windows kembali.

4. OS Ubuntu 18.04

Download Image ISO Ubuntu 18.04.

5. Software Etcher (untuk membuat flashdisk USB yang dapat di-boot Ubuntu)

Untuk membuat media yang dapat di-boot untuk distribusi Linux apa pun, saya sarankan menggunakan Etcher. Etcher bekerja pada ketiga sistem operasi utama (Linux, MacOS, dan Windows) dan memiliki fitur untuk menjaga Anda untuk tidak membiarkan Anda menimpa partisi sistem operasi Anda saat ini.

Setelah Anda mendownload dan membuka Etcher, klik Select image, dan arahkan ke ISO Ubuntu yang Anda download sebelumnya di langkah 4. Selanjutnya, klik Select drive untuk memilih flashdisk Anda, dan klik Flash! untuk memulai proses mengubah flashdisk menjadi installer Ubuntu. (Jika Anda menggunakan DVD-R, gunakan software DVD-burning komputer Anda.)

Baca : Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 7, 8, 10

Install Windows dan Ubuntu

Sekarang Anda sudah siap untuk memulai instalasi. Dan pastikan Anda sudah melakukan hal-hal seperti yang sudah dijelaskan diatas seperti:

  • Backup file penting Anda
  • Membuat Media instalasi Windows 10
  • Membuat media instalasi Ubuntu

Ada dua cara untuk melakukan instalasi.

Pertama, jika Anda sudah menginstal Windows 10, Anda dapat membuat penginstal Ubuntu mengubah ukuran partisi, dan instalasi akan dilanjutkan di ruang kosong. Atau, jika Anda belum menginstal Windows 10, instal pada partisi yang lebih kecil yang dapat Anda atur selama proses instalasi. (Saya akan jelaskan bagaimana melakukannya di bawah ini.)

Kedua, cara ini lebih disukai dan lebih sedikit rawan kesalahan. Yaitu dengan menginstal Windows secara manual dan memberikannya partisi yang lebih kecil, kemudian menginstal Ubuntu, ini adalah cara termudah untuk membuat dual boot windows 10 dan ubuntu.

Penting : Jika Anda sudah memiliki Windows 10 terinstall di komputer Anda, lewati instruksi Install Windows 10 berikut dan langsung lompat ke proses Install Ubuntu.

Baca : Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop

Install Windows 10

Masukkan media instalasi Windows yang Anda buat ke komputer dan booting dari flashdisk tersebut. Cara Anda melakukannya tergantung pada komputer Anda, tetapi sebagian besar memiliki tombol yang dapat Anda tekan untuk memulai menu boot. Pada PC Dell misalnya, Anda dapat menekan tombol keyboard F12. Jika flashdisk tidak muncul sebagai opsi, Anda mungkin perlu me-restart komputer. Terkadang itu hanya akan muncul jika Anda telah memasukkan media sebelum menyalakan komputer. Jika Anda melihat pesan seperti, press any key to boot from the installation media,” tekan tombol. Anda akan melihat layar seperti berikut. Pilih bahasa dan gaya keyboard Anda dan klik Next.

windows 10 dual boot 01

Klik Instal Now untuk memulai instalasi Windows.

windows 10 dual boot 02a

Loading...

Pada layar berikutnya, ia akan meminta kunci produk (product key) Anda. Jika Anda tidak memilikinya karena Windows 10 sudah ada dalam PC Anda, pilih “I don’t have a product key“. Dan ini seharusnya aktif secara otomatis setelah instalasi update. Jika Anda memiliki product key, silahkan ketik kunci di kolom tersebut dan klik Next.

windows 10 dual boot 03

Pilih versi Windows yang ingin Anda instal. Jika Anda memiliki salinan retail, label akan memberi tahu Anda versi apa yang Anda miliki. Kalau tidak, biasanya terletak pada dokumentasi yang menyertai komputer Anda. Dalam kebanyakan kasus, itu akan menjadi Windows 10 Home atau Windows 10 Pro. Sebagian besar PC yang datang dengan edisi Home memiliki label hanya bertuliskan “Windows 10,” sementara untuk versi Pro dinamai dengan “Windows 10 Pro”.

windows 10 dual boot 04

Centang kotak “I accept the license term”, lalu klik Next.

windows 10 dual boot 05

Setelah menerima agreement, Anda memiliki dua opsi instalasi yang tersedia. Pilih opsi kedua, Custom: Install Windows only (advanced).

windows 10 dual boot 06

Layar selanjutnya akan menunjukkan konfigurasi hard disk Anda saat ini.

windows 10 dual boot 07

Hasil di layar Anda mungkin akan terlihat berbeda dari milik saya. Dalam contoh ini, saya belum pernah menggunakan hard disk ini sebelumnya, jadi benar-benar kosong. Anda mungkin akan melihat satu atau lebih partisi untuk sistem operasi Anda saat ini. Sorot setiap partisi dan hapus.

Sampai pada proses ini, layar Anda akan menampilkan seluruh hardisk Anda dalam keadaan kosong. Untuk melanjutkan, buat partisi baru.

windows 10 dual boot 08

Loading...

Di sini saya membagi partisi hardisk menjadi dua, dengan masing-masing partisi berukuran 81.920MB. Biarkan sisa ukuran hardisk tidak teralokasi, karena di situlah tempat Anda akan menginstal Ubuntu nanti.

Hasil Anda akan terlihat mirip dengan ini:

windows 10 dual boot 09

Pilih partisi yang sudah Anda buat yang bertanda “Primary” dan klik Next. Windows 10 akan mulai di install di komputer Anda. Dan tunggu proses ini sampai selesai.

windows 10 dual boot 10

Jika sudah selesai, maka komputer Anda akan melakukan booting ke Windows, dan Anda siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

windows 10 dual boot 11

Baca : Panduan Lengkap : Cara Instal Ubuntu Server 18.04

Install Linux Ubuntu

Sekarang gunakan flashdisk yang berisikan media instalasi Ubuntu yang Anda buat sebelumnya untuk booting ke Ubuntu. Silakan booting komputer Anda dengan flashdisk tersebut. Pastikan Anda sudah mengatur urutan booting di bios Anda. Jika sudah, Anda melihat layar seperti berikut:

Instal ubuntu 1a

Di sini, Anda akan memiliki dua pilihan antara Try Ubuntu atau Install Ubuntu. Jangan memilih untuk Install Ubuntu terlebih dahulu, Anda bisa mencoba klik Try Ubuntu.

windows 10 try linux dual boot

Dengan memilih Try Ubuntu, Anda telah memilih untuk mencoba Ubuntu sebelum menginstalnya. Di sini, dalam mode Live, Anda dapat bermain-main dengan Ubuntu dan memastikan semuanya berfungsi sebelum Anda berkomitmen untuk melakukan instalasi ke kompter Anda. Ubuntu berfungsi dengan sebagian besar perangkat keras komputer, tetapi tetap lebih baik untuk mengujinya terlebih dahulu. Pastikan Anda dapat mengakses internet dan dapat memutar audio dan video. Silahkan coba untuk mengakses YouTube dan memutar video untuk menguji audio dan video sekaligus.

Setelah Anda merasa yakin untuk menggunakan Ubuntu, klik dua kali ikon Install Ubuntu 18.04 LTS di desktop untuk kembali melanjutkan proses install.

Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan untuk proses instalasi, lalu klik Continue.

cara windows 10 dan ubuntu dual boot 15

Selanjutnya, pilih keyboard layout. Setelah Anda menentukan pilihan, klik Continue.

cara windows 10 dan ubuntu dual boot 16

Anda memiliki beberapa opsi pada layar di bawah ini. Pertama, Anda dapat memilih instalasi Normal atau Minimal. Bagi kebanyakan orang, instalasi Normal sangat ideal. Untuk pengguna mahir mungkin ingin melakukan instalasi Minimal karena memiliki lebih sedikit aplikasi atau software yang diinstal secara default. Selain itu, Anda dapat memilih untuk mendownload update dan apakah akan menyertakan perangkat lunak dan driver pihak ketiga atau tidak. Saya sarankan untuk mencentang kedua kotak tersebut. Setelah selesai, klik Continue.

cara windows 10 dan ubuntu dual boot 17

Layar selanjutnya menanyakan apakah Anda ingin menghapus disk atau mengatur dual-boot. Karena Anda dual-booting, pilih Install Ubuntu alongside Windows 10. Klik Install Now.

cara windows 10 dan ubuntu dual boot 18

Layar berikut mungkin muncul. Jika Anda menginstal Windows dari awal dan meninggalkan ruang yang tidak terisi pada disk, Ubuntu akan secara otomatis memakai ruang kosong tersebut, sehingga Anda tidak akan melihat layar ini.

Namun, Jika Anda sudah menginstal Windows 10 sebelumnya dan menggunakan seluruh hardisk, layar ini akan muncul dan memberi Anda opsi untuk memilih disk di bagian atas. Jika Anda hanya memiliki satu disk, Anda dapat memilih berapa banyak ruang yang digunakan oleh Windows dan yang dapat digunakan untuk Ubuntu. Anda dapat menarik garis vertikal di tengah dan tarik ke kanan atau ke kiri dengan mouse Anda untuk mengambil ruang dari satu dan memberikannya kepada yang lain. Sesuaikan ukurang persis seperti yang Anda inginkan, lalu klik Install Now.

cara windows 10 dan ubuntu dual boot 18b

Anda akan melihat layar konfirmasi yang menunjukkan apa yang Ubuntu rencanakan untuk dilakukan. Jika semuanya terlihat benar, klik Continue.

cara windows 10 dan ubuntu dual boot 19

Ubuntu sekarang sedang melakukan instalasi. Dan ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan. Sekarang pilih lokasi Anda untuk memastikan zona waktu Anda dan hal-hal lain diatur dengan benar.

Instal ubuntu 4

Selanjutnya, isi informasi akun pengguna seperti : nama Anda, nama komputer, nama pengguna, dan kata sandi. Klik Continue setelah selesai Anda mengaturya.

Instal ubuntu 6a

Dan sekarang Instalasi selesai. Silakan Restart PC Anda.

cara windows 10 dan ubuntu dual boot 22

Jika semua berjalan sesuai rencana, Anda akan melihat layar yang mirip dengan ini ketika komputer Anda restart. Pilih Ubuntu atau Windows 10. Untuk opsi lainnya adalah untuk pemecahan masalah, jadi saya tidak akan membahasnya disini.

cara windows 10 dan ubuntu dual boot 23

Coba pilih booting ke Ubuntu dan Windows untuk melihat apakah itu berjalan dengan normal dan pastikan semuanya berfungsi seperti yang Anda harapkan. Jika semuanya berhasil, itu berarti sekarang Anda telah memiliki dua OS terinstall di komputer Anda yaitu Windows 10 dan Ubuntu 18.04.

Baca : Panduan Cara Instal VirtualBox di Ubuntu 18.04

Loading...

Anda Terbantu artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.

10 top hosting!

Register Now: TOP 10 Hosting

Dapatkan Hosting Murah dengan Kualitas Terbaik. For Serious Blogger! View Deals

Niagahoster

Rp.26.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

IDCloudhost

Rp.30.000/Bln Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Bluehost Hosting

$2.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

iPage Hosting

$1.99/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

SiteGround Hosting

$3.45/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Hostgator

$3.95/Month Free Domain, Unlimited Space & Bandwidth Get Host

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Must Read...!
Cara Install dan Menggunakan Docker di Ubuntu 18.04

Cara Install dan Menggunakan Docker di Ubuntu 18.04 - Docker adalah teknologi containerisasi yang...

Cara Tambahkan Link Nofollow di Navigasi Menu WordPress

Cara Tambahkan Link Nofollow di Navigasi Menu WordPress - Seperti yang kita kehatui bahwa...

Close